Skip to main content

Content Marketing | Apa dan Bagaimana Penerapannya

Content Marketing merupakan bagian inbound marketing yang kebalikan dari outbound marketing (pemasaran tradisional), dimana pengunjunglah yang mencari dan mendatangi  kita lewat content artikel, gambar maupun video di website dan properti digital (youtube dan multimedia). Apa dan bagaimana content marketing dibahas di artikel ini.


Sekarang berkembang digital marketing, dimana prinsipnya pengunjung mencari konten-konten artikel dan video untuk mendapatkan  kebutuhan akan informasi.

Content Marketing
Content Marketing


Apa sih Content marketing

Pemasaran konten adalah pendekatan pemasaran strategis yang berfokus pada pembuatan dan pendistribusian konten yang berharga, relevan, dan konsisten untuk menarik dan mempertahankan audiens yang ditentukan dengan jelas dan, pada akhirnya, untuk mendorong tindakan pelanggan yang menguntungkan. Content Marketing Institute

Anda mengetahui konten yang diinginkan dan dibutuhkan banyak orang dan berhasil membuatnya lalu terus menyajikannya dalam jangka panjang, maka pendapatan dalam bentuk penghasilan iklan, komisi affiliate dan penghasilan lain akan terus mengalir.

Konten adalah Kunci Sukses sebuah situs/website untuk mendatangkan trafik pengunjungdalam jangka waktu yang panjang.

Bagi webmaster (pengelola web) konten berupa artikel dan video ini lah yang dimanfaatkan  dengan cara menyisipkan link banner iklan produk bisa berupa program affiliate maupun iklan google adsene sebagai sumber pendapatanya.



Konten Apa yang Dicari Viewer

Untuk mengetahui konten apa yang paling banyak  dicari oleh viewer/pengunjung webiste, kita bisa mengunakan beberapa tool trafik website.

Salah satu
tool yang banyak dipakai di semua negara adalah Alexa. Alexa adalah tool yang dibuat oleh amazon.com untuk merangking dan mengetahui top site suatu negara dan dunia yang digunakan untuk program affiliate amazon untuk memperbesar penjualan amazon,com.

Selain Alexa ada beberapa tool yang digunakan untuk cek trafik pengunjung website.

Baca Juga:


Top Site di Indonesia, Data from Alexa
Top Site di Indonesia, Data from Alexa

Bila klik Alexa untuk negara Indonesia 50 situs terbaik di dominasi oleh:



Kalau saya terjemahkan konten-konten yang dicari banyak orang dari karakter konten website diatas maka konten berisi informasi berita, pencarian informasi, informasi produk dan harga dan terakhir konten yang menghibur (entertainment).

Dan keempat konten ini paling banyak banner iklan google dan iklan affilate nya, Jadi kita mulai mendapatkan referensi konten-konten yang harus kita buat.

Mengapa Content Marketing penting

Buat Investasi Jangka Panjang

Membuat konten bagus membutuhkan waktu, beda bila membuat konten hasil dari jiplak dan copy paste konten orang lain. Membuat konten yang yang terus menerus dan rutin adalah kunci kesuksesan sebuah website tetapi ini merupakan investasi jangka panjang.

Berbeda dengan ads untuk mendatangkan trafik kunjungan sebuah website, konten marketing akan tetap dikunjungi selma bertahun-tahun selama isinya masih relevan dengan masanya. tetapi anda bisa update isi konten untuk menyesuaikan tren.

Brand Awarness (Perhatian)

Nama sebuah website adalah brand (merek), misalnya belajarbisnisonline.net konten artikelnya mengenai bisnis online, digital marketing, Bila artikle-artikel terus menerus di posting akan membuat pengunjung (audiens) tahu bahwa situs ini membahas tentang topik seputar bisnis online.

Bila pengunjung mempunyai teman yang ingin mencari informasi artikel maka dia bisa memberikan link website belajarbisnisonline.net ke temannya.

Meningkatkan Trafik

Membuat konten yang bagus akan mendatangkan trafik kunjungan ke website, ketika trafik datang anda bisa tawarkan layanan artikel lain dan produk-produk informasi dan fisik ke pengunjung lewat iklan adsene maupun affiliate program.

Konversi Pelanggan

Konten selain mendatangkan trafik juga mendatangkan penjualan, bila anda masukan banner yang mengarahkan landingpage affilate maka pendapatan komisi akan meningkat, juga mengarahkan ke landingpage toko online maka penjualan akan meningkat.

Baca Juga :


Memperbaiki Posisi Rangking di Mesin Pencarian

Konten yang rutin diposting, dan makin banyak dikunjungi akan meningkatkan popularitas website sehingga akan mudah mesin pencari menemukan website kita. dan mesin pencari akan mereferensikan website kita.

Bentuk Content Marketing

Blog

Anda bisa membuat dan memposting konten-konten di website blog, buat konten sesuai dengan segmen audiens blog. Anda bisa menuangkan ide dan gagasan anda. Konten di blog akan bertahan lebih lama dibandingkan di youtube atau sosialmedia.

Konten di blog harus memperhatikan SEO, sehingga audiens mudah ditemukan dan mendatangkan trafik kunjungan.

BACA JUGA: Cara Membuat Website Blogger #1 Merencanakan Website Blogger

E-Book

E-book adalah buku virtual yang berisi konten artikel yang lebih panjang lebih dari 1.500 kata, audiens akan mendapatkan informasi lebih lengkap dan komprehensip. audiens akan terpuaskan akan konten ini dan akan merekomendasikan website kita bila E-book nya bagus dan bermanfaat buat mereka.

Baca Juga : Cara Membuat eBook

Infografik

Infogarfik adalah konten berisi data statistik dalam bentuk grafis (gambar), kalau membaca data dan menjelaskannya dengan kata, akan sulit bagi audiens memahaminya maka infografik menjadi solusi.

Konten ini banyak dipakai juga oleh blogger lain sebagai dasar pembuatan artikelnya, maka membuat konten infografik akan memperkuat SEO off page website anda.

Konten Infografik

Podcast

Podcast adalah konten marketing yang mirip dengan radio, karena isi kontenya memang berupa audio, tetapi perkembangnanya podcast juga bisa tampil di youtube seperti channel Deddy Corbuzier yang berbentuk podcast berbentuk video Youtuber

Channel Podcast Deddy Corbuizer
Channel Podcast Deddy Corbuizer


Baca Juga : Apa itu Podcast? Penjelasan, Manfaat dan Cara Menggunakan

Video

Video adalah konten yang menyebabkan audiens lebih lama berada di website anda dan ini akan meningkatkan nilai di algoritma mesin pencari google, tentu google akan merekomendasikan konten website kita.

Sosial Media

konten-konten di blog, ebook bisa juga ditampilkan di media sosial sehingga konten muncul dibanyak flatform digital, ini berkaitan dengan strategi viral marketing (viral marketing akan dibahas dalam artikel sendiri).

Tips Membuat Content Marketing


Buat Konten yang Sesuai Trend dan Berkualitas

Konten yang sedang trend akan mendapatkan perhatian khusus dari audiens, konten yang trending akan mendatangkan trafik kunjungan yang banyak, lalu bagaimana caranya mendapatkan topik yang sedang tren?  Anda bisa mendapatkanya di Google Trend lakukan riset kecil-kecilan disini dan dapatkan ide konten yang trend disini.

Trending Indonesia 2019 from Google Trends
Trending Indonesia 2019 from Google Trends


Konten Harus Mendefenisikan Segmen dari Website Blog Anda

Konten anda harus sesuai dengan topik/tema dan harus sesuai dengan segmen audiens website anda. Lalu bagaimana caranya mengetahui lebih detail segmen anda? anda bisa melihat informasi lewat insight setiap akun aplikasi anda.

Di media sosial seperti halaman facebook dan instagram ada fasilitas insight untuk mengetahui siapa pengunjung akun kita, untuk website blog, gogogle menyediakan fasilitas Google Analytic untuk mengetahui siapa audiens kita.

Google Analytic untuk Situs belajarbisnisonline.net
Google Analytic untuk Situs belajarbisnisonline.net

Insight Halaman Facebook @bbisnisonline

Promosi dan Distribusi Konten Anda

Anda mulai melakukan promosi konten anda di google ads, facebook ads untuk meningkatkan trafik, dan juga menditribusikan konten anda pada blog, sosial media secara rutin agar mendekatkan anda dengan audiens dan membangun interaksi.

Anda juga bisa menditribusikan konten anda lewat kalender postingan, anda bisa atur konten-konten artikel yang anda buat satu persatu berdasarkan tanggal, tidak langsung semua agar audiens bisa menikmati dan menilai pengalaman mengunjungi konten anda.

BACA JUGA :





Kunjungi halaman facebok untuk melihat postingan yang berhubungan dengan bisnis online di @bbisnisonlie dan channel youtube heru fahrudin

Comments

Popular posts from this blog

Teknik Psikologi Pemasaran | Memanfaatkan Emosi Manusia Untuk Bisnis

Ilmu psikologi bisa dimanfaatkan untuk kepentingan bisnis, karena ternyata emosi dan prilaku yang dibahas di disiplin ilmu ini bisa dimanfaatkan oleh pebisnis untuk meningkatkan transaksi penjualan (omset) lebih lanjut mendapatkan pelanggan dan masukan untuk pengembangan produk Ada beberapa teknik psikologi marketing yang umum digunakan dan tidak diketahui oleh kebanyakan orang, dan biasanya penerapan psikologi marketing ada pada banner produk, website landing perusahaan. Apa Itu Psikologi Marketing Psikologi adalah salah satu bidang ilmu pengetahuan dan ilmu terapan yang mempelajari tentang perilaku, fungsi mental, dan proses mental manusia melalui prosedur ilmiah. Wikipedia   Marketing adalah serangkaian kegiatan untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen, baik dengan cara memproduksi produk kemudian memberikan harga dan mempromosikannya kepada konsumen sehingga terjadilah penjualan. Jurnal Enterpreuner Ada dua disiplin ilmu yang digunakan disini yaitu psikologi yang membahas pr

LOGO | Jenis, Fungsi, Aplikasi Membuatnya Dan Penerapanya Dalam Dunia Bisnis

Logo menjadi elemen penting dari sebuah bisnis, logo merupakan representasi dari perusahaan, produk binsis dan melekat image dari publik. Image yang baik sebuah logo berpengaruh ke hasil bisnis (penjualan dan laba). Image yang buruk juga sebaliknya ke hasil bisnis Image sebuah dari sebuah logo didapat dari usaha perusahaan akan menjalankan bisnisnya, menjaga kualitas, service dan nilai yang bagus didapat ke pelanggan akan membuat image dari logo yang juga baik. begitu juga sebaliknya. Perusahaan harus menjaga dan membangun logo/merek mereka mejadi logo yang dipercaya dan mempunyai reputasi yang baik untuk konsumennya.  Reputasi dan kepercayaan adalah modal untuk mendapatkan hasil bisnis yang baik yaitu peningkatan penjualan dan laba dimana bisa berlangung selama waktu yang panjang. Logo Apa Sih Logo merupakan suatu gambar atau sekadar sketsa dengan arti tertentu, dan mewakili suatu arti dari perusahaan, daerah, organisasi, produk, negara, lembaga, dan hal lainnya membutuhkan sesuatu y

Cara Menghubungkan Google Adsene Ke Blog di Blogger | Dari Awal, Approval, Seting Iklan Sampai Terima Pendapatan Iklan

Cara menghubungkan google adsene ke blog anda yang anda buat di Content Management System (CMS) blogger anda buat yang pemula, dari awal ke approval lalu seting iklan di blogger dan google adsene sampai terima pendapatan iklan. Motivasi utama sebagaian blogger untuk membuat artikel-artikel di situs blog adalah pendapatan iklan, selain aktulisasi diri.  Blogger yang mendapatkan komentar positip akan tulisanya di artikel yang diposting di website blognya akan menaikan semangat menulis dan mengembangkan website blognya, tetapi bila blogger mendapatkan uang dari postingan artikel di blognya, dia akan mencurahkan perhatian dan waktunya lebih banyak ke situs blognya. Buat blogger pemula sebagian besar harapanya memposting artikel adalah menghasilkan uang terutama dari iklan google adsene , pengalaman penulis sendiri pada waktu awal awal , baru membuat  5 artikel langsung menghubungkan ke adsene dan menunggu approval dari pihak adsene dan putus asa ketika tidak ada khabar dari pihak google ad