Skip to main content

Digital Marketing Apa yang dibahas | Website dan Properti Online, Konten dan Digital Marketing Consept

Apa saja  yang dibahas dalam marketing digital? marketing digital unsur utamanya adalah website, properti online, dan konten. Unsur ini adalah dasar untuk menjalankan digital marketing. Ketika mengelola bisnis online maka anda wajib tahu marketing digital sebagai cara untuk menjangkau, mengenalkan, mempromosikan, dan mendapatkan penjualan dan interaksi ke pelanggan bisnis yang anda kelola.  bagaimana konsep digital marketing akan dibahas dibawah ini.

Kalau anda kuliah jurusan Marketing di era 2020 berbeda sekali materi yang dibahas dibandingkan era 1990 sampai dengan 2000, satu yang berbeda adalah marketing digital, di era 1990 sampai dengan 2000 tidak ada materi ini dan bahasannya unik karena banyak membahas marketing dengan media digital/internet. karena materi ini berkembang setelah pengguna internet yang umum digunakan .

Di pemasaran konvensional media untuk pemasaran mengunakan televisi, radio, billboard untuk mengkomunikasikan bisnis anda, tetapi  pemasaran digital fokus pada media digital/internet.

Diagram Digital Marketing
Diagram Digital Marketing

Website dan Properti Online

Anda harus memiliki website dan properti online (instagram, halaman facebook , channel youtube) sebagai kendaraan untuk menjalankan digital marketing. Pebisnis kecil biasanya memulainya dari properti online seperti istagram lalu market place kemudian mulai mengunakan facebook, youtube dan website.

Sekarang semua perusahaan mengunakan website dan properti online untuk menjalankan digital marketingnya.

Anda harus mulai menguasai cara membuat website dan menjalankan properti online untuk mulai menjalankan marketing digital pada bisnis anda.

BACA JUGA:



Konten

Konten diistilahkan juga menjadi konten media pada marketing digital mempunyai defenisi:

"Konten (bahasa Inggris: content) adalah informasi yang tersedia melalui media atau produk elektronik.[1] Penyampaian konten dapat dilakukan melalui berbagai medium seperti internet, televisi, CD audio, bahkan acara langsung seperti konferensi dan pertunjukan panggung. Istilah ini digunakan untuk mengidentifikasi dan menguantifikasi beragam format dan genre informasi sebagai komponen nilai tambah media "(Wikipedia)

sedangkan "Konten media merupakan berbagai segala bentuk konten atau isi dalam sebuah media di dunia teknologi yang ada pada saat ini seperti blog, wiki, forum diskusi, chatting, tweet, podcasting, pin, gambar digital, video, file audio, iklan hingga berbagai bentuk konten media lainnya yang terbentuk melalui buatan dari para pengguna sistem atau layanan online yang sering kali dilakukan lewat sebuah situs media sosial". (Wikipedia)

Orang yang membuat konten adalah Content Creator.

Secara sederhana konten adalah isi dari website dan properti online, konten inilah yang menjadi daya tarik pengunjung untuk mengunjungi webite dan properti online.

Konten-konten yang ada pada keluarga Zuni and family, Rans Entertaiment, Baim Paula, dan Atta Halilintar adalah contoh channel youtube yang memiliki traffik jutaan viewer di Youtube yang berisi tentang konten Entertaiment.

Konten Channel youtube diatas sudah diatas seribu postingan, karena mereka memproduksi konten video secara rutin dan menggunakan team produksi sehingga konten yang dihasilkan menghibur orang yang menontonnya

Baca Juga : Content Marketing | Apa dan Bagaimana Penerapannya

Channel Youtube Halilintar


Konten foto dan video pendek di instagram Ayu Ting-Ting merupakan akun yang paling banyak followernya di Indonesia dengan hampir 42 Juta follower dengan konten yang diposting sudah mencapai lebih dari 9 ribu postingan.

Konten-konten website tentu saja yang kita baca setiap hari yang berhubungan dekat dengan kita yaitu website mesin pencari google.com dan website berita seperti detik.com dan liputan6.com karena konten berita sudah menjadi kebutuhan kita sehari-hari.

BACA JUGA:


Akun Instagram Ayu Ting-Ting
Akun Instagram Ayu Ting-Ting

Anda sudah harus memikirkan konsep konten website dan properti online anda, dan juga membuat konten-konten tersebut secara berkala (rutin).

Ayu Ting-Ting, Baim Paula mempunyai team yang mereka pekerjakan untuk membuat kontennya, tetapi diawal-awal mereka mengerjakan sendiri, beda dengan detik.com yang mempunyai banyak orang dalam organisasinya untuk memproduksi konten berita setiap, tentu saja konten berbanding lurus dengan traffik atau kunjungan ke webiste dan properti online dan  pada ujungnya ke penghasilan pemiliknya.

BACA JUGA :

Konsep Marketing Digital (Digital Marketing Consep)

Konsep marketing digital ditulis oleh Ryan Kristo Mulyono founder toffeeinstitute.com kedalam buku dengan judul Digital Marketing Concept. Buku ini sangat bagus buat pebisnis online, siswa, dan mahasiswa karena membahasnya dengan sederhana dan mudah dimengerti.

Dalam bukunya konsep marketing digital dibagi menjadi 3 topik utama yaitu; Traffic, Conversion, dan Engagement. Dimana ketiga topik itu merupakan proses yang diawali dari mendapatkan traffic (kunjungan), kemudian kunjungan itu harus di konversi menjadi penjualan dan pendapatan lalu, untuk mendapatkan hasil yang lebih besar lagi anda harus membangun berinteraksi (engagement) dengan pelanggan dan calon pelanggan.

Traffic

Traffic diawali oleh konten-konten pada website dan properti online anda. Bagaimana merubah konten menjadi traffic ada beberapa cara yang harus anda lakukan:
  1. Gunakan SEO (Search Engine Optimization), anda harus menguasai teknik SEO on page dimana di dalamnya antara lain tentang keyword, URL title tag, meta description, heading, Link, juga menguasai teknik SEO off page unsur diantaranya mendaftarkan website anda di mesin pencari seperti Google Search Console, dan mesin pencari lain dan teknik lain seperti backlink dan berbagi gambar.
  2. Gunakan SEM (Search Engine Marketing), anda juga harus mengiklankan konten anda lewat google ads, facebook ads, dan instagram ads agar cepat mendatangkan traffic, 

Bila traffic telah banyak maka anda tinggal mengkorverinya mejadi penjualan dan pendapatan.

Konten yang bagus, menarik dan menghibur akan mendatangkan Traffic

Conversion

Conversion adalah cara mengubah pengunjung menjadi pelanggan maupun calon pelanggan. Disinilah pengunjung akan tertarik, melihat, mempelajari dan membeli produk dan jasa yang akan dipasarkan.

Cara yang paling banyak digunakan pada tahap ini antara lain:
1. Gunakan Landing Page untuk beriklan

Landing page sendiri adalah sebuah halaman website  yang dikunjungi saat orang tersebut tertarik dengan apa yang anda tawarkan. landing page yang di gunakan:
  • Squeeze Page
  • Offer page
  • Sales page
2. Gunakan Call To Action

Call to action adalah ajakan kepada para pengunjung website untuk melakukan tindakan diwebsite berupa tombol, form, nomor telepon dan sejenisnya. Call action yang digunakan:
  • Contact Form
  • Tombol (Button)
  • Contact Detail

Enggagement (Interaksi)

Untuk mendapatkan hasil yang lebih besar maka anda harus berinteraksi dengan pelanggan dan calon pelanggan anda. Feedback, Loyalitas dan Ide produk lebih baik akan anda dapatkan disini, dan tentu saja penjualan dan penghasilan.

Banyak feedback dari pelanggan digunakan untuk memperbaiki kualitas produk dan service, dan beberapa konten creator di youtube mendapatkan ide konten berasal dari permintaan followernya.

Pada tahap ini anda harus membangun engagement lewat:
  • Media sosial, dengan menjawab pertanyaan dan berkomunikasi dengan pelanggan dan calon pelanggan anda
  • Personalization, anda membangun interaksi secara personal dengan mengirim pesan ke mereka.

Kesimpulan, memahami konsep dan alur digital marketing mempermudah kita untuk melakukan kegiatan bisnis online dengan benar dan effektif untuk mencapai tujuan bisnis.

Anda Juga bisa mengunjungi Website dan Channel Youtube saya :




Comments

Popular posts from this blog

Teknik Psikologi Pemasaran | Memanfaatkan Emosi Manusia Untuk Bisnis

Ilmu psikologi bisa dimanfaatkan untuk kepentingan bisnis, karena ternyata emosi dan prilaku yang dibahas di disiplin ilmu ini bisa dimanfaatkan oleh pebisnis untuk meningkatkan transaksi penjualan (omset) lebih lanjut mendapatkan pelanggan dan masukan untuk pengembangan produk Ada beberapa teknik psikologi marketing yang umum digunakan dan tidak diketahui oleh kebanyakan orang, dan biasanya penerapan psikologi marketing ada pada banner produk, website landing perusahaan. Apa Itu Psikologi Marketing Psikologi adalah salah satu bidang ilmu pengetahuan dan ilmu terapan yang mempelajari tentang perilaku, fungsi mental, dan proses mental manusia melalui prosedur ilmiah. Wikipedia   Marketing adalah serangkaian kegiatan untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen, baik dengan cara memproduksi produk kemudian memberikan harga dan mempromosikannya kepada konsumen sehingga terjadilah penjualan. Jurnal Enterpreuner Ada dua disiplin ilmu yang digunakan disini yaitu psikologi yang membahas pr

LOGO | Jenis, Fungsi, Aplikasi Membuatnya Dan Penerapanya Dalam Dunia Bisnis

Logo menjadi elemen penting dari sebuah bisnis, logo merupakan representasi dari perusahaan, produk binsis dan melekat image dari publik. Image yang baik sebuah logo berpengaruh ke hasil bisnis (penjualan dan laba). Image yang buruk juga sebaliknya ke hasil bisnis Image sebuah dari sebuah logo didapat dari usaha perusahaan akan menjalankan bisnisnya, menjaga kualitas, service dan nilai yang bagus didapat ke pelanggan akan membuat image dari logo yang juga baik. begitu juga sebaliknya. Perusahaan harus menjaga dan membangun logo/merek mereka mejadi logo yang dipercaya dan mempunyai reputasi yang baik untuk konsumennya.  Reputasi dan kepercayaan adalah modal untuk mendapatkan hasil bisnis yang baik yaitu peningkatan penjualan dan laba dimana bisa berlangung selama waktu yang panjang. Logo Apa Sih Logo merupakan suatu gambar atau sekadar sketsa dengan arti tertentu, dan mewakili suatu arti dari perusahaan, daerah, organisasi, produk, negara, lembaga, dan hal lainnya membutuhkan sesuatu y

Cara Menghubungkan Google Adsene Ke Blog di Blogger | Dari Awal, Approval, Seting Iklan Sampai Terima Pendapatan Iklan

Cara menghubungkan google adsene ke blog anda yang anda buat di Content Management System (CMS) blogger anda buat yang pemula, dari awal ke approval lalu seting iklan di blogger dan google adsene sampai terima pendapatan iklan. Motivasi utama sebagaian blogger untuk membuat artikel-artikel di situs blog adalah pendapatan iklan, selain aktulisasi diri.  Blogger yang mendapatkan komentar positip akan tulisanya di artikel yang diposting di website blognya akan menaikan semangat menulis dan mengembangkan website blognya, tetapi bila blogger mendapatkan uang dari postingan artikel di blognya, dia akan mencurahkan perhatian dan waktunya lebih banyak ke situs blognya. Buat blogger pemula sebagian besar harapanya memposting artikel adalah menghasilkan uang terutama dari iklan google adsene , pengalaman penulis sendiri pada waktu awal awal , baru membuat  5 artikel langsung menghubungkan ke adsene dan menunggu approval dari pihak adsene dan putus asa ketika tidak ada khabar dari pihak google ad