Skip to main content

Cara Upload Video ke Yuotube | Buat Youtuber Pemula

Bagaimana cara upload video ke youtube setelah konten Video sudah anda buat dan telah di editing? Liat langkah-langkahnya dibawah ini. Buat youtube pemula liat selengkapnya di artikel ini



Ada Tiga langkah utama bila anda mau upload video youtube yaitu:

1. Login ke Youtube Studio

Masuk ke youtube.com, lalu di pojok kanan atas klik akun kamu lalu pilih youtube studio di klik

2. Dipojok Kanan Atas Klik Ikon Video/Upload Video

Pilih upload video lalu di Klik saja



3. Pilih File yang Akan Anda Upload

Pilih file dari komputer atau Handphone kamu video yang akan di upload.


Selanjutnya youtube akan memulai mengupload video youtube anda, sambil menunggu selesai, kalau videonya durasinya pendek biasanya tidak membutuhkan waktu yang lama. anda melanjutkan untuk melakukan langkah lanjutan.

Langkah lanjutan ini penting sekali, karena akan membuat  konten youtube anda di rekomendasikan oleh youtube ke audiens ketika orang mencari video yang diinginkannya di mesin pencarian youtube yang pada akhirnya video anda akan dilihat banyak orang.

Video yang direkomendasikan oleh youtube dan memperoleh banyak viewer akan lebih mudah memenuhi syarat monetisasi menjadi youtube patner program, yang nantinya video anda mendapatkan uang dari iklan dan gaji dari youtube.

Langkah Lanjutan Setelah Upload Video

Ada lima langkah lanjutan bila video anda sudah berhasil di upload yaitu;

1. Menambahkan Info Utama

Anda harus menambahkan detail video di list isian dari pengaturan video anda, dimana anda harus isi seperti judul dan deskripsi dan mana yang harus anda centang. List isian dari pengatuan video antara laim:



  1. Judul, gunakan judul yang mengandung keyword, dan harus menarik ketika pertama kali dilihat oleh audiens youtube.
  2. Deskripsi, kalimat yang menerangkan isi video yang merupakan meta data, dimana kata ini dipakai oleh mesin pencari sebagai dasar untuk merekomendasikan video kita ke audiens yang mencari video yang relevant yang diinginkanya
  3. Thumbnail, adalah cover video (seperti cover buku) audien akan melihat dulu thumbnail sebelum menonton video kita, maka thumbnail harus eye catching, menarik, dan menimbulkan keinginan penonton untuk melihat video kita.
  4. Playlist, sama seperti label dengan tema yang sama, ini akan memudahkan audiens youtube melihat video dengan tema/topik yang dicarinnya.
  5. Penonton, anda harus meninformasikan apakah konten video ini bisa ditonton oleh anak-anak atau tidak


2. Menambahkan Setelan Lanjutan

Anda juga harus mengisi informasi lanjutan diantaranya:



  1. Promosi berbayar, infokan ke youtube bila video anda mengandung sponsorship,endorment dan atau promosi berbayar, karena ada ketentuan/ law and regulation dari pihak youtube yang harus dipatuhi, kalau tidak ada tidak perlu dicentang.
  2. Tag. tag adalah kata, frase atau pun kalimat (yang merupakan keyword) yang diisi di kolom tag dengan batas 500 karakter, kata yang anda masukan akan memudahkan audiens menemukan video anda, 
  3. Bahasa dan Sub Title, pilih bahasa yang digunakan dalam video ini, bila ada sub title bahasa apa yang dihunakan.
  4. Tanggal dan Lokasi perekaman, tulis tamggal dan lokasi perekaman video
  5. Lisensi dan distribusi, gunakan standar distribusi youtube
  6. kategori, apa kategori konten video seperti education, entertainment
  7. Komentar, pilih pengaturan komentar penonton.


3. (Jika Memenuhi Syarat) memilih Moneterisasi Video Youtube Anda

Syarat moneterisasi, channel anda harus mempunyai 1.000 subcriber dan 4.000 jam tayang maka anda sudah bisa memoneterisasi channel anda.

4. Menambahkan Elemen Video

Di video youtube anda bisa tambahkan promosi video ada yang lain lewat kartu dan di layar akhir viideo youtube anda.

  • Kartu
  • Layar akhir
Jangan Lupa semua yang anda idi di Info utama, setelan lanjutan, dan elemen video harus di SAVE



5. Melihat Pratinjau dan Mempublikasikan

Pilih video ini merupakan privasi atau bisa di tonton publik (publikasikan), kemudian anda bisa pratinjau video youtube anda sebelum di publish,


Ketika mengisi Info utama dan setelan lanjutan, anda harus memahami tentang SEO youtube agar video anda di rekomendasikan pihak youtube dan audiens dapat menemukan video youtube anda.

Video yang anda unggah ke youtube juga harus memenuhi rule and regulation youtube terutama mengenai copy right, dimana anda tidak boleh menggunakan hak cipta orang lai baik musik dan video.

Pelanggaran akanhak cipta, maka video kamu tidak akan ditampilkan dan di moneterisasi, yang parah akun youtube anda akan di blokir.

Untuk musik youtube  menyediakan  musik yang no copyright, dumana anda bebas menggunakannya tanpa melanggar regulation youtube.



Baca Juga:

Kunjungi halaman facebok untuk melihat postingan yang berhubungan dengan bisnis online di

Comments

Popular posts from this blog

Cara Menghubungkan Google Adsene Ke Blog di Blogger | Dari Awal, Approval, Seting Iklan Sampai Terima Pendapatan Iklan

Cara menghubungkan google adsene ke blog anda yang anda buat di Content Management System (CMS) blogger anda buat yang pemula, dari awal ke approval lalu seting iklan di blogger dan google adsene sampai terima pendapatan iklan. Motivasi utama sebagaian blogger untuk membuat artikel-artikel di situs blog adalah pendapatan iklan, selain aktulisasi diri.  Blogger yang mendapatkan komentar positip akan tulisanya di artikel yang diposting di website blognya akan menaikan semangat menulis dan mengembangkan website blognya, tetapi bila blogger mendapatkan uang dari postingan artikel di blognya, dia akan mencurahkan perhatian dan waktunya lebih banyak ke situs blognya. Buat blogger pemula sebagian besar harapanya memposting artikel adalah menghasilkan uang terutama dari iklan google adsene , pengalaman penulis sendiri pada waktu awal awal , baru membuat  5 artikel langsung menghubungkan ke adsene dan menunggu approval dari pihak adsene dan putus asa ketika tidak ada khabar dari pihak google ad

Ukuran Iklan Banner (Banner Ads) website dan Mobile Phone

Berapa ukuran iklan banner website (Banner Ads) yang bisa dilihat di deskstop/komputer, tablet, dan mobile phone? dan ukuran mana yang paling banyak dipakai oleh google adsene? Bila kita tahu jawabannya maka bisa kita gunakan juga buat iklan website kita sendiri. Google sendiri memberikan standar ukuran banner iklan dimana ukuran banner tidak boleh menggangu kenyamana audiens website dan harus cukup perhatian dari audiens untuk melihat iklan yang pada akhirnya mendatangkan pendapatan iklan dari websitenya Iklan yang ada diwebsite ternyata 50% dilihat lewat display desktop dan 50% lagi dari display mobile Phone/HP, maka google mengisyaratkan bahwa ukuran iklan di website harus responsif dan compatible ke displaay webite dan display HP. Banner Size pada Display Website di Desktop  2 Jenis Banner Online 1.  Banner Statis Banner Statis adalah jenis banner yang dipasang di website yang berisi text dan gambar, banner statis tidak menggunakan animasi dan suara, format banner ini

Tutorial Video Editing Filmora X | #2 Mengenal Menu Dan Fitur Editing Video

Tutorial video editing filmora X. dimana merupakan penyempurnaan dari filmora 9, Mengenal menu dan fitur editing video filmora X  yang sebgaian besar ada di filmora 9. Artikel ini merupakan atikel Kedua dari tutorial video editing filmora X Anda sudah mendownload dan instal aplikasi wonderser filmora di kompurter anda, lanjut mengenal menu-menu dan fitur-fitur yang ada di Filmora X.  Pada dasarnya sebagian besar menu dan fitur di filmora X ada di filmora 9 yang berbeda hanya versi 10 ada tambahan yaitu: Motion Tracking key Frame Animation Audio Ducking Color Matching Jadi untuk belajar editing filmora X akan lebih mudah bila sudah mengenal dan memakai filmora 9, dan tutorial sebagaian menu dan fitur ada di versi 9. Video yang bagus adalah paduan gambar dan audio yang mencerminkan cerita dan pesan yang akan disampaikan dari video. terkadang video bagus belum tentu di tonton orang, tetapi kekuatan isi video lah yang orang tonton. Ada banyak variabel yang menyebabkan sebuah video sukses d