Skip to main content

Viral Marketing | Teknik Ini Di lakukan Banjir Trafik Kunjungan Dengan Cepat

Viral marketing, teknik ini dilakukan maka akan banjir trafik kunjungan dengan cepat. Sekarang orang selalu akan melihat berita "Viral", bertanya  apa yang sedang viral, dan menonton acara-acara, video yang viral, karena pada dasarnya orang tidak mau ketinggalan sesuatu yang sedang trend, sesuatu yang banyak dibicarakan orang.


Viral itu sendiri adalah suatu objek berupa berita, video, produk, ide yang dibagikan dari orang ke orang, dari kelompok atau group sosial media ke group yang lain, sehingga objek tersebut menjadi pusat perhatian dan pembicaraan banyak orang.

Segmen Viral TEMPO.CO


Media sosial adalah media yang paling penting dalam penyebaran objek ini, video viral, produk viral, berita viral, mengacu pada trend pencarian yang meningkat di mesin pencari dapat dilihat pada google trend, dikarenakan dibicarakan banyak orang maka orang-orang akan mencoba  mencari objek trend itu lewat bertanya ke teman lain maupun searching di mesin pencari.






Viral Marketing

Effektinya penyebaran informasi maka viral dijadikan teknik pemasaran baru dan masuk dalam cakupan digital marketing.

Ada beberapa kelebihan pemasara viral antara lain

  • Informasi up to date, informasi yang benar-benar baru langsung bisa disampaikan dan disebar dari pemilik bisnis ke konsumen.
  • Biaya Murah, penyebaran informasi dari audiens ke audiens (word mouth ) pemilik bisnis hampir tidak mengeluarkan uang.
  • Kekuatan referal ( rekomendasi/ rujukan ), penyebaran dari teman biasanya lebih dipercaya orang dibandingkan sumber yang iya tidak ketahui.

Viral masuk dalam bahasan Digital Marketing
Viral masuk dalam bahasan Digital Marketing
Baca Juga :

Defenisi Viral Marketing

Pemasaran Viral (bahasa Inggris: Viral Marketing) adalah strategi dan proses penyebaran pesan elektronik yang menjadi saluran untuk mengkomunikasikan informasi suatu produk kepada masyarakat secara meluas dan berkembang. Pemasaran Viral berkembang melalui jaringan internet, yang menduplikasikan dirinya menjadi semakin banyak, seperti kerja sebuah virus komputer. Pemasaran Viral memerlukan koneksi jaringan Internet dalam penggunaannya. Wikipedia

Viral sendiri kata dalam bahasa inggris, yang diterjemahkan ke bahasa indonesia menjadi virus, virus adalah penyebar penyakit yang penyebarannya sangat cepat, penyebaran konten (video, berita) yang cepat maka digumakan viral dalam bahasa inggris.
Viral sama dengan Virus
Viral sama dengan Virus















Fungsi Viral Marketing

Ada dua fungsi utama viral marketing, pertama meningkatkan trafik pengunjung dalam waktu yang cepat dan meningkatkan penjualan pada bisnis online.

Media Viral Marketing

Media viral merupakan istilah umum yang mendapatkan kepopuleran saat kebangkitan cepat jejaring sosial bersamaan dengan kemunduran periklanan dan pemirsa media siar. Berbeda dengan "media penyebaran", "media viral" menggunakan metafora "penularan" dan "pencemaran", dalam artian pemirsa berperan sebagai pembawa pasif ketimbang sebagai pemeran aktif untuk "menyebarkan" isi.

Hosting Unlimited Indonesia
Media yang biasa digunakan dalam menjalankan viral marketing adalah:
  • E-mail, pesan viral bisa disebar lewat email, bila anda  punya produk anda bisa buat newsletter yang bisa anda sebarkan di list alamat email teman
  • Blog , di blok anda bisa memadukan ulasan produk, atau peristiwa viral lewat copywriting memadukan gambar juga video dan biasanya ada fitur share ke media sosial lain
  • Media Sosial. media ini paling banyak digunakan karena rata-rata penguna media sosial tinggi dibandingkan blog dan email dan mudah dibagikan lewat group-group media sosial
  • Video Viral, video ini menjadi popuper karena di bagikan situs berbagi video antara lain; break.com. youtube.com, veoh.com, collegehumor.com.

Cara Penerapan Viral Marketing Pada Bisnis Online

Cari Sesuatu yang akan Trend dan Booming

Gunakan alat bantu google trend untuk mengukur topik pencarian yang sedang viral, dan anda mulai belajar memperkirakan apa yang akan viral di waktu ke depan. Ada unsur timing atau momentum dalam trend dan booming.


Bila anda sudah memperkirakan sesuatu akan viral, maka anda bisa membuat konten artikel yang akan viral dan menyiapkan banner affilate agar momentum viral untuk mendatangkan konversi komisi iklan.

Menjual Produk yang Mempunyai Trend Meningkat

Ada bisa juga menawarkan produk-produk yang viral dan mempunyai trend pencarian dimesin pencari meningkat. Bila anda cantumkan link produk yang anda jual di market place ( shopee, tokopedia, bukalapak), maka trafik jualan akan meningkat begitu juga transaksinya.

Sebar Konten Produk Secara Serentak dengan Berbagai Media

Ketika konten produk yang mempunyai trend meningkat anda harus sebarkan ke semua media sosial, blog, email dan situs berbagi video yang ada miliki. Sebar ke group-group teman, lead marketing yang kamu punyai.

Coba lakukan terus dalam jangka panjang kesuksesan pemasaran anda akan berkembang dan berhasil.




Baca Juga:
Kunjungi halaman facebok untuk melihat postingan yang berhubungan dengan bisnis online di @bbisnisonlie dan channel youtube heru fahrudin




Comments

Popular posts from this blog

Teknik Psikologi Pemasaran | Memanfaatkan Emosi Manusia Untuk Bisnis

Ilmu psikologi bisa dimanfaatkan untuk kepentingan bisnis, karena ternyata emosi dan prilaku yang dibahas di disiplin ilmu ini bisa dimanfaatkan oleh pebisnis untuk meningkatkan transaksi penjualan (omset) lebih lanjut mendapatkan pelanggan dan masukan untuk pengembangan produk Ada beberapa teknik psikologi marketing yang umum digunakan dan tidak diketahui oleh kebanyakan orang, dan biasanya penerapan psikologi marketing ada pada banner produk, website landing perusahaan. Apa Itu Psikologi Marketing Psikologi adalah salah satu bidang ilmu pengetahuan dan ilmu terapan yang mempelajari tentang perilaku, fungsi mental, dan proses mental manusia melalui prosedur ilmiah. Wikipedia   Marketing adalah serangkaian kegiatan untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen, baik dengan cara memproduksi produk kemudian memberikan harga dan mempromosikannya kepada konsumen sehingga terjadilah penjualan. Jurnal Enterpreuner Ada dua disiplin ilmu yang digunakan disini yaitu psikologi yang membahas pr

LOGO | Jenis, Fungsi, Aplikasi Membuatnya Dan Penerapanya Dalam Dunia Bisnis

Logo menjadi elemen penting dari sebuah bisnis, logo merupakan representasi dari perusahaan, produk binsis dan melekat image dari publik. Image yang baik sebuah logo berpengaruh ke hasil bisnis (penjualan dan laba). Image yang buruk juga sebaliknya ke hasil bisnis Image sebuah dari sebuah logo didapat dari usaha perusahaan akan menjalankan bisnisnya, menjaga kualitas, service dan nilai yang bagus didapat ke pelanggan akan membuat image dari logo yang juga baik. begitu juga sebaliknya. Perusahaan harus menjaga dan membangun logo/merek mereka mejadi logo yang dipercaya dan mempunyai reputasi yang baik untuk konsumennya.  Reputasi dan kepercayaan adalah modal untuk mendapatkan hasil bisnis yang baik yaitu peningkatan penjualan dan laba dimana bisa berlangung selama waktu yang panjang. Logo Apa Sih Logo merupakan suatu gambar atau sekadar sketsa dengan arti tertentu, dan mewakili suatu arti dari perusahaan, daerah, organisasi, produk, negara, lembaga, dan hal lainnya membutuhkan sesuatu y

Apa itu Fotografi, Videografi, Dan Sinematografi

Bahasa Visual atau gambar maka tidak dipisahkan dengan Fotografi dan Sinematografi, sekarang muncul istilah baru videografi. Apa sih ketiganya, yang pasti semuanya berbicara tentang gambar, gambar bergerak, dan karya visual gambar yang bisa dinikmati banyak kalangan hampir setiap hari dan setiap waktu. Menurut sejarahnya foto mulai dikenal dan temukan di akhir abad 18, dan mulai digunakan di awal abad 19 dan menjadi sebuah industri foto lalu menjadi industri film. Liat Sejarah Fotografi Sekarang fotografi dan sinematografi menjadi cabang ilmu sendiri dan ada jurusan sendiri untuk mempelajarinya, salah satunya jurusan Film dan Televisi di IKJ (Institute kesenian Jakarta). Keahlian dibidang fotografi dan sinematografi banyak dipakai di industri televisi dan iklan, juga sangat membantu ketika terjun di dunia youtuber dan selebgram yang penghasilannya melampaui yang berkerja di dunia televisi. Media Digital yang berkembang sekarang terutama hiburan di media sosial seperti youtube, instag