Skip to main content

Cara Masuk Google Keyword Planner dan Menggunakannya (Tanpa Kampaye Iklan di Google Ads)

Keyword Planner adalah salah satu alat untuk mengetahui berapa banyak rata-rata kata/word yang dicari per bulan oleh pengunjung internet (user) yang dituliskan di kotak mesin pencari (Google Search Engine). Kata inilah yang digunakan sebagai judul artikel, judul video youtube, nama produk dan nama website.


Kata kunci/keyword yang diketik oleh pengunjung/user pada Google Search kemudian di record datanya, dikelompokan dan di analisis oleh google untuk keperluan bisnis iklan onlinenya. Setiap orang atau perusahaan yang mau mengiklankan Ckampanye iklan) produk dan jasanya di aplikasi-aplikasi berbasis google harus membayar ke google lewat aplikasi Google Ads. 

Search Google

Search Google

Buat website, blogger, youtuber, dan penjual produk di online harus memperhatikan kata kunci/keyword untuk nama website, judul artikel, judul video kunci/keyword agar dapat mendapatkan pengunjung.
"Kata-kata di Judul artikel, video youtube, dan nama produk pada prinsipnya harus sama dengan kata yang banyak dicari pengunjung di mesin pencari/search engine".

Cara Masuk Google Keywod Planner 

Keyword Planner sebenarnya fasilitas perencanaan keyword untuk iklan pay per clik (PPC) di Google Ads. Kalau kita masuk lewat mesin pencari google, maka akan masuk ke Google Ads dan diminta melakukan langkah-langkah untuk mengkampayekan iklan ke Google Ads.

Kalau kita salah memilih langkah maka akan terus diminta untuk menjalankan kampanya iklan, kecuali bila kita memang ingin mengiklankan produk, youtube maupun blok, baru  kita ikuti langkah-langkah pemasangan iklannya.

Berikut langkah-demi langkah masuk ke Google Keyword Planner , tanpa berkampanya iklan:

  1. Masuk ke Google ketik "Keyword Planner", nanti hasil pencarian klik "Keyword Planner-Google Ads. 
  2. Masuk halaman selanjutnya klik" Buka Keyword Planner". tunggu, masuk kehalaman selanjutnya.
  3. Klik "AKUN GOOGLE ADS BARU", tunggu masuk halaman selanjutnya.
  4. Dihalaman ini jangan klik 3 kotak diatas tapi klik "Beralih ke Mode Pakar", tulisan kecil dibawah 3 kotak pilihan tadi, tunggu sampai masuk halaman berikut.
  5. Jangan pilih 7 kotak dialog kampanya tapi klik "Buat Akun Tanpa Kampanye", tunggu sampai masuk ke halam berikutnya.
  6. Masuk ke halaman Konformasi bisnis klik 'kirim". tunggu sampai halaman selanjutnya.
  7. SELAMAT ANDA BERHASIL, klik "Pelajari Akun Anda" dan masuk ke halaman SEMUA KAMPANYE GOOGLE ADS, seperti gambae dibawah.
Halaman Semua Kampanye Google Ads
Halaman Semua Kampanye Google Ads

Cara Menggunakan Google Ads

Setelah Klik " alat dan setelan " maka akan muncul tampilan seperti gambar dibawah., pilih PERENCANAAN dan Klik" keyword Planner".


Halaman Perencanaan Keyword Planner
Halaman Perencanaan Keyword Planner

Kemudian kita masuk ke halaman dimana kita bisa mencari "kata kunci baru" klik saja, dan kita masuk ke halaman Rencana Kata "Kunci" disini kita mulai mencari nama untuk judul artikel, judul video kata youtube kita



Ada 3 langkah dalam menggunakan Keyword Planner yaitu:

  1. Kotak 1 diatas adalah kotak untuk memasukan kata demi kata, sampai menjadi sebuah frase judul. Setiap kali kata dibuat langsung klik " Dapatkan Hasil".
  2. Dikotak 2, hasil yang dipat berupa tiga kolom pertama berurut berisi kata kunci menurut relevansi, Penelusuran rata-rata per bulan, dan tingkat persaingan kata yang sudah dipakai oleh orang lain (rendah, sedang dan tinggi).
  3. Anda cari judul yang mempunyai Jumlah penelusuran tertinggi dan persaingan tidak tinggi agar kunjungan user besar bila judul yang sudah kamu rencanakan. Lakukan dengan merangkai kata di kotak 1 dan melihat hasilnya di kotak 2.

BACA JUGA : Cara Menggunakan Google Keyword Planner [Terlengkap]

Kita melihat kata cara, volume pencariannya 100rb - 1jt sebulan dibandingkan kata buat yang hanya mempunyai volume pencarian 10rb - 100rb sebulanya, maka wajar kalau kita liat video youtube atau nama judul artikel yang mengunakan kata "CARA" diawal judulnya.

Comments

Popular posts from this blog

Affiliate Marketing| Bagaimana Cara Kerja dan Konsepnya

Affiliate Marketing digunakan banyak perusahaan maupun pemilik produk (fisik maupun virtual) sebagai platform pemasaran digital, bagi pemilik website dan properti digital ini adalah cara untuk mendapatkan uang komisi affiliate. Siapa saja yang telibat dalam pemasaran affilate, tujuan apa yang ingin dicapai dan bagaimana cara kerja dan konsepnya. akan dibahas di artikel ini. Bila dahulu perusahaan menjual produknya dengan mengerahkan saleman (karyawan penjualan) untuk menjual dan mendapatkan transaksi ke konsumen door to door lalu membayar salesman dengan gaji. Sekarang prinsipnya sama perusahaan mengerahkan affiliater (marketer) untuk menjual dan mendapatkan transaksi lewat konten webiste atau konten di properti online yang ditanamkan link ke halaman transaksi (landing page) yang dimiliki para marketer lalu membayarnya dengan komisi. Apa Sih Affiliate Marketing Affiliate marketin g adalah model pemasaran produk atau jasa milik orang lain dimana kita akan mendapatkan komisi un

Cara Menghubungkan Google Adsene Ke Blog di Blogger | Dari Awal, Approval, Seting Iklan Sampai Terima Pendapatan Iklan

Cara menghubungkan google adsene ke blog anda yang anda buat di Content Management System (CMS) blogger anda buat yang pemula, dari awal ke approval lalu seting iklan di blogger dan google adsene sampai terima pendapatan iklan. Motivasi utama sebagaian blogger untuk membuat artikel-artikel di situs blog adalah pendapatan iklan, selain aktulisasi diri.  Blogger yang mendapatkan komentar positip akan tulisanya di artikel yang diposting di website blognya akan menaikan semangat menulis dan mengembangkan website blognya, tetapi bila blogger mendapatkan uang dari postingan artikel di blognya, dia akan mencurahkan perhatian dan waktunya lebih banyak ke situs blognya. Buat blogger pemula sebagian besar harapanya memposting artikel adalah menghasilkan uang terutama dari iklan google adsene , pengalaman penulis sendiri pada waktu awal awal , baru membuat  5 artikel langsung menghubungkan ke adsene dan menunggu approval dari pihak adsene dan putus asa ketika tidak ada khabar dari pihak google ad

Ukuran Iklan Banner (Banner Ads) website dan Mobile Phone

Berapa ukuran iklan banner website (Banner Ads) yang bisa dilihat di deskstop/komputer, tablet, dan mobile phone? dan ukuran mana yang paling banyak dipakai oleh google adsene? Bila kita tahu jawabannya maka bisa kita gunakan juga buat iklan website kita sendiri. Google sendiri memberikan standar ukuran banner iklan dimana ukuran banner tidak boleh menggangu kenyamana audiens website dan harus cukup perhatian dari audiens untuk melihat iklan yang pada akhirnya mendatangkan pendapatan iklan dari websitenya Iklan yang ada diwebsite ternyata 50% dilihat lewat display desktop dan 50% lagi dari display mobile Phone/HP, maka google mengisyaratkan bahwa ukuran iklan di website harus responsif dan compatible ke displaay webite dan display HP. Banner Size pada Display Website di Desktop  2 Jenis Banner Online 1.  Banner Statis Banner Statis adalah jenis banner yang dipasang di website yang berisi text dan gambar, banner statis tidak menggunakan animasi dan suara, format banner ini