Skip to main content

Cara Membuat E-book | Buat Para Pemula

Anda sudah banyak tulisan dengan tema yang sama di blog, kenapa tidak dibuat e-book? di artikel ini akan dibahas cara membuat e-book terutama buat para pemula

Banyak penulis buku yang mengawali karier menulisnya karena sering menulis terutama di blog atau website blognya, kebiasan menulis diblog melatih seseorang menuangkan ide serta gagasanya dalam bentuk tulisan. Sangat disayangkan bila blogger tidak menulis buku, karena buku adalah puncak dari karya menulis.

Buku sekarang tidak dalam bentuk lembaran kertas, tetapi dalam bentuk file yang bisa dibuka untuk dibaca di handphone maupun layar komputer atau laptop.




Setiap orang bisa menulis buku berbentuk file yang disebut e book atau elektrotic book, tetapi tetap perkerjaan menulis menjadi utama yang berbeda hanya nanti bukunya akan di simpan dalam bentuk file PDF atau yang lain dan anda bisa menjual dan membagikanya secara gratis.

Menggunakan Aplikasi Pendukung Ebook

Sebelum melakukan tahapan membuat buku ada baiknya memilih aplikasi/ perangkat untuk menulis sebuah buku (ebook). Untuk pemula baiknya menggunakan aplikasi yang sudah biasa digunakan yaitu MS Word dan nanti file di simpan dalam bentuk Portable Document Format (PDF). caranya setelah selesai penulisan anda tinggal Save As/Exspor lalu pilih PDF/XPS lalu Save dan selesai.




Anda juga bisa mengunakan Google Doc untuk penulisan ebook dengan cara:

  1. Buka Google Doc
  2. Klik menu Doc di kiri atas layar komputer
  3. Pilih template yang tersedia atau pilih "Blank"
  4. Jika sudah selesai penulisan, Klik File > Klik Download as > Pilih PDF Document
Aplikasi lain yang umum dipakai dalam penulisan ebook diantaranya:
  • Sigil
  • Mobi Pocket Creator
  • SoftMaker FreeOffice 2016
  • ePuBee Maker

Tahapan Membuat EBook

1. Menentukan Topik

Topik adalah subjek yang dibahas dalam tulisan anda, tema bahasan anda akan membahas berbagai hal yang berkaitan dengan tema tulisan anda yang berisi ribuan kata, sehingga harus dibuat sebuah buku.

Misalnya anda membahas tema "Website" dengan topik "Membuat Blog di Blogger"

Akan lebih mudah bila anda punya blog dan tulisan anda sudah banyak, artikel anda dengan label yang sama di blog, Blog anda bisa dijadikan topik penulisan ebook.

2. Tentukan Judul 

Judul adalah turunan dari tema dan topik, judul sama dengan keyword dimana judul yang anda tulis akan mendapatkan perhatian banyak orang bila dicari banyak orang, apalagi judul ebook yang pencariaanya lewat mesin pencari (search engine)

Misalnya anda bisa membuat judul ebook anda "Membuat Blog di Blooger Dari A Sampai Z"

3. Buat Kerangka Tulisan (Outline)

Kerangka Tulisan (outline) membantu anda fokus dengan tema dan topik yang akan anda tulis tidak menyasar ke tema yang lain. kerangka tulisan anda adalah topik-topik yang anda bagi-bagi dalam naungan topik utama anda.

Kerangka tulisan membuat anda menyelesaikan ebook anda menjadi terarah dan sistematis, kerangka tulisan dalam sebuah buku adalah daftar isi buku tersebut, jadi ketika anda membuat daftar isi sama saja membuat kerangka tulisan buku anda.

4. Mulai Menulis

Setelah kerangka dibuat, mulailah buat tulisan anda, akan lebih mudah bila anda mempunyai artikel-artikel dengan label yang sama pada blog anda, karena anda tinggal memindahkan tulisan artikel anda ke dalam ebook anda.

5. Sertakan Gambar, Link dan Video

Anda bisa tambahkan gambar yang sesuai topik tulisan agar pembaca buku anda tidak bosan, dan mengembangkan imajinasi pembaca buku anda, bisa ditambahkan video dan link kearah artikel lain yang berkaitan dengan topik buku anda.

6. Membuat Cover Buku dan Mockup Buku

Cover berisi tentang judul buku, penulis dan gambar ilustrasi tentang isi buku sedangkan Mockup adalah tampilan utuh akan fisik buku yang nantinya kan di cetak, kalau untuk ebook cukup covernya saja.

BACA JUGA: 

Bagaimana Mendapatkan Uang Dari Ebook

Ebook yang anda buat bisa anda bagikan gratis atau anda bisa jual Untuk mengetahui cara menjualnya silahkan baca rekomendasi link bacaan dibawah ini dan aplikasi menjual ebook bisa dijual di aplikasi :
  • Google Play
  • Payship
  • Blurb
  • Amazon Kindle Direct Publish
  • Gotraining
Tonton video toturial membuat buku dari Jefferly Helian pengarang buku "Yuk Jadi Youtuber" sebagai referensi untuk menulis sebuah buku.




BACA JUGA:
Kunjungi halaman facebok untuk melihat postingan yang berhubungan dengan bisnis online di








Comments

Popular posts from this blog

Cara Menghubungkan Google Adsene Ke Blog di Blogger | Dari Awal, Approval, Seting Iklan Sampai Terima Pendapatan Iklan

Cara menghubungkan google adsene ke blog anda yang anda buat di Content Management System (CMS) blogger anda buat yang pemula, dari awal ke approval lalu seting iklan di blogger dan google adsene sampai terima pendapatan iklan. Motivasi utama sebagaian blogger untuk membuat artikel-artikel di situs blog adalah pendapatan iklan, selain aktulisasi diri.  Blogger yang mendapatkan komentar positip akan tulisanya di artikel yang diposting di website blognya akan menaikan semangat menulis dan mengembangkan website blognya, tetapi bila blogger mendapatkan uang dari postingan artikel di blognya, dia akan mencurahkan perhatian dan waktunya lebih banyak ke situs blognya. Buat blogger pemula sebagian besar harapanya memposting artikel adalah menghasilkan uang terutama dari iklan google adsene , pengalaman penulis sendiri pada waktu awal awal , baru membuat  5 artikel langsung menghubungkan ke adsene dan menunggu approval dari pihak adsene dan putus asa ketika tidak ada khabar dari pihak google ad

Ukuran Iklan Banner (Banner Ads) website dan Mobile Phone

Berapa ukuran iklan banner website (Banner Ads) yang bisa dilihat di deskstop/komputer, tablet, dan mobile phone? dan ukuran mana yang paling banyak dipakai oleh google adsene? Bila kita tahu jawabannya maka bisa kita gunakan juga buat iklan website kita sendiri. Google sendiri memberikan standar ukuran banner iklan dimana ukuran banner tidak boleh menggangu kenyamana audiens website dan harus cukup perhatian dari audiens untuk melihat iklan yang pada akhirnya mendatangkan pendapatan iklan dari websitenya Iklan yang ada diwebsite ternyata 50% dilihat lewat display desktop dan 50% lagi dari display mobile Phone/HP, maka google mengisyaratkan bahwa ukuran iklan di website harus responsif dan compatible ke displaay webite dan display HP. Banner Size pada Display Website di Desktop  2 Jenis Banner Online 1.  Banner Statis Banner Statis adalah jenis banner yang dipasang di website yang berisi text dan gambar, banner statis tidak menggunakan animasi dan suara, format banner ini

Tutorial Video Editing Filmora X | #2 Mengenal Menu Dan Fitur Editing Video

Tutorial video editing filmora X. dimana merupakan penyempurnaan dari filmora 9, Mengenal menu dan fitur editing video filmora X  yang sebgaian besar ada di filmora 9. Artikel ini merupakan atikel Kedua dari tutorial video editing filmora X Anda sudah mendownload dan instal aplikasi wonderser filmora di kompurter anda, lanjut mengenal menu-menu dan fitur-fitur yang ada di Filmora X.  Pada dasarnya sebagian besar menu dan fitur di filmora X ada di filmora 9 yang berbeda hanya versi 10 ada tambahan yaitu: Motion Tracking key Frame Animation Audio Ducking Color Matching Jadi untuk belajar editing filmora X akan lebih mudah bila sudah mengenal dan memakai filmora 9, dan tutorial sebagaian menu dan fitur ada di versi 9. Video yang bagus adalah paduan gambar dan audio yang mencerminkan cerita dan pesan yang akan disampaikan dari video. terkadang video bagus belum tentu di tonton orang, tetapi kekuatan isi video lah yang orang tonton. Ada banyak variabel yang menyebabkan sebuah video sukses d