Skip to main content

Cara membuat Fans page/Halaman Facebook buat Promosi Blog, Youtube Channel, dan Produk

Fans Page/ Halaman Facebook menjadi pilihan buat promosi/iklan website blog, channel youtube, produk, dan jasa lainnya, Karena pengguna  aplikasi facebook peringkat ke 3 terbanyak di Indonesia setelah Youtube dan WhatsUp. pengguna facebook sebesar 82 % dari 160 juta penguna media sosial atau sekitar 130 juta orang (data tahun 2020). Postingan Fans Page/ Halaman Facebook ini lah yang dijadikan dasar untuk Facebook Ads dan Istagram Ads (beriklan di facebook dan istagram).

Setiap pebisnis, blogger, dan youtuber harus tahu cara membuat Fans Page/ halaman Facebook, karena cara kerja dari mesin pencari yang crawling (jelajah) halaman website dimulai dari website utama dan terpercaya salah satunya adalah Facebook, terus ke website-website lain melalui link, link  yang kita tautkan ke website utama akan menjelajahi website kita  Artinya memiliki halaman Facebook akan menaikkan rangking webiste di mesin pencarian khususnya mesin pencarian Google.


BACA JUGA :

Apa itu Fans Page/ Halaman Youtube


Fan page/ halaman Facebook adalah fasilitas facebook yang hampir mirip dengan  blog yang menyediakan informasi yang beragam sesuai dengan tujuan  pemiliknya, mulai informasi produk dan jasa yang dijual, informasi bisnis,  informasi pendidikan, informasi layanan, informasi aktivitas  artis, informasi komunitas.




Fans Page ini juga menyediakan fitur interaksi dengan pengikut fans Page yang bisa menilai postingan, berkomentar dan share postingan kita, yang paling utama adalah di fans Page disediakan fitur Iklan (Facebook  Ads) untuk menyebarkan  postingan-postingan fans page sehingga cocok untuk buat pebisnis mendapakan transaksi. Bagi Blogger dan Vlogger Fans page menjadi ajang meniklankan webiste blog mereka dan Channel youtubenya.

Fans Page/Halaman Facebook sebagai dasar untuk Iklan (Facebook Ads)

Untuk beriklan di facebook Ads harus memiliki Fans page/ halaman facebook dulu, dan yang diiklankan adalah Halaman Facebook ini dan Postingan-Postingan yang merupakan isi dari fans page / halaman facebook ini.

Contoh Fans Page: Podcast Dedy Codbuzier dengan Orang Yang Sukses di website Marketing


Facebook Ads menjadi pilihan alternatif selain Google Ads untuk pemasaran digital. Dengan budget 10 ribu sehari anda bisa menjangkau ratusan audiens atau pemirsa facebook dan istagram. Istagram adalah aplikasi yang masih satu group dengan facebook. Jadi beriklan di istagram juga menyasar ke pemirsa facebook juga sebaliknya beriklan di istagram juga akan menargetkan pemirsa facebook.

BACA JUGA : Google Bisnisku : Cara Memunculkan Bisnis Anda di Google

Murahnya beriklan di facebook ads menjadi pilihan buat pebisnis, blogger dan vlogger pemula untuk menjalankan Search Engine marketing yang cepat menhasilkan penjualan dan traffic pengunjung.

Langkah-Langkah membuat Fans page/ halaman Facebook

1. Silahkan login ke FaceBook,.

Ke beranda Facebook lalu pertama klik buat  setelah itu kedua adalah klik halaman.


Masuk ke Beranda Facebook dan Klik Buat Halaman
Masuk ke Beranda Facebook dan Klik Buat Halaman

2.Pilih Tujuan dari membuat Halaman Facebook, 

Ada dua pilihan yaitu:
Pertama pilihan bisnis adalah untuk yang pada akhirnya menghasilkan pendapatan baik penjualan dan traffic poengunjung. Pilihan ini cocok untuk perusahaan yang menjual barang dan jasa, website blog dan channel Youtube

Kedua komunitas adalah untuk mengumpulkan penggemar, informasi aktivitas baik pribadi maupun sosial. Pilihan ini buat pegiat sosial, artis, dan komunitas. baca juga ketentuan yang ada ketika membuat halaman klik Kebijakan Halaman, Grup, dan Acara.

Pilih Tujuan Membuat Halaman Facebook
Pilih Tujuan Membuat Halaman Facebook

3. Buat Nama Halaman dan Isi Kategori


Buat Nama Halaman dan Isi Deskripsi Kategori

4. Masukan Gambar Profil Halaman


Gambar profil halaman harus berukuran lebar 400 pixel dan tinggi 150 pixel (gunakan Paint 3 D di window laptop kamu). Gambar profil sama seperti Thumnail di Youtube yang menarik orang untuk menunjungi halaman kamu.
Tambahan Gambar Profil Lebar 400 Pixel dan Tinggi 150 Pixel

5. Kelola Halaman Anda

Selanjutnya kelola halaman anda dengan (liat Gambar)

Pertama: Mulai masukan postingan dari artikel tulisan kalau anda seorang blogger, video youtube kalau anda seoarang youtuber, Foto produk dan jasa bila anda seorang pebisnis. lakukan Rutin postingan anda sehingga halaman facebook anda aktif dan pengunjung halaman anda mendapat banyak informasi dari halaman anda. kamu juga cantumkan link informasi WA , Email agar pengunjung bisa menghubungi kamu.

Kedua : Undang teman-teman facebook anda untuk menyukai halaman kamu, oarang yang klik suka otomatis menjadi pengikut kamu

ketiga : Bagikan halaman Facebook kamu ke sosial media lain dan kirimkan link ke website blog kamu, ke video youtube kamu.

keempat : Untuk mempercepat jangkauan pengunjung bisa promosi, ini adalah fitur facebook ads yang tersedia di halaman ini

Kelola Halaman Facebook
Kelola Halaman Facebook 


Selanjutnya kamu bisa menambahkan aktifitas kegiatan halaman kamu mulai dari mengadakan acara, memposting lowongan kerja, penumpulan dana, dan yang lebih penting adalah anda bisa membuat Group halaman kamu agar pengikut kamu(fans) bisa saling berinteraksi.












Comments

  1. Mantab Bro Heru.. semoga semakin sukses mulia dn bahagia..

    Jangan kasih kendor bro..

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Affiliate Marketing| Bagaimana Cara Kerja dan Konsepnya

Affiliate Marketing digunakan banyak perusahaan maupun pemilik produk (fisik maupun virtual) sebagai platform pemasaran digital, bagi pemilik website dan properti digital ini adalah cara untuk mendapatkan uang komisi affiliate. Siapa saja yang telibat dalam pemasaran affilate, tujuan apa yang ingin dicapai dan bagaimana cara kerja dan konsepnya. akan dibahas di artikel ini. Bila dahulu perusahaan menjual produknya dengan mengerahkan saleman (karyawan penjualan) untuk menjual dan mendapatkan transaksi ke konsumen door to door lalu membayar salesman dengan gaji. Sekarang prinsipnya sama perusahaan mengerahkan affiliater (marketer) untuk menjual dan mendapatkan transaksi lewat konten webiste atau konten di properti online yang ditanamkan link ke halaman transaksi (landing page) yang dimiliki para marketer lalu membayarnya dengan komisi. Apa Sih Affiliate Marketing Affiliate marketin g adalah model pemasaran produk atau jasa milik orang lain dimana kita akan mendapatkan komisi un

Cara Menghubungkan Google Adsene Ke Blog di Blogger | Dari Awal, Approval, Seting Iklan Sampai Terima Pendapatan Iklan

Cara menghubungkan google adsene ke blog anda yang anda buat di Content Management System (CMS) blogger anda buat yang pemula, dari awal ke approval lalu seting iklan di blogger dan google adsene sampai terima pendapatan iklan. Motivasi utama sebagaian blogger untuk membuat artikel-artikel di situs blog adalah pendapatan iklan, selain aktulisasi diri.  Blogger yang mendapatkan komentar positip akan tulisanya di artikel yang diposting di website blognya akan menaikan semangat menulis dan mengembangkan website blognya, tetapi bila blogger mendapatkan uang dari postingan artikel di blognya, dia akan mencurahkan perhatian dan waktunya lebih banyak ke situs blognya. Buat blogger pemula sebagian besar harapanya memposting artikel adalah menghasilkan uang terutama dari iklan google adsene , pengalaman penulis sendiri pada waktu awal awal , baru membuat  5 artikel langsung menghubungkan ke adsene dan menunggu approval dari pihak adsene dan putus asa ketika tidak ada khabar dari pihak google ad

Ukuran Iklan Banner (Banner Ads) website dan Mobile Phone

Berapa ukuran iklan banner website (Banner Ads) yang bisa dilihat di deskstop/komputer, tablet, dan mobile phone? dan ukuran mana yang paling banyak dipakai oleh google adsene? Bila kita tahu jawabannya maka bisa kita gunakan juga buat iklan website kita sendiri. Google sendiri memberikan standar ukuran banner iklan dimana ukuran banner tidak boleh menggangu kenyamana audiens website dan harus cukup perhatian dari audiens untuk melihat iklan yang pada akhirnya mendatangkan pendapatan iklan dari websitenya Iklan yang ada diwebsite ternyata 50% dilihat lewat display desktop dan 50% lagi dari display mobile Phone/HP, maka google mengisyaratkan bahwa ukuran iklan di website harus responsif dan compatible ke displaay webite dan display HP. Banner Size pada Display Website di Desktop  2 Jenis Banner Online 1.  Banner Statis Banner Statis adalah jenis banner yang dipasang di website yang berisi text dan gambar, banner statis tidak menggunakan animasi dan suara, format banner ini