Skip to main content

Cara Mendapatkan Music free to use untuk Content Youtube (No Copyright)

Musik free to use (No Copyright) untuk content youtube juga bagian penting dari sebuah video youtube. Tanpa musik, video youtube menjadi sepi dan tidak menarik. Intro video selalu diawali oleh musik yang menarik pengunjung lalu menunggu kelanjutan video dan memutuskan akan tetap menonton video atau menganti video lainnya.


Di Youtube ada batasan pengunaan musik untuk content video, orang tidak seenaknya mengunakan musik untuk content video tanpa izin pemilik hakcipta musik tersebut. Biasanya orang harus membeli copy right kepada pemilik musik sebelum digunakan pada content videonya. Tapi Untungnya Youtube memberikan fasilitas musik dan effect gratis untuk para youtuber di Koleksi Audio - Youtube

Bagi Youtuber mapan yang mempunyai penghasilan besar membeli musik copy right bukan masalah besar, tapi bagi youtuber pemula yang tidak punya dana akan sulit membuat contet video.


BACA JUGA : Kamu Wajib Paham! Inilah Bedanya Copyright, Trademark, dan Patent


Akibat Bila menggunakan Musik Copy Right Tanpa Izin

Youtube akan memberi peringatan dan pemberitahuan apabila ada video yang melanggar copy right pada youtube studio lihat gambar dibawah.

Tampilan Video yang melanggar Hak Cipta
Tampilan Video yang melanggar Hak Cipta
Youtube melarang sekali content video yang melanggar hak cipta, atau mengunakan materi yang punya hak cipta. Jika melanggar maka ada konsekwensi yang harus ditanggung oleh pemilik channel youtube.

Tampilan Akibat melanggat Hak Cip
Tampilan Akibat melanggat Hak Cipta
Akibat melanggar hak cipta maka video youtube anda tidak akan ditampilkan di Youtube (un list) begitu juga monetization video anda akan di stop.

Dibawah ini adalah batasan kebijakan musik di youtube dari Support Youtube


Direktori Kebijakan Musik berisi daftar lagu beserta kebijakannya masing-masing yang ditetapkan oleh pemegang hak cipta. Kebijakan yang ada dalam Direktori Kebijakan Musik hanya menjelaskan hal-hal yang akan terjadi jika Anda memublikasikan video yang menggunakan musik ini di YouTube.
Pemegang hak cipta dapat menentukan izin dan cara penggunaan musiknya di YouTube, sehingga kebijakan hak cipta yang mereka tetapkan akan memengaruhi ketersediaan musik tersebut pada video Anda. Jika Anda menggunakan musik yang ada di Direktori Kebijakan Musik, Anda akan menerima klaim hak cipta yang memberitahukan bahwa Anda menggunakan konten berhak cipta.
Berikut ini arti dari setiap kebijakan:
  • Monetisasi: Pemegang hak cipta telah memilih untuk memonetisasi musik ini, sehingga iklan dapat muncul dalam video Anda. Dalam sejumlah situasi, pemegang hak cipta dapat memilih untuk membagikan sebagian dari pendapatannya kepada Anda. Meskipun kebijakan ini berlaku, video dapat tidak tersedia di mana saja atau di semua perangkat.

  • Blokir di seluruh dunia: Satu atau beberapa pemegang hak cipta tidak mengizinkan penggunaan musik ini di YouTube. Jika Anda menggunakan musik ini, video Anda dapat dibisukan suaranya atau dapat dibuat tidak tersedia sama sekali di YouTube.

  • Blokir di beberapa negara: Satu atau beberapa pemegang hak cipta membatasi negara tempat musik ini tersedia di YouTube. Jika Anda menggunakan musik ini, video Anda tidak dapat dilihat di negara yang diblokir di YouTube.
Catatan: Dalam keadaan tertentu, pemegang hak cipta dapat mengubah kebijakannya dan mengeluarkan permintaan penghapusan karena pelanggaran hak cipta. Status video Anda dapat berubah di masa mendatang (dan bahkan dapat dihapus dari YouTube) jika pemilik hak cipta mengambil keputusan lain dalam kasus Anda, atau mengubah kebijakan yang diterapkan untuk musik di video tersebut. Pelajari Content ID lebih lanjut.

Klik Disini Untuk Melihat harga paket Indihome

Mendapatkan Musik Free to Use dari Audio Library - Youtube

Pihak youtube ternyata memberikan solusi bagi youtuber untuk mendapatkan musik yang free copy right. sehingga youtuber pemula dimudahkan membuat content video nya.

BACA JUGA :


Ada beberapa langkah mudah untuk mendapatkan musik dan effect sound yang bisa diambil di Audio Library - Youtube liat dibawah ini.

1. Masuk ke Youtube Studio dan disamping kiri pilih Audio Library, lalu klik

Audio Library di Youtube Studio
Audio Library di Youtube Studio
2. Yang dilakukan di Audio library

  • Pertama; pilih gentre, mood, ataupun instrument musik yang sesuai  content video kamu
  • Kedua; di coba dengarkan untuk memastikan cocok dengan content video dan durasi musik, serta bagian durasi mana yang akan digunakan untuk musik content video kamu.
  • Ketiga; bila cocok dengan yang kamu inginkan klik Download.
langkah Mendownload Musik di Youtube
langkah Mendownload Musik di Youtube
3. Menyimpan file musik di folder projek Video anda

Hasil Download liat di Explorer Downloads
Hasil Download liat di Explorer Downloads
4. Mengaplikasikan musik free copy right di viedo anda

Musik yang di download bisa diaplikasika menjadi Intro, background musik video, yang dimasukan pada editing video, seperti dibawah ini.

Penerapan Musik dari Audio Library - Youtube
Penerapan Musik dari Audio Library - Youtube

Untuk mendapakan postingan terbaru artikel-artikel saya bisa kunjungi halaman facebook di https://bit.ly/35PBg50


Comments

Popular posts from this blog

Cara Menghubungkan Google Adsene Ke Blog di Blogger | Dari Awal, Approval, Seting Iklan Sampai Terima Pendapatan Iklan

Cara menghubungkan google adsene ke blog anda yang anda buat di Content Management System (CMS) blogger anda buat yang pemula, dari awal ke approval lalu seting iklan di blogger dan google adsene sampai terima pendapatan iklan. Motivasi utama sebagaian blogger untuk membuat artikel-artikel di situs blog adalah pendapatan iklan, selain aktulisasi diri.  Blogger yang mendapatkan komentar positip akan tulisanya di artikel yang diposting di website blognya akan menaikan semangat menulis dan mengembangkan website blognya, tetapi bila blogger mendapatkan uang dari postingan artikel di blognya, dia akan mencurahkan perhatian dan waktunya lebih banyak ke situs blognya. Buat blogger pemula sebagian besar harapanya memposting artikel adalah menghasilkan uang terutama dari iklan google adsene , pengalaman penulis sendiri pada waktu awal awal , baru membuat  5 artikel langsung menghubungkan ke adsene dan menunggu approval dari pihak adsene dan putus asa ketika tidak ada khabar dari pihak google ad

Ukuran Iklan Banner (Banner Ads) website dan Mobile Phone

Berapa ukuran iklan banner website (Banner Ads) yang bisa dilihat di deskstop/komputer, tablet, dan mobile phone? dan ukuran mana yang paling banyak dipakai oleh google adsene? Bila kita tahu jawabannya maka bisa kita gunakan juga buat iklan website kita sendiri. Google sendiri memberikan standar ukuran banner iklan dimana ukuran banner tidak boleh menggangu kenyamana audiens website dan harus cukup perhatian dari audiens untuk melihat iklan yang pada akhirnya mendatangkan pendapatan iklan dari websitenya Iklan yang ada diwebsite ternyata 50% dilihat lewat display desktop dan 50% lagi dari display mobile Phone/HP, maka google mengisyaratkan bahwa ukuran iklan di website harus responsif dan compatible ke displaay webite dan display HP. Banner Size pada Display Website di Desktop  2 Jenis Banner Online 1.  Banner Statis Banner Statis adalah jenis banner yang dipasang di website yang berisi text dan gambar, banner statis tidak menggunakan animasi dan suara, format banner ini

Tutorial Video Editing Filmora X | #2 Mengenal Menu Dan Fitur Editing Video

Tutorial video editing filmora X. dimana merupakan penyempurnaan dari filmora 9, Mengenal menu dan fitur editing video filmora X  yang sebgaian besar ada di filmora 9. Artikel ini merupakan atikel Kedua dari tutorial video editing filmora X Anda sudah mendownload dan instal aplikasi wonderser filmora di kompurter anda, lanjut mengenal menu-menu dan fitur-fitur yang ada di Filmora X.  Pada dasarnya sebagian besar menu dan fitur di filmora X ada di filmora 9 yang berbeda hanya versi 10 ada tambahan yaitu: Motion Tracking key Frame Animation Audio Ducking Color Matching Jadi untuk belajar editing filmora X akan lebih mudah bila sudah mengenal dan memakai filmora 9, dan tutorial sebagaian menu dan fitur ada di versi 9. Video yang bagus adalah paduan gambar dan audio yang mencerminkan cerita dan pesan yang akan disampaikan dari video. terkadang video bagus belum tentu di tonton orang, tetapi kekuatan isi video lah yang orang tonton. Ada banyak variabel yang menyebabkan sebuah video sukses d