Skip to main content

Pemasaran Online dengan Perangkat Mobile ( Mobile Marketing )

Pemasaran online dengan perangkat mobile (mobile marketing) menjadi bahasan yang harus di pahami dan dijalankan untuk pebisnis dalam menjalankan aktivitasnya agar tujuan akhir bisnis tercapai yaitu peningkatan penjualan dan brand awareness

Booming perangkat seluler terutama smartphone, digunakan disemua level usia masyarakat, hampir setiap hari di gunakan untuk menonton video, berkomunikasi di sosial media, membaca buku (e-books), membaca berita, bermain game, berbelanja online.

Fakta menyatakan konsumen menghabiskan waktu lebih banyak di perangkat seluler, dan juga sebagain besar menhabiskan watu antara perangak seluler, laptop, desktop.

Bagi pebisnis ini adalah peluang mendapatkan konsumen langsung dari perangkat seluler (mobile) dengan menjalankan mobile marketing, dimana penjual akan terhubung langsung ke pembeli



Apa Itu Mobile Marketing ( Pemasaran Mobile )

Pemasaran seluler adalah teknik pemasaran daring multi-saluran yang difokuskan untuk menjangkau khalayak tertentu di ponsel cerdas, ponsel menengah, tablet, atau perangkat terkait lainnya melalui situs web, E-mail, SMS dan MMS, media sosial, atau aplikasi seluler. Wikipedia

Pemasaran seluler dapat memberi pelanggan informasi yang personal dan up to date dan memberikan  layanan akan promosi barang. 

Andreas Kaplan mendefinisikan pemasaran seluler sebagai "aktivitas pemasaran yang dilakukan melalui jaringan internet di mana konsumen terus-menerus terhubung menggunakan perangkat seluler pribadi

Jenis-Jenis Mobile Marketing

1. Pemasaran Berbasis Aplikasi

Bagi pebisnis punya aplikasi bisnis akan memudahkan memperoleh database pelanggan dan berdampak langsung pada penjualan, seperti contoh aplikasi Piza Hut yang bisa didownload di playstore atau Appstore,

Aplikasi nya langsung mengarahkan ke transaksi. kemudian membuat program promosi menjangkau para pelanggan yang mendownload aplikasi, Tentu saja bila Data pelanggan banyak akan memudahkan Louncing produk baru.



Bila merupakan pebisnis pemula, anda bisa menggunakan aplikasi bersama seperti GoFood kalau anda berbisnis makanan, kalau anda berbisnis produk anda bisa menggunakan aplikasi market share seperti Shoppe, Tokopedia dan sebagainya. yang semuanya berbasis aplikasi di Smartphone.

Anda tidak perlu membuat aplikasi dan mengelola aplikasi tersebut sudah ada orang yang membuat dan mengelolanya, anda hanya mengikuti system yang berjalan di aplikasi yang anda ikuti.

Baca Juga :

2. Pemasaran dengan Kode QR

Kode QR adalah suatu jenis kode matriks atau kode batang dua dimensi yang dikembangkan oleh Denso Wave, sebuah divisi Denso Corporation yang merupakan sebuah perusahaan Jepang dan dipublikasikan pada tahun 1994 dengan fungsionalitas utama yaitu dapat dengan mudah dibaca oleh pemindai QR merupakan singkatan dari quick response atau respons cepat, yang sesuai dengan tujuannya adalah untuk menyampaikan informasi dengan cepat dan mendapatkan respons yang cepat pula. Wikipedia

QR Kode pada Bank Syariah Mandiri


QR kode akan mengarahkan ke alamat URL yang ingin dituju, dimana biasanya gambar kode QR dipasang di banner atau spanduk lalu dibaca dengan aplikasi QR scanner dari HP.

QR banner akan membantu menambah jumlah kunjungan dari orang-orang yang menscan kode QR tersebut dan mengarahkan ke landing page (halaman transaksi di website) yang artinya QR kode adalah jembatan media offline ke media online.

Baca Juga:

3. Pemasaran Berbasis Lokasi

Pemasaran berbasis lokasi adalah strategi pemasaran langsung yang menggunakan perangkat selular (smartphone) yang menawarkan produk ke pelanggan potensial di lokasi penjualan atau layanan terdekat.

Pengguna akan menerima pemberitahuan di ponsel cerdas mereka segera setelah mereka berada di dekat lokasi atau lokasi yang telah ditentukan dan harus setuju untuk menerima pesan push, biasanya pesan promosi produk berbentuk SMS.

Pemasaran berbasis lokasi memerlukan opt-in tunggal pengguna, biasanya dikaitkan dengan penggunaan aplikasi. Aplikasi mengakses layanan berbasis lokasi perangkat seluler dan notifikasi diprakarsai oleh data lokasi ini bila pengguna berada dalam jangkauan. 

Tujuannya adalah untuk menjangkau pengguna pada titik penjualan untuk mempromosikan produk dan meningkatkan loyalitas pelanggan online dan relevansi pesan yang dipancarkan.
Baca Juga:

4. Pemasaran Melalui Iklan di Mesin Pencari (Google Ads) Dan Google Bisnisku

Anda harus mengiklankan bisnis anda di google ads, di google ads pada saat akan membuat kampanye iklan anda akan mengintegrasikan (menyatukan) bisnis anda yang anda daftarkan di google bisnisku dan kampanye di Google ads.

Bila anda sudah registrasi/daftar di google bisnisku maka akan memudahkan bisnis anda di promosikan karena google sudah punya data akan bisnis anda.

Bisnis anda akan muncul di Google Map, informasi bisnis seperti business hour, menu produk, dan engagement dengan pelanggan anda akan muncul.

Semuanya akan memudahkan konsumen untuk membuat keputusan transaksi, artinya bila iklan google ads dan google bisniku disatukan konversi (trafik kunjungan berubah jadi transaksi beli) transaksi akan lebih tinggi.

Tahapan Membuat Iklan Google Ads

Baca Juga:

5. Pemasaran melalui Games

Pemasaran melalui games muncul karena banyak orang yang bermain games di handphone, dimana games yang dimaikan adalah game syang gratis didownload di PlayStore.

Iklan ini muncul bila sedang memainkan games, dibawah contoh iklan pada saat jeda, permainan kita gagal/kalah lalu muncul iklan bila akan memulai permainan games baru. 


Baca Juga:

Website/Situs Mobile

Sebuah wesbite atau sebuah situs mobile harus memenuhi salah satu atau lebih kriteria dibawah ini agar bisa ditampilkan di perangkat seluler antara lain:
  • Friendly Mobile Web Design, mudah digunakan penggunanya, dimana perangkat mobile harus didukung fasilitas Zoom in dan Zoom Out (memperbesar dan memperkecil gambar).
  • Adaptif. desain situs mobil dapat mengatur ukuran jendela layar (yang ditampilkan).
  • Reponsif, situs mobile didesain dimana tampilan situs akan menyesuaikan dengan lebar dan tinggi perangkat mobile.
  • Mobile Experience, situs mobile yang didesain agar tampilan di dekstop dan di mobile berbeda.
  • Native, Situs mobile yang didesain agar tampilan di komputer dekstop dan perangkat mobile hampir sama.
Tampilan Website di Perangkat Tablet, laptop, dan Perangkat Seluler

Keuntungan menggunakan sutus mobile bagi perusahaan atau pebisnis antara lain:
  • Mendekatkan produk ke konsumen
  • Memudahkan konsumen untuk meng-update informasi.
  • Memudahkan konsumen untuk berinteraksi dab bertaransaksi

Setelan Seluler (Mobile) Pada Website Blog Di Blogger

Pada saat membuat website di blogger tampilan website kita akan menyesuaikan di tampilan layar mobile phone dengan cara mengaturnya (Setting) di dashboard blogger di menu Tema dengan langkah sebagai berikut: 
  1. Klik Tema
  2. Klik Penyesuaian
  3. Pilih seluler lalu klik

lalu di setela selular ikuti langkah selanjutnya:
  1. Pilih tema selular
  2. Pilih default (tema yang dipakai saat ini), atau pilih tema lain klik tanda panah ke bawah
  3. Bisa lihat dulu Pratinjau dan Save jika oke.


Maka tampilan website blog di layar seluler akan mengikuti besarnya dan kecilnya layar yang smarthone.



Baca Juga:

Kunjungi halaman facebok untuk melihat postingan yang berhubungan dengan bisnis online dan hobi berkebun di




Comments

Popular posts from this blog

Teknik Psikologi Pemasaran | Memanfaatkan Emosi Manusia Untuk Bisnis

Ilmu psikologi bisa dimanfaatkan untuk kepentingan bisnis, karena ternyata emosi dan prilaku yang dibahas di disiplin ilmu ini bisa dimanfaatkan oleh pebisnis untuk meningkatkan transaksi penjualan (omset) lebih lanjut mendapatkan pelanggan dan masukan untuk pengembangan produk Ada beberapa teknik psikologi marketing yang umum digunakan dan tidak diketahui oleh kebanyakan orang, dan biasanya penerapan psikologi marketing ada pada banner produk, website landing perusahaan. Apa Itu Psikologi Marketing Psikologi adalah salah satu bidang ilmu pengetahuan dan ilmu terapan yang mempelajari tentang perilaku, fungsi mental, dan proses mental manusia melalui prosedur ilmiah. Wikipedia   Marketing adalah serangkaian kegiatan untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen, baik dengan cara memproduksi produk kemudian memberikan harga dan mempromosikannya kepada konsumen sehingga terjadilah penjualan. Jurnal Enterpreuner Ada dua disiplin ilmu yang digunakan disini yaitu psikologi yang membahas pr

LOGO | Jenis, Fungsi, Aplikasi Membuatnya Dan Penerapanya Dalam Dunia Bisnis

Logo menjadi elemen penting dari sebuah bisnis, logo merupakan representasi dari perusahaan, produk binsis dan melekat image dari publik. Image yang baik sebuah logo berpengaruh ke hasil bisnis (penjualan dan laba). Image yang buruk juga sebaliknya ke hasil bisnis Image sebuah dari sebuah logo didapat dari usaha perusahaan akan menjalankan bisnisnya, menjaga kualitas, service dan nilai yang bagus didapat ke pelanggan akan membuat image dari logo yang juga baik. begitu juga sebaliknya. Perusahaan harus menjaga dan membangun logo/merek mereka mejadi logo yang dipercaya dan mempunyai reputasi yang baik untuk konsumennya.  Reputasi dan kepercayaan adalah modal untuk mendapatkan hasil bisnis yang baik yaitu peningkatan penjualan dan laba dimana bisa berlangung selama waktu yang panjang. Logo Apa Sih Logo merupakan suatu gambar atau sekadar sketsa dengan arti tertentu, dan mewakili suatu arti dari perusahaan, daerah, organisasi, produk, negara, lembaga, dan hal lainnya membutuhkan sesuatu y

Cara Menghubungkan Google Adsene Ke Blog di Blogger | Dari Awal, Approval, Seting Iklan Sampai Terima Pendapatan Iklan

Cara menghubungkan google adsene ke blog anda yang anda buat di Content Management System (CMS) blogger anda buat yang pemula, dari awal ke approval lalu seting iklan di blogger dan google adsene sampai terima pendapatan iklan. Motivasi utama sebagaian blogger untuk membuat artikel-artikel di situs blog adalah pendapatan iklan, selain aktulisasi diri.  Blogger yang mendapatkan komentar positip akan tulisanya di artikel yang diposting di website blognya akan menaikan semangat menulis dan mengembangkan website blognya, tetapi bila blogger mendapatkan uang dari postingan artikel di blognya, dia akan mencurahkan perhatian dan waktunya lebih banyak ke situs blognya. Buat blogger pemula sebagian besar harapanya memposting artikel adalah menghasilkan uang terutama dari iklan google adsene , pengalaman penulis sendiri pada waktu awal awal , baru membuat  5 artikel langsung menghubungkan ke adsene dan menunggu approval dari pihak adsene dan putus asa ketika tidak ada khabar dari pihak google ad