Skip to main content

Cara Buat Akun Instagram Bisnis yang Menarik

Orang senang melihat konten gambar dan video, apalagi cerita (story) berbentuk gambar atau cerita berbentuk video. Orang selalu terinsipirasi dengan cerita, Instagram merupakan media sosial yang Platform berkonten gambar dan video, dan media sosial keempat terbanyak penggunaanya di dunia. Instagram juga menyediakan akun bisnis, bagaimana cara buat akun instagram bisnis, apakah istagram bisa mengembangkan bisnis Anda. 


>1 Milyar Orang, di dunia akun istagram yang aktif
>500 juta Akun, yang aktif setiap hari
>90 Persen, mengikuti pelaku bisnis di Istagram
51 Persen usia 18 sd 34 tahun, memutuskan membeli produk yang diiklankan di Istagram
sumber Facebook IQ

Buka Facebook IQ anda akan mendapatkan data statistik tentang insigh istagram yang mengambarkan bagaimana bisnis berkembang bila akun bisnis instagram dikelola dengan serius. kenapa Facebook IQ, karena istagram, whatsup adalah bagian dalam bisnis Facebook.

Interaksi pebisnis dan pelanggan menjadi sangat mudah dengan adanya media sosial khususnya instagram. mengenalkan produk baru, layanan, complain dan komentar pelanggan langsung bisa didapat real time. bayangkan dulu harus mengumpulkan data pelanggan lewat kuisener.

BACA JUGA:

Perbedaan Akun Instagram Biasa dengan Bisnis

  1. Akun profil bisnis anda bisa menambahkan kategori bisnis seperti retail, blog pribadi dan sebagainya.
  2. Ada tambahan untuk menu kontak, kalau biasa hanya lewat message tapi akun bisnis, anda bisa menambahkan nomer telepon dan email
  3. Menu Insights lebih lengkap ada mengenai follower anda lebih lengkap dan digunakan untuk keperluan ads(iklan) dan bisnis.

Keuntungan Akun Instagram Bisnis

  • Kemudahan akan promosi (Instagram Ads)
  • Jangkauan lebih luas
  • Bisa menambahkan kategori Bisnis
  • Memudahkan menemukan target pasar yang tepat

Langkah membuat Akun Instagram Bisnis lewat HP

Petama : Unduh dan Buka Aplikasi

Download aplikasi istagram untuk ios di Apply store dan untuk Android di Playstore, kemudian di buka aplikasinya.

Kedua : Daftar (Registrasi) dan isi Profil Anda

Klik Daftar, dan masukan akun Email Gmail (daftar lewat google) atau bisa juga daftar lewat Facebook, lalu masukan nomer telepon, dan masukan foto profil jangan lupa pasang logo bisnis anda.

Ketiga : Beralih ke Akun Bisnis

Ke akun instagram yang telah dibuat, lalu klik tiga garis di atas, lalu cari pengaturan dibagian bawah klik, di pengaturan pilih akun lagi lalu klik, pilih di bagian bawah Beralih ke Akun Bisnis.

Keempat: Buat Konten dan Kirim ke Kabar Anda

Buat konten produk, jasa, dan informasi kirimkan ke kabar anda menggunakan tagar (tag) yang bertema bisnis yang sama dan ikuti akun yang mempunyai bisnis sejenis

Membuat Konten Instagram Akun Bisnis

Kalau di bisnis konvesional Konsumen adalah  Raja, maka di digital marketing seperti istagram Konten adalah Raja. Konten akan menarik pengunjung untuk follow akun instagram bisnis anda.
makin bagus dan konten instagram anda maka makin banyak follower anda dan ujungnya meningkatkan hasil bisnis (penjualan, follower dan traffik).

Follower yang banyak adalah aset bisnis anda di aplikasi istagram, karena anda tinggal mengkonversi menjadi transaksi bisnis ( penjualan, pendaftaran )

Buat konten sesuai dengan profil dan tujuan bisnis anda, karena setiap jenis bisnis akan berbeda kontennya, cara paling mudah adalah contek jenis konten dengan bisnis yang sama,atau lebih dikenal dengan istilah benchmarking.

Buat beragam jenis konten agar follower tidak bosan, bila hanya diisi oleh konten promosi, coba kombinasikan beberapa jenis konten dibawah ini, dan publish konten anda secara konsisten dan rutin, yang sangat penting buat akun yang bagus.

BACA JUGA:


Konten Promosi

Konten yang berisi apapun yang membuat orang tertarik (interest) untuk mencoba dan membeli produk atau jasa, dan mengunjungi dan menonton website atau video youtube anda.

Interest biasanya seperti discount 70 % hanya hari ini, beli satu gratis satu sampai akhir bulan, Penawaran produk baru dengan harga pengenalan. 

Konten behind the Scene

Rasa ingin tahu ( kepo ) dimiliki setiap orang dengan kadar yang berbeda-beda, anda bisa membuat kontent keingintahuan follower anda dengan membuat konten ini, misalnya ada buat konten proses pembuatanya, proses pengiriman produknya bahkan konten siapa dibalik proses pembuatan produk, jasa dan video youtube.


Konten kerjasama dengan Influncer (Selebram)


Selebgram adalah seseorang bisa artis, tokoh, orang yang terkenal, teman yang supel yang punya follower banyak biasanya ribuan bahkan jutaan. Selebgram ini bisa mempengaruhi followernya (fans) untuk mengikuti gaya, selera dan produk dan jasa yang digunakan selebgram.

Istilah Endorse digunakan untuk dukungan selebgram akan produk dan jasa yang membantu mempromosikan barang dan jasa dan tentu tidak gratis ada harga yang harus dibayarkan pemilik akun bisnis ke selebgram ini.

Buat para pebisnis pemula gunakan selebgram yang berbudget terbatas dulu, ketika bisnis berkembang tambah budget juga untuk selebgram. Anda bisa kunjungi website selegram dan liat tarifnya di sociabuzz.com.

Bila akun istagram anda mempunyai banyak follower anda bisa menawarkan jasa influencer (selebgram) dan mendapatkan penghasilan dari endorse dengan mendaftar sebagai creator dan talent di socialbuzz.

website sociabuzz
website sociabuzz
BACA JUGA :

Konten Review ( Testimoni dari Pelanggan)

konten Testimoni meyakinkan dan mendorong calon audiens untuk beraksi untuk mencoba produk dan jasa. apalagi bila testimoni itu dari orang yang dikenal oleh audien makan akan mempercepat konversi ke arah transaksi bisnis.

Konten Entertaiment

Konten bisnis bukan melulu hanya mengejar konversi ke arah transaksi, buat juga konten yang menghibur follower bisnis anda dengan konten musik, joke apapun yang mengundang fun,simpati dan kebahagian.

Membuat Materi Iklan Dengan Aplikasi dari Instagram

Aplikasi yang biasa digunakan dan disediakan oleh Instagram dalam membantu membuat foto dan video untuk konten instagram bisnis anda, yang bisa didapatkan di playstore dan App store yang merupakan aplikai yang disediakan oleh istagram.

Bummerang

Buat video yang berulang-ulang mengunakan aplikasi ini dan bagikan ke kabar anda, 25 % story mengunakan aplikasi ini.

Aplikasi Boomerang from Instagram
Aplikasi Boomerang from Instagram

Hyperlapse

Buat video dengan Hp yang tidak goyang/stabil, gunakan aplikasi ini

Aplikasi Hyperlapse

Layout

Buat peletakan foto yang menarik, kombinasi beberapa foto membuat konten anda menarik dengan aplikasi yang di sediakan oleh instagram ini.


Aplikasi layout from Instagram
Aplikasi layout from Instagram

kesimpulannya dari artikel diatas Akun bisnis instagram dibutuhkan sebagai alat mengembangkan bisnis anda lewat media sosial.

Kunjungi halaman facebok untuk melihat postingan yang berhubungan dengan bisnis online di @bbisnisonlie dan channel youtube heru fahrudin















Comments

Popular posts from this blog

Teknik Psikologi Pemasaran | Memanfaatkan Emosi Manusia Untuk Bisnis

Ilmu psikologi bisa dimanfaatkan untuk kepentingan bisnis, karena ternyata emosi dan prilaku yang dibahas di disiplin ilmu ini bisa dimanfaatkan oleh pebisnis untuk meningkatkan transaksi penjualan (omset) lebih lanjut mendapatkan pelanggan dan masukan untuk pengembangan produk Ada beberapa teknik psikologi marketing yang umum digunakan dan tidak diketahui oleh kebanyakan orang, dan biasanya penerapan psikologi marketing ada pada banner produk, website landing perusahaan. Apa Itu Psikologi Marketing Psikologi adalah salah satu bidang ilmu pengetahuan dan ilmu terapan yang mempelajari tentang perilaku, fungsi mental, dan proses mental manusia melalui prosedur ilmiah. Wikipedia   Marketing adalah serangkaian kegiatan untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen, baik dengan cara memproduksi produk kemudian memberikan harga dan mempromosikannya kepada konsumen sehingga terjadilah penjualan. Jurnal Enterpreuner Ada dua disiplin ilmu yang digunakan disini yaitu psikologi yang membahas pr

LOGO | Jenis, Fungsi, Aplikasi Membuatnya Dan Penerapanya Dalam Dunia Bisnis

Logo menjadi elemen penting dari sebuah bisnis, logo merupakan representasi dari perusahaan, produk binsis dan melekat image dari publik. Image yang baik sebuah logo berpengaruh ke hasil bisnis (penjualan dan laba). Image yang buruk juga sebaliknya ke hasil bisnis Image sebuah dari sebuah logo didapat dari usaha perusahaan akan menjalankan bisnisnya, menjaga kualitas, service dan nilai yang bagus didapat ke pelanggan akan membuat image dari logo yang juga baik. begitu juga sebaliknya. Perusahaan harus menjaga dan membangun logo/merek mereka mejadi logo yang dipercaya dan mempunyai reputasi yang baik untuk konsumennya.  Reputasi dan kepercayaan adalah modal untuk mendapatkan hasil bisnis yang baik yaitu peningkatan penjualan dan laba dimana bisa berlangung selama waktu yang panjang. Logo Apa Sih Logo merupakan suatu gambar atau sekadar sketsa dengan arti tertentu, dan mewakili suatu arti dari perusahaan, daerah, organisasi, produk, negara, lembaga, dan hal lainnya membutuhkan sesuatu y

Cara Menghubungkan Google Adsene Ke Blog di Blogger | Dari Awal, Approval, Seting Iklan Sampai Terima Pendapatan Iklan

Cara menghubungkan google adsene ke blog anda yang anda buat di Content Management System (CMS) blogger anda buat yang pemula, dari awal ke approval lalu seting iklan di blogger dan google adsene sampai terima pendapatan iklan. Motivasi utama sebagaian blogger untuk membuat artikel-artikel di situs blog adalah pendapatan iklan, selain aktulisasi diri.  Blogger yang mendapatkan komentar positip akan tulisanya di artikel yang diposting di website blognya akan menaikan semangat menulis dan mengembangkan website blognya, tetapi bila blogger mendapatkan uang dari postingan artikel di blognya, dia akan mencurahkan perhatian dan waktunya lebih banyak ke situs blognya. Buat blogger pemula sebagian besar harapanya memposting artikel adalah menghasilkan uang terutama dari iklan google adsene , pengalaman penulis sendiri pada waktu awal awal , baru membuat  5 artikel langsung menghubungkan ke adsene dan menunggu approval dari pihak adsene dan putus asa ketika tidak ada khabar dari pihak google ad