Skip to main content

Keyword | Bagaimana Cara Mendapatkan dan Penulisannya

Keyword bagaimana cara mendapatkannya dan bagaimana penulisannya.  Hal pertama yang dilakukan para webmaster dan blogger dalam membuat artikel adalah mencari keyword. Keyword adalah bagian dalam SEO (Search Engine Optimization). Keyword yang tepat bagi para blogger untuk mendapatkan traffik pengunjung.

Keyword merupakan hal penting dalam SEO, kemampuan memilih keyword (kata kunci) yang tepat setiap kali menulis artikel akan mendatangkan traffik pengunjung yang banyak dari mesin pencari.

Keyword
Keyword


Apa itu Keyword

Keyword (kata kunci) menurut SEM berarti sebuah kata atau frasa (gabungan kata, seperti 'Chicago Courier Service') yang digunakan untuk menemukan halaman web yang sesuai dan berguna. wikipedia

Keyword merupakan susunan kata yang sering diketik orang saat mencari informasi di internet dalam hal ini search engine (mesin pencari). Kata inilah yang disimpan dan digunakan mesin pencari untuk menganalisa kebutuhan pengguna internet.

BACA JUGA:



Manfaat Keyword

Bagi Search Engine (Mesin Pencari)

Keyword memudahkan search engine(mesin pencari) menemukan dan menaampilkan informasi yang relevan dengan yang dibutuhkan oleh pengguna internet.

Bagi Webmaster (Blogger)

Kata kunci yang tepat akan memungkinkan artikel yang dibuat dan diposting bisa tampil di rangking awal di halaman depan hasil pencarian.

Ada kepuasan batin buat blogger apabila artikel yang dibuatnya menduduki rangking pertama di hasil pencarian dan tentunya rangkin pertama akan di klik dulu oleh pengunjung dibandingkan dengan rangking 6 ke atas, yang otomatis meningkatkan trafik pengunjung.


Bagi website (Blog)

keyword yang tepat, maka kemungkinan website dan blog akan muncul dirangking awal pencarian, Jika blog dan website berisi artikel-artikel yang berkualitas maka akan sering muncul di rangking awal pencarian. maka blog tersebut menjadi terkenal, dan menghasilkan banyak uang dari iklan dan program affiliasi.

Penulisan Keyword

Keyword berdasarkan Jumlah Kata

  • Short tail keyword (kata kunci pendek), kata kunci yang maksimal terdiri dari dua kata contohnya: Rumah murah, mobil keluarga, cara belanja, buat website.
  • Long tail keyword (kata kunci panjang), kata kunci yang terdiri lebih dari dua kata dan bisa menggambungkan beberapa kata kunci contohnya: strategi pemasaran online, cara buat website blog buat pemula, mobil sedang paling mahal.
Kelebihan kata kunci pendek adalah mempunyai volume pencarian besar perbulannya, tetapi yang memakai kata kunci ini banyak sehingga kemungkinan muncul rangking awal pencarian agak susah

Kelebihan kata kunci panjang adalah kemungkinan mendapat rangking hasil pencarian diawal semakin besar, lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari

Keyword berdasarkan Waktu

  • Keyword Abadi, keyword yang akan mendatangkan traffik terus menerus tanpa tergerus waktu contohnya; resep gudeg yogya, obat batuk herbal, cara meyuburkan rambut bayi.
  • Keyword Musim, keyword yang dicari pada waktu tertentu saja, sehingga di waktu yang tepat akan mendatangkan banyak trafik pengunjung, tetapi bila selesai acara atau peristiwa itu traffik menurun drastis contohnya; peraih piala citra tahun 2019, Aktor terbaik di amy award 2020

Keyword berdasarkan Pemirsa

  • Keyword Umum, keyword yang bisa menjangkau semua golongan dan kelompok orang, contohnya; cara mengobati sakit perut, cara memilih sayuran segar
  • Keyword Khusus, keyword yang memiliki pengunjung khusus atau informasi yang diberikan hanya untuk orang tertentu saja contohnya; cara membuat website, soal ujian matematika tingkat SD

Riset Keyword

Salah satu mendapatkan keyword yang tepat adalah dengan jalan melakukan riset atau penelitian. Sebelum sebuah artikel dibuat dicari dulu keywordnya dan aspek-aspek yang diteliti antara lain;
  • Volume pencarian, berapa banyak kata yang dicari(diketik pengunjung) dimesin pencari (search engine) dalam waktu tertentu biasanya satu bulan. misalnya kata "cara" di mesin pencari mempunyai volume 100.000 dibandingkan kata "buat" hanya volume pencariannya1.000 per bulan.
  • Tingkat kesulitan keyword, menunjukan tingkat kesulitan sebuah kata kunci yang akan muncul di hasil pencarian dimana skalanya antara 0 sd 100 makin kecil angkanya makin bagus keywordnya
  • Saran keyword, saran kata kunci yang berkaitan dengan kata kunci yang anda cari, misalnya anda memasukan kata kunci "membuat website" maka anda disarankan untuk memakai kata kunci "cara membuat website"
  • Kompetitor keyword, berapa banyak orang menggunakan kata kunci tersebut, dan liat rangkin awal kompetitor yang menggunakan keyword yang kita cari.
Riset Keyword biasanya mengunakan tool (alat bantu) untuk memudahkan mendapatkan keyword yang tepat. beberapa tool keyword yang dipakai oleh para webmaster dan blogger antara lain:

1. Google Keyword  Planner

Tool ini digunakan pada saat mau membuat iklan di google ads, anda bisa menggunakannya gratis hanya beberapa kali setelah itu anda harus membayar untuk berlangganan google keyword  planner

Halaman Google keyword Planner
Halaman Google keyword Planner
Anda tinggal masukan keyword "buat akun google" yang anda akan pakai (langkah 1), lalu anda akan mendapatkan jumlah volume penelurusan perbulan, tingkat persaingan, dan biaya bila mengiklankan di google ads.

BACA JUGA :

2. Ubersuggest

Ubersuggest adalah keyword tool yang dimiliki oleh Neil Patel, seorang digital marketing uang dikenal dikalangan blogger dan webmaster karena memberikan tool keyword gratis di websitenya NEILPATEL.

Ubersuggest keyword Tool
Ubersuggest keyword Tool
Anda klik website NEILPATEL lalu langkah pertama klik tool dan pilih Ubersuggest yang tampilannya seperti gambar diatas, langkah kedua masukan keyword target anda di kotak, tapi terlebih dahulu ganti negara yang dituju disebelahnya, ganti Indonesia. lalu klik search.

Hasil Riset Keyword Ubersuggest
Hasil Riset Keyword Ubersuggest
Hasil dari riset keyword seperti gambar diatas dimana volume pencariannya 110.000 penelusuran sebulan, tingkat kesulitan muncul dihalaman pertama 47 (kurang bagus) dan biaya iklannya masuk kategori murah.

3. Google Trends

Google Trends adalah aplikasi layanan dari google untuk mengetahui trend pencarian kata yang dituliskan dimesin pencarian, dan bisa diliat trend pencarian perjam, 4 jam, sehari, sebulan sampai 5 tahun ke belakang. Google Trends adalah salah satu tool riset keyeword anda tinggal tulis alamat URL nya trends.google.co.id 

Halaman Google trends
Halaman Google trends

Anda tinggal masukan keyword yang akan anda riset ke dalam box perintah di google trends diatas saya masukan  "buat akun google".

Hasil Analisis Google Trends
Hasil Analisis Google Trends
Hasilnya anda akan lihat gambar di atas trend pencarian perharinya sesuai dengan apa yang ingin anda pengin ketahui dan bila di scroll kebawah akan diperlihatkan trend pencarian per daerah dan kata kunci terkait dengan kata kunci yang anda masukan, lihat gambar dibawah.

Hasil Kata Kunci (Keyword) Terkait
Hasil Kata Kunci (Keyword) Terkait

Anda bisa ubah kata kunci dengan kata kunci yang lebih besar trendnya dari riset di google trends.


Selain tiga Keyword tool diatas masih ada tool yang lain biasanya berbayar dan gratis diawal untuk mencoba mengunakan toolnya, Tool yang lain diantaranya:
  • MOZ
  • SEMrush
  • Soovle
  • Keyword Shitter
Kesimpulannya sebelum memulai membuat artikel di website atau blog lakukan riset keyword agar sukses mendatangkan trafik pengunjung dari mesin pencari sebelum mengunakan variabel SEO yang lain.




Kunjungi halaman facebok untuk melihat postingan yang berhubungan dengan bisnis online di @bbisnisonlie dan channel youtube heru fahrudin







Comments

Popular posts from this blog

Teknik Psikologi Pemasaran | Memanfaatkan Emosi Manusia Untuk Bisnis

Ilmu psikologi bisa dimanfaatkan untuk kepentingan bisnis, karena ternyata emosi dan prilaku yang dibahas di disiplin ilmu ini bisa dimanfaatkan oleh pebisnis untuk meningkatkan transaksi penjualan (omset) lebih lanjut mendapatkan pelanggan dan masukan untuk pengembangan produk Ada beberapa teknik psikologi marketing yang umum digunakan dan tidak diketahui oleh kebanyakan orang, dan biasanya penerapan psikologi marketing ada pada banner produk, website landing perusahaan. Apa Itu Psikologi Marketing Psikologi adalah salah satu bidang ilmu pengetahuan dan ilmu terapan yang mempelajari tentang perilaku, fungsi mental, dan proses mental manusia melalui prosedur ilmiah. Wikipedia   Marketing adalah serangkaian kegiatan untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen, baik dengan cara memproduksi produk kemudian memberikan harga dan mempromosikannya kepada konsumen sehingga terjadilah penjualan. Jurnal Enterpreuner Ada dua disiplin ilmu yang digunakan disini yaitu psikologi yang membahas pr

LOGO | Jenis, Fungsi, Aplikasi Membuatnya Dan Penerapanya Dalam Dunia Bisnis

Logo menjadi elemen penting dari sebuah bisnis, logo merupakan representasi dari perusahaan, produk binsis dan melekat image dari publik. Image yang baik sebuah logo berpengaruh ke hasil bisnis (penjualan dan laba). Image yang buruk juga sebaliknya ke hasil bisnis Image sebuah dari sebuah logo didapat dari usaha perusahaan akan menjalankan bisnisnya, menjaga kualitas, service dan nilai yang bagus didapat ke pelanggan akan membuat image dari logo yang juga baik. begitu juga sebaliknya. Perusahaan harus menjaga dan membangun logo/merek mereka mejadi logo yang dipercaya dan mempunyai reputasi yang baik untuk konsumennya.  Reputasi dan kepercayaan adalah modal untuk mendapatkan hasil bisnis yang baik yaitu peningkatan penjualan dan laba dimana bisa berlangung selama waktu yang panjang. Logo Apa Sih Logo merupakan suatu gambar atau sekadar sketsa dengan arti tertentu, dan mewakili suatu arti dari perusahaan, daerah, organisasi, produk, negara, lembaga, dan hal lainnya membutuhkan sesuatu y

Apa itu Fotografi, Videografi, Dan Sinematografi

Bahasa Visual atau gambar maka tidak dipisahkan dengan Fotografi dan Sinematografi, sekarang muncul istilah baru videografi. Apa sih ketiganya, yang pasti semuanya berbicara tentang gambar, gambar bergerak, dan karya visual gambar yang bisa dinikmati banyak kalangan hampir setiap hari dan setiap waktu. Menurut sejarahnya foto mulai dikenal dan temukan di akhir abad 18, dan mulai digunakan di awal abad 19 dan menjadi sebuah industri foto lalu menjadi industri film. Liat Sejarah Fotografi Sekarang fotografi dan sinematografi menjadi cabang ilmu sendiri dan ada jurusan sendiri untuk mempelajarinya, salah satunya jurusan Film dan Televisi di IKJ (Institute kesenian Jakarta). Keahlian dibidang fotografi dan sinematografi banyak dipakai di industri televisi dan iklan, juga sangat membantu ketika terjun di dunia youtuber dan selebgram yang penghasilannya melampaui yang berkerja di dunia televisi. Media Digital yang berkembang sekarang terutama hiburan di media sosial seperti youtube, instag