Skip to main content

Facebook Ads beriklan di Facebook bagi Budget Terbatas

Facebook Ads beriklan di Facebook bagi Budget Terbatas. Dengan uang 30 ribu anda bisa mulai beriklan, lebih murah dibandingkan buat spanduk, banner iklan. Sasaran/Target Audiens iklan juga bisa dipilih sesuai dengan spesifikasi produk, jasa, content blog, dan content video youtuber, progress hasil iklan juga bisa dipantau langsung. Bila Iklan ini dilakukan secara rutin maka hasilnya akan memperbesar bisnis anda, dan seiring bisnis anda besar tambah budget iklan anda maka bisnis anda juga semakin besar.


Iklan Facebook atau Facebook Ads adalah fitur yang ditawarkan oleh Facebook untuk mempromosikan atau mengiklankan suatu Fan Page yang sebelumnya sudah dibuat oleh pengguna Facebook dengan jangkauan yang berbeda dan dapat diatur oleh pemasang iklan tersebut. Wikipedia




1. Kelebihan Facebook Ads

Penguna Facebook Besar

Indonesia mempunyai penguna facebook keempat dunia sebesar 120 juta orang sumber cnbcindonesia.com baca Jumlah pengguna facebook terbesar dibawah India, Amerika dan Brazil. Potensi Audiens iklan dan Customer potensial yang besar bukan. dan paling banyak ketiga digunakan di Indonesia.(sumber kompas)

Platform media sosial paling banyak digunakan di Indonesia(We Area Social dan Hootsuite)
Platform media sosial paling banyak digunakan di Indonesia(We Area Social dan Hootsuite)


Demografi Facebook Beragam

Usia pengguna facebook beragam persentase paling besar ada pada rentang 18 sampai dengan 34 tahun hampir 50% penggunanya. dengan gender yang hampir sama persentasenya.



Murah untuk Beriklan

Ketika anda memposting produk anda atau artikel blog anda di halaman facebook, akan ada fitur promosi dan informasi jangkauan audiens iklan anda. Keunggulan di facebook ads adalah anda dikasih pilihan budget dari yang paling kecil 10 rb rupiah sampai 1 juta keatas (tentu saja makan besar budget dananya jangkauanya akan lebih besar.

Tapi bila anda jeli menargetkan audiens di pengaturan iklan maka hasil yang didapat akan besar juga, dan anda akan belajar mengelola iklan dari awal sampai hasil iklan anda.

Punya Target Tujuan Iklan yang Spesifik

Ada 3 pilihan tujuan iklan di facebook ads yaitu: Awareness (membangun minat pada produk dan layanan anda), Pertimbangan (membantu orang mencari informasi lebih lengkap), Konversi (Mendorong orang untuk membeli atau mengunakan produk atau layanan anda). Tujuan yang spesifik akhirnya menentukan audiens dan penempatan iklannya.

Bila bisnis anda produk dan jasa, di awal membangun bisnis tujuan Awareness menjadi penting sebelum beralih ke tujuan konversi. Bangun ikatan ke pelanggan lalu ubah menjadi transaksi.

Tujuan Pertimbangan sangat cocok buat blogger dan youtuber karena akan mendatangkan traffic kunjungan yang akhirnya mendatangkan pendapatan iklan.

Ads Manager di Facebook Ads
Ads Manager di Facebook Ads

2. Bagaimana memulai Facebook Ads

Di artikel sebelumnya diinformasikan langkah awal beriklan adalah anda harus memiliki Fans page/Halaman Facebook, dari halaman ini baru anda baru bisa mengiklankan halaman anda dan postingan di halaman anda.

BACA JUGA: 

Kalau anda seorang Youtuber atau Blogger posting di halaman facebook artikel dan video youtube anda, artikel dan video youtube ini lah yang akan diiklankan dengan tujuan yang anda atur di pengaturan facebook ads, begitu juga bila anda berjualan produk, posting produk anda di halaman facebook anda dan mulailah beriklan dapatkan jangkauan audiens facebook.

3. Langkah-langkah Buat Iklan di Facebook Ads

3.1 Buka Ads Manager di Facebook Ads


Buka Beranda Facebook kamu, lalu pertama pilih fitur Buat, lalu kedua pilih Iklan lalu klik.

Fitur Membuat Facebook Ads di Facebook
Fitur Membuat Facebook Ads di Facebook

3.2 Buat kampanye baru

Klik buat iklaan akan mengarahkan ke halaman Pengelola iklan, kalau anda anda baru beriklan kali pertama pilih buat kampanye Baru, kalau sudah pernah pilih iklan gunakan kampanye yang sudah ada, yang pernah anda buat sebelumnya.


Halaman pengelola Iklan dan Buat kampanye Baru

3.3 Seting Konfogurasi Proses kampanye/Iklan Baru

Ada 3 tahapan pembuatan  kampanye/Iklan Baru:

Tahapan Seting Iklan baru di Google Ads
a. Set kampanye (memilih tujuan facebook ads)

Di set kampanye anda harus memilih tujuan iklan, ada 3 tujuan iklan liat gambar diatas:

  • Awareness (Kesadaran), 
  • Consideration (Pertimbangan)
  • Conversion (Konversi)
Memilih Tujuan Iklan di Facebook Ads
Memilih Tujuan Iklan di Facebook Ads
Untuk memudahkan memilih tujuan dan anda menjadi belajar tentang tujuan iklan klik Bantuan memilih tujuan seperti gambar diatas nanti muncul bagian halaman yang menjelaskan maksut setiap tujuan iklan.

Kalau menurut kamu cocok dengan tujuan iklan kamu tinggal pilih lalu KLIK, lanjut Scroll ke bawah

Lanjutan (Scroll ke bawah) Memilih Tujuan IKlan
Lanjutan (Scroll ke bawah) Memilih Tujuan IKlan
Setelah itu isi lanjutan meseting tujuan iklan yaitu optimalkan tujuan iklan lihat gambar diatas, garis merah yang ditandai tinggak klik saja untuk mengetahui maksut fitur ini, akan muncuk yang mudah dipelajari di kolom samping kanannya,

b. Set Iklan

Mulai membuat setingan iklan, dari lalu lintas kunjungan sampai anggaran dan jadwal. Pelajari setiap pilihan lewat Pelajari selengkapnya yang digaris bawahi akan muncul kolom paling kanan untuk penjelasanya, nayalakan pilihan bila menurut anda cocok, dan KLIK Edit  dan pilih konfugurasi seting iklan yang menurut kamu paling cocok untuk yang akan kamu iklankan. (Liat Gambar bawah)
Sampai seting anggaran kalo sudah semua KLIK LANJUTAN

Seting iklan dari Materi Iklan sampe Anggran

c. Set iklan Lanjutan

Di bagian seting lanjutan iklan, akan dari identitas pengiklan, format, media, teks tautan dan bahasa sampai pelacakan anda pilih , edit dan pelajari dan klik sampai selesai, bila sudah KLIK KONFIRMASI
Seting Lanjutan Iklan dari Indentitas Sampai Pelacakan
Bila sudah selesai tunggu konfirmasi dari pihak facebook bisa hitungan menit atau jam, sampai iklan tersebut dijalankan.

4. Lihat Hasil Iklan di Pengaturan Iklan


Setelah iklan ada konfirmasi iklan dari facebook, dan kegiatan iklan mulai dijalankan oleh facebook anda bisa memantau hasil iklan di halaman Pengaturan iklan bagian IKLAN, lihat gambar bawah.

Lihat hasil iklan di Pengaturan Iklan
Lihat hasil iklan di Pengaturan Iklan

Berapa banyak jangkauwan iklan dan traffic yang mengunjungi website blog kamu, anda bisa coba lihat di website blog kamu apakah saat iklan dijalankan traffic kunjungan bertambah.

Pengalama penulis hanya modal 30 rb impak traffic kunjungan meningkat cepat bila dibandingkan dengan hanya mengandalkan SEO.

Untuk membuat iklan Facebook Ads lewat HP tunggu Pubikasi saya masih dlam proses editing

Lebih lanjut akan artikel-`` artikel bisnis online bisa lihat di halaman Facebook saya di https://www.facebook.com/bbisnisonlinenet dan video tutorialnya di channel Youtube saya di https://www.youtube.com/channel/UCi3lWxnCoDZNn5csDQVjRaQ



Comments

Popular posts from this blog

Teknik Psikologi Pemasaran | Memanfaatkan Emosi Manusia Untuk Bisnis

Ilmu psikologi bisa dimanfaatkan untuk kepentingan bisnis, karena ternyata emosi dan prilaku yang dibahas di disiplin ilmu ini bisa dimanfaatkan oleh pebisnis untuk meningkatkan transaksi penjualan (omset) lebih lanjut mendapatkan pelanggan dan masukan untuk pengembangan produk Ada beberapa teknik psikologi marketing yang umum digunakan dan tidak diketahui oleh kebanyakan orang, dan biasanya penerapan psikologi marketing ada pada banner produk, website landing perusahaan. Apa Itu Psikologi Marketing Psikologi adalah salah satu bidang ilmu pengetahuan dan ilmu terapan yang mempelajari tentang perilaku, fungsi mental, dan proses mental manusia melalui prosedur ilmiah. Wikipedia   Marketing adalah serangkaian kegiatan untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen, baik dengan cara memproduksi produk kemudian memberikan harga dan mempromosikannya kepada konsumen sehingga terjadilah penjualan. Jurnal Enterpreuner Ada dua disiplin ilmu yang digunakan disini yaitu psikologi yang membahas pr

LOGO | Jenis, Fungsi, Aplikasi Membuatnya Dan Penerapanya Dalam Dunia Bisnis

Logo menjadi elemen penting dari sebuah bisnis, logo merupakan representasi dari perusahaan, produk binsis dan melekat image dari publik. Image yang baik sebuah logo berpengaruh ke hasil bisnis (penjualan dan laba). Image yang buruk juga sebaliknya ke hasil bisnis Image sebuah dari sebuah logo didapat dari usaha perusahaan akan menjalankan bisnisnya, menjaga kualitas, service dan nilai yang bagus didapat ke pelanggan akan membuat image dari logo yang juga baik. begitu juga sebaliknya. Perusahaan harus menjaga dan membangun logo/merek mereka mejadi logo yang dipercaya dan mempunyai reputasi yang baik untuk konsumennya.  Reputasi dan kepercayaan adalah modal untuk mendapatkan hasil bisnis yang baik yaitu peningkatan penjualan dan laba dimana bisa berlangung selama waktu yang panjang. Logo Apa Sih Logo merupakan suatu gambar atau sekadar sketsa dengan arti tertentu, dan mewakili suatu arti dari perusahaan, daerah, organisasi, produk, negara, lembaga, dan hal lainnya membutuhkan sesuatu y

Cara Menghubungkan Google Adsene Ke Blog di Blogger | Dari Awal, Approval, Seting Iklan Sampai Terima Pendapatan Iklan

Cara menghubungkan google adsene ke blog anda yang anda buat di Content Management System (CMS) blogger anda buat yang pemula, dari awal ke approval lalu seting iklan di blogger dan google adsene sampai terima pendapatan iklan. Motivasi utama sebagaian blogger untuk membuat artikel-artikel di situs blog adalah pendapatan iklan, selain aktulisasi diri.  Blogger yang mendapatkan komentar positip akan tulisanya di artikel yang diposting di website blognya akan menaikan semangat menulis dan mengembangkan website blognya, tetapi bila blogger mendapatkan uang dari postingan artikel di blognya, dia akan mencurahkan perhatian dan waktunya lebih banyak ke situs blognya. Buat blogger pemula sebagian besar harapanya memposting artikel adalah menghasilkan uang terutama dari iklan google adsene , pengalaman penulis sendiri pada waktu awal awal , baru membuat  5 artikel langsung menghubungkan ke adsene dan menunggu approval dari pihak adsene dan putus asa ketika tidak ada khabar dari pihak google ad