Skip to main content

Cara Mendapatkan Music free to use untuk Content Youtube (No Copyright)

Musik free to use (No Copyright) untuk content youtube juga bagian penting dari sebuah video youtube. Tanpa musik, video youtube menjadi sepi dan tidak menarik. Intro video selalu diawali oleh musik yang menarik pengunjung lalu menunggu kelanjutan video dan memutuskan akan tetap menonton video atau menganti video lainnya.


Di Youtube ada batasan pengunaan musik untuk content video, orang tidak seenaknya mengunakan musik untuk content video tanpa izin pemilik hakcipta musik tersebut. Biasanya orang harus membeli copy right kepada pemilik musik sebelum digunakan pada content videonya. Tapi Untungnya Youtube memberikan fasilitas musik dan effect gratis untuk para youtuber di Koleksi Audio - Youtube

Bagi Youtuber mapan yang mempunyai penghasilan besar membeli musik copy right bukan masalah besar, tapi bagi youtuber pemula yang tidak punya dana akan sulit membuat contet video.


BACA JUGA : Kamu Wajib Paham! Inilah Bedanya Copyright, Trademark, dan Patent


Akibat Bila menggunakan Musik Copy Right Tanpa Izin

Youtube akan memberi peringatan dan pemberitahuan apabila ada video yang melanggar copy right pada youtube studio lihat gambar dibawah.

Tampilan Video yang melanggar Hak Cipta
Tampilan Video yang melanggar Hak Cipta
Youtube melarang sekali content video yang melanggar hak cipta, atau mengunakan materi yang punya hak cipta. Jika melanggar maka ada konsekwensi yang harus ditanggung oleh pemilik channel youtube.

Tampilan Akibat melanggat Hak Cip
Tampilan Akibat melanggat Hak Cipta
Akibat melanggar hak cipta maka video youtube anda tidak akan ditampilkan di Youtube (un list) begitu juga monetization video anda akan di stop.

Dibawah ini adalah batasan kebijakan musik di youtube dari Support Youtube


Direktori Kebijakan Musik berisi daftar lagu beserta kebijakannya masing-masing yang ditetapkan oleh pemegang hak cipta. Kebijakan yang ada dalam Direktori Kebijakan Musik hanya menjelaskan hal-hal yang akan terjadi jika Anda memublikasikan video yang menggunakan musik ini di YouTube.
Pemegang hak cipta dapat menentukan izin dan cara penggunaan musiknya di YouTube, sehingga kebijakan hak cipta yang mereka tetapkan akan memengaruhi ketersediaan musik tersebut pada video Anda. Jika Anda menggunakan musik yang ada di Direktori Kebijakan Musik, Anda akan menerima klaim hak cipta yang memberitahukan bahwa Anda menggunakan konten berhak cipta.
Berikut ini arti dari setiap kebijakan:
  • Monetisasi: Pemegang hak cipta telah memilih untuk memonetisasi musik ini, sehingga iklan dapat muncul dalam video Anda. Dalam sejumlah situasi, pemegang hak cipta dapat memilih untuk membagikan sebagian dari pendapatannya kepada Anda. Meskipun kebijakan ini berlaku, video dapat tidak tersedia di mana saja atau di semua perangkat.

  • Blokir di seluruh dunia: Satu atau beberapa pemegang hak cipta tidak mengizinkan penggunaan musik ini di YouTube. Jika Anda menggunakan musik ini, video Anda dapat dibisukan suaranya atau dapat dibuat tidak tersedia sama sekali di YouTube.

  • Blokir di beberapa negara: Satu atau beberapa pemegang hak cipta membatasi negara tempat musik ini tersedia di YouTube. Jika Anda menggunakan musik ini, video Anda tidak dapat dilihat di negara yang diblokir di YouTube.
Catatan: Dalam keadaan tertentu, pemegang hak cipta dapat mengubah kebijakannya dan mengeluarkan permintaan penghapusan karena pelanggaran hak cipta. Status video Anda dapat berubah di masa mendatang (dan bahkan dapat dihapus dari YouTube) jika pemilik hak cipta mengambil keputusan lain dalam kasus Anda, atau mengubah kebijakan yang diterapkan untuk musik di video tersebut. Pelajari Content ID lebih lanjut.

Klik Disini Untuk Melihat harga paket Indihome

Mendapatkan Musik Free to Use dari Audio Library - Youtube

Pihak youtube ternyata memberikan solusi bagi youtuber untuk mendapatkan musik yang free copy right. sehingga youtuber pemula dimudahkan membuat content video nya.

BACA JUGA :


Ada beberapa langkah mudah untuk mendapatkan musik dan effect sound yang bisa diambil di Audio Library - Youtube liat dibawah ini.

1. Masuk ke Youtube Studio dan disamping kiri pilih Audio Library, lalu klik

Audio Library di Youtube Studio
Audio Library di Youtube Studio
2. Yang dilakukan di Audio library

  • Pertama; pilih gentre, mood, ataupun instrument musik yang sesuai  content video kamu
  • Kedua; di coba dengarkan untuk memastikan cocok dengan content video dan durasi musik, serta bagian durasi mana yang akan digunakan untuk musik content video kamu.
  • Ketiga; bila cocok dengan yang kamu inginkan klik Download.
langkah Mendownload Musik di Youtube
langkah Mendownload Musik di Youtube
3. Menyimpan file musik di folder projek Video anda

Hasil Download liat di Explorer Downloads
Hasil Download liat di Explorer Downloads
4. Mengaplikasikan musik free copy right di viedo anda

Musik yang di download bisa diaplikasika menjadi Intro, background musik video, yang dimasukan pada editing video, seperti dibawah ini.

Penerapan Musik dari Audio Library - Youtube
Penerapan Musik dari Audio Library - Youtube

Untuk mendapakan postingan terbaru artikel-artikel saya bisa kunjungi halaman facebook di https://bit.ly/35PBg50


Comments

Popular posts from this blog

LOGO | Jenis, Fungsi, Aplikasi Membuatnya Dan Penerapanya Dalam Dunia Bisnis

Logo menjadi elemen penting dari sebuah bisnis, logo merupakan representasi dari perusahaan, produk binsis dan melekat image dari publik. Image yang baik sebuah logo berpengaruh ke hasil bisnis (penjualan dan laba). Image yang buruk juga sebaliknya ke hasil bisnis Image sebuah dari sebuah logo didapat dari usaha perusahaan akan menjalankan bisnisnya, menjaga kualitas, service dan nilai yang bagus didapat ke pelanggan akan membuat image dari logo yang juga baik. begitu juga sebaliknya. Perusahaan harus menjaga dan membangun logo/merek mereka mejadi logo yang dipercaya dan mempunyai reputasi yang baik untuk konsumennya.  Reputasi dan kepercayaan adalah modal untuk mendapatkan hasil bisnis yang baik yaitu peningkatan penjualan dan laba dimana bisa berlangung selama waktu yang panjang. Logo Apa Sih Logo merupakan suatu gambar atau sekadar sketsa dengan arti tertentu, dan mewakili suatu arti dari perusahaan, daerah, organisasi, produk, negara, lembaga, dan hal lainnya membutuhkan sesuatu y

Teknik Psikologi Pemasaran | Memanfaatkan Emosi Manusia Untuk Bisnis

Ilmu psikologi bisa dimanfaatkan untuk kepentingan bisnis, karena ternyata emosi dan prilaku yang dibahas di disiplin ilmu ini bisa dimanfaatkan oleh pebisnis untuk meningkatkan transaksi penjualan (omset) lebih lanjut mendapatkan pelanggan dan masukan untuk pengembangan produk Ada beberapa teknik psikologi marketing yang umum digunakan dan tidak diketahui oleh kebanyakan orang, dan biasanya penerapan psikologi marketing ada pada banner produk, website landing perusahaan. Apa Itu Psikologi Marketing Psikologi adalah salah satu bidang ilmu pengetahuan dan ilmu terapan yang mempelajari tentang perilaku, fungsi mental, dan proses mental manusia melalui prosedur ilmiah. Wikipedia   Marketing adalah serangkaian kegiatan untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen, baik dengan cara memproduksi produk kemudian memberikan harga dan mempromosikannya kepada konsumen sehingga terjadilah penjualan. Jurnal Enterpreuner Ada dua disiplin ilmu yang digunakan disini yaitu psikologi yang membahas pr

Apa itu Fotografi, Videografi, Dan Sinematografi

Bahasa Visual atau gambar maka tidak dipisahkan dengan Fotografi dan Sinematografi, sekarang muncul istilah baru videografi. Apa sih ketiganya, yang pasti semuanya berbicara tentang gambar, gambar bergerak, dan karya visual gambar yang bisa dinikmati banyak kalangan hampir setiap hari dan setiap waktu. Menurut sejarahnya foto mulai dikenal dan temukan di akhir abad 18, dan mulai digunakan di awal abad 19 dan menjadi sebuah industri foto lalu menjadi industri film. Liat Sejarah Fotografi Sekarang fotografi dan sinematografi menjadi cabang ilmu sendiri dan ada jurusan sendiri untuk mempelajarinya, salah satunya jurusan Film dan Televisi di IKJ (Institute kesenian Jakarta). Keahlian dibidang fotografi dan sinematografi banyak dipakai di industri televisi dan iklan, juga sangat membantu ketika terjun di dunia youtuber dan selebgram yang penghasilannya melampaui yang berkerja di dunia televisi. Media Digital yang berkembang sekarang terutama hiburan di media sosial seperti youtube, instag