Skip to main content

Cara Masuk Google Keyword Planner dan Menggunakannya (Tanpa Kampaye Iklan di Google Ads)

Keyword Planner adalah salah satu alat untuk mengetahui berapa banyak rata-rata kata/word yang dicari per bulan oleh pengunjung internet (user) yang dituliskan di kotak mesin pencari (Google Search Engine). Kata inilah yang digunakan sebagai judul artikel, judul video youtube, nama produk dan nama website.


Kata kunci/keyword yang diketik oleh pengunjung/user pada Google Search kemudian di record datanya, dikelompokan dan di analisis oleh google untuk keperluan bisnis iklan onlinenya. Setiap orang atau perusahaan yang mau mengiklankan Ckampanye iklan) produk dan jasanya di aplikasi-aplikasi berbasis google harus membayar ke google lewat aplikasi Google Ads. 

Search Google

Search Google

Buat website, blogger, youtuber, dan penjual produk di online harus memperhatikan kata kunci/keyword untuk nama website, judul artikel, judul video kunci/keyword agar dapat mendapatkan pengunjung.
"Kata-kata di Judul artikel, video youtube, dan nama produk pada prinsipnya harus sama dengan kata yang banyak dicari pengunjung di mesin pencari/search engine".

Cara Masuk Google Keywod Planner 

Keyword Planner sebenarnya fasilitas perencanaan keyword untuk iklan pay per clik (PPC) di Google Ads. Kalau kita masuk lewat mesin pencari google, maka akan masuk ke Google Ads dan diminta melakukan langkah-langkah untuk mengkampayekan iklan ke Google Ads.

Kalau kita salah memilih langkah maka akan terus diminta untuk menjalankan kampanya iklan, kecuali bila kita memang ingin mengiklankan produk, youtube maupun blok, baru  kita ikuti langkah-langkah pemasangan iklannya.

Berikut langkah-demi langkah masuk ke Google Keyword Planner , tanpa berkampanya iklan:

  1. Masuk ke Google ketik "Keyword Planner", nanti hasil pencarian klik "Keyword Planner-Google Ads. 
  2. Masuk halaman selanjutnya klik" Buka Keyword Planner". tunggu, masuk kehalaman selanjutnya.
  3. Klik "AKUN GOOGLE ADS BARU", tunggu masuk halaman selanjutnya.
  4. Dihalaman ini jangan klik 3 kotak diatas tapi klik "Beralih ke Mode Pakar", tulisan kecil dibawah 3 kotak pilihan tadi, tunggu sampai masuk halaman berikut.
  5. Jangan pilih 7 kotak dialog kampanya tapi klik "Buat Akun Tanpa Kampanye", tunggu sampai masuk ke halam berikutnya.
  6. Masuk ke halaman Konformasi bisnis klik 'kirim". tunggu sampai halaman selanjutnya.
  7. SELAMAT ANDA BERHASIL, klik "Pelajari Akun Anda" dan masuk ke halaman SEMUA KAMPANYE GOOGLE ADS, seperti gambae dibawah.
Halaman Semua Kampanye Google Ads
Halaman Semua Kampanye Google Ads

Cara Menggunakan Google Ads

Setelah Klik " alat dan setelan " maka akan muncul tampilan seperti gambar dibawah., pilih PERENCANAAN dan Klik" keyword Planner".


Halaman Perencanaan Keyword Planner
Halaman Perencanaan Keyword Planner

Kemudian kita masuk ke halaman dimana kita bisa mencari "kata kunci baru" klik saja, dan kita masuk ke halaman Rencana Kata "Kunci" disini kita mulai mencari nama untuk judul artikel, judul video kata youtube kita



Ada 3 langkah dalam menggunakan Keyword Planner yaitu:

  1. Kotak 1 diatas adalah kotak untuk memasukan kata demi kata, sampai menjadi sebuah frase judul. Setiap kali kata dibuat langsung klik " Dapatkan Hasil".
  2. Dikotak 2, hasil yang dipat berupa tiga kolom pertama berurut berisi kata kunci menurut relevansi, Penelusuran rata-rata per bulan, dan tingkat persaingan kata yang sudah dipakai oleh orang lain (rendah, sedang dan tinggi).
  3. Anda cari judul yang mempunyai Jumlah penelusuran tertinggi dan persaingan tidak tinggi agar kunjungan user besar bila judul yang sudah kamu rencanakan. Lakukan dengan merangkai kata di kotak 1 dan melihat hasilnya di kotak 2.

BACA JUGA : Cara Menggunakan Google Keyword Planner [Terlengkap]

Kita melihat kata cara, volume pencariannya 100rb - 1jt sebulan dibandingkan kata buat yang hanya mempunyai volume pencarian 10rb - 100rb sebulanya, maka wajar kalau kita liat video youtube atau nama judul artikel yang mengunakan kata "CARA" diawal judulnya.

Comments

Popular posts from this blog

Teknik Psikologi Pemasaran | Memanfaatkan Emosi Manusia Untuk Bisnis

Ilmu psikologi bisa dimanfaatkan untuk kepentingan bisnis, karena ternyata emosi dan prilaku yang dibahas di disiplin ilmu ini bisa dimanfaatkan oleh pebisnis untuk meningkatkan transaksi penjualan (omset) lebih lanjut mendapatkan pelanggan dan masukan untuk pengembangan produk Ada beberapa teknik psikologi marketing yang umum digunakan dan tidak diketahui oleh kebanyakan orang, dan biasanya penerapan psikologi marketing ada pada banner produk, website landing perusahaan. Apa Itu Psikologi Marketing Psikologi adalah salah satu bidang ilmu pengetahuan dan ilmu terapan yang mempelajari tentang perilaku, fungsi mental, dan proses mental manusia melalui prosedur ilmiah. Wikipedia   Marketing adalah serangkaian kegiatan untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen, baik dengan cara memproduksi produk kemudian memberikan harga dan mempromosikannya kepada konsumen sehingga terjadilah penjualan. Jurnal Enterpreuner Ada dua disiplin ilmu yang digunakan disini yaitu psikologi yang membahas pr

LOGO | Jenis, Fungsi, Aplikasi Membuatnya Dan Penerapanya Dalam Dunia Bisnis

Logo menjadi elemen penting dari sebuah bisnis, logo merupakan representasi dari perusahaan, produk binsis dan melekat image dari publik. Image yang baik sebuah logo berpengaruh ke hasil bisnis (penjualan dan laba). Image yang buruk juga sebaliknya ke hasil bisnis Image sebuah dari sebuah logo didapat dari usaha perusahaan akan menjalankan bisnisnya, menjaga kualitas, service dan nilai yang bagus didapat ke pelanggan akan membuat image dari logo yang juga baik. begitu juga sebaliknya. Perusahaan harus menjaga dan membangun logo/merek mereka mejadi logo yang dipercaya dan mempunyai reputasi yang baik untuk konsumennya.  Reputasi dan kepercayaan adalah modal untuk mendapatkan hasil bisnis yang baik yaitu peningkatan penjualan dan laba dimana bisa berlangung selama waktu yang panjang. Logo Apa Sih Logo merupakan suatu gambar atau sekadar sketsa dengan arti tertentu, dan mewakili suatu arti dari perusahaan, daerah, organisasi, produk, negara, lembaga, dan hal lainnya membutuhkan sesuatu y

Apa itu Fotografi, Videografi, Dan Sinematografi

Bahasa Visual atau gambar maka tidak dipisahkan dengan Fotografi dan Sinematografi, sekarang muncul istilah baru videografi. Apa sih ketiganya, yang pasti semuanya berbicara tentang gambar, gambar bergerak, dan karya visual gambar yang bisa dinikmati banyak kalangan hampir setiap hari dan setiap waktu. Menurut sejarahnya foto mulai dikenal dan temukan di akhir abad 18, dan mulai digunakan di awal abad 19 dan menjadi sebuah industri foto lalu menjadi industri film. Liat Sejarah Fotografi Sekarang fotografi dan sinematografi menjadi cabang ilmu sendiri dan ada jurusan sendiri untuk mempelajarinya, salah satunya jurusan Film dan Televisi di IKJ (Institute kesenian Jakarta). Keahlian dibidang fotografi dan sinematografi banyak dipakai di industri televisi dan iklan, juga sangat membantu ketika terjun di dunia youtuber dan selebgram yang penghasilannya melampaui yang berkerja di dunia televisi. Media Digital yang berkembang sekarang terutama hiburan di media sosial seperti youtube, instag