Skip to main content

Jualan Online di Tokopedia: Buat pemula ikuti langah dan Tipsnya

Jualan Online di Tokopedia menjadi pilihan utama karena jumlah yang mendownload aplikasi Tokopedia yang mencapai 50 juta, Potensi pelanggan yang besar bukan. bila toko anda di kunjungi 1 juta orang saja, bila itu merupakan toko konvesional tidak akan muat menampung pembeli yang memilih barang yang mau dibeli, Tapi dengan Toko Online semua nyaman memilih produk yang pengunjung akan beli tanpa berdesak-desakan.



Bagaimana caranya berjualan di Tokopedia, Ikuti langka-langkahya dan beberapa tips dari saya yang mungkin berguna untuk mendapatkan transaksi dan keuntungan.



1. Langkah Berjualan di Tokopedia Lewat HP

1.1 Install Aplikasi Tokopedia

Untuk Install aplikasi Tokopedia, kunjungi play store atau apps store lalu tinggal tulis shopee dan lakukan prosess, Install

1.2. Registrasi (Daftar) Akun Shopee

Daftar Akun Tokopedia

  • Buka aplikasi Shopee, lalu pilih akun di pojok kanan bawah, setelah itu klik daftar

Masukan Nomer Hp atau Email 

  • Masukan nomer Hp atau email kamu di dialog box ini, nanti akan langsung diverifikasi oleh tokopedia dengan mengirimkan nomer notifikasi lewat sms atau email yang otomatis terisi oleh mesin
  • Kemudian masukan nama toko anda, nama toko yang mudah diingat oleh pengunjung saya sarankan dan disesuaikan dengan jenis barang yang anda jual misalnya anda berjualan baju gunakan nama Fit Fasion jadi nyambung nama toko dengan jualan produk anda.

1.3  Isi Profil Akun dan Buka Toko Gratis

  • Isi akun: profil saya, alamat, dan nomer rekening
Isi profil dan Buat Toko
Isi profil dan Buat Toko

  • Masukan Nama Toko untuk mendapatkan Domain Toko Online kita di Tokopedia

1.4  Memasukan Produk yang akan dijual

Anda mulai memasukan produk disini, lalu masukan semua informasi tentang produk; nama produk, gambar, deskripsi, berat, jasa kirim, nama merk, dan seterusnya ikuti permintaan aplikasi Tokopedia ini.

Masuka produk pertama
Masukan produk pertama

Pada saat pengisisn nanti akan dimintakan verifikasi No. HP, dan verifikasi alamat email. Untuk pemula saya sarankan untuk masukan 20 item produk yang akan di jual di Tokopedia, nanti dari sini akan muncul dua atau tiga produk yang laku dan anda harus fokuskan persediaan barangnya jangan sampai habis.

Mengisi Produk di Tokopedia
Mengisi Produk di Tokopedia

1.5 Promosi

Bila produk-produk sudah terpajang di Tokopedia, langkah selanjutnya promosi produk kita agar ada yang mau membeli produk kita dan akan muncul di transaksi penjualan tokopedia dengan cara:

1.5.1 Share Produk Anda,

Ditampilan produk anda di shopee ada fitur share , silahkan share ke group-group WA, Facebook, mesangger, istagram, nanti akan meninggalkan Link langsung ke tampilan produk anda. Lihat gambar di bawah,


Contoh saya share ke group WhatsApp, maka saya akan meinformasikan ke semua anggota group, makin banyak kita share ke group-group lain seperti Facebook, Email, Istagram makin banyak teman dan keluarga yang tahu, itu adalah modal awal kita berbisnis di shopee, nanti hasil share kita seperti dibawah ini.

Promosi di Tokopedia

Link yang berwarna biru di gambar diatas bila diklik langsung terhubung dengan tampilan produk kita di shopee. "LAKUKAN INI SEBAGAI ROUTINITAS DIAWAL MEMULAI BISNIS"

Share ke Group WA


1.5.2 Promosi Lewat Tokopedia

Di Shopee juga ada fasiltas promosi berbayar, promosi ini juga effektif menyasar ke konsumen potensial sehingga produk anda mendapatkan pembeli, lihat gambar promosi di Tokopedia atas.

1.6 Mengelola transaksi

Bila promosi effektik dan rutin dilakukan, akan terlihat dihasilnya pada chat pembeli menanyakan produk dan berlanjut ke transaksi penjualan anda.

Kelola Transaksi di Tokopedia
Kelola Transaksi di Tokopedia

Disini anda mulai menerima transaksi dan anda harus menjalankan proses transaksinya, dengan mengirim barang ke jasa pengiriman, memonitor tracing pengiriman, mengevaluasi rating yang diberikan oleh pembeli anda.dan mencairkan dana hasil penjualan untuk di trasfer ke rekenig anda.

Untuk lebih Jelas Silahkan tonton Video Tutorial Jualan Online di Tokopedia diatas

BACA JUGA: Jualan Online di Shopee: buat pemula Ikuti langkah-langkahnya dan liat Tipsnya

2. Marketing Mix Online Shop ( Toko Online)

Konsep marketing ini masih relevant digunakan pada pemasaran online, yang memadukan 4 element dasar pemasaran agar meningkatkan penjualan yang kita kenal dengan istilah 4 P (Produk, Price, Place dan Promosi). element ini

Tetapi untuk Marketing Online/Digital Marketing ditambahkan juga Search Engine Optimization (SEO) dan bisa ditambah dengan Search Engine Marketing (SEM) agar produk kita muncul di rangking teratas mesin pencari produk pada aplikasi shopee.

Apa dan bagaimana penerapan Marketing Mix ditambah Digital marketing untuk jualan online di Tokopedia dibahas dibawah ini.

2.1 Produk

2.1.1 Produk Unik (manfaatkan ceruk pasar)

Persaingan produk yang jual sangat ketat, apabila kita pemain besar dengan persediaan barang dan modal besar kita bisa jual produk yang umum dibutuhkan seperti pakaian, kosmetik, barang elektonik.

Tapi bagi penjual pemula saya sarankan untuk menjual produk dengan formula yang saya dapat dari pengalaman berjualan Online:

" Jual Produk/Barang yang dicari Orang tapi sulit ditemukan di Pasar Biasa"

Saya pernah menjual karung untuk baju dengan Ukuran Superbesar dan mendapatkan cukup banyak transaksi, lalu menjual obat kuat herbal juga mendapatkan cukup banyak transaksi. Artinya temukan ceruk produk yang tidak dijual oleh pedagang besar.

2.1.2 Nama Produk (gunakan keyword)

Gunakan produk dari keyword dimesin pencarian shopee dan ditambahkan kata emosional setelahnya. contoh: dibawah adalah rangking hasil pencarian dengan kata boncengan, maka kata yang tepat untuk nama produk adalah:
  • Boncengan Sepeda Anak kuat dan Murah
  • Boncengan Sepeda Anak Aman dan Murah
Sehingga produk kita akan muncul dimesin pencarian.

Keyword Nama Produk

Keyword Nama Produk
2.1.3 Gunakan Foto Produk yang Bagus

Foto produk juga mempengaruhi pilihan pembeli ketika dihadapkan pada produk sejenis dihasil pencarian (ini mirip thumbnail di youtube), Foto yang bagus, jelas (tidak buram) akan menarik pembeli untuk melihat produk kita yang akan berujung mendapatkan transaksi

2.1.4 Deskripsi harus Jelas dan Lengkap

Deskripsi yang tidak jelas akan mengurangi transaksi, dan akan banyak chat ke anda, biasanya kalau anda lambat merespon chat dari calon pembeli, pembeli akan beralih ke toko yang lain.

2.2 Price (Harga)

Kebijakan harga saya sarankan untuk pemula berjualan online harus lebih sedikit dibawah pesaing karena toko kita baru belum cukup ulasan yang diliat pembeli, sehingga cara menariknya dengan harga lebih murah. Liat gambar dibawah kebijak harga dan liat informasi jumlah produk yang terjualnya.
Persaingan Harga pada Produk Sejenis
Persaingan Harga pada Produk Sejenis


Tetapi bila Toko online kita sudah dikenal luas harga normal lebih mahal sedikit dari pesaing tidak masalah karena pembeli juga banyak yang punya mindset harga mempengaruhi kualitas.

2.3 Place (distribusi)

Biasanya akan ada para dropshiper yang ingin menjualkan barang kita, layani dengan baik karena mereka akan meningkatkan penjualan produk kita.

Tambah penjualan di marketplace yang lain bisa di Tokopedia, Bukalapak, sehingga dapat menjaring lebih banyak pembeli potensial,

2.4 Promotion

Sudah dijelaskan pada langkah ke 5 berjualan di Tokopedia diatas dan ini harus dijadikan rutinitas harian untuk dijalankan. Dan pelajari lagi promosi yang bisa dilakukan lewat aplikasi Tokopedia ini.

2.5 SEO (Search Engine Optimization)

SEO produk kita agar mendapatkan rangking hasil pencarian teratas diaplikasi shopee pada prinsipnya sama denga SEO di website dan youtube.

  • Gunakan Nama Produk yang mengandung Keyword
  • Deskripsi produk harus memunculkan keyword di paragrap awalnya
  • Sematkan Link pada deskripsi, bisa link ke youtube bila punya video tutorialnya, juga menyematkan link di media sosial kamu di istagram maupun Facebook
  • Foto produk harus menarik dan jelas.
BACA JUGA:

2.6 SEM (Search Engine Marketing)

Search Engine marketing sederhananya adalah menaikan rangking utama pencarian produk dengan berbayar, ini bisa  dilakukan dengan mengunakan Google Ads, Facebook Ads. Anda juga bisa memasukan link anda di Google Ads dan Facebook Ads dengan budget yang anda punya.

Biasanya Shopee sendiri juga menyediakan fasilitas  iklan berbayar yang akan menampilkan tampilan produk anda di Menu Utama, silahkan anda pelajari.

Dampak ke transaksi mengunakan SEM biaya lebih cepat ke transaksi dibandingkan mengunakan SEO, tapi saran saya buat pemula yang punya budget iklan terbatas maksimalkan SEO dulu.

3. Penilaian Toko (Rating)

Impack Rating terhadap Bisnis bagai pisau bermata dua, akan meningkatkan penjualan bila rating dari pembeli bagus, pembeli lain akan berbelanja ke rating tinggi ( 4 bintang ke atas ) dan punya komentar bagus akan produk kita.

Tapi bila ratingnya buruk atau pembeli mempunyai komentar negatip akan produk kita, akan mengurangi pembeli untuk bertransaksi di toko kita, tapi berita bagusnya feedback dari pembeli meninformasikan kepada kita apa yang harus diperbaiki agar rating kembali bagus.

Pada dasarnya ada dua faktor yang menyebakan rating bagus atau tidak yaitu:


  • Quality, kalau kualitas bagus dengan harganya yang senilai dengan produk, kemasannya juga bagus, barang sampai ke pembeli tanpa cacat maka ini akan menaikan rating toko dan produk kita, begitu juga sebaliknya.
  • Service, pengalaman saya berjualan online di shopee waktu kirim yang cepat akan menaikan kepuasan pembeli, rating tinggi saya dari waktu pengiriman di atas expektasi pembeli,

Kirimkan pertanyaan lanjutan tentang berjualan di Tokopedia di kolom komentar, akan saya respone, Selamat mencoba dan jangan takut berjualan di Tokopedia,


Comments

Popular posts from this blog

Teknik Psikologi Pemasaran | Memanfaatkan Emosi Manusia Untuk Bisnis

Ilmu psikologi bisa dimanfaatkan untuk kepentingan bisnis, karena ternyata emosi dan prilaku yang dibahas di disiplin ilmu ini bisa dimanfaatkan oleh pebisnis untuk meningkatkan transaksi penjualan (omset) lebih lanjut mendapatkan pelanggan dan masukan untuk pengembangan produk Ada beberapa teknik psikologi marketing yang umum digunakan dan tidak diketahui oleh kebanyakan orang, dan biasanya penerapan psikologi marketing ada pada banner produk, website landing perusahaan. Apa Itu Psikologi Marketing Psikologi adalah salah satu bidang ilmu pengetahuan dan ilmu terapan yang mempelajari tentang perilaku, fungsi mental, dan proses mental manusia melalui prosedur ilmiah. Wikipedia   Marketing adalah serangkaian kegiatan untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen, baik dengan cara memproduksi produk kemudian memberikan harga dan mempromosikannya kepada konsumen sehingga terjadilah penjualan. Jurnal Enterpreuner Ada dua disiplin ilmu yang digunakan disini yaitu psikologi yang membahas pr

LOGO | Jenis, Fungsi, Aplikasi Membuatnya Dan Penerapanya Dalam Dunia Bisnis

Logo menjadi elemen penting dari sebuah bisnis, logo merupakan representasi dari perusahaan, produk binsis dan melekat image dari publik. Image yang baik sebuah logo berpengaruh ke hasil bisnis (penjualan dan laba). Image yang buruk juga sebaliknya ke hasil bisnis Image sebuah dari sebuah logo didapat dari usaha perusahaan akan menjalankan bisnisnya, menjaga kualitas, service dan nilai yang bagus didapat ke pelanggan akan membuat image dari logo yang juga baik. begitu juga sebaliknya. Perusahaan harus menjaga dan membangun logo/merek mereka mejadi logo yang dipercaya dan mempunyai reputasi yang baik untuk konsumennya.  Reputasi dan kepercayaan adalah modal untuk mendapatkan hasil bisnis yang baik yaitu peningkatan penjualan dan laba dimana bisa berlangung selama waktu yang panjang. Logo Apa Sih Logo merupakan suatu gambar atau sekadar sketsa dengan arti tertentu, dan mewakili suatu arti dari perusahaan, daerah, organisasi, produk, negara, lembaga, dan hal lainnya membutuhkan sesuatu y

Cara Menghubungkan Google Adsene Ke Blog di Blogger | Dari Awal, Approval, Seting Iklan Sampai Terima Pendapatan Iklan

Cara menghubungkan google adsene ke blog anda yang anda buat di Content Management System (CMS) blogger anda buat yang pemula, dari awal ke approval lalu seting iklan di blogger dan google adsene sampai terima pendapatan iklan. Motivasi utama sebagaian blogger untuk membuat artikel-artikel di situs blog adalah pendapatan iklan, selain aktulisasi diri.  Blogger yang mendapatkan komentar positip akan tulisanya di artikel yang diposting di website blognya akan menaikan semangat menulis dan mengembangkan website blognya, tetapi bila blogger mendapatkan uang dari postingan artikel di blognya, dia akan mencurahkan perhatian dan waktunya lebih banyak ke situs blognya. Buat blogger pemula sebagian besar harapanya memposting artikel adalah menghasilkan uang terutama dari iklan google adsene , pengalaman penulis sendiri pada waktu awal awal , baru membuat  5 artikel langsung menghubungkan ke adsene dan menunggu approval dari pihak adsene dan putus asa ketika tidak ada khabar dari pihak google ad