Skip to main content

Teknik Psikologi Pemasaran | Memanfaatkan Emosi Manusia Untuk Bisnis

Ilmu psikologi bisa dimanfaatkan untuk kepentingan bisnis, karena ternyata emosi dan prilaku yang dibahas di disiplin ilmu ini bisa dimanfaatkan oleh pebisnis untuk meningkatkan transaksi penjualan (omset) lebih lanjut mendapatkan pelanggan dan masukan untuk pengembangan produk

Ada beberapa teknik psikologi marketing yang umum digunakan dan tidak diketahui oleh kebanyakan orang, dan biasanya penerapan psikologi marketing ada pada banner produk, website landing perusahaan.

Apa Itu Psikologi Marketing

Psikologi adalah salah satu bidang ilmu pengetahuan dan ilmu terapan yang mempelajari tentang perilaku, fungsi mental, dan proses mental manusia melalui prosedur ilmiah. Wikipedia 

Marketing adalah serangkaian kegiatan untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen, baik dengan cara memproduksi produk kemudian memberikan harga dan mempromosikannya kepada konsumen sehingga terjadilah penjualan. Jurnal Enterpreuner

Ada dua disiplin ilmu yang digunakan disini yaitu psikologi yang membahas prilaku proses mental yang dimanfaatkan untuk kepentingan bisnis. 

Kalau dipadukan kedua disiplin ilmu diatas maka akan muncul ilmu terapan baru yang disebut Psikologi marketing, dimana defenisi yang pas menurut penulis Psikologi marketing adalah ilmu marketing yang mempelajari psikologi pelanggan saat membeli suatu produk. Mulai dari motif emosi hingga kecenderungan psikologis yang jadi dasar keputusannya.




Manfaat Psikologi Marketing

Ada beberapa manfaat dari psikologi marketing yang di dapat marketer maupun pebisnis diantaranya;
  1. Mengubah Keputusan Pembeli, calon pembeli akan mengubah keputusan transaksi pembelian dari semula ragu-ragu menjadi menetapkan keputusan membeli.
  2. Meningkatkan Penjualan, teknik psikologi pemasaran memainkan emosi calon pembeli sehingga akan segera membeli dan atau akan membeli lebih besar/mahal.
  3. Meraih Pelanggan, bila pembeli sudah diraih maka tinggal pebisnis memberlakukan pembeli dengan qualitas dan service agar menjadi pelanggan setia.
  4. Pengembangan Produk, pelanggan yang setia biasanya tidak akan segan memberikan pengalaman menunggunakan produk dan jasa juga memberikan masukan untuk perbaikan produk dan pelayanan yang lebih baik bahkan ide akab produk baru.

Teknik Pemasaran yang banyak digunakan dengan memanfaatkan psikologi 

Ada beberapa macam teknik psikologi marketing dan Riantono Astono menjelaskan dengan baik di channel youtubenya riantoastono.com juga di beberapa penulis dimana penulis akan sertakan sehingga akan memudahkan memahami jenis psikologi marketing.

1. Prinsip kelangkaan (Scarcity/kelangkaan. limitasi)

Teknik ini digunakan dengan memainkan emosi berpikir manusia, dimana orang tidak mau kehabisan produk yang diinginkannya atau orang dengan tenggang waktu yang sempit harus mendapatkan keinginannya, dan marketer memanfaatkan prilaku konsumen ini dengan cara membuat limitasi produk, discount harga, dan promosi dilakukan dengan pembatasan waktu. 

Para marketer menggunakan prinsip atau teknik ini pada banner digital maupun banner print ada tulisan seperti;
  • Harga berlaku hanya hari ini
  • Promosi beli satu gratis satu sampai 
  • Hitung mundur waktu transaksi seperti gambar dibawah ini.

Penerapan Prinsip kelangkaan pada Aktivitas Pemasaran


Untuk memahami lebih mudah silahkan tonton video Riantono Astono dibawah ini.



2. Teknik Sosial Proof  ( Bukti Sosial)

Orang akan memilih barang yang dibutuhkan dari rekomendasi, kesaksian pengguna/banyak orang, bahkan penilaian lembaga peringkat yang dipercaya.

Kulkas Polytron yang menggunakan logo Top Brand dari lembaga Peringkat produk

Pembahasan tentang sosial proof terbaik yang terbaik penulis rekomendasikan masih dari riantoastono,com silahkan tonton videonya dibawah ini.



3. Decoy Effect

Prinsip ini dipakai marketer dengan menambahkan pilihan ketiga(decoy)agar orang cenderung memilih barang yang lebih menguntungkan. yang ditawarkan pada display atau menu produk.

Contoh display produk yang Menggunakan Decoy Effect


Kalau hanya ada dua pilihan produk yang dijual large (22k) dan Mega (32k), maka orang akan cenderung memilih Large (22k), tetapi pembeli akan banyak memilih Mega (32k) bila menggunkan decoy yaitu pilihan alternatif Jumbo (30k) dimana ukuran dan harga tidak jauh beda dengan ukuran Mega (32k).

Untuk pemahaman lebih lanjut silahkan tonton video dibawah ini.




4. Teknik Food In the Door (Rayuan kecil memberikan Hasil Besar)

Teknik ini memanfaatkan permintaan kecil pada pelanggan dan selanjutnya pada interval waktu keterlibatan pelanggan diperbesar sesuai keinginan pebisnis, dimana karena alasan psikologis dimana orang akan lebih permisif atau merasa tidak enak bisa sudah mengenal atau berteman pada orang,

Silahkan tonton video dibawah ini




2. Anchoring Effect

Teknik ini digunakan untuk mempercepat keputusan pembeli unutk memutuskan untuk membeli barang yang diiklankannya dengan menetapkan dulu harga pertama atau jangkar (anchoring) . selanjutnya menentukan harga atau angka yang disukai calon pembeli untuk transaksi.

Teknik Anchoring Effect pada pengenalan produk I-Pod oleh Steve Jobs



Contoh teknik ini biasa di pakai oleh Steve Jobs pada saat memperkenalkan produk I-phone terbaru. 
Ketika mempresentasikan produknya produknya, dia memperkenalkan harga $ 999, yang merupakan harga standar produk dipasaran, tetapi diakhirnya dia menerapkan harga $ 499 hasil effesien produksi.

Harga ini lah yang menarik pembeli untuk berbondong membeli produk I-Phone. lebih jelasnya tonnton video riantoastono.com dibawah ini



Kesimpulan dari artikel ini, banner, teknik promosi gunakan prsikologi marketing karena effektip mengarahkan calon pembeli juga membeli untuk menuntaskan transaksi pembelian dan juga memilih produk yang menguntungkan penjual dalah hal jumlah omset dan laba.

Baca Juga:

Comments

Popular posts from this blog

LOGO | Jenis, Fungsi, Aplikasi Membuatnya Dan Penerapanya Dalam Dunia Bisnis

Logo menjadi elemen penting dari sebuah bisnis, logo merupakan representasi dari perusahaan, produk binsis dan melekat image dari publik. Image yang baik sebuah logo berpengaruh ke hasil bisnis (penjualan dan laba). Image yang buruk juga sebaliknya ke hasil bisnis Image sebuah dari sebuah logo didapat dari usaha perusahaan akan menjalankan bisnisnya, menjaga kualitas, service dan nilai yang bagus didapat ke pelanggan akan membuat image dari logo yang juga baik. begitu juga sebaliknya. Perusahaan harus menjaga dan membangun logo/merek mereka mejadi logo yang dipercaya dan mempunyai reputasi yang baik untuk konsumennya.  Reputasi dan kepercayaan adalah modal untuk mendapatkan hasil bisnis yang baik yaitu peningkatan penjualan dan laba dimana bisa berlangung selama waktu yang panjang. Logo Apa Sih Logo merupakan suatu gambar atau sekadar sketsa dengan arti tertentu, dan mewakili suatu arti dari perusahaan, daerah, organisasi, produk, negara, lembaga, dan hal lainnya membutuhkan sesuatu y

Apa itu Fotografi, Videografi, Dan Sinematografi

Bahasa Visual atau gambar maka tidak dipisahkan dengan Fotografi dan Sinematografi, sekarang muncul istilah baru videografi. Apa sih ketiganya, yang pasti semuanya berbicara tentang gambar, gambar bergerak, dan karya visual gambar yang bisa dinikmati banyak kalangan hampir setiap hari dan setiap waktu. Menurut sejarahnya foto mulai dikenal dan temukan di akhir abad 18, dan mulai digunakan di awal abad 19 dan menjadi sebuah industri foto lalu menjadi industri film. Liat Sejarah Fotografi Sekarang fotografi dan sinematografi menjadi cabang ilmu sendiri dan ada jurusan sendiri untuk mempelajarinya, salah satunya jurusan Film dan Televisi di IKJ (Institute kesenian Jakarta). Keahlian dibidang fotografi dan sinematografi banyak dipakai di industri televisi dan iklan, juga sangat membantu ketika terjun di dunia youtuber dan selebgram yang penghasilannya melampaui yang berkerja di dunia televisi. Media Digital yang berkembang sekarang terutama hiburan di media sosial seperti youtube, instag