Skip to main content

Backlink: Tautan yang Menaikan Rangking di Hasil pencarian (SERP)

Backlink/Tautan adalah link dari halaman website anda yang berada pada halaman website/situs orang lain yang mempunyai page rank (rangking halaman) yang tinggi. Wikipedia, Youtube, Facebook adalah website authority utama pada mesin pencarian google, kalau kita mempunyai link dari website authority maka akan menaikan page rank (rangking) di hasil pencarian google



Cara kerja mesin pencarian google dan mesin pencarian lain seperti bing dan yahoo yang memulai penjelajahan pada website terpercaya dan berkualitas tinggi (website Autohrity). lalu mulai menemukan link-link lain. yang menghubungkan website authority dengan website kita adalah Link.

BACA JUGA: Cara Kerja Search Engine Optimization (SEO)

Link menjadi kunci penelusuran, mengindeks, dan membuat rangking website kita. maka setiap website dan halaman website  kita harus memiliki link ke website authority, agar terindeks dan memilki rangking (page rank)

Backlink
Backlink


Macam-macam Backlink

1. Contektual Link ( Link pada Artikel/konten)


Contektual Link adalah backlink yang disematkan dalam sebuah artikel atau konten.  Backlink ini sangat effektif menaikan rangking website di posisi atas mesin pencari.

BACA JUGA : Keuntungan Membangun Contextual Link untuk SEO Website Anda

2. Blog Comment/ Blog Walking


Caranya mudah hanya mengunjungi website/situs lain, lalu berikan komentar disitus itu dan menanamkan link situs anda pada kolom komentar disitus tersebut

BACA JUGA : Fenomena Blogwalking ‘Distancing’

3. Dofollow one Way link/Backlink Dofollow (ikuti)


Dofollow sebutan yang diberikan pada backlink yang mengijinkan robot mesin pencari untuk menelusuri sekaligus mengindek tautan yang kita berikan terhadap website orang lain. Dengan kata lain, Anda seakan memberikan referensi bahwa website tersebut memiliki kualitas baik dan layak untuk diketahui oleh orang lain.

BACA JUGA : Peran Link Nofollow dan Dofollow dalam Strategi SEO

4. Reciprocal Backlink (Backlink dua arah)

link ini adalah jenis backlink berkualitas yang didapatkan dari situs lain dimana kita menyisipkan situsnya di situs kita sehungga situs tersebut juga menyisispkan  situs kita disitusnya.


Yang menjadi perhatian dalam menerapkan Backlink

1. Link Diversity( Backlink harus lebih bervariasi)

Jika mengunakan link terus menerus sama, maka situs kita dianggap SPAM  sehingga masuk dala kategori BLACK HAT SEO (cara curang dalam menempati rangking satu SEO). hal lain yang harus diperhatikan dalam Link Diversity adalah:

  • Jangan membuat backlink pada satu situs saja
  • Variasi antara Follow dan NoFollow harus berimbang 50% : 50% atau maksimal 90% : 10 %
  • Batas Backlink Homepage(halaman depan website) 20% : 50 %, sisanya sebaiknya ke halaman -halaman website.
  • Page Autority dan Domain Authority punya dampak besar pada rangking website (Website Authority seperti: Wkipedia, Facebook, dan Youtube)

2. Anchor Text

Anchor text adalah keberagaman dalam menulis text, sebaiknya jangan berfokus pada kata kunci utama dalam menuliskan backlink , tetapi juga bisa menuliskan brand perusahaan, URL, dan kata kunci turunan.

3. Sumbet Backlink Harus Relevan

ketika membuat link di wajibakan mengunakan link website yang relevan ( nyambung ) dengan tema website kita, misalnya website produk wanita, harus mengunakan backlink website sejenis seperti website kesehatan wanita, masalah wanita, kesehatan umum, dan lainnya.

Kesimpulan dari artikel ini bahwa sangat penting untuk membangun link (building link) di website anda, kalau itu merupakan website blog, mulailah membuat link pada artikel anda, di youtube anda juga membangun link di deskripsi video, di market place(jualan online) link bisa dibuat di deskripsi produk sambungan atau kasih link misalnya mengarah ke video tutorial pengunaan produknya di youtube. sehingga membuat raking utama di mesin pencarian.


Comments

Popular posts from this blog

Teknik Psikologi Pemasaran | Memanfaatkan Emosi Manusia Untuk Bisnis

Ilmu psikologi bisa dimanfaatkan untuk kepentingan bisnis, karena ternyata emosi dan prilaku yang dibahas di disiplin ilmu ini bisa dimanfaatkan oleh pebisnis untuk meningkatkan transaksi penjualan (omset) lebih lanjut mendapatkan pelanggan dan masukan untuk pengembangan produk Ada beberapa teknik psikologi marketing yang umum digunakan dan tidak diketahui oleh kebanyakan orang, dan biasanya penerapan psikologi marketing ada pada banner produk, website landing perusahaan. Apa Itu Psikologi Marketing Psikologi adalah salah satu bidang ilmu pengetahuan dan ilmu terapan yang mempelajari tentang perilaku, fungsi mental, dan proses mental manusia melalui prosedur ilmiah. Wikipedia   Marketing adalah serangkaian kegiatan untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen, baik dengan cara memproduksi produk kemudian memberikan harga dan mempromosikannya kepada konsumen sehingga terjadilah penjualan. Jurnal Enterpreuner Ada dua disiplin ilmu yang digunakan disini yaitu psikologi yang membahas pr

LOGO | Jenis, Fungsi, Aplikasi Membuatnya Dan Penerapanya Dalam Dunia Bisnis

Logo menjadi elemen penting dari sebuah bisnis, logo merupakan representasi dari perusahaan, produk binsis dan melekat image dari publik. Image yang baik sebuah logo berpengaruh ke hasil bisnis (penjualan dan laba). Image yang buruk juga sebaliknya ke hasil bisnis Image sebuah dari sebuah logo didapat dari usaha perusahaan akan menjalankan bisnisnya, menjaga kualitas, service dan nilai yang bagus didapat ke pelanggan akan membuat image dari logo yang juga baik. begitu juga sebaliknya. Perusahaan harus menjaga dan membangun logo/merek mereka mejadi logo yang dipercaya dan mempunyai reputasi yang baik untuk konsumennya.  Reputasi dan kepercayaan adalah modal untuk mendapatkan hasil bisnis yang baik yaitu peningkatan penjualan dan laba dimana bisa berlangung selama waktu yang panjang. Logo Apa Sih Logo merupakan suatu gambar atau sekadar sketsa dengan arti tertentu, dan mewakili suatu arti dari perusahaan, daerah, organisasi, produk, negara, lembaga, dan hal lainnya membutuhkan sesuatu y

Cara Menghubungkan Google Adsene Ke Blog di Blogger | Dari Awal, Approval, Seting Iklan Sampai Terima Pendapatan Iklan

Cara menghubungkan google adsene ke blog anda yang anda buat di Content Management System (CMS) blogger anda buat yang pemula, dari awal ke approval lalu seting iklan di blogger dan google adsene sampai terima pendapatan iklan. Motivasi utama sebagaian blogger untuk membuat artikel-artikel di situs blog adalah pendapatan iklan, selain aktulisasi diri.  Blogger yang mendapatkan komentar positip akan tulisanya di artikel yang diposting di website blognya akan menaikan semangat menulis dan mengembangkan website blognya, tetapi bila blogger mendapatkan uang dari postingan artikel di blognya, dia akan mencurahkan perhatian dan waktunya lebih banyak ke situs blognya. Buat blogger pemula sebagian besar harapanya memposting artikel adalah menghasilkan uang terutama dari iklan google adsene , pengalaman penulis sendiri pada waktu awal awal , baru membuat  5 artikel langsung menghubungkan ke adsene dan menunggu approval dari pihak adsene dan putus asa ketika tidak ada khabar dari pihak google ad