Skip to main content

Affiliate Marketing| Bagaimana Cara Kerja dan Konsepnya

Affiliate Marketing digunakan banyak perusahaan maupun pemilik produk (fisik maupun virtual) sebagai platform pemasaran digital, bagi pemilik website dan properti digital ini adalah cara untuk mendapatkan uang komisi affiliate. Siapa saja yang telibat dalam pemasaran affilate, tujuan apa yang ingin dicapai dan bagaimana cara kerja dan konsepnya. akan dibahas di artikel ini.


Bila dahulu perusahaan menjual produknya dengan mengerahkan saleman (karyawan penjualan) untuk menjual dan mendapatkan transaksi ke konsumen door to door lalu membayar salesman dengan gaji.

Sekarang prinsipnya sama perusahaan mengerahkan affiliater (marketer) untuk menjual dan mendapatkan transaksi lewat konten webiste atau konten di properti online yang ditanamkan link ke halaman transaksi (landing page) yang dimiliki para marketer lalu membayarnya dengan komisi.

Apa Sih Affiliate Marketing

Affiliate marketing adalah model pemasaran produk atau jasa milik orang lain dimana kita akan mendapatkan komisi untuk setiap penjualan yang terjadi. Lihat pengertian di wikipedia..

Profesi sebagai seoarang pemasar affilate adalah affiliate marketer.

Tonton video dibawah, video terbaik untuk mengetahui apa itu affiliate marketing




Elemen Affiliate Marketing


Konsep dasar affiliate marketing bisa di lihat seperti gambar dibawah ini

Konsep Affiliate Marketing

1. Mercant (Pemilik Produk)

Perusahaan, pemilik produk, menggunakan platform affiliate marketing sebagai cara untuk meningkatkan penjualan produknya.

Beberapa perusahaan pelopor affilate marketing adalah amazon.com dan di Indonesia perusahaan-perusahaan terutama yang bergerat di toko online dan marketplace sudah menerapkan affiliate marketing.

Biasanya merchant membuat member keanggotaan affilate dan memberikan link ke landing page transaksi dan penjualannya.

BACA JUGA :





2. Marketer 


Marketer adalah rekanan perusahaan yang membantu perusahaan memasarkan produknya, Seorang marketer harus mempunyai website dan properti online untuk meletakan link text atau gambar.

Yang harus diperhatikan oleh marketer akan affiliate marketing

Konten

Link affiliate ini harus diletakan pada konten artikel atau konten media sosial yang berhubungan dengan produknya, misalnya konten membahas tentang kesehatan maka sisipkan link affiliate produk kesehatan.

Konten sangan penting bagi affiliate marketing, konten yang bagus akan mendatangkan traffik kunjungan, buat konten dengan tema yang spesifik agar dapat audien yang spesifik sesuai dengan minat tema yang sama.

Konten yang sesuai dengan minat audien akan memudahkan mengubah konversi audien menjadi transaksi affilkiate marketing, dan pendapatan komisi pun akan berminat.

Traffic

Untuk memperbesar konversi kunjungan audiens ke transaksi, maka konten harus ditingkatkan kunjungannya dengen memperhatikan:

  • SEO (Search Enginge Optimmizitaion). gunakan keyword, terapkan SEO on Page dan Off Page, gunakan gambar, dan video yang menarik pada konten.
  • SEM (Search Engine Marketing), gunakan google ads, facebook ads, dan instagram ads untuk memperbesar traffik dan memperbersar transaksi.


Traffik yang besar meningkatkan volume transaksi affiliate pada akhirnya meningkatkan pendapatan komisi

3. Konsumen

Konsumen affiliasi adalah konsumen yang punya minat sama pada suatu topik artikel, sebagai contoh; artikel-artikel mengenai tema memancing akan dibaca oleh orang yang hobi memancing, bila kita masukan link affiliasi produk-produk memancing seperti joran, umpan pancing yang unik maka, kemungkinan konversi pengunjung menjadi transaksi akan semakin besar dan ujungngnya akan memperbesar pendapatan komisi marketer.

Kenali Konsumen mu, tawarkan apa yang mereka butuhkan, tempatkan link produk affiliasi yang sesuai tema yang diminati konsumen



Tampilan Model Affiliasi

Link refferal yang diperoleh dari perusahaan penyedia pemasaran online akan di pasang pada website atau properti online dalam berbagai bentuk:
.
Model Banner Alliate di website
Model Banner Alliate di website
Bila di klik gambar Creative Cloud maka akan masuk ke landing page website nya gambar di        bawah ini.
Landing Page Website Creative Cloud
Landing Page Website Creative Cloud
  • Model Etalase, link iklan affiliasi yang ditampilkan dalam bentuk etalase virtual contohnya pada website property penjualan dan penyewaan rumah  Trovit
Model Etalase Affilite
Model Etalase Affilite
Bila klik rumah yang diminati maka akan diarahkan ke landing page website rumah.com untuk berinteraksi dengan agen property nya.

Landing page Model Etalase

  • Model Pop-Ups, link iklan afiliasi yang ditampilkan dalam bentuk banner dan dibuat akan muncul otomatis pada saat website dibuka oleh pengunjung.
Model Pop-up Affilate
Model Pop-up Affilate 
Model ini akan menutupi halaman artikel yang kita baca dan besar untuk audien klik, tetapi      biasanya menggangu pengunjung untuk melihat artikel, sekarang pop-up menjadi lebih kecil  ukurannya.
  • Model Widgets, link affiliasi bentuk banner yang ditempatkan di sidebar sebuah website.
Model Widgets Affiliate
Model Widgets Affiliate
  • Model Email, iklan affilisai yang didesain untuk mengajak konsumen agar membeli atau mengikuti program affiliasi dengan cara mengirimkan lewat email.
Model E-mail Affiliate
Model E-mail Affiliate

Pembayaran Progaram Affiliate

Situs/ perusahaan penyedia program affiliate akan menawarkan program-program yang dapat diikuti oleh marketer dengan sistem pembayaran yang berbeda.

Berikut program yang umum ditawarkan penyedia program affiliate antara lain;

Pay per Click

Pada program ini iklan affiliate berupa link refferal pada website atau blog ditanam di banner (gambar) atau text pada situs marketer.

Marketer akan mendapat bayaran berdasarkan jumlah klik yang dilakukan oleh pengunjung websitenya. Pengunjung tidak perlu membeli sesuatu disini, setiap pengunjung yang mengunjungi website merchant melalui link, maka marketer akan dibayar.

Pay per Lead

Program ini mirip dengan pay per klik, hamya link affiliate akan mengarahkan pengunjung untuk mengisi informasi yang disediakan oleh dalam bentuk form yang akan menambah database pengunjung peyedia program affiliate.

Marketer akan mendapat bayaran berdasarkan banyaknya data pengunjung yang mengisi informasi, Pengunjung yang tercatat adalah customer potensial (Lead) yang akan digunakan peyedia program affiliate sebagai prospek untuk bisnis selanjutnya.

Pay per Sale

Program ini mirip dengan pay per klik, hamya link affiliate akan mengarahkan pengunjung untuk melakukan transaksi pembelian.

Marketer akan dibayar berdasarkan perjanjian dengan pemilik program/perusahaan affiliate, biasanya berbentuk komisi dalam bentuk persentase (%) bila transaksi sukses terjadi.

Makin banyak transaksi makin banyak komisi yang akan diperoleh marketer.

Langkah Menjalankan Pemasaran Affilate buat Marketer


Untuk memulai menjalankan bisnis affiliate marketing ada bebrapa langkah yang harus dikerjakan marketer:

  1. Harus punya website ataupun property digital (Halaman facebook, Akun bisnis instagram, channel youtube), kalau belum punya bisa buat dari sekarang.
  2.  Buat konten-konten yang bagus dan menarik agar mendatangkan traffik pengunjung.
  3. Mulai mendaftarkan websitenya ke peyedia program-program affiliate dan dapatkan link refferal dan banner standar.
  4. Tanamkan link refferal pada banner affiliate dan letakan pada artikel-artikel yang mempunyai topik/tema yang sama dengan posisi yangbanyak dilihat pengunjung website.
  5. Gunakan SEO dan SEM untuk menjangkau pengunjung lebih banyak.



BACA JUGA:
Kesimpulan yang bisa diambil dari pemasaran affiliate/ afiliasi bahwa pemilik website adalah pemilik aset virtual yang bisa digunakan unruk mendapatkan komisi affiliasi dan pendapatan iklan. 

Konten menjadi hal utama untuk mendapatkan traffik yang akhirnya medatangkan uang.

Kunjungi halaman facebok untuk melihat postingan yang berhubungan dengan bisnis online di @bbisnisonlie dan channel youtube heru fahrudin

C


Comments

Popular posts from this blog

Cara Menghubungkan Google Adsene Ke Blog di Blogger | Dari Awal, Approval, Seting Iklan Sampai Terima Pendapatan Iklan

Cara menghubungkan google adsene ke blog anda yang anda buat di Content Management System (CMS) blogger anda buat yang pemula, dari awal ke approval lalu seting iklan di blogger dan google adsene sampai terima pendapatan iklan. Motivasi utama sebagaian blogger untuk membuat artikel-artikel di situs blog adalah pendapatan iklan, selain aktulisasi diri.  Blogger yang mendapatkan komentar positip akan tulisanya di artikel yang diposting di website blognya akan menaikan semangat menulis dan mengembangkan website blognya, tetapi bila blogger mendapatkan uang dari postingan artikel di blognya, dia akan mencurahkan perhatian dan waktunya lebih banyak ke situs blognya. Buat blogger pemula sebagian besar harapanya memposting artikel adalah menghasilkan uang terutama dari iklan google adsene , pengalaman penulis sendiri pada waktu awal awal , baru membuat  5 artikel langsung menghubungkan ke adsene dan menunggu approval dari pihak adsene dan putus asa ketika tidak ada khabar dari pihak google ad

Ukuran Iklan Banner (Banner Ads) website dan Mobile Phone

Berapa ukuran iklan banner website (Banner Ads) yang bisa dilihat di deskstop/komputer, tablet, dan mobile phone? dan ukuran mana yang paling banyak dipakai oleh google adsene? Bila kita tahu jawabannya maka bisa kita gunakan juga buat iklan website kita sendiri. Google sendiri memberikan standar ukuran banner iklan dimana ukuran banner tidak boleh menggangu kenyamana audiens website dan harus cukup perhatian dari audiens untuk melihat iklan yang pada akhirnya mendatangkan pendapatan iklan dari websitenya Iklan yang ada diwebsite ternyata 50% dilihat lewat display desktop dan 50% lagi dari display mobile Phone/HP, maka google mengisyaratkan bahwa ukuran iklan di website harus responsif dan compatible ke displaay webite dan display HP. Banner Size pada Display Website di Desktop  2 Jenis Banner Online 1.  Banner Statis Banner Statis adalah jenis banner yang dipasang di website yang berisi text dan gambar, banner statis tidak menggunakan animasi dan suara, format banner ini