Skip to main content

Cara Membuat Website Blog #5 Menulis Artikel dan Posting di Blogger

Cara Membuat Website Blog langkah kelima Menulis Artikel dan Posting di Blogger. Setelah blog dibuat selanjutnya adalah mengisinya dengan artikel-artikel yang nanti di posting (Post) dan membuat halaman blog (Page), supaya dapat dibaca oleh pengunjung. Gunakan SEO on page dalam penulisan artikel ini.


Penulisan harus mengikuti kaidah teknik SEO on Page (SEO dihalaman penulisan) agar tulisanya bisa terbaca di indeks pencarian dan ditemukan oleh user (pengunjung) yang menulis di mesin pencarian.

Berikut langkah-langkah Membuat Artikel

1. Lakukan Riset di Mesin Pencari Untuk Judul

Rencanakan Judul mengunakan keyword  Planner cari kata yang volume pencariannya besar digunakan user ,gunakan key word Long tile (3 suku kata atau lebih) misalnya "Cara membuat Website Blogger". nanti tuliskan di kotak judul.

Anda juga bisa meriset judul artikel lewat Ubersuggest cari yang volume pencariannya besar dan tingkat kesulitan mencapai rangking awal (satu ) kecil

Baca Juga:



2. Klik Judul di New Entri

Lihat gambar diatas. dikotak dialog "Entri Baru" di klik saja.
Entri Artikel Baru
Entri Artikel Baru

3. Mulai Menulis di  Postingan 

Di Postingan  (Post) mulai lah menulis artikel anda liat gambar dibawah sebagi petunjuk langkah-langkah menulis, lakukan saja jangan takut, penulisan pertama memang tidak mudah, karena belum tahu dan belum punya pengalaman. Gunakan kaidah SEO on page, silahkan kunjungi artikel dibawah ini

Petunjuk Tahapan Menulis Artikel
Petunjuk Tahapan Menulis Artikel
Ikuti Tahapan menulis artikel dari gambar diatas:
  1. Buat kalimat pertama dimana menjelaskan judul dibuat sehingga pembaca mengerti, Diblog dan klik menu edit bar no.3 pilih sebagai Subheading, setelah itu diblog lagi Copy dan di paste kan Deskripsi Penelusuran liat panah.
  2. Di Setelan Entri, buat label tulisan gunanya untuk mengelompokan tulisan dengan topik yang sama disini (Merancang dan Membuat Website Blogger), sesuaikan dengan tema tulisan anda, isi dari atas label, link, lokasi, dan pilihan setingan.
  3. Gunakan menu Edit Bar untuk seting jenis hurup, besar kecil hurup, heading (h1,h2,h3,h4), tebal miring garisbawah, warna hurup, warna latar hurup, tambah link internal dan external, sisipkan video.
  4. Sisipkan gambar supaya menarik, cari dan unduh di Pixabay (di kotak pencari google) untuk gambar yang menarik dan free copyrigh, lalu Klik Kanan buat caption (judul gambar), dan isi text properties.
  5. (no 5 dan 6), gunakan Heading, disini blog kalimat yang ingin dtentukan h2 (sub heading), h3 (minor heading),atau h4 (tulisan Normal).
  6. Untuk melihat hasil penulisan, simpan di blog kita. Klik di no.7 bar Pratinjau, simpan dan Publikasi (Posting). Publikasi di klik bila artikel ini selesai di ketik dan disispkan link, gambar atau video, dan bisa diatur waktu publikasinya di setelan entri (dipublikasikan Pada).   

4. Sisipkan Video dan Link URL Internal dan External

Dalam penulisan artikel di menu Post, video akan menyebabkan pengunjung akan lebih paham akan isi dari artikel karena menyediakan informasi dalam 3 dimensi, sedangkan link yang ada sisipkan baik di kata, kalimat atau gambar akan membawa pengunjung ke situs lain (external) atau halaman lain blog anda (internal) sehingga akan menambah Traffic kunjungan blog anda.

Link adalah bagian dari SEO on Page, makin banyak link terutama yang ke situs authority seperti wikipedia, youtube, facebook, instagram dan lain akan menaikan rangking website blog anda di mesin pencari google ( search google)

Cara Sisip Video di Artikel Post

Anda harus tempatkan cursor dimana tempat yang akan anda sisipkan video, lalu masuk ke bar editing no 3, lalu anda ke Klik ikon video akan ada pilihan lihat gambar dibawah



Ada dua pilihan sisip video:
  • pertama anda bisa ambil dari komputer anda No 1 (upload video dari komputer anda). 
  • kedua anda bisa upload video dari youtube No,2 (di klik) anda bisa browsing video youtube dengan tema yang cocok dengan artikel anda.
Contoh mau sisipkan video dari youtube lihat gambar dibawah ini:


  1. Bisa pilih penelusuran dengan memasukan keyword judul video youtubenya atau upload dari chanel youtube anda.
  2. Klik video youtube yang menurut kamu paling cocok lalu
  3. Klik pilih
nanti hasilnya seperti dibawah ini.


Bila sisip video dari komputer kamu, tinggal dicari file videonya dan di klik upload saja.

Cara Sisip Link URL Internal dan External

Prinsipnya adalah tinggal Blog baik kata atau kalimat yang akan anda sisipkan link internal dan external, biasanya para penulis artikel membuat kalimat BACA JUGA : dan memberikan beberapa kalimat yang disisipkan link URL  yang merupakan judul artikel blog yang lain atau artikel situs orang lain atau halaman website lain.

Bila kalimat disisipkan URL website lain maka warna dari tulisan berubah, biasanya menjadi biru atau merah hati seperti gambar dibawah ini,



Bila disisp pada Nama domain seperti kompas.com , google .com tinggal di blog saja lalu klik gambar rante atau Link


cara sisipnya  seperti gambar dibawah:



  1. Blog duli kata atau kalimat yang akan disispkan Link URL internal maupun External
  2. Copy URL yang ada di web adress klik kanan copy, laluke menu pembuatan artikel paste seperti no 2 (gambar)
  3. di centang bila pengunjung kli muncul jendela baru, bila tidak dicentang pengunjung klik, maka akan halaman URL menutupi artikel kita.
  4. No Follow artinya link yang kita sisipkan tidak mengcrawler artikel blog kita
  5. Klik terapkan.

Minimum jumlah kata dalam penulisan artikel harus 300 atau lebih kata, akan lebih bagus kalau artikel di tulis antara 1000 kata sampai 1.500 kata, sebab akan menaikan nilai di mesin pencari.

Lebih dari 1.500 kata sebaiknya tulisan di pecah menjadi 2 artikel, biasanya orang akan bosan bila membaca terlalu panjang

Hal -hal Jangan Melakukan Dalam Penulisan Artikel

Dalam penulisan artikel HINDARI:
  • Copy Paste artikel orang lain (plagiat)
  • Menggunakan Gambar milik orang lain, tanpa lebih dulu merubahnya
kalau dilakukan maka akan sulit artikel anda dipasangi iklan adsene dan di Blackhat sehingga tidak direkomendasikan google untuk ditampilkan di mesin pencari

Gunakan aplikasi WordCounter untuk menghitung kata yang telah kita tulis. Caranya, Blog semua tulisan atau Control A, lalu klik kanan, pilih Copy dan pastekan di kotak perhitungan WordCounter, klik kanan dan pilih Paste, Scroll ke bawah liat berapa kata yang sudah dituliskan, Bila kurang tambah tulisan, kalau pas atau lebih 300 kata berarti artikel anda sudah selesai dan bisa klik Publikasikan (Posting).

Bila ada yang ingin ditanyakan silahkan tulis dikolom komentar akan di balas oleh penulis.

Kunjungi halaman facebok untuk melihat postingan yang berhubungan dengan bisnis online di @bbisnisonlie dan channel youtube heru fahrudin















Comments

  1. Artikel ini sangat bermanfaat buat orang orang yang mau memulai bisnis bagi pemula dengan media online. Saya juga ada menyediakan sebuah artikel yang berisi tentang cara memulai bisnis pemula buat seorang pemuda dalam bisnis online agar bisa menjadi pengusaha pemuda yang sukses.

    Nama: Rabiatul
    Silahkan cek disini ya

    https://tulisanindahdaripelajar.blogspot.com/?m=1

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Teknik Psikologi Pemasaran | Memanfaatkan Emosi Manusia Untuk Bisnis

Ilmu psikologi bisa dimanfaatkan untuk kepentingan bisnis, karena ternyata emosi dan prilaku yang dibahas di disiplin ilmu ini bisa dimanfaatkan oleh pebisnis untuk meningkatkan transaksi penjualan (omset) lebih lanjut mendapatkan pelanggan dan masukan untuk pengembangan produk Ada beberapa teknik psikologi marketing yang umum digunakan dan tidak diketahui oleh kebanyakan orang, dan biasanya penerapan psikologi marketing ada pada banner produk, website landing perusahaan. Apa Itu Psikologi Marketing Psikologi adalah salah satu bidang ilmu pengetahuan dan ilmu terapan yang mempelajari tentang perilaku, fungsi mental, dan proses mental manusia melalui prosedur ilmiah. Wikipedia   Marketing adalah serangkaian kegiatan untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen, baik dengan cara memproduksi produk kemudian memberikan harga dan mempromosikannya kepada konsumen sehingga terjadilah penjualan. Jurnal Enterpreuner Ada dua disiplin ilmu yang digunakan disini yaitu psikologi yang membahas pr

LOGO | Jenis, Fungsi, Aplikasi Membuatnya Dan Penerapanya Dalam Dunia Bisnis

Logo menjadi elemen penting dari sebuah bisnis, logo merupakan representasi dari perusahaan, produk binsis dan melekat image dari publik. Image yang baik sebuah logo berpengaruh ke hasil bisnis (penjualan dan laba). Image yang buruk juga sebaliknya ke hasil bisnis Image sebuah dari sebuah logo didapat dari usaha perusahaan akan menjalankan bisnisnya, menjaga kualitas, service dan nilai yang bagus didapat ke pelanggan akan membuat image dari logo yang juga baik. begitu juga sebaliknya. Perusahaan harus menjaga dan membangun logo/merek mereka mejadi logo yang dipercaya dan mempunyai reputasi yang baik untuk konsumennya.  Reputasi dan kepercayaan adalah modal untuk mendapatkan hasil bisnis yang baik yaitu peningkatan penjualan dan laba dimana bisa berlangung selama waktu yang panjang. Logo Apa Sih Logo merupakan suatu gambar atau sekadar sketsa dengan arti tertentu, dan mewakili suatu arti dari perusahaan, daerah, organisasi, produk, negara, lembaga, dan hal lainnya membutuhkan sesuatu y

Cara Menghubungkan Google Adsene Ke Blog di Blogger | Dari Awal, Approval, Seting Iklan Sampai Terima Pendapatan Iklan

Cara menghubungkan google adsene ke blog anda yang anda buat di Content Management System (CMS) blogger anda buat yang pemula, dari awal ke approval lalu seting iklan di blogger dan google adsene sampai terima pendapatan iklan. Motivasi utama sebagaian blogger untuk membuat artikel-artikel di situs blog adalah pendapatan iklan, selain aktulisasi diri.  Blogger yang mendapatkan komentar positip akan tulisanya di artikel yang diposting di website blognya akan menaikan semangat menulis dan mengembangkan website blognya, tetapi bila blogger mendapatkan uang dari postingan artikel di blognya, dia akan mencurahkan perhatian dan waktunya lebih banyak ke situs blognya. Buat blogger pemula sebagian besar harapanya memposting artikel adalah menghasilkan uang terutama dari iklan google adsene , pengalaman penulis sendiri pada waktu awal awal , baru membuat  5 artikel langsung menghubungkan ke adsene dan menunggu approval dari pihak adsene dan putus asa ketika tidak ada khabar dari pihak google ad