Skip to main content

Apa itu Fotografi, Videografi, Dan Sinematografi

Bahasa Visual atau gambar maka tidak dipisahkan dengan Fotografi dan Sinematografi, sekarang muncul istilah baru videografi. Apa sih ketiganya, yang pasti semuanya berbicara tentang gambar, gambar bergerak, dan karya visual gambar yang bisa dinikmati banyak kalangan hampir setiap hari dan setiap waktu.

Menurut sejarahnya foto mulai dikenal dan temukan di akhir abad 18, dan mulai digunakan di awal abad 19 dan menjadi sebuah industri foto lalu menjadi industri film. Liat Sejarah Fotografi

Sekarang fotografi dan sinematografi menjadi cabang ilmu sendiri dan ada jurusan sendiri untuk mempelajarinya, salah satunya jurusan Film dan Televisi di IKJ (Institute kesenian Jakarta).

Keahlian dibidang fotografi dan sinematografi banyak dipakai di industri televisi dan iklan, juga sangat membantu ketika terjun di dunia youtuber dan selebgram yang penghasilannya melampaui yang berkerja di dunia televisi.

Media Digital yang berkembang sekarang terutama hiburan di media sosial seperti youtube, instagram, dan tiktok menjadi industri baru yang bergeser industri televisi.

Keahlian akan fotografi, sinematografi dan yang baru videografi tetap terpakai dalam media digital dan industri televisi. 

Dibawah dibahas secara garis besar akan fotografi, sinemtografi, dan videografi juga dari mana mulai belajarnya.





Fotografi

Fotografi (dari bahasa Inggris: photography, yang berasal dari kata Yunani yaitu "photos": cahaya dan "grafo": melukis/menulis) adalah proses melukis/menulis dengan menggunakan media cahaya. Sebagai istilah umum, fotografi berarti proses atau metode untuk menghasilkan gambar atau foto dari suatu objek dengan merekam pantulan cahaya yang mengenai objek tersebut pada media yang peka cahaya. Alat paling populer untuk menangkap cahaya ini adalah kamera. Tanpa cahaya, tidak ada foto yang bisa dibuat. Wikipedia

Hasil akhir dari foto yang berkualitas tergantung pada Segitiga Exposure, Komposisi, Lensa, dan Pencahayaan. Exposure yaitu banyaknya cahaya yang masuk dan jatuh ke medium (media yang terbakar dari pembiasan cahaya masuk yang akan menghasilkan ganbar).

Untuk memahami dan ahli di bidang fotografi anda bisa belajar di Belajar Fotografi atau Dasar-Dasar Fotografi

Foto/gambar yang diinginkan maka fotografer (orang yang membuat foto) akan mengkombinasikan tiga elemen fotografi/Segitiga exposure (dalam kamera) yaitu:

1. ISO 

ISO adalah tinggi sensitifitas sensor kamera terhadap cahaya, semakin tinggi angka yang kita seting dikamera semakin terang objek yang kita foto.

Sumber: belfot.com


Diaframa (Apenture)

Komponen kamera yang mengatur intensitas cahaya yang masuk, ini akan menentukan fokus objek yang akan di foto, makin besar diagrama maka akan makin fokus ke objek yang difoto.

Sumber: belfot.com



Shuter Speed

Rentang waktu saat shutter (jendela) yang menutup sensor kamera dibuka, makin cepad speed nya digunakan untuk mengambil gambar objek yang bergerak cepat seperti mobil yang sedang berjalan cepat yang hasilnya mobil itu seperti diam

Untuk membekukan gerakan Cheetah dibutuhkan kecepatan shutter sangat tinggi 1/4000 detik


Foto yang bagus dibuat dengan tujuan koleksi (memory), Art (seni) dan keperluan bisnis (Iklan).
Dibidang periklanan fotografi menjadi nyawa sebuah iklan.

Sinematografi

Sinematografi (dari bahasa Yunani: 'kinema - κίνημα' "gerakan" dan graphein - γράφειν "merekam") adalah ilmu prakarya. yang membahas tentang teknik menangkap gambar dan sekaligus menggabung-gabungkan gambar tersebut sehingga menjadi rangkaian gambar yang memililki kemampuan menyampaikan ide dan cerita. Wikipedia

Dalam membuat sebuah film dibutuhkan kerja team dan orang yang cukup banyak dan biaya yang besar bukan hanya sutradara, juga kamera men, crew film dengan berbagai tugas dan yang paling utama juga artis atau aktor yang menjadi fokus utama cerita film.

Orang yang bertanggung jawab akan semua aspek visual pada sebuah film disebut sinematografer, yang merupakan asisten dari sutradara.  Tugas sinematografer meliputi:

  • Visual pada skenario
  • Pemilihan kamera
  • Pemilihan lensa
  • Pemilihan Lighting dan filter

Semua tugas yang diemban pada akhirnya membuat bahasa visual film mampu membuat film menjadi hidup dan menberikan pesan dan kesan film.

Pengetahuan dan keahlian akan fotografi sangat membantu atau menjadi dasar keahlian sinematografi, untuk belajar lebih jauh akan dasar-dasar sinematografi anda bisa belajar tutorialnya di Channel Cancan Picture




Videografi

Istilah videografi mulai sering disebut banya orang, setelah berkembangnya media digital seperti; film digital (neflik), media digital (youtube, instagram), dan tv digital.

Videografi adalah istilah proses pengambilan gambar bergerak pada media elektronik dan bahkan media streaming. Videografer adalah orang yang bekerja di bidang videografi dan / atau produksi video . 
Video yang dihasilkan akan di upload di youtube, instagram, juga watch facebook yang tentu akan menjadi industri media digital. Konten video yang diupload akan di tonton oleh publik atau masyarakat umum.

Konten video ini menjadi bisnis baru, karena besarnya jumlah penonton dan banyaknya perusahaan dan organisasi bisnis yang bersedia membayar untuk menampilkan produk dan jasa bisnisnya.

Lagi-lagi keahlian akan fotografi dan sinematografi akan memudahkan videografer dalam memproduksi video-video yang akan ditampilkan di media digital.

Anda dapat belajar tentang videografi dan fotografi di Channel Rock n Roll Shutter - GuenRock



Baca Juga:

Comments

Popular posts from this blog

Cara Menghubungkan Google Adsene Ke Blog di Blogger | Dari Awal, Approval, Seting Iklan Sampai Terima Pendapatan Iklan

Cara menghubungkan google adsene ke blog anda yang anda buat di Content Management System (CMS) blogger anda buat yang pemula, dari awal ke approval lalu seting iklan di blogger dan google adsene sampai terima pendapatan iklan. Motivasi utama sebagaian blogger untuk membuat artikel-artikel di situs blog adalah pendapatan iklan, selain aktulisasi diri.  Blogger yang mendapatkan komentar positip akan tulisanya di artikel yang diposting di website blognya akan menaikan semangat menulis dan mengembangkan website blognya, tetapi bila blogger mendapatkan uang dari postingan artikel di blognya, dia akan mencurahkan perhatian dan waktunya lebih banyak ke situs blognya. Buat blogger pemula sebagian besar harapanya memposting artikel adalah menghasilkan uang terutama dari iklan google adsene , pengalaman penulis sendiri pada waktu awal awal , baru membuat  5 artikel langsung menghubungkan ke adsene dan menunggu approval dari pihak adsene dan putus asa ketika tidak ada khabar dari pihak google ad

Ukuran Iklan Banner (Banner Ads) website dan Mobile Phone

Berapa ukuran iklan banner website (Banner Ads) yang bisa dilihat di deskstop/komputer, tablet, dan mobile phone? dan ukuran mana yang paling banyak dipakai oleh google adsene? Bila kita tahu jawabannya maka bisa kita gunakan juga buat iklan website kita sendiri. Google sendiri memberikan standar ukuran banner iklan dimana ukuran banner tidak boleh menggangu kenyamana audiens website dan harus cukup perhatian dari audiens untuk melihat iklan yang pada akhirnya mendatangkan pendapatan iklan dari websitenya Iklan yang ada diwebsite ternyata 50% dilihat lewat display desktop dan 50% lagi dari display mobile Phone/HP, maka google mengisyaratkan bahwa ukuran iklan di website harus responsif dan compatible ke displaay webite dan display HP. Banner Size pada Display Website di Desktop  2 Jenis Banner Online 1.  Banner Statis Banner Statis adalah jenis banner yang dipasang di website yang berisi text dan gambar, banner statis tidak menggunakan animasi dan suara, format banner ini

Tutorial Video Editing Filmora X | #2 Mengenal Menu Dan Fitur Editing Video

Tutorial video editing filmora X. dimana merupakan penyempurnaan dari filmora 9, Mengenal menu dan fitur editing video filmora X  yang sebgaian besar ada di filmora 9. Artikel ini merupakan atikel Kedua dari tutorial video editing filmora X Anda sudah mendownload dan instal aplikasi wonderser filmora di kompurter anda, lanjut mengenal menu-menu dan fitur-fitur yang ada di Filmora X.  Pada dasarnya sebagian besar menu dan fitur di filmora X ada di filmora 9 yang berbeda hanya versi 10 ada tambahan yaitu: Motion Tracking key Frame Animation Audio Ducking Color Matching Jadi untuk belajar editing filmora X akan lebih mudah bila sudah mengenal dan memakai filmora 9, dan tutorial sebagaian menu dan fitur ada di versi 9. Video yang bagus adalah paduan gambar dan audio yang mencerminkan cerita dan pesan yang akan disampaikan dari video. terkadang video bagus belum tentu di tonton orang, tetapi kekuatan isi video lah yang orang tonton. Ada banyak variabel yang menyebabkan sebuah video sukses d