Skip to main content

Keyword | Bagaimana Cara Mendapatkan dan Penulisannya

Keyword bagaimana cara mendapatkannya dan bagaimana penulisannya.  Hal pertama yang dilakukan para webmaster dan blogger dalam membuat artikel adalah mencari keyword. Keyword adalah bagian dalam SEO (Search Engine Optimization). Keyword yang tepat bagi para blogger untuk mendapatkan traffik pengunjung.

Keyword merupakan hal penting dalam SEO, kemampuan memilih keyword (kata kunci) yang tepat setiap kali menulis artikel akan mendatangkan traffik pengunjung yang banyak dari mesin pencari.

Keyword
Keyword


Apa itu Keyword

Keyword (kata kunci) menurut SEM berarti sebuah kata atau frasa (gabungan kata, seperti 'Chicago Courier Service') yang digunakan untuk menemukan halaman web yang sesuai dan berguna. wikipedia

Keyword merupakan susunan kata yang sering diketik orang saat mencari informasi di internet dalam hal ini search engine (mesin pencari). Kata inilah yang disimpan dan digunakan mesin pencari untuk menganalisa kebutuhan pengguna internet.

BACA JUGA:



Manfaat Keyword

Bagi Search Engine (Mesin Pencari)

Keyword memudahkan search engine(mesin pencari) menemukan dan menaampilkan informasi yang relevan dengan yang dibutuhkan oleh pengguna internet.

Bagi Webmaster (Blogger)

Kata kunci yang tepat akan memungkinkan artikel yang dibuat dan diposting bisa tampil di rangking awal di halaman depan hasil pencarian.

Ada kepuasan batin buat blogger apabila artikel yang dibuatnya menduduki rangking pertama di hasil pencarian dan tentunya rangkin pertama akan di klik dulu oleh pengunjung dibandingkan dengan rangking 6 ke atas, yang otomatis meningkatkan trafik pengunjung.


Bagi website (Blog)

keyword yang tepat, maka kemungkinan website dan blog akan muncul dirangking awal pencarian, Jika blog dan website berisi artikel-artikel yang berkualitas maka akan sering muncul di rangking awal pencarian. maka blog tersebut menjadi terkenal, dan menghasilkan banyak uang dari iklan dan program affiliasi.

Penulisan Keyword

Keyword berdasarkan Jumlah Kata

  • Short tail keyword (kata kunci pendek), kata kunci yang maksimal terdiri dari dua kata contohnya: Rumah murah, mobil keluarga, cara belanja, buat website.
  • Long tail keyword (kata kunci panjang), kata kunci yang terdiri lebih dari dua kata dan bisa menggambungkan beberapa kata kunci contohnya: strategi pemasaran online, cara buat website blog buat pemula, mobil sedang paling mahal.
Kelebihan kata kunci pendek adalah mempunyai volume pencarian besar perbulannya, tetapi yang memakai kata kunci ini banyak sehingga kemungkinan muncul rangking awal pencarian agak susah

Kelebihan kata kunci panjang adalah kemungkinan mendapat rangking hasil pencarian diawal semakin besar, lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari

Keyword berdasarkan Waktu

  • Keyword Abadi, keyword yang akan mendatangkan traffik terus menerus tanpa tergerus waktu contohnya; resep gudeg yogya, obat batuk herbal, cara meyuburkan rambut bayi.
  • Keyword Musim, keyword yang dicari pada waktu tertentu saja, sehingga di waktu yang tepat akan mendatangkan banyak trafik pengunjung, tetapi bila selesai acara atau peristiwa itu traffik menurun drastis contohnya; peraih piala citra tahun 2019, Aktor terbaik di amy award 2020

Keyword berdasarkan Pemirsa

  • Keyword Umum, keyword yang bisa menjangkau semua golongan dan kelompok orang, contohnya; cara mengobati sakit perut, cara memilih sayuran segar
  • Keyword Khusus, keyword yang memiliki pengunjung khusus atau informasi yang diberikan hanya untuk orang tertentu saja contohnya; cara membuat website, soal ujian matematika tingkat SD

Riset Keyword

Salah satu mendapatkan keyword yang tepat adalah dengan jalan melakukan riset atau penelitian. Sebelum sebuah artikel dibuat dicari dulu keywordnya dan aspek-aspek yang diteliti antara lain;
  • Volume pencarian, berapa banyak kata yang dicari(diketik pengunjung) dimesin pencari (search engine) dalam waktu tertentu biasanya satu bulan. misalnya kata "cara" di mesin pencari mempunyai volume 100.000 dibandingkan kata "buat" hanya volume pencariannya1.000 per bulan.
  • Tingkat kesulitan keyword, menunjukan tingkat kesulitan sebuah kata kunci yang akan muncul di hasil pencarian dimana skalanya antara 0 sd 100 makin kecil angkanya makin bagus keywordnya
  • Saran keyword, saran kata kunci yang berkaitan dengan kata kunci yang anda cari, misalnya anda memasukan kata kunci "membuat website" maka anda disarankan untuk memakai kata kunci "cara membuat website"
  • Kompetitor keyword, berapa banyak orang menggunakan kata kunci tersebut, dan liat rangkin awal kompetitor yang menggunakan keyword yang kita cari.
Riset Keyword biasanya mengunakan tool (alat bantu) untuk memudahkan mendapatkan keyword yang tepat. beberapa tool keyword yang dipakai oleh para webmaster dan blogger antara lain:

1. Google Keyword  Planner

Tool ini digunakan pada saat mau membuat iklan di google ads, anda bisa menggunakannya gratis hanya beberapa kali setelah itu anda harus membayar untuk berlangganan google keyword  planner

Halaman Google keyword Planner
Halaman Google keyword Planner
Anda tinggal masukan keyword "buat akun google" yang anda akan pakai (langkah 1), lalu anda akan mendapatkan jumlah volume penelurusan perbulan, tingkat persaingan, dan biaya bila mengiklankan di google ads.

BACA JUGA :

2. Ubersuggest

Ubersuggest adalah keyword tool yang dimiliki oleh Neil Patel, seorang digital marketing uang dikenal dikalangan blogger dan webmaster karena memberikan tool keyword gratis di websitenya NEILPATEL.

Ubersuggest keyword Tool
Ubersuggest keyword Tool
Anda klik website NEILPATEL lalu langkah pertama klik tool dan pilih Ubersuggest yang tampilannya seperti gambar diatas, langkah kedua masukan keyword target anda di kotak, tapi terlebih dahulu ganti negara yang dituju disebelahnya, ganti Indonesia. lalu klik search.

Hasil Riset Keyword Ubersuggest
Hasil Riset Keyword Ubersuggest
Hasil dari riset keyword seperti gambar diatas dimana volume pencariannya 110.000 penelusuran sebulan, tingkat kesulitan muncul dihalaman pertama 47 (kurang bagus) dan biaya iklannya masuk kategori murah.

3. Google Trends

Google Trends adalah aplikasi layanan dari google untuk mengetahui trend pencarian kata yang dituliskan dimesin pencarian, dan bisa diliat trend pencarian perjam, 4 jam, sehari, sebulan sampai 5 tahun ke belakang. Google Trends adalah salah satu tool riset keyeword anda tinggal tulis alamat URL nya trends.google.co.id 

Halaman Google trends
Halaman Google trends

Anda tinggal masukan keyword yang akan anda riset ke dalam box perintah di google trends diatas saya masukan  "buat akun google".

Hasil Analisis Google Trends
Hasil Analisis Google Trends
Hasilnya anda akan lihat gambar di atas trend pencarian perharinya sesuai dengan apa yang ingin anda pengin ketahui dan bila di scroll kebawah akan diperlihatkan trend pencarian per daerah dan kata kunci terkait dengan kata kunci yang anda masukan, lihat gambar dibawah.

Hasil Kata Kunci (Keyword) Terkait
Hasil Kata Kunci (Keyword) Terkait

Anda bisa ubah kata kunci dengan kata kunci yang lebih besar trendnya dari riset di google trends.


Selain tiga Keyword tool diatas masih ada tool yang lain biasanya berbayar dan gratis diawal untuk mencoba mengunakan toolnya, Tool yang lain diantaranya:
  • MOZ
  • SEMrush
  • Soovle
  • Keyword Shitter
Kesimpulannya sebelum memulai membuat artikel di website atau blog lakukan riset keyword agar sukses mendatangkan trafik pengunjung dari mesin pencari sebelum mengunakan variabel SEO yang lain.




Kunjungi halaman facebok untuk melihat postingan yang berhubungan dengan bisnis online di @bbisnisonlie dan channel youtube heru fahrudin







Comments

Popular posts from this blog

Cara Menghubungkan Google Adsene Ke Blog di Blogger | Dari Awal, Approval, Seting Iklan Sampai Terima Pendapatan Iklan

Cara menghubungkan google adsene ke blog anda yang anda buat di Content Management System (CMS) blogger anda buat yang pemula, dari awal ke approval lalu seting iklan di blogger dan google adsene sampai terima pendapatan iklan. Motivasi utama sebagaian blogger untuk membuat artikel-artikel di situs blog adalah pendapatan iklan, selain aktulisasi diri.  Blogger yang mendapatkan komentar positip akan tulisanya di artikel yang diposting di website blognya akan menaikan semangat menulis dan mengembangkan website blognya, tetapi bila blogger mendapatkan uang dari postingan artikel di blognya, dia akan mencurahkan perhatian dan waktunya lebih banyak ke situs blognya. Buat blogger pemula sebagian besar harapanya memposting artikel adalah menghasilkan uang terutama dari iklan google adsene , pengalaman penulis sendiri pada waktu awal awal , baru membuat  5 artikel langsung menghubungkan ke adsene dan menunggu approval dari pihak adsene dan putus asa ketika tidak ada khabar dari pihak google ad

Affiliate Marketing| Bagaimana Cara Kerja dan Konsepnya

Affiliate Marketing digunakan banyak perusahaan maupun pemilik produk (fisik maupun virtual) sebagai platform pemasaran digital, bagi pemilik website dan properti digital ini adalah cara untuk mendapatkan uang komisi affiliate. Siapa saja yang telibat dalam pemasaran affilate, tujuan apa yang ingin dicapai dan bagaimana cara kerja dan konsepnya. akan dibahas di artikel ini. Bila dahulu perusahaan menjual produknya dengan mengerahkan saleman (karyawan penjualan) untuk menjual dan mendapatkan transaksi ke konsumen door to door lalu membayar salesman dengan gaji. Sekarang prinsipnya sama perusahaan mengerahkan affiliater (marketer) untuk menjual dan mendapatkan transaksi lewat konten webiste atau konten di properti online yang ditanamkan link ke halaman transaksi (landing page) yang dimiliki para marketer lalu membayarnya dengan komisi. Apa Sih Affiliate Marketing Affiliate marketin g adalah model pemasaran produk atau jasa milik orang lain dimana kita akan mendapatkan komisi un

Cara Membuat Website Blog #1 Merencanakan Website Blog di Blogger

Cara membuat website blog bagaian pertama: Merencanakan website blog di blogger. langkah awal apa saja yang harus dilakukan untuk membuat website yang baik dibahas di artikel ini. Membuat website blogger langkah awalnya adalah merencanaan tujuan, lalu perkirakan segmen audiens ( calon pengunjung website), tetapkan nama website mengunakan riset keyword, dan terakhir membuat rencana menu (penggolongan postingan artikel berdasarkan topik/tema yang sama. Dashboard Blogger Berikut tahapan membuat website yang berkualitas: 1. Tetapkan Tujuan Membuat Website Website harus memiliki tujuan, tujuan ini akan membentuk model, cara, dan bentuk untuk membuat website yang berkualitas, juga harus mengacu pada kebutuhan informasi pengunjung, sebab inilah yang akan menyebabkan wesite ini banyak dikunjungi pengunjung dan pengunjung memperoleh manfaat dari website yang kita buat. Contohnya; kita membuat website bertema "Resep Masakan"maka tujuan ini adalah