Skip to main content

SEO off Page agar Website Terindeks di Mesin Pencari

SEO off Page
SEO off Page

SEO off page adalah langkah optimasi SEO yang dilakukan di luar konten (lembar kerja Penulisan Artikel) atau website.

Blog juga harus dipromosikan pada blog/situs lain lewat link/tautan maupun dishare ke aplikasi sosial media agar ramah terhadap mesin pencari akhirnya akan mendatangkan traffic/pengunjung. Link dan share media sosial adalah dua teknik/cara yang umum digunakan para pemilik website/blogger untuk mendapatkan posisi atau peringkat blog dihalaman pertama mesin pencarian.

Ternyata ada beberapa teknik SEO off Page lain yang bila dilakukan bersama dan terus-menerus maka tujuan membuat website yaitu traffic pengunjung tercapai, apalagi bila SEO on Page juga sama-sama dilakukan

BACA JUGA :  SEO on Page agar Website Terindeks di Mesin Pencari

SEO off Page (SEO di luar halaman konten/Artikel)

Berikut beberapa cara penerapan SEO off Page:

1. Media Sosial

Lima media sosial yang paling banyak digunakan oleh orang Indonesia antara lain Youtube,WhatsApp, Facebook, Istagram, dan Twiter. Besarnya penggunaan aplikasi ini bisa dimanfaatkan untuk menaikan traffic dengan cepat.

Youtube menjadi platform yang paling sering digunakan pengguna media sosial di Indonesia berusia 16 hingga 64 tahun. Persentase pengguna yang mengakses Youtube mencapai 88%. Media sosial yang paling sering diakses selanjutnya adalah WhatsAppa sebesar 84%, Facebook sebesar 82%, dan Instagram 79%. 

Sebagai informasi, rata-rata waktu yang dihabiskan masyarakat Indonesia untuk mengakses sosial media selama 3 jam 26 menit. Total pengguna aktif sosial media sebanyak 160 juta 
atau 59% dari total penduduk Indonesia. 99% pengguna media sosial berselancar melalui ponsel.(Penulis: Dwi Hadya Jayani,Editor: Safrezi Fitra)

BACA JUGA:  10 Media Sosial yang Paling Sering Digunakan di Indonesia

Pemilik website/blog untuk mengiklankan, memasarkan dan membangun image websitenya.
Cara yang paling gampang adalah dengan share Artikel dan Video lewat Fitur Share. Di blooger maupun Youtube tersedia fitur/fasilitas share, yang bisa digunakan, liat gambar dibawah.

Fitur Share di Youtube
Fitur Share di Youtube
Bisa juga dengan fanpage. Facebook menyediakan fanpage, fanpage sendiri adalah sebuah halaman khusus seperti blog yang menyediakan informasi sesuai dengan keinginan pemiliknya, dan fanpage mengunakan keyword yang biasa digunakan masyarkat umum. Keyword ini bila diklik oleh user internet di mesin pencari, akan menhasilkan halaman website/blog kita.

BACA JUGA: Cara Membuat Fanpage Facebook

2. Membuat konten Berkualitas

Pemilik blog harus membuat artikel/konten berkualitas dengan mengisi judul, artikel, gambar, dan video yang mempunyai keyword (kata kunci).

3. Blog Walking

Blog walkin adalah aktifitas memasarkan web/blog dengan cara membuka dan melihat blog orang lain yang memiliki topik yang sama (niche), kemudian menuliskan komentar pada form komentar, yang dideiakan oleh pemilik blog, contoh dibawah.

Blog Wallking (komentar dan isian URL)di niagahoster.co.id
Blog Wallking (komentar dan isian URL)di niagahoster.co.id

4. Pemasaran melalui Forum Online

Ikuti forum online seperti; kaskus, Kompasiana, Indowebster, aktif membalas dan menjawab di bidang tertentu ini akan membangun image/citra kita dan blog  kita.

5. Search Engine Submission

Agar mesin pencari/search engine mengenali dan mendeteksi sitemap(tempat lokasi) website/blog, masukan URL website/blog ke layanan "Search Engine Submission" yang dimiliki semua mesin pencari, baik Google, Bing, dan Yahoo. tonton video bagaimana memasukan website/blog kita ke searchengine,


6. Directory Submission

Cara lain agar mesin pencari mengenali dan mendeteksi website/blog kita dengan memasukan website ke layanan pihak ketiga, seperti layanan "freewebsubmission.com".


Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Menghubungkan Google Adsene Ke Blog di Blogger | Dari Awal, Approval, Seting Iklan Sampai Terima Pendapatan Iklan

Cara menghubungkan google adsene ke blog anda yang anda buat di Content Management System (CMS) blogger anda buat yang pemula, dari awal ke approval lalu seting iklan di blogger dan google adsene sampai terima pendapatan iklan. Motivasi utama sebagaian blogger untuk membuat artikel-artikel di situs blog adalah pendapatan iklan, selain aktulisasi diri.  Blogger yang mendapatkan komentar positip akan tulisanya di artikel yang diposting di website blognya akan menaikan semangat menulis dan mengembangkan website blognya, tetapi bila blogger mendapatkan uang dari postingan artikel di blognya, dia akan mencurahkan perhatian dan waktunya lebih banyak ke situs blognya. Buat blogger pemula sebagian besar harapanya memposting artikel adalah menghasilkan uang terutama dari iklan google adsene , pengalaman penulis sendiri pada waktu awal awal , baru membuat  5 artikel langsung menghubungkan ke adsene dan menunggu approval dari pihak adsene dan putus asa ketika tidak ada khabar dari pihak google ad

Affiliate Marketing| Bagaimana Cara Kerja dan Konsepnya

Affiliate Marketing digunakan banyak perusahaan maupun pemilik produk (fisik maupun virtual) sebagai platform pemasaran digital, bagi pemilik website dan properti digital ini adalah cara untuk mendapatkan uang komisi affiliate. Siapa saja yang telibat dalam pemasaran affilate, tujuan apa yang ingin dicapai dan bagaimana cara kerja dan konsepnya. akan dibahas di artikel ini. Bila dahulu perusahaan menjual produknya dengan mengerahkan saleman (karyawan penjualan) untuk menjual dan mendapatkan transaksi ke konsumen door to door lalu membayar salesman dengan gaji. Sekarang prinsipnya sama perusahaan mengerahkan affiliater (marketer) untuk menjual dan mendapatkan transaksi lewat konten webiste atau konten di properti online yang ditanamkan link ke halaman transaksi (landing page) yang dimiliki para marketer lalu membayarnya dengan komisi. Apa Sih Affiliate Marketing Affiliate marketin g adalah model pemasaran produk atau jasa milik orang lain dimana kita akan mendapatkan komisi un

Ukuran Iklan Banner (Banner Ads) website dan Mobile Phone

Berapa ukuran iklan banner website (Banner Ads) yang bisa dilihat di deskstop/komputer, tablet, dan mobile phone? dan ukuran mana yang paling banyak dipakai oleh google adsene? Bila kita tahu jawabannya maka bisa kita gunakan juga buat iklan website kita sendiri. Google sendiri memberikan standar ukuran banner iklan dimana ukuran banner tidak boleh menggangu kenyamana audiens website dan harus cukup perhatian dari audiens untuk melihat iklan yang pada akhirnya mendatangkan pendapatan iklan dari websitenya Iklan yang ada diwebsite ternyata 50% dilihat lewat display desktop dan 50% lagi dari display mobile Phone/HP, maka google mengisyaratkan bahwa ukuran iklan di website harus responsif dan compatible ke displaay webite dan display HP. Banner Size pada Display Website di Desktop  2 Jenis Banner Online 1.  Banner Statis Banner Statis adalah jenis banner yang dipasang di website yang berisi text dan gambar, banner statis tidak menggunakan animasi dan suara, format banner ini