Skip to main content

Peralatan Apa Untuk Membuat Konten VIdeo Youtube

Peralatan apa untuk membuat konten video youtube. Jenis peralatan dan budget menentukan jenis konten video yang bisa anda buat. makin besar budget dan makin lengkap peralatan anda maka makin banyak jenis konten video yang bisa dibuat.



Memproduksi sebuah konten video memerlukan peralatan, kualitas peralatan juga menentukan kualitas konten video yang dihasilkan.

Penonton sangat menyukai kualitas tontonanya dari gambar visual dan audionya, dan akan terus menonton video yang bagus, jadi peralatan juga menentukan kesuksesan sebuah channel youtube.


Peralatan Membuat Video

1. Laptop

Anda bisa membuat konten tutorial youtube hanya dengan laptop, anda bisa mengunakan screencast atau rekam layar. konten-konten tutorial mengenai aplikasi sofware, kemudian video pembelajaran anda bisa buat dari hanya menggunakan laptop atau dekstop.

Bila anda menggunkan sistem operasi window, anda sudah bisa membuat konten youtube pembelajaran dan tutorial menggunakan Powerpoint atau Movie Maker dan menggunakan kamera webcam yang ada di laptop untuk merekam vlog anda.

Spesifikasi minimal yang harus miliki adalah RAM 4 GB diatas lebih bagus dengan prossesor Core i3 atau AMD A8, itu paling minimal tapi akan nyaman digunakan bila RAM 8 GB dan ediying video panjang dengan banyak elemen nyaman di RAM 16 GB





2. Sofware Edit Video

Untuk konten yang lebih beragam anda seperti konten games, konten kompilasi video anda bisa gunakan sofware editing video seperti Wonderser Filmora, Adobe premire, Camtasia dan yang lain, tergantung qualitas video yang anfa buat.

Adobe premiere adalah aplikasi video untuk profesional untuk konten Televisi dan pembuatan film dan iklan dengan qualitas gambar HD dan 4T, tetntu biaya langganan aplikasi ini juga mahal per tahunnya.




3. Kamera

Punya kamera DSLR atau Mirrorless maka akan lebih bannyak jenis konten yang bisa anda buat baik di dalam ruangan maupun luar ruang, konten travel dan foody, konten Frank, konten wawancara akan lebih banyak anda buat.

Lumix DSLR dan Mirrorless


Untuk membuat konten dokumenmter dan komedi situasi kamera yang anda akan miliki perlu fitur image stabilizer agar gambar uang dihasilkan tidak bluur dan gambar tidak bergoyang. Istilah setiap merk kamera berbeda untuk canon dan Sony menggunakan istilah Image Stabilization (IS) sedangkan Nikon menggunakan istilah Vibration Reduction.

Kamera Smarthphone juga bisa anda gunakan karena kualitas kameranya semakin bagis seperti iPhone6.

Tonton Pengalaman Baim Wong menggunakan jenis-jenis kamera dari awal jadi youtuber sampai sekarang kamera apa yang dipakai.



4. Mikropon

Sebenarnya smartphone, laptop, dan kamera sudah punya mikropon internal, tetapi hasilnya akan lebih sempurna bila menggunakan micropon external.

Buat pemula gunakan alat yang ada, bila sudah berkembang bisa menggunakan tambahan external mikropon dan anda bisa membedakan hasilnya.

Ada tiga jenis miropon yang umum digunakan oleh konter creator videp youtube antara lain:
  • Mic Shotgun, mic yang mempunyai kekhususan menerima sinyal suara dari satu arah saja, biasanya di letakan diatas kamera, atau bila di pembuatan film di outdoor mengunakan tongkat yang mengarahkan ke sumber suara.


  • Mic Lavaliere (Clip on), adalah mic yang dipasang di baju, deket mulut biasanya digunakan pada pembuatan konten dimana narasumber jauh dari kamera dan bergerak lebih banyak, mic clip on ini biasanya wireless


  • Mic Condenser, mic yang sensititasnya tinggi dengan noise yang sedikit,biasanya digunakan oleh vlogger games dan cover lagu



5 Tripot dan Stabilizer 

Alat penyangga di perlukan untuk menyangga kamera, lighting, dan micropon agar tidak goyang dan stabil dalam penganbilan gambar dan audio.

Banyak macam alat penyangga antara lain:

Tripot

Alat penyangga berkaki tiga, yang diugunakan untuk menyangga kamera, lighting, dan miropon agar stabil



Monopot

dengan monopot anda bisa mengambil gambar dari berbagai sudut atay angel,dengan posisi kamera bergerak atau bisa juga stabil




Golirapot

Sejenis mini tripoy yang digunakan di permukaan yang tidak rata, karena ketiga kakinya fleksibel digerakan sehingga anda bisa meletakan kamera dimanapun anda suka pada saat pembuatan konten video.


Rig

Alat penyangga kamera dengan bermacam gerak, dengan stabil baik maju mundur, zoom in, maupun zoom out, naik turun kamera.

Rig dibuat  untuk studio televisi dan pembuatan film.


Gimbal

Penyangga kamera untuk mengambil gambar video bergerak tapi gambarnya stabil. Gimbal ini banyak dipakai para vlogger dalam mengambil gambar di outdoor 




6. Lighting

lighting adalah alat dasar dalam mengambil gambar sebuag video baik di dalam ruangan, maupun di luar ruangan.

Bila konten anda berupa unboxing, bincang-bincang di dalam studio, atau mengambil gambar di outdoor kondisi malam hari, maka lighting menjadi penting.

Cahaya lighting di sebuah studio diperoleh dari berbagai dan kegunaan lampu atau light diantaranya:
  • Key light, sumber cahaya langsung menerangi objek utama dari gambar kamera
  • Fill Light, sumber cahaya yang menghilangkan cahaya daru bayangan objek gambar
  • Back Light, sumber cahaya belakang yang membuat padu objek utama atau background gambar di kamera mempunyai backgound yang bagus

Mau buat dan seting studio untuk produksi konten video youtube tonton dibawah ini.


Baca Juga:


Dimana Mendapatkan Peralatan Membuat Video

Semua peralatan yang dibahas diatas dengan mudah anda dapatkan di market place tinggal berapa dana yang anda punya.

Dibawah ini pengalaman seorang youtuber dalam membangun channel youtubenya dengan peralatan sederhana, dan ketika channnelnya berkembang mulai melengkapi peralatan pembuatan video.

Tonton pengalamannya dan dia menbagikan link memperoleh peralatan tersbut di deskripsi videonya.



Kunjungi halaman facebok untuk melihat postingan yang berhubungan dengan bisnis online di

Comments

Popular posts from this blog

Teknik Psikologi Pemasaran | Memanfaatkan Emosi Manusia Untuk Bisnis

Ilmu psikologi bisa dimanfaatkan untuk kepentingan bisnis, karena ternyata emosi dan prilaku yang dibahas di disiplin ilmu ini bisa dimanfaatkan oleh pebisnis untuk meningkatkan transaksi penjualan (omset) lebih lanjut mendapatkan pelanggan dan masukan untuk pengembangan produk Ada beberapa teknik psikologi marketing yang umum digunakan dan tidak diketahui oleh kebanyakan orang, dan biasanya penerapan psikologi marketing ada pada banner produk, website landing perusahaan. Apa Itu Psikologi Marketing Psikologi adalah salah satu bidang ilmu pengetahuan dan ilmu terapan yang mempelajari tentang perilaku, fungsi mental, dan proses mental manusia melalui prosedur ilmiah. Wikipedia   Marketing adalah serangkaian kegiatan untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen, baik dengan cara memproduksi produk kemudian memberikan harga dan mempromosikannya kepada konsumen sehingga terjadilah penjualan. Jurnal Enterpreuner Ada dua disiplin ilmu yang digunakan disini yaitu psikologi yang membahas pr

LOGO | Jenis, Fungsi, Aplikasi Membuatnya Dan Penerapanya Dalam Dunia Bisnis

Logo menjadi elemen penting dari sebuah bisnis, logo merupakan representasi dari perusahaan, produk binsis dan melekat image dari publik. Image yang baik sebuah logo berpengaruh ke hasil bisnis (penjualan dan laba). Image yang buruk juga sebaliknya ke hasil bisnis Image sebuah dari sebuah logo didapat dari usaha perusahaan akan menjalankan bisnisnya, menjaga kualitas, service dan nilai yang bagus didapat ke pelanggan akan membuat image dari logo yang juga baik. begitu juga sebaliknya. Perusahaan harus menjaga dan membangun logo/merek mereka mejadi logo yang dipercaya dan mempunyai reputasi yang baik untuk konsumennya.  Reputasi dan kepercayaan adalah modal untuk mendapatkan hasil bisnis yang baik yaitu peningkatan penjualan dan laba dimana bisa berlangung selama waktu yang panjang. Logo Apa Sih Logo merupakan suatu gambar atau sekadar sketsa dengan arti tertentu, dan mewakili suatu arti dari perusahaan, daerah, organisasi, produk, negara, lembaga, dan hal lainnya membutuhkan sesuatu y

Cara Menghubungkan Google Adsene Ke Blog di Blogger | Dari Awal, Approval, Seting Iklan Sampai Terima Pendapatan Iklan

Cara menghubungkan google adsene ke blog anda yang anda buat di Content Management System (CMS) blogger anda buat yang pemula, dari awal ke approval lalu seting iklan di blogger dan google adsene sampai terima pendapatan iklan. Motivasi utama sebagaian blogger untuk membuat artikel-artikel di situs blog adalah pendapatan iklan, selain aktulisasi diri.  Blogger yang mendapatkan komentar positip akan tulisanya di artikel yang diposting di website blognya akan menaikan semangat menulis dan mengembangkan website blognya, tetapi bila blogger mendapatkan uang dari postingan artikel di blognya, dia akan mencurahkan perhatian dan waktunya lebih banyak ke situs blognya. Buat blogger pemula sebagian besar harapanya memposting artikel adalah menghasilkan uang terutama dari iklan google adsene , pengalaman penulis sendiri pada waktu awal awal , baru membuat  5 artikel langsung menghubungkan ke adsene dan menunggu approval dari pihak adsene dan putus asa ketika tidak ada khabar dari pihak google ad