Skip to main content

Membuat Toko Online Sederhana Sendiri Dengan Google Site

Membuat toko online sederhana sendiri dengan google site cukup mudah. Google site dapat digunakan untuk membuat website perorangan maupun perusahaan. Jenis website profile perusahaan, sekolah, maupun profil pribadi bisa dikerjakan di platform ini

Pada awalnya google site digunakan untuk membantu perusahaan level bawah sampai menegah dimana  aplikasi ini bernama jotspot, lalu dibeli google dan dinamakan google site pada tahun 2006.

Sekarang google site bisa juga digunakan untuk membuat website toko online sederhana, website pembelajaran dengan memasukan multimedia sehingga cocok untuk pembelajaran jarak jauh.


Google Site 

Google Sites adalah aplikasi wiki terstruktur untuk membuat situs web pribadi maupun kelompok, untuk keperluan personal maupun korporat. Google Sites disiapkan sebagai pengganti dari Google Page Creator. Situs yang dibuat akan memiliki alamat http://sites.google.com/site/username/ Wikipedia


Google Site VS Blogger VS Wordpress

Secara umum google site, blogger, dan wordpress adalah platform membuat website jenis Content Management System (CMS) artinya membuat website tidak perlu expert sekali bahasa pemograman.

Google site dan blogger adalah platform yang dimiliki oleh google dengan format berbeda. Blogger aladah CMS yang mengkhususkan website berbentuk blog, yang umumnya penulis menggunakanya untuk menulis artikel-artikel (Post), meskipun dapat juga membuat halaman (page) tapi fiturnya pengaturannya gambarnya terbatas dan tidak didukung dengan aplikasi google lain seperti google map. form dan yang lain.

Google site dan blogger juga wordpress mempunyai sudah memenuhi prasyarat yang adaftif responsif akan website yang dilihat pada perangkat mobile dan tabs.

Untuk google site kekuatanya pada kemudahan membuat halaman (Page) dengan dibantu fitur gambar, background warna dan foto, dan fitur edisi kekinian seperti penampilan foto berbentuk corousel seperti pada instagram dan toko online yang sudah profesional seperti bukalapak, shopee, dan tokopedia.

Untuk Wordpress merupakan CMS yang penggunanya mempunyai marketshare 70 % di dunia tentu lebih lengkap fitur page dan post nya dan bisa diintegrasikan dengan plug in lain yang profesional yaitu dengan woocommerce

Tapi blogger dan google site merupakan platform cms yang paling mudah digunakan dan gratis. anda tinggal membeli domainnya saja di google domain.

Langkah Membuat Toko Online Dengan Google Site

1. Registrasi dan Login Google Site, (atau anda bisa masuk lewat Google Drive)

Anda juga bisa masuk google site lewat google drive dimana website anda datanya di simpan dalam cloud  google drive. 

Dari google drive nantinya anda bisa mendapatkan dan mengunakan aplikasi berbasis google lain yang bisa diintegrasikan di website anda, seperti google form, google map, google dokument sampai youtube, berikut langkahnya:

1.1 Buka google drive dan buat  folder Baru

Lalu buat folder baru yang merupakan nama website anda (a) setelah itu (b) masuk ke tanda (+) pilih google site lalu klik google site.


Google Drive

nanti diarahkan ke halaman google site seperti dibawah ini,


2. Siapkan Gambar Produk dan Logo Toko online

  • Logo/ikon perusahaan dan pendukung
  • Background Section Head website
  • Gambar-gambar produk yang kan di jual, 
  • Data produk mulai Harga danBua Deskripsi produknya

3. Mulai Setting Google Site

3.1 Pilih Tema website yang disediakan oleh google site dan halaman (Page)

Anda bisa pilih lima thema dengan lima warna berbeda, lalu buat halaman website, jumlahnya sesuaikan dengan kebutuhan,




3.2 Membuat Halaman (Page) Website

Untuk website toko online sederhana anda bisa menambahkan empat halaman yang umum dipakai pada website toko online, seperti;
  • Halaman Muka (Home)
  • Katalog
  • Transaksi
  • Hubungi Kami
Catatan; 
  • Jumlah Halaman tergantung kebijakan pemilik toko dan harus memudahkan pengunjung untuk bertransaksi sesuai keinginannya, design website yang kita buat diusahankan memudahkan operasional pengunjung memenuhi kebutuhan belanjanya dengan sederhana dan cepat.
  • Anda juga bisa menghapus halaman transaksi dimana pengunjung bisa langsung transaksi di katalog dimana anda menyediakan landing page transaksi.
Ketika anda menambahkan halaman, akan muncul di pojok kanan atas seperti gambar dibawah ini.


3.3 Mengisi dan Editing Setiap Halaman

3.3.1 Mulai Editing Page Head (Bagian Utama/Kepala page)

Website mulai diisi dengan; a.nama website toko online anda lalu masukan logo dari perusahaan anda lalu b. tulis judul halamanya terakhir c. isi background section head liat gambar editing section head.

Gambar Editing Section Head website

3.3.2 Mulai Editing Contain Section Website (Isi dari Website)

Isi sebuah website tergantung jenis halaman website nya 
  • Home/ beranda, website berisi halaman muka yang menggambarkan website itu sendiri, didalanya terdapat navigasi buat pengunjung untuk menelusuri halaman lain dari sebuah website. beranda sebuah website harusnya menarik dan membuat pengunjung tertarik, juga mengarahkan pengunjung ke halaman transaksi.
  • Katalog, adalah halaman website toko online yang berisi spesifikasi dan informasi produk lebih lengkap, seperti harga, warna, corak, bahan produk sehingga pengunjung tahu produk dengan jelas untuk mendukung keputusan untuk membeli produknya. Anda juga bisa mengintegrasikan produk toko online anda di marketplace (bukalapak, tokopedia, dan shoppe) ke dalam katalog dengan menggunakan fitur sematkan (< >).
  • Transaksi, halaman ini berisi bagaimana pengunjung melakukan proses transaksi pembelian barang dan status pembeliannya. Diaplikasi toko onnline transaksi diba diarahkan ke whatsup bisnis atau bisa diarahkan ke halaman transaksi dimarketplace seperti bukalapak, shoppe atau tokopedia.
  • Hubungi Kami,  halaman ini ini berisi profil penjual dan bisa juga ditambahkan aplikasi chart sehingga ada interaksi antara pembeli dengan penjual.
halaman ini bisa diisi dengan fitur-fitur yang disediakan google site fitur utamanya antara lain;

  • Kotak teks, anda bisa menuliskan judul, sub judul, maupun artikel pendek dibox ini.
  • Gambar, gambar penting buat pengunjung agar dapat visual produk
  • Sematkan (Link), `link ini menghubungkan halaman internal dan external halaman lain lewat alamat URL nya.
  • Google Drive, dari google drive anda bisa menyisipkan semua file di bagian website anda.
Fitur lainya yang banyak digunakan adalah;

  • tata letak, daftar isi, gambar courosel, tombol, lalau juga bisa disisipkan youtube, kalender, google map, google form, dokumen, slide, speardsheet, dan diagram yang semuanya aplikasi berbasis google.
anda bisa mencobanya sendiri gunakan imajinasi dan kreatifitas anda agae website ini menjadi menarik.

lalu fitur yang lain.


Contoh hasil editing pembuatan website toko online bisa dilihat dibawah ini.

Home Page The Runa Bike



Anda bisa menonton tutorial yang ada di youtube untuk melihat contoh pengeditan dan pengisisan content section.


Tonton :
3.3.3 Membuat Footer 

kalau anda scroll ke bawah maka dibagian akhir ada footer (kaki website), biasanya berisi copyrigh pembuat website ini.

4. Publikasikan Website 

Langkah terakhir adalah mempubikasikan website anda agar bisa di akses dan dilihat pengunjung.
anda tinggal a. klik Publikasikan di fitur paling atas lalu b. kelola domain anda bisa mengubah domain menjadi top level domain TLD (seperti .com, .id dsb) di kelola dan mengatus siapa yang dapat melihat website anda.


Ada dua hal lagi yang harus anda lakukan agar website anda dapat diakses yaitu:
  1. Mendaftarkan Domain anda di Google Search Console
  2. mendaftarkan Website anda di Google Analitics

Baca Juga:


Comments

Popular posts from this blog

Teknik Psikologi Pemasaran | Memanfaatkan Emosi Manusia Untuk Bisnis

Ilmu psikologi bisa dimanfaatkan untuk kepentingan bisnis, karena ternyata emosi dan prilaku yang dibahas di disiplin ilmu ini bisa dimanfaatkan oleh pebisnis untuk meningkatkan transaksi penjualan (omset) lebih lanjut mendapatkan pelanggan dan masukan untuk pengembangan produk Ada beberapa teknik psikologi marketing yang umum digunakan dan tidak diketahui oleh kebanyakan orang, dan biasanya penerapan psikologi marketing ada pada banner produk, website landing perusahaan. Apa Itu Psikologi Marketing Psikologi adalah salah satu bidang ilmu pengetahuan dan ilmu terapan yang mempelajari tentang perilaku, fungsi mental, dan proses mental manusia melalui prosedur ilmiah. Wikipedia   Marketing adalah serangkaian kegiatan untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen, baik dengan cara memproduksi produk kemudian memberikan harga dan mempromosikannya kepada konsumen sehingga terjadilah penjualan. Jurnal Enterpreuner Ada dua disiplin ilmu yang digunakan disini yaitu psikologi yang membahas pr

LOGO | Jenis, Fungsi, Aplikasi Membuatnya Dan Penerapanya Dalam Dunia Bisnis

Logo menjadi elemen penting dari sebuah bisnis, logo merupakan representasi dari perusahaan, produk binsis dan melekat image dari publik. Image yang baik sebuah logo berpengaruh ke hasil bisnis (penjualan dan laba). Image yang buruk juga sebaliknya ke hasil bisnis Image sebuah dari sebuah logo didapat dari usaha perusahaan akan menjalankan bisnisnya, menjaga kualitas, service dan nilai yang bagus didapat ke pelanggan akan membuat image dari logo yang juga baik. begitu juga sebaliknya. Perusahaan harus menjaga dan membangun logo/merek mereka mejadi logo yang dipercaya dan mempunyai reputasi yang baik untuk konsumennya.  Reputasi dan kepercayaan adalah modal untuk mendapatkan hasil bisnis yang baik yaitu peningkatan penjualan dan laba dimana bisa berlangung selama waktu yang panjang. Logo Apa Sih Logo merupakan suatu gambar atau sekadar sketsa dengan arti tertentu, dan mewakili suatu arti dari perusahaan, daerah, organisasi, produk, negara, lembaga, dan hal lainnya membutuhkan sesuatu y

Apa itu Fotografi, Videografi, Dan Sinematografi

Bahasa Visual atau gambar maka tidak dipisahkan dengan Fotografi dan Sinematografi, sekarang muncul istilah baru videografi. Apa sih ketiganya, yang pasti semuanya berbicara tentang gambar, gambar bergerak, dan karya visual gambar yang bisa dinikmati banyak kalangan hampir setiap hari dan setiap waktu. Menurut sejarahnya foto mulai dikenal dan temukan di akhir abad 18, dan mulai digunakan di awal abad 19 dan menjadi sebuah industri foto lalu menjadi industri film. Liat Sejarah Fotografi Sekarang fotografi dan sinematografi menjadi cabang ilmu sendiri dan ada jurusan sendiri untuk mempelajarinya, salah satunya jurusan Film dan Televisi di IKJ (Institute kesenian Jakarta). Keahlian dibidang fotografi dan sinematografi banyak dipakai di industri televisi dan iklan, juga sangat membantu ketika terjun di dunia youtuber dan selebgram yang penghasilannya melampaui yang berkerja di dunia televisi. Media Digital yang berkembang sekarang terutama hiburan di media sosial seperti youtube, instag