Skip to main content

Cara Membuat Website Blog #2 Merancang Taksonomi Menu dan Submenu

Cara membuat website blogger langkah kedua adalah merancang taksonomi menu. Menu dan submenu adalah alat navigasi untuk menuju artikel-artikel pada sebuah website. Audiens akan merasa nyaman bila mudah mencari artikel sesuai tema yang ia inginkan.


Anda tidak hanya membuat website blog dengan hanya satu artikel, tapi anda harus rutin membuat artikel sesuai tema website anda dan juga sub tema yang masih berhubungan.

Kalau anda rutin menulis artikel dan postinganya makin banyak, anda harus mulai mengelompokan artikel-artikel anda ke tema yang paling dekat.

Contoh gambar website masakapahatiini.com dibagian head website berjajar harizontal adalah menu website sedangkan bagian dari menu bila klik resep akan muncul submenu yang berjajar harizontal dengan tema berbeda tapi masih masuk kelopok tema utamnya masak apa hari ini.

Menu dan Submenu masakapahariini.com

Taksonomi Menu dan Submenu

Setelah nama dan tema isi website sudah ditentukan, lanjut merancang taksonomi menu dan submenu berdasarkan tema utama isi website. pengelompokan besar tema utama website menjadi tema yang lebih spesifik (menu) dan menu di bagi menjadi tema-tema kecil (Submenu) yang masih berhubungan dengan tema spesifik.

Contoh: Website dengan tema resep masakan semarang

Contoh Taksonomi Menu dan Submenu Resep Masakan Semarang
Contoh Taksonomi Menu dan Submenu Resep Masakan Semarang
Setelah taksonomi menu dan submenu dirancang dan ditetapkan seperti contoh diatas selanjutnya adalah isi website blog anda dengan posingan artikel sesuai dengan yang direncanakan.

Baca Juga :



isi sebuah website blog adalah posting
Selain posting anda juga harus membuat halaman (page) blog, halaman blog berbeda dengan posting blog.

Secara sederhana, laman (atau sering juga disebut halaman statis / static page) adalah sebuah fitur yang disediakan oleh blogger.com untuk membuat halaman-halaman khusus terkait blog yang dikelolah. Ada 5 halaman yang paling umum dibuat berbasis laman, 5 halaman ini adalah:

  • Tentang kami (About us)
  • Kebijakan Privasi (Privacy Policy)
  • Sanggahan (Disclaimer)
  • Hubungi kami (Contact Us)
  • Daftar isi postingan (Sitemap)
Beda Page (Halaman) dengan Posting (Post)
Laman (Page) berbeda dengan Post. perbedaan ini dari fitur yang ada di dalamnya dan penulisan dalam Url. Bila Halaman tidak bisa diubah tetap dan tidak bertambah isinya, seperti gambar dibawah.

Halaman (Page) di Blogger
Halaman (Page) di Blogger
sedangkan Post, meruapakan isi website blog yang bisa berkembang terus sesuai dengan keinginan webmasternya, seperti gambar dibawah

Postingan di Blogger
Postingan di Blogger


Kunjungi halaman facebok untuk melihat postingan yang berhubungan dengan bisnis online di @bbisnisonlie dan channel youtube heru fahrudin

Comments

Popular posts from this blog

Teknik Psikologi Pemasaran | Memanfaatkan Emosi Manusia Untuk Bisnis

Ilmu psikologi bisa dimanfaatkan untuk kepentingan bisnis, karena ternyata emosi dan prilaku yang dibahas di disiplin ilmu ini bisa dimanfaatkan oleh pebisnis untuk meningkatkan transaksi penjualan (omset) lebih lanjut mendapatkan pelanggan dan masukan untuk pengembangan produk Ada beberapa teknik psikologi marketing yang umum digunakan dan tidak diketahui oleh kebanyakan orang, dan biasanya penerapan psikologi marketing ada pada banner produk, website landing perusahaan. Apa Itu Psikologi Marketing Psikologi adalah salah satu bidang ilmu pengetahuan dan ilmu terapan yang mempelajari tentang perilaku, fungsi mental, dan proses mental manusia melalui prosedur ilmiah. Wikipedia   Marketing adalah serangkaian kegiatan untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen, baik dengan cara memproduksi produk kemudian memberikan harga dan mempromosikannya kepada konsumen sehingga terjadilah penjualan. Jurnal Enterpreuner Ada dua disiplin ilmu yang digunakan disini yaitu psikologi yang membahas pr

LOGO | Jenis, Fungsi, Aplikasi Membuatnya Dan Penerapanya Dalam Dunia Bisnis

Logo menjadi elemen penting dari sebuah bisnis, logo merupakan representasi dari perusahaan, produk binsis dan melekat image dari publik. Image yang baik sebuah logo berpengaruh ke hasil bisnis (penjualan dan laba). Image yang buruk juga sebaliknya ke hasil bisnis Image sebuah dari sebuah logo didapat dari usaha perusahaan akan menjalankan bisnisnya, menjaga kualitas, service dan nilai yang bagus didapat ke pelanggan akan membuat image dari logo yang juga baik. begitu juga sebaliknya. Perusahaan harus menjaga dan membangun logo/merek mereka mejadi logo yang dipercaya dan mempunyai reputasi yang baik untuk konsumennya.  Reputasi dan kepercayaan adalah modal untuk mendapatkan hasil bisnis yang baik yaitu peningkatan penjualan dan laba dimana bisa berlangung selama waktu yang panjang. Logo Apa Sih Logo merupakan suatu gambar atau sekadar sketsa dengan arti tertentu, dan mewakili suatu arti dari perusahaan, daerah, organisasi, produk, negara, lembaga, dan hal lainnya membutuhkan sesuatu y

Cara Menghubungkan Google Adsene Ke Blog di Blogger | Dari Awal, Approval, Seting Iklan Sampai Terima Pendapatan Iklan

Cara menghubungkan google adsene ke blog anda yang anda buat di Content Management System (CMS) blogger anda buat yang pemula, dari awal ke approval lalu seting iklan di blogger dan google adsene sampai terima pendapatan iklan. Motivasi utama sebagaian blogger untuk membuat artikel-artikel di situs blog adalah pendapatan iklan, selain aktulisasi diri.  Blogger yang mendapatkan komentar positip akan tulisanya di artikel yang diposting di website blognya akan menaikan semangat menulis dan mengembangkan website blognya, tetapi bila blogger mendapatkan uang dari postingan artikel di blognya, dia akan mencurahkan perhatian dan waktunya lebih banyak ke situs blognya. Buat blogger pemula sebagian besar harapanya memposting artikel adalah menghasilkan uang terutama dari iklan google adsene , pengalaman penulis sendiri pada waktu awal awal , baru membuat  5 artikel langsung menghubungkan ke adsene dan menunggu approval dari pihak adsene dan putus asa ketika tidak ada khabar dari pihak google ad