Skip to main content

Model Bisnis Online| Coba yang paling Mudah

Model bisnis online mana yang paling mudah untuk coba di kerjakan? ada 6 model atau contoh yang bisa digunakan sebagai kendaraan bisnis (mendapatkan uang) lewat media online atau internet. Anda harus memiliki website, channel youtube, dan properti online untuk memperoleh uang


Bisnis adalah cara paling cepat untuk mendapatkan kemakmuran/kekayaan (wealth generator). beda dengan seorang karyawan yang penghasilannya dibayarkan tetap per bulan, maka bisnis potensi  penghasilannya tak terbatas bila dijalankan dengan cara yang benar.

Media online mempermudah orang biasa untuk mendapatkan uang, semua orang bisa menjalankan bisnis online, tidak ada batasan bahkan dengan modal yang minim.


Pendapatan Adsene Vinska Anger Blogger dan Youtuber Muda


Berikut model atau contoh jenis bisnis online yang bisa dikerjakan:

1. Jasa/layanan

Apabila anda memiliki skill khusus seperti melukis mural painting ada banyak cafe-cafe yang membutuhkan skill ini untuk membuat interior cafe menarik, anda pemusik, mc maupun photografi, anda bisa jual jasa skill anda.

Anda bisa memjual jasa skill anda lewat sosial media seperti facebook, instagram atau anda bisa menjual jasa pada aplikasi Upwork, fiverr, freelancer, fastwork, dan sribulancer (bisa disebut marketplacenya penjualan jasa).





2. Physical product

Anda bisa menjual produk yang anda buat sendiri atau produk orang lain lewat marketplace seperti; shopee, bukalapak, tokopedia dan lainnya. jangkauan pembeli anda akan lebih besar dibandingkan anda menyewa toko dipasar.

BACA JUGA:


3. Informasi product

Anda bisa menjual produk virtual yang tidak ada fisiknya, tetapi berbentuk informasi seperti infotmasi produk, tutorial, kursus virtual, e-book, dan unboxing produk tertentu.

Untuk menjual produk virtual anda bisa mengunakan udemy, coursera, dan anda bisa gunakan VPS (virtual provider hosting) dimana anda membuat website yang isisnya kursus online berbayar, maupun menjual barang-barang virtual seperti thema website dan sebagainya.



Anda juga harus mempunyai channel youtube sebagai tempat membuat konten-konten informasi produk seperti channel gadget in, dimana kontennya berisi tentang produk-produk hp terbaru dimana subcribenya sudah menembus 6,8 juta, dan tentu penghasilanya jutaan per bulan

Dibawah ini contoh video informasi produknya, liat subcribenya dan jumlah viewernya, anda bisa hitung kira-kira penghasilan komisi iklan dan share iklan dari adsenenya.



Baca Juga :

4. Software/ Apps dan Membership

Anda menciptakana aplikasi sofware yang dibutuhkan banyak orang  disini anda harus mempunyai skill yang ditinggi kan bahasa pemograman untuk membuat website.

contohnya adalah www.canva,com aplikasi desin grafis untuk membuat logo, banner dimana pihak canva  menjual membership sehingga orang akan membayar bulanan bila menggunakan aplikasi ini.

kalau anda liat di play store ada aplikasi berbasis androit yang sebenarnya dijual oleh para developer soffware dan mendapatkan pendapatan dari google play.


Biaya membership Canva
Biaya membership Canva

Orang bisasa juga bisa melakukan ini kalau mau belajar dan berkerjakeras seperti kisah Hendri Jufri, Kuli bangunan yang berhasil menjadi Game developer, tonton kisahnya dibawah ini


Bahasa pemograman yang paling dasar adalah HTML.

HTML harus dikuasai oleh web developer, web designer, dan webmaster, setelah itu anda bisa menguasai bahasa pemograman lain seperti CSS, Java Script. PHP, MySQL maka anda akan dibayar melebihi bakan berlipat-lipat karyawan di Industri yang lain,

Baca Juga:

5. Affiliate product

Untuk Marketplace bisnis Affiliasi yang umum dikenal bagi kalangan webmaster adalah Clickbank,.
Pada prinsipnya orang yang mau menjual produk vitualnya (aplikasi, ebook) mendaftar di clickbank, nanti clickbank menawarkan ke member akun clickbank untuk memasarkan produk virtual dengan menyertakan URL produknya, sehingga mereka bisa menempatkan URL produknya ke website-website para pemasar.

Cara Kerja Affiliasi pada Bisnis Online
Cara Kerja Affiliasi pada Bisnis Online

Salah satu Affilasi program lokal adalah  Indihome dari telkom, anda tinggal mendaftar untuk ikut program affiliate lalu anda akan mendapatkan URL Landing Page ke indihome yang sudah menyertakan ID anda sebagai member affiliate indihome, lalu anda mulai memasarkan Link tadi ke media sosial seperti; facebook, instagram dan WA, atau anda menanamkan link affiliate indihome ke artikel website yang anda punya.

Ketika pengunjung website atau teman anda di Wa tertarik memasang indihome mereka akan klik link tersebut untuk memasang indihome, setelah ada transaksi dan uang penyewa layanan indihome masuk maka anda mendapat komisi yang ditrasfer ke rekening anda.

Anda bisa juga ikut program affiliate lazada dan amazon.com, dimana anda akan mendapatkan komisi penjualan dari transaksi yang terjadi bila pengunjung klik link belanja di lazada dan amazon,com yang anda tanam dan sebar di situs website anda.

BACA JUGA:

6. Ads Publisher

Ads Publiser yang banyak gunakan adalah Google Adsene. Anda harus mempunyai website dan channel youtube dulu, lalu buat banyak  pengunjung pada  website dan channel youtube kamu.

Kemudian anda hubungkan website dan channel youtube anda ke google adsene, bila website dan channel anda di approve untuk dipasangi iklan oleh pihak google adsene maka akan di pasang scrip iklan google di website dan channel youtube anda.

Tugas anda selanjutnya terus membuat konten di website dan channel youtube dan bagaimana caranya agar banyak pengunjung mengklik dan menikmati konten anda. 

Bila pengunjung mengklik iklan google adsene diwebsite dan channel youtube anda, anda akkan dibayar oleh google adsene PPC ( Pay Per Click),

Contoh dari ads publiser anda bisa lihat channel Baim Paula dan Atta Halilintar dimana subcribenya sudah diatas 15 juta dan kalau anda tonton video-videonya yang muncul iklan dahulu, bayangkan pendapatan iklan googlenya.

Untuk website bila buka situs www.belajarbisnisonline.net ini akan banyak muncul banner iklan google yang bila anda klik menambah penghasilan iklan saya sebagai pemilik websitenya.

kisah sukses ads publiser buat para youtuber dan blogger bisa anda liat dari akun facebook Vinska Angel dimana perhasilan perbulannya bisa mencapai hampir 63 juta dari 5 situs blog dan 3 channel youtube





Untuk model jasa dan layanan (1 dan 2) tidak diperlukan keahlian akan pemograman (Bahasa pemograman seperti HTML, CSS, Java Scrip) tinggal menjalankan saja, tetapi untuk model 3 sampai ke 6 (Informasi produk sampai ads publiser) anda memerlukan skill pemograman dan pengetahuan akan website dan konten video (SEO, SEM dan Digital Marketing).

Kunjungi halaman facebok untuk melihat postingan yang berhubungan dengan bisnis online di @bbisnisonlie dan channel youtube heru fahrudin

Comments

Popular posts from this blog

Teknik Psikologi Pemasaran | Memanfaatkan Emosi Manusia Untuk Bisnis

Ilmu psikologi bisa dimanfaatkan untuk kepentingan bisnis, karena ternyata emosi dan prilaku yang dibahas di disiplin ilmu ini bisa dimanfaatkan oleh pebisnis untuk meningkatkan transaksi penjualan (omset) lebih lanjut mendapatkan pelanggan dan masukan untuk pengembangan produk Ada beberapa teknik psikologi marketing yang umum digunakan dan tidak diketahui oleh kebanyakan orang, dan biasanya penerapan psikologi marketing ada pada banner produk, website landing perusahaan. Apa Itu Psikologi Marketing Psikologi adalah salah satu bidang ilmu pengetahuan dan ilmu terapan yang mempelajari tentang perilaku, fungsi mental, dan proses mental manusia melalui prosedur ilmiah. Wikipedia   Marketing adalah serangkaian kegiatan untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen, baik dengan cara memproduksi produk kemudian memberikan harga dan mempromosikannya kepada konsumen sehingga terjadilah penjualan. Jurnal Enterpreuner Ada dua disiplin ilmu yang digunakan disini yaitu psikologi yang membahas pr

LOGO | Jenis, Fungsi, Aplikasi Membuatnya Dan Penerapanya Dalam Dunia Bisnis

Logo menjadi elemen penting dari sebuah bisnis, logo merupakan representasi dari perusahaan, produk binsis dan melekat image dari publik. Image yang baik sebuah logo berpengaruh ke hasil bisnis (penjualan dan laba). Image yang buruk juga sebaliknya ke hasil bisnis Image sebuah dari sebuah logo didapat dari usaha perusahaan akan menjalankan bisnisnya, menjaga kualitas, service dan nilai yang bagus didapat ke pelanggan akan membuat image dari logo yang juga baik. begitu juga sebaliknya. Perusahaan harus menjaga dan membangun logo/merek mereka mejadi logo yang dipercaya dan mempunyai reputasi yang baik untuk konsumennya.  Reputasi dan kepercayaan adalah modal untuk mendapatkan hasil bisnis yang baik yaitu peningkatan penjualan dan laba dimana bisa berlangung selama waktu yang panjang. Logo Apa Sih Logo merupakan suatu gambar atau sekadar sketsa dengan arti tertentu, dan mewakili suatu arti dari perusahaan, daerah, organisasi, produk, negara, lembaga, dan hal lainnya membutuhkan sesuatu y

Cara Menghubungkan Google Adsene Ke Blog di Blogger | Dari Awal, Approval, Seting Iklan Sampai Terima Pendapatan Iklan

Cara menghubungkan google adsene ke blog anda yang anda buat di Content Management System (CMS) blogger anda buat yang pemula, dari awal ke approval lalu seting iklan di blogger dan google adsene sampai terima pendapatan iklan. Motivasi utama sebagaian blogger untuk membuat artikel-artikel di situs blog adalah pendapatan iklan, selain aktulisasi diri.  Blogger yang mendapatkan komentar positip akan tulisanya di artikel yang diposting di website blognya akan menaikan semangat menulis dan mengembangkan website blognya, tetapi bila blogger mendapatkan uang dari postingan artikel di blognya, dia akan mencurahkan perhatian dan waktunya lebih banyak ke situs blognya. Buat blogger pemula sebagian besar harapanya memposting artikel adalah menghasilkan uang terutama dari iklan google adsene , pengalaman penulis sendiri pada waktu awal awal , baru membuat  5 artikel langsung menghubungkan ke adsene dan menunggu approval dari pihak adsene dan putus asa ketika tidak ada khabar dari pihak google ad