Skip to main content

2 Cara Membuat Video Pembelajaran Dengan PowerPoint Versi 2019

PowerPoint bukan hanya digunakan untuk aplikasi presentasi tapi juga membuat video konten tutorial dan pembelajaran. Ada 2 cara membuat video pembelajaran mengunakan PowerPoint versi 2019, apa saja selengkapnya artikel dan video tutorialnya dibawah ini

Aplikasi Powerpont merupakan aplikasi bawaan dari Mikrosoft office, bila anda membeli laptop anda juga harus membeli aplikasi Mikrosoft office.

Aplikasi Mikrosoft office ini pada dasarnya digunakan untuk keperluan administrasi kantor, dan PowerPoint dikhususkan untuk aplikasi alat bantu presentasi.

Video pembelajaran ternyata bisa juga dibuat dengan Powerpoint melalui  slideshow dan Screen Recording.


PowerPoint yang digunakan haris menggunkan Microsfot Office Home and Student 2019 atau PowerPoint versi 2019 karena ada fitur record dari slide show dan fitur screen recording.

2 Cara membuat Video Pembelajaran Dengan PowerPoint (PPT)

Di PowerPoint kita bisa membuat video pembelajaran dengan dua cara antara lain:

1. Record Slide Show

Langkah-langkah membuat video pembelajaran menggunakan Slide show:

  • Ada sudah membuat dulu materi pembelajaran powerpoint dengan beberapa slide sesuai kebutuhan anda.
  • Masuk ke menu Slide Show
  • Di menu slide show ada fitur ada 2 pilihan record from begining ( dari slide awal sampai akhir) atau current slide (hanya menjekaskan slide yang anda pilih)


  • Setelah itu akan diarahkan masuk ke halaman record , dimana anda bisa mulai menerangkan isi dari slide dengan tampilan wajah anda, dan alat bantu pointer, pen, dan highligter yang warnanya bisa anda sesuaikan


  • Bila sudah selesai record/merekam penjelasan anda dari isi slide anda klik esc lalu anda tinggal simpang ke folder yang anda inginkan, buat nama file dengan type file MP4.

  • Anda tinggal membagikan file ini ke murid-murid anda atau anda bisa masukan ke channel youtube anda dan bisa anda edit lagi untuk menambahkan background musik, intro video anda dengan sofware editing video lain yang lebih lengkap. atau cukup anda langsung upload ke channel youtube anda.
Anda bisa tonton tutorialnya di bawah ini.


2. Screen Recording

Di Screen recording anda bisa menjelaskan materi pembelajaran atau konten dari aplikasi lain seperti membuat gambar di Paint 3D, mengoperasikan Mikrosoft Word untuk menjelaskan membuat surat-menyurat, membuat proposal, atau Mikrosoft Exel untuk menjelaskan perhitungan pajak, membuat siklus akutansi.

langkahnya adalah

  • Buka Powerpoint
  • Buka Slide kosong
  • masuk ke Insert, lalu pilih Screen recording (paling pojok kiri atas)

  • Memulai seting screen recoding (rekam layar monitor) yaitu:
          1. Buat Seting lebar layar akan di rekam/record. gunakan mouse untuk memperbesar area record
          2. Menyalakan audio (tinggal di klik saja)
          3. mengaktifkan pointer
          4. Mulai merekam/record, klik Rcord


  • Setelah selesai merekam anda tinggal klik stop, sebelah kanan ikon record.
  • Nanti filenya anda simpan di extention MP4 seperti cara record yang pertama slide show recoding
  • Anda bisa bagikan file ini ke murid anda atau masukan ke channel youtube anda, atau di edit dulu untuk menambahkan backgroud musik, dan subtitle di video kamu.
Anda bisa tonton video tutorialnya dibawah ini.


Baca Juga:

Kunjungi halaman facebok untuk melihat postingan yang berhubungan dengan bisnis online dan hobi berkebun di







Comments

Popular posts from this blog

Teknik Psikologi Pemasaran | Memanfaatkan Emosi Manusia Untuk Bisnis

Ilmu psikologi bisa dimanfaatkan untuk kepentingan bisnis, karena ternyata emosi dan prilaku yang dibahas di disiplin ilmu ini bisa dimanfaatkan oleh pebisnis untuk meningkatkan transaksi penjualan (omset) lebih lanjut mendapatkan pelanggan dan masukan untuk pengembangan produk Ada beberapa teknik psikologi marketing yang umum digunakan dan tidak diketahui oleh kebanyakan orang, dan biasanya penerapan psikologi marketing ada pada banner produk, website landing perusahaan. Apa Itu Psikologi Marketing Psikologi adalah salah satu bidang ilmu pengetahuan dan ilmu terapan yang mempelajari tentang perilaku, fungsi mental, dan proses mental manusia melalui prosedur ilmiah. Wikipedia   Marketing adalah serangkaian kegiatan untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen, baik dengan cara memproduksi produk kemudian memberikan harga dan mempromosikannya kepada konsumen sehingga terjadilah penjualan. Jurnal Enterpreuner Ada dua disiplin ilmu yang digunakan disini yaitu psikologi yang membahas pr

LOGO | Jenis, Fungsi, Aplikasi Membuatnya Dan Penerapanya Dalam Dunia Bisnis

Logo menjadi elemen penting dari sebuah bisnis, logo merupakan representasi dari perusahaan, produk binsis dan melekat image dari publik. Image yang baik sebuah logo berpengaruh ke hasil bisnis (penjualan dan laba). Image yang buruk juga sebaliknya ke hasil bisnis Image sebuah dari sebuah logo didapat dari usaha perusahaan akan menjalankan bisnisnya, menjaga kualitas, service dan nilai yang bagus didapat ke pelanggan akan membuat image dari logo yang juga baik. begitu juga sebaliknya. Perusahaan harus menjaga dan membangun logo/merek mereka mejadi logo yang dipercaya dan mempunyai reputasi yang baik untuk konsumennya.  Reputasi dan kepercayaan adalah modal untuk mendapatkan hasil bisnis yang baik yaitu peningkatan penjualan dan laba dimana bisa berlangung selama waktu yang panjang. Logo Apa Sih Logo merupakan suatu gambar atau sekadar sketsa dengan arti tertentu, dan mewakili suatu arti dari perusahaan, daerah, organisasi, produk, negara, lembaga, dan hal lainnya membutuhkan sesuatu y

Cara Menghubungkan Google Adsene Ke Blog di Blogger | Dari Awal, Approval, Seting Iklan Sampai Terima Pendapatan Iklan

Cara menghubungkan google adsene ke blog anda yang anda buat di Content Management System (CMS) blogger anda buat yang pemula, dari awal ke approval lalu seting iklan di blogger dan google adsene sampai terima pendapatan iklan. Motivasi utama sebagaian blogger untuk membuat artikel-artikel di situs blog adalah pendapatan iklan, selain aktulisasi diri.  Blogger yang mendapatkan komentar positip akan tulisanya di artikel yang diposting di website blognya akan menaikan semangat menulis dan mengembangkan website blognya, tetapi bila blogger mendapatkan uang dari postingan artikel di blognya, dia akan mencurahkan perhatian dan waktunya lebih banyak ke situs blognya. Buat blogger pemula sebagian besar harapanya memposting artikel adalah menghasilkan uang terutama dari iklan google adsene , pengalaman penulis sendiri pada waktu awal awal , baru membuat  5 artikel langsung menghubungkan ke adsene dan menunggu approval dari pihak adsene dan putus asa ketika tidak ada khabar dari pihak google ad