Skip to main content

Strategi Pemasaran Online | Contoh Pemasaran Online Pada Kamera Sony

Strategi Pemasaran Online, menjadi langkah yang harus dilakukan perusahaan dan pebisnis pemula karena menggunakan biaya yang minimal bila dibandingkan dengan pemasaran konvensional. Apa itu strategi pemasaran online atau sekarang lebih dikenal dengan (Digital Marketing) dibawah sedikit contoh pemasaran online pada kamera Sony

Era digital merubah cara orang memenangkan persaingan bisnis. banyaknya kompetitior dari bisnis sejenis mengharuskan setiap pebisnis memikirkan Strategi pemasaran yang tepat.

Budaya belanja masyarakat juga berubah. Tren digital menjadi bagian kehidupan masyarakat sehari-hari. Smartphone menjadi barang yang tidak dipisahkan, orang berbelanja makanan dan produk, mencari informasi, melihat hiburan, sebagai alat transaksi digital, juga berhubungan antar relasi sosial menggunakan alat ini dan berbasis intenet atau digital.

Pemasaran Digital/online menjadi wajib dikuasai,  perusahaan lain juga para pebisnis menggunakan jenis pemasaran ini, maka terciptalah persaingan dalam pemasaran online.

Bagaimana memenangkan peraingan di dunia online, maka para pebisnis dan perusahaan mau tidak mau harus menetapkan startegi pemasaran online.


Apa Itu Strategi Pemasaran Online

Strategi sendiri berasal dari bahasa Yunani, yaitu strategia yang artinya seni atau ilmu menjadi seorang Jenderal, dan bisa diartikan sebagai rencana pembagian kekuatan militer pada posisi tertentu untuk tujuan yang ingin dicapai. Itu adalah defenisi strategi jaman dahulu.

Sekarang defenisi Strategi adalah pendekatan secara keseluruhan yang berkaitan dengan pelaksanaan gagasan, perencanaan, dan eksekusi sebuah aktivitas dalam kurun waktu. Wikipedia 


Sedangkan Pemasaran semua tindakan atau aktivitas untuk menjangkau/meraih pelanggan (customer) untuk mendapatkan dan meningkatkan penjualan dan brand awareness. lalu Online adalah melalui media internet

Jadi Strategi Pemasaran Online bisa dikatakan pendakatan berkaitan dengan rencana pelaksanaan, ide, gagasan dan eksekusi untuk menjangkau pelanggan (customer) untuk meningkatlan penjualan dan brand awarness melalui media online/digital.

Contoh kamera sony, maka sony harus menggunakan strategi pemasaran online agar memenagi persaingan denga kamera merk lain seperti  Canon, Minolta, Nikon dan sebagainya.

4 Hal Yang Harus Dilakukan Sebelum Buat Strategi Pemasaran

1, Understanding Your Produk (pahami produk anda)

Defenisikan dulu Produk dan Service anda, buat dalam satu kalimat. lalu buat daftar 
Keunggulan produl dibandingkan kompetitor

2. Understanding Your Market (pahami pasar anda)

Liat jangkauan dan sebaran konsumen akan produk anda (Geografik area penjualan). Liat juga siapa yang bermain dalam pasar anda.

Kompetitor (pemain produk yang sama dari pesaing anda) merupakan lawan yang akan dihadapi dalam mendapatkan perhatian dan pembelian produk dari pelanggan

Riset Pasar harus dilakukan agar potensial konsumen dan kompetitor dapat dikenali sebelum membuat strategi pemasaran

Baca juga:

3, Understanding Your Customer (Pembeli produk anda siapa saja?)

Kenali siapa dan karakter pelanggan/customer anda atau dikenal dengan istilah the customer pesona yang menyangkut:
  • Umur,
  • Hobby
  • location
  • interest
  • profesion, 
  • motivation
Lagi-lagi kita harus melakukan Riset konsumen agar mengetahui profil konsumen.

Ketika kita mengetahui profil konsumen akan produk kita akan lebih mudah untuk memilih media pratfrom promosi, jenis promosi yang sesuai dengan profil konsumen produk kita.

Baca Juga:

4. Understanding Your Marketing Channel

Bila sudah mengetahui profil dari konsumen dan karakter pasar yang dihadapi produk kita. 
Tinggal memilih dan menggunakan Media, platform yang akan menjangkau customer.

Secara garis besar dan lebih sederhana media  dibagi mejadi dua antara lain:

Offline Channel

Kegiatan pemmasaran yang mengunakan kerjasama tv, radio sebar brosur, buat spanduk yang semuanya mengarah ke tujuan pemasaran yaitu Brand Awarness dan kenaikan Penjualan.

Channel ini memrlukan biaya yang besar, untuk memasarkan produk buat pebisnis pemula disarankan menggunakan channel Online karena biaya termasuk yang terjangkau.

Online Channel

Online channel berarti kita mengunakan website dan properti online  yang semua terhubung atau berbasis internet untuk melakukan aktivitas pemsaran Gunakan Sosial media, dan Youtube, website, Google Bisnisku

Gunakan platform dan sosial media yang sesuai dengan profil dan karakter pelanggan kamu, jadi tidak perlu semuanya dipakai.

Baca Juga:

8 Strategi Pemasaran Online

Pemasaran ini mengunakan Platform dan media online, bagaimana strateginya pada palatform tersebut:

1. Content Marketing

Pemasaran konten adalah pendekatan pemasaran strategis yang berfokus pada pembuatan dan pendistribusian konten yang berharga, relevan, dan konsisten untuk menarik dan mempertahankan audiens yang ditentukan dengan jelas dan, pada akhirnya, untuk mendorong tindakan pelanggan yang menguntungkan. Content Marketing Institute

Jika tahu apa saja konten yang disukai dan dibutuhkan orang maka traffik kunjungan ke website akan meningkat, lalu konversi ke transaksi juga akan meningkat.

Konten marketing dalam jangka panjang akan mendapatkan perhatian audiens bertahan lama, di bandingkan promosi berbentuk iklan. Di konten marketing website perusahaan menjadi penting karena konten-konten berada di dalamnya dan perusahaan tidak perlu membayar.

Audiens dapat menelusuri produk-produk yang ada, sebagai contoh website  Sony , konten-kontennya terfokus ke informasi produk andalanya yaitu kamera, dan televisi.

Tampilan Website Sony


2. Mobile Marketing

Mobile marketing dikhususkan untuk pengguna mobille phone, dimana menurut riset pemasaran transaksi penjualan datang dari pengguna smartphone yaitu melalui penjualan online baik di marketshare atau toko online perusahaan.

Tampilan layar di smartphone merupakan penyesuain dari tampilan di webiste. contoh dibawah adalah website sony bila dilihat dari layar smartphone.

Maka jika membuat templete website harus fleksibel dan konpatible agar bisa ditampilkan di layar smartphone. dimana akses internet website harus bisa diakses perangkat mobile (smathphone, tablet, dan sebagainya).

Tampilan Website Sony di Smartphone


3. Sosial Media Marketing 

Strategi ini paling banyak dan mudah diterapkan, karena setiap orang sekarang memiliki satu atau lebih media sosial.

Media sosial bergantung sekali pada content marketing, dan sebagaian besar media sosial akan mengarahkan (link) ke website perusahaan, karena di website perusahaan akan lebih detail lagi bahasan tentang produknya.

Ada beberapa media sosial yang umum digunakan karena alasan penggunanya yang besar antara lain:

Youtube

Platform share video ini sangat bagus untuk menjangkau konsumen karena setiap orang akan tertarik dengan video karena menggabungka bahasa gambar dan audio

Channel Youtube Sony

Sony menggunakan platform ini untuk menunjukan hasil kualitas kameranya dalam bentuk video youtubenya.

Instagram

Di Platform ini produk-produk Sony bisa lebih banyak ditampilakan dalam bentuk gambar dan video pendek.

Tampilan Instagram Sony

Facebook

Platform ini mempunyai kelebihan akan  interaksi kepada konsumen, dan pelanggan dapat menjadi fans untuk produk-produk sony, yang otomatis relation pelanggan kepada sony akan lebih bagus.

Tampilan Fans Page Sony

4. Email Marketing

Media ini digunakan karena penyampaian pesan promosi menjadi lebih personal. Biasanya perusahaan mempunyai database email customer potensial yang telah dikumpulkan baik sebagai pelanggan, maupun calon pelanggan.

5. Mengunakan SEO

Orang mencari informasi sebuah produk, sudah menjadi tren melalui mesin pencari (search engine). 
SEO menjadi penting agar website sony mendapatkan trafik pengunjung yang banyak.

Elemen penting SEO adalah Keyword, website sony harus mengandung keyword agar pengunjung dapat mudah menjangkau websitenya.


6. Menggunakan SEM

Search Engine Marketing (SEM), sangat penting buat pebisnis pemula yang akan memasarkan produknya. Web Address  (link URL) akan diiklan ke Google Ads atau mesin pecari lain agar muncul di rangking atas pencarian.

7. Google Bisnisku

Bila pebisnis mempunyai toko offline maka, google bisnisku akan penting karena semua cabang toko akan tampil di Map Google sehingga memudahkan konsumen mendapatkan barang yang diinginkan langsung ke toko.
\
Tampilan Sony Pada Google Map ( Toko yang menjual kamera Sony)

Baca Juga: 

Laporan Pemasaran Online

Laporan Performance dari pemasaran online bisa dilihat dari di Google Analitics bila mengunakan website. dimana jumlah pengunjung dan profile audiens akan ditampilkan di laporan ini.




Untuk pemasaran menggunakan media sosial seperti facebook, Instagram akun Bisnis, biasanya ada menu Insight yang merupakan analisis dari jumlah kunjungan dan audiens pengunjung media sosial

Platform youtube, laporan jumlah viewer, lama tonton video, engagement, dan audiens akan lebih lengkap melihatnya di  menu analytics dari setiap channel ( https://studio.youtube.com/channel )



Dari sini effektifitas pemasaran online dapat di kontrol, dan dilakukan perbaikan untuk memperoleh hasil dari pemasaran online yaitu kenaikan penjualan dan brand awareness.


Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Teknik Psikologi Pemasaran | Memanfaatkan Emosi Manusia Untuk Bisnis

Ilmu psikologi bisa dimanfaatkan untuk kepentingan bisnis, karena ternyata emosi dan prilaku yang dibahas di disiplin ilmu ini bisa dimanfaatkan oleh pebisnis untuk meningkatkan transaksi penjualan (omset) lebih lanjut mendapatkan pelanggan dan masukan untuk pengembangan produk Ada beberapa teknik psikologi marketing yang umum digunakan dan tidak diketahui oleh kebanyakan orang, dan biasanya penerapan psikologi marketing ada pada banner produk, website landing perusahaan. Apa Itu Psikologi Marketing Psikologi adalah salah satu bidang ilmu pengetahuan dan ilmu terapan yang mempelajari tentang perilaku, fungsi mental, dan proses mental manusia melalui prosedur ilmiah. Wikipedia   Marketing adalah serangkaian kegiatan untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen, baik dengan cara memproduksi produk kemudian memberikan harga dan mempromosikannya kepada konsumen sehingga terjadilah penjualan. Jurnal Enterpreuner Ada dua disiplin ilmu yang digunakan disini yaitu psikologi yang membahas pr

LOGO | Jenis, Fungsi, Aplikasi Membuatnya Dan Penerapanya Dalam Dunia Bisnis

Logo menjadi elemen penting dari sebuah bisnis, logo merupakan representasi dari perusahaan, produk binsis dan melekat image dari publik. Image yang baik sebuah logo berpengaruh ke hasil bisnis (penjualan dan laba). Image yang buruk juga sebaliknya ke hasil bisnis Image sebuah dari sebuah logo didapat dari usaha perusahaan akan menjalankan bisnisnya, menjaga kualitas, service dan nilai yang bagus didapat ke pelanggan akan membuat image dari logo yang juga baik. begitu juga sebaliknya. Perusahaan harus menjaga dan membangun logo/merek mereka mejadi logo yang dipercaya dan mempunyai reputasi yang baik untuk konsumennya.  Reputasi dan kepercayaan adalah modal untuk mendapatkan hasil bisnis yang baik yaitu peningkatan penjualan dan laba dimana bisa berlangung selama waktu yang panjang. Logo Apa Sih Logo merupakan suatu gambar atau sekadar sketsa dengan arti tertentu, dan mewakili suatu arti dari perusahaan, daerah, organisasi, produk, negara, lembaga, dan hal lainnya membutuhkan sesuatu y

Cara Menghubungkan Google Adsene Ke Blog di Blogger | Dari Awal, Approval, Seting Iklan Sampai Terima Pendapatan Iklan

Cara menghubungkan google adsene ke blog anda yang anda buat di Content Management System (CMS) blogger anda buat yang pemula, dari awal ke approval lalu seting iklan di blogger dan google adsene sampai terima pendapatan iklan. Motivasi utama sebagaian blogger untuk membuat artikel-artikel di situs blog adalah pendapatan iklan, selain aktulisasi diri.  Blogger yang mendapatkan komentar positip akan tulisanya di artikel yang diposting di website blognya akan menaikan semangat menulis dan mengembangkan website blognya, tetapi bila blogger mendapatkan uang dari postingan artikel di blognya, dia akan mencurahkan perhatian dan waktunya lebih banyak ke situs blognya. Buat blogger pemula sebagian besar harapanya memposting artikel adalah menghasilkan uang terutama dari iklan google adsene , pengalaman penulis sendiri pada waktu awal awal , baru membuat  5 artikel langsung menghubungkan ke adsene dan menunggu approval dari pihak adsene dan putus asa ketika tidak ada khabar dari pihak google ad