Skip to main content

2 Cara Membuat Video Pembelajaran Dengan PowerPoint Versi 2019

PowerPoint bukan hanya digunakan untuk aplikasi presentasi tapi juga membuat video konten tutorial dan pembelajaran. Ada 2 cara membuat video pembelajaran mengunakan PowerPoint versi 2019, apa saja selengkapnya artikel dan video tutorialnya dibawah ini

Aplikasi Powerpont merupakan aplikasi bawaan dari Mikrosoft office, bila anda membeli laptop anda juga harus membeli aplikasi Mikrosoft office.

Aplikasi Mikrosoft office ini pada dasarnya digunakan untuk keperluan administrasi kantor, dan PowerPoint dikhususkan untuk aplikasi alat bantu presentasi.

Video pembelajaran ternyata bisa juga dibuat dengan Powerpoint melalui  slideshow dan Screen Recording.


PowerPoint yang digunakan haris menggunkan Microsfot Office Home and Student 2019 atau PowerPoint versi 2019 karena ada fitur record dari slide show dan fitur screen recording.

2 Cara membuat Video Pembelajaran Dengan PowerPoint (PPT)

Di PowerPoint kita bisa membuat video pembelajaran dengan dua cara antara lain:

1. Record Slide Show

Langkah-langkah membuat video pembelajaran menggunakan Slide show:

  • Ada sudah membuat dulu materi pembelajaran powerpoint dengan beberapa slide sesuai kebutuhan anda.
  • Masuk ke menu Slide Show
  • Di menu slide show ada fitur ada 2 pilihan record from begining ( dari slide awal sampai akhir) atau current slide (hanya menjekaskan slide yang anda pilih)


  • Setelah itu akan diarahkan masuk ke halaman record , dimana anda bisa mulai menerangkan isi dari slide dengan tampilan wajah anda, dan alat bantu pointer, pen, dan highligter yang warnanya bisa anda sesuaikan


  • Bila sudah selesai record/merekam penjelasan anda dari isi slide anda klik esc lalu anda tinggal simpang ke folder yang anda inginkan, buat nama file dengan type file MP4.

  • Anda tinggal membagikan file ini ke murid-murid anda atau anda bisa masukan ke channel youtube anda dan bisa anda edit lagi untuk menambahkan background musik, intro video anda dengan sofware editing video lain yang lebih lengkap. atau cukup anda langsung upload ke channel youtube anda.
Anda bisa tonton tutorialnya di bawah ini.


2. Screen Recording

Di Screen recording anda bisa menjelaskan materi pembelajaran atau konten dari aplikasi lain seperti membuat gambar di Paint 3D, mengoperasikan Mikrosoft Word untuk menjelaskan membuat surat-menyurat, membuat proposal, atau Mikrosoft Exel untuk menjelaskan perhitungan pajak, membuat siklus akutansi.

langkahnya adalah

  • Buka Powerpoint
  • Buka Slide kosong
  • masuk ke Insert, lalu pilih Screen recording (paling pojok kiri atas)

  • Memulai seting screen recoding (rekam layar monitor) yaitu:
          1. Buat Seting lebar layar akan di rekam/record. gunakan mouse untuk memperbesar area record
          2. Menyalakan audio (tinggal di klik saja)
          3. mengaktifkan pointer
          4. Mulai merekam/record, klik Rcord


  • Setelah selesai merekam anda tinggal klik stop, sebelah kanan ikon record.
  • Nanti filenya anda simpan di extention MP4 seperti cara record yang pertama slide show recoding
  • Anda bisa bagikan file ini ke murid anda atau masukan ke channel youtube anda, atau di edit dulu untuk menambahkan backgroud musik, dan subtitle di video kamu.
Anda bisa tonton video tutorialnya dibawah ini.


Baca Juga:

Kunjungi halaman facebok untuk melihat postingan yang berhubungan dengan bisnis online dan hobi berkebun di







Comments

Popular posts from this blog

Cara Menghubungkan Google Adsene Ke Blog di Blogger | Dari Awal, Approval, Seting Iklan Sampai Terima Pendapatan Iklan

Cara menghubungkan google adsene ke blog anda yang anda buat di Content Management System (CMS) blogger anda buat yang pemula, dari awal ke approval lalu seting iklan di blogger dan google adsene sampai terima pendapatan iklan. Motivasi utama sebagaian blogger untuk membuat artikel-artikel di situs blog adalah pendapatan iklan, selain aktulisasi diri.  Blogger yang mendapatkan komentar positip akan tulisanya di artikel yang diposting di website blognya akan menaikan semangat menulis dan mengembangkan website blognya, tetapi bila blogger mendapatkan uang dari postingan artikel di blognya, dia akan mencurahkan perhatian dan waktunya lebih banyak ke situs blognya. Buat blogger pemula sebagian besar harapanya memposting artikel adalah menghasilkan uang terutama dari iklan google adsene , pengalaman penulis sendiri pada waktu awal awal , baru membuat  5 artikel langsung menghubungkan ke adsene dan menunggu approval dari pihak adsene dan putus asa ketika tidak ada khabar dari pihak google ad

Ukuran Iklan Banner (Banner Ads) website dan Mobile Phone

Berapa ukuran iklan banner website (Banner Ads) yang bisa dilihat di deskstop/komputer, tablet, dan mobile phone? dan ukuran mana yang paling banyak dipakai oleh google adsene? Bila kita tahu jawabannya maka bisa kita gunakan juga buat iklan website kita sendiri. Google sendiri memberikan standar ukuran banner iklan dimana ukuran banner tidak boleh menggangu kenyamana audiens website dan harus cukup perhatian dari audiens untuk melihat iklan yang pada akhirnya mendatangkan pendapatan iklan dari websitenya Iklan yang ada diwebsite ternyata 50% dilihat lewat display desktop dan 50% lagi dari display mobile Phone/HP, maka google mengisyaratkan bahwa ukuran iklan di website harus responsif dan compatible ke displaay webite dan display HP. Banner Size pada Display Website di Desktop  2 Jenis Banner Online 1.  Banner Statis Banner Statis adalah jenis banner yang dipasang di website yang berisi text dan gambar, banner statis tidak menggunakan animasi dan suara, format banner ini

Tutorial Video Editing Filmora X | #2 Mengenal Menu Dan Fitur Editing Video

Tutorial video editing filmora X. dimana merupakan penyempurnaan dari filmora 9, Mengenal menu dan fitur editing video filmora X  yang sebgaian besar ada di filmora 9. Artikel ini merupakan atikel Kedua dari tutorial video editing filmora X Anda sudah mendownload dan instal aplikasi wonderser filmora di kompurter anda, lanjut mengenal menu-menu dan fitur-fitur yang ada di Filmora X.  Pada dasarnya sebagian besar menu dan fitur di filmora X ada di filmora 9 yang berbeda hanya versi 10 ada tambahan yaitu: Motion Tracking key Frame Animation Audio Ducking Color Matching Jadi untuk belajar editing filmora X akan lebih mudah bila sudah mengenal dan memakai filmora 9, dan tutorial sebagaian menu dan fitur ada di versi 9. Video yang bagus adalah paduan gambar dan audio yang mencerminkan cerita dan pesan yang akan disampaikan dari video. terkadang video bagus belum tentu di tonton orang, tetapi kekuatan isi video lah yang orang tonton. Ada banyak variabel yang menyebabkan sebuah video sukses d