Skip to main content

Cara Membuat Website Blog #2 Merancang Taksonomi Menu dan Submenu

Cara membuat website blogger langkah kedua adalah merancang taksonomi menu. Menu dan submenu adalah alat navigasi untuk menuju artikel-artikel pada sebuah website. Audiens akan merasa nyaman bila mudah mencari artikel sesuai tema yang ia inginkan.


Anda tidak hanya membuat website blog dengan hanya satu artikel, tapi anda harus rutin membuat artikel sesuai tema website anda dan juga sub tema yang masih berhubungan.

Kalau anda rutin menulis artikel dan postinganya makin banyak, anda harus mulai mengelompokan artikel-artikel anda ke tema yang paling dekat.

Contoh gambar website masakapahatiini.com dibagian head website berjajar harizontal adalah menu website sedangkan bagian dari menu bila klik resep akan muncul submenu yang berjajar harizontal dengan tema berbeda tapi masih masuk kelopok tema utamnya masak apa hari ini.

Menu dan Submenu masakapahariini.com

Taksonomi Menu dan Submenu

Setelah nama dan tema isi website sudah ditentukan, lanjut merancang taksonomi menu dan submenu berdasarkan tema utama isi website. pengelompokan besar tema utama website menjadi tema yang lebih spesifik (menu) dan menu di bagi menjadi tema-tema kecil (Submenu) yang masih berhubungan dengan tema spesifik.

Contoh: Website dengan tema resep masakan semarang

Contoh Taksonomi Menu dan Submenu Resep Masakan Semarang
Contoh Taksonomi Menu dan Submenu Resep Masakan Semarang
Setelah taksonomi menu dan submenu dirancang dan ditetapkan seperti contoh diatas selanjutnya adalah isi website blog anda dengan posingan artikel sesuai dengan yang direncanakan.

Baca Juga :



isi sebuah website blog adalah posting
Selain posting anda juga harus membuat halaman (page) blog, halaman blog berbeda dengan posting blog.

Secara sederhana, laman (atau sering juga disebut halaman statis / static page) adalah sebuah fitur yang disediakan oleh blogger.com untuk membuat halaman-halaman khusus terkait blog yang dikelolah. Ada 5 halaman yang paling umum dibuat berbasis laman, 5 halaman ini adalah:

  • Tentang kami (About us)
  • Kebijakan Privasi (Privacy Policy)
  • Sanggahan (Disclaimer)
  • Hubungi kami (Contact Us)
  • Daftar isi postingan (Sitemap)
Beda Page (Halaman) dengan Posting (Post)
Laman (Page) berbeda dengan Post. perbedaan ini dari fitur yang ada di dalamnya dan penulisan dalam Url. Bila Halaman tidak bisa diubah tetap dan tidak bertambah isinya, seperti gambar dibawah.

Halaman (Page) di Blogger
Halaman (Page) di Blogger
sedangkan Post, meruapakan isi website blog yang bisa berkembang terus sesuai dengan keinginan webmasternya, seperti gambar dibawah

Postingan di Blogger
Postingan di Blogger


Kunjungi halaman facebok untuk melihat postingan yang berhubungan dengan bisnis online di @bbisnisonlie dan channel youtube heru fahrudin

Comments

Popular posts from this blog

Cara Menghubungkan Google Adsene Ke Blog di Blogger | Dari Awal, Approval, Seting Iklan Sampai Terima Pendapatan Iklan

Cara menghubungkan google adsene ke blog anda yang anda buat di Content Management System (CMS) blogger anda buat yang pemula, dari awal ke approval lalu seting iklan di blogger dan google adsene sampai terima pendapatan iklan. Motivasi utama sebagaian blogger untuk membuat artikel-artikel di situs blog adalah pendapatan iklan, selain aktulisasi diri.  Blogger yang mendapatkan komentar positip akan tulisanya di artikel yang diposting di website blognya akan menaikan semangat menulis dan mengembangkan website blognya, tetapi bila blogger mendapatkan uang dari postingan artikel di blognya, dia akan mencurahkan perhatian dan waktunya lebih banyak ke situs blognya. Buat blogger pemula sebagian besar harapanya memposting artikel adalah menghasilkan uang terutama dari iklan google adsene , pengalaman penulis sendiri pada waktu awal awal , baru membuat  5 artikel langsung menghubungkan ke adsene dan menunggu approval dari pihak adsene dan putus asa ketika tidak ada khabar dari pihak google ad

Ukuran Iklan Banner (Banner Ads) website dan Mobile Phone

Berapa ukuran iklan banner website (Banner Ads) yang bisa dilihat di deskstop/komputer, tablet, dan mobile phone? dan ukuran mana yang paling banyak dipakai oleh google adsene? Bila kita tahu jawabannya maka bisa kita gunakan juga buat iklan website kita sendiri. Google sendiri memberikan standar ukuran banner iklan dimana ukuran banner tidak boleh menggangu kenyamana audiens website dan harus cukup perhatian dari audiens untuk melihat iklan yang pada akhirnya mendatangkan pendapatan iklan dari websitenya Iklan yang ada diwebsite ternyata 50% dilihat lewat display desktop dan 50% lagi dari display mobile Phone/HP, maka google mengisyaratkan bahwa ukuran iklan di website harus responsif dan compatible ke displaay webite dan display HP. Banner Size pada Display Website di Desktop  2 Jenis Banner Online 1.  Banner Statis Banner Statis adalah jenis banner yang dipasang di website yang berisi text dan gambar, banner statis tidak menggunakan animasi dan suara, format banner ini

Tutorial Video Editing Filmora X | #2 Mengenal Menu Dan Fitur Editing Video

Tutorial video editing filmora X. dimana merupakan penyempurnaan dari filmora 9, Mengenal menu dan fitur editing video filmora X  yang sebgaian besar ada di filmora 9. Artikel ini merupakan atikel Kedua dari tutorial video editing filmora X Anda sudah mendownload dan instal aplikasi wonderser filmora di kompurter anda, lanjut mengenal menu-menu dan fitur-fitur yang ada di Filmora X.  Pada dasarnya sebagian besar menu dan fitur di filmora X ada di filmora 9 yang berbeda hanya versi 10 ada tambahan yaitu: Motion Tracking key Frame Animation Audio Ducking Color Matching Jadi untuk belajar editing filmora X akan lebih mudah bila sudah mengenal dan memakai filmora 9, dan tutorial sebagaian menu dan fitur ada di versi 9. Video yang bagus adalah paduan gambar dan audio yang mencerminkan cerita dan pesan yang akan disampaikan dari video. terkadang video bagus belum tentu di tonton orang, tetapi kekuatan isi video lah yang orang tonton. Ada banyak variabel yang menyebabkan sebuah video sukses d