Skip to main content

Ukuran Iklan Banner (Banner Ads) website dan Mobile Phone

Berapa ukuran iklan banner website (Banner Ads) yang bisa dilihat di deskstop/komputer, tablet, dan mobile phone? dan ukuran mana yang paling banyak dipakai oleh google adsene? Bila kita tahu jawabannya maka bisa kita gunakan juga buat iklan website kita sendiri.


Google sendiri memberikan standar ukuran banner iklan dimana ukuran banner tidak boleh menggangu kenyamana audiens website dan harus cukup perhatian dari audiens untuk melihat iklan yang pada akhirnya mendatangkan pendapatan iklan dari websitenya


Iklan yang ada diwebsite ternyata 50% dilihat lewat display desktop dan 50% lagi dari display mobile Phone/HP, maka google mengisyaratkan bahwa ukuran iklan di website harus responsif dan compatible ke displaay webite dan display HP.
Banner Size pada Display Website di Desktop
Banner Size pada Display Website di Desktop

 2 Jenis Banner Online

1.  Banner Statis


Banner Statis adalah jenis banner yang dipasang di website yang berisi text dan gambar, banner statis tidak menggunakan animasi dan suara, format banner ini biasanya dalam bentuk JPEG atau PNG.

Ukuran file ini harus antara atau dibawah 150 kb, lebih dari itu akan menyebabkan loading website agak lama sehingga beresiko ditinggalkan oleh pengunjung website yang tidak sabar,

Banyak aplikasi yang digunakan untuk membuat banner statis mulai dari Corel Draw, Photosoft, dan bawaan window Paint 3D dan Photos.

BACA JUGA:


2. Banner Dinamis

Banner Dinamis adalah banner yang kebalikan dengan statis, dimana berisi animasi dan suara. kelebihan banner ini tampilan akan menarik dan akan cenderung untuk di klik oleh pengunjung, tetapi mempunyai kelemahan akan mengurangi kecepatan loading website.

Format file yang digunakan adalah GIF dan SWF (Flash). untuk Flash aplikasi yang digunakan adalah Adobe Flash. Tetapi ada cara baru membuat banner dinamis yaitu menggunakan bahasa pemograman HTML5.

Ukuran dan Format Iklan terbaik

Ukuran standar yang di pakai di google Ads bisa Klik disini Ukuran Standar Display Ads (tampilan iklan) yang dipakai oleh Google Adsene. Ukuran ini menjadi acuan yang dipakai untuk membuat banner di website yang akan di dispaly pada desktop dan mobile phone (HP) dan satuan yang dipakai dalam ukuran banner di online adalah PIXEL (PX).




Jenis Ukuran Banner Ads Pada Website

Ada beberapa ukuran banner ads pada website. Setiap ukuran menyesuaikan dengan posisi peletakanya pada area website

  1. Leadher Board 728 X 90, biasanya diletakan dibawah header jadi ketika pengunjung masuk ke halaman website langsung melihat banner ini.
  2. Medium Rectangel  300 X 250, biasanya ada di sidebar dan ukuran ini mudah terlihat di display komputer dan display mobile phone.
  3. Rectangel 326 X 280, lebih besar dari medium rectaangel dan biasanya ditempatkan diantara isi content.
  4. Square 250 X 250, ukuran ini mudah terlihat di display dekstop dan mobile, tapi para pengiklan akan sulit membuat isi banner ads karena terlalu kecil.
  5. Large Skyscraper 300 X 600, ukuran ini biasanya di pasang di sidebar kiri atau kanan, karena ukuran besar akan terlihat di display mobile kurang sempurna.

Sedangkan untuk banner ukuran besar yang biasa di pakai di website adalah
  1. Billboard 970 X 250, banner ini biasanya di bawah atau diatas header, sedikit pengiklan yang mau memasang banner ini karena biasanya biayanya besar, tetapi sangat mudah dilihat pengunjung meskipun mempunya kelemahan pengunjung agak terganggu.
  2. Large Scraper 300 X 600, banner ini biasanya diletakan di sidebar, sangat mudah lihat pengunjung tapi sekali lagi yang punya budget besar yang mau memasang jenis banner ini.
Banner Ads Besar pada website
Banner Ads Besar pada website

Jenis Banner Ads pada Mobile Phone (HP)

Area mobile phone yang kecil untuk peletakan banner ads, maka ukuran banner ads juga menjadi kecil.
  1. Mobile banner 320 X 50, ukuran ini biasanya ada di bawah header
  2. Large Mobile banner 320 X 100, ukuran ini ada di antar konten dari artikel web yang diperuntukan untuk display mobile phone.

Ukuran Banner Ads pada Mobile Phone
Ukuran Banner Ads pada Mobile Phone

Ukuran Banner Ads terhadap  impressions

Kajian niagahost.co.id bersumber dari Internasional Advertising Bureau (IAB) bahwa ukuran yang mempunyai impressions 4 tertinggi yang merupakan standar goggle adalah:
  1. Leadher Board 728 X 90
  2. Medium Rectangel  300 X 250
  3. Rectangel 326 X 280
  4. Square 250 X 250

Pengaruh Banner size ke Impressions sumber Niagahosting.co.id






Comments

Popular posts from this blog

Teknik Psikologi Pemasaran | Memanfaatkan Emosi Manusia Untuk Bisnis

Ilmu psikologi bisa dimanfaatkan untuk kepentingan bisnis, karena ternyata emosi dan prilaku yang dibahas di disiplin ilmu ini bisa dimanfaatkan oleh pebisnis untuk meningkatkan transaksi penjualan (omset) lebih lanjut mendapatkan pelanggan dan masukan untuk pengembangan produk Ada beberapa teknik psikologi marketing yang umum digunakan dan tidak diketahui oleh kebanyakan orang, dan biasanya penerapan psikologi marketing ada pada banner produk, website landing perusahaan. Apa Itu Psikologi Marketing Psikologi adalah salah satu bidang ilmu pengetahuan dan ilmu terapan yang mempelajari tentang perilaku, fungsi mental, dan proses mental manusia melalui prosedur ilmiah. Wikipedia   Marketing adalah serangkaian kegiatan untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen, baik dengan cara memproduksi produk kemudian memberikan harga dan mempromosikannya kepada konsumen sehingga terjadilah penjualan. Jurnal Enterpreuner Ada dua disiplin ilmu yang digunakan disini yaitu psikologi yang membahas pr

LOGO | Jenis, Fungsi, Aplikasi Membuatnya Dan Penerapanya Dalam Dunia Bisnis

Logo menjadi elemen penting dari sebuah bisnis, logo merupakan representasi dari perusahaan, produk binsis dan melekat image dari publik. Image yang baik sebuah logo berpengaruh ke hasil bisnis (penjualan dan laba). Image yang buruk juga sebaliknya ke hasil bisnis Image sebuah dari sebuah logo didapat dari usaha perusahaan akan menjalankan bisnisnya, menjaga kualitas, service dan nilai yang bagus didapat ke pelanggan akan membuat image dari logo yang juga baik. begitu juga sebaliknya. Perusahaan harus menjaga dan membangun logo/merek mereka mejadi logo yang dipercaya dan mempunyai reputasi yang baik untuk konsumennya.  Reputasi dan kepercayaan adalah modal untuk mendapatkan hasil bisnis yang baik yaitu peningkatan penjualan dan laba dimana bisa berlangung selama waktu yang panjang. Logo Apa Sih Logo merupakan suatu gambar atau sekadar sketsa dengan arti tertentu, dan mewakili suatu arti dari perusahaan, daerah, organisasi, produk, negara, lembaga, dan hal lainnya membutuhkan sesuatu y

Cara Menghubungkan Google Adsene Ke Blog di Blogger | Dari Awal, Approval, Seting Iklan Sampai Terima Pendapatan Iklan

Cara menghubungkan google adsene ke blog anda yang anda buat di Content Management System (CMS) blogger anda buat yang pemula, dari awal ke approval lalu seting iklan di blogger dan google adsene sampai terima pendapatan iklan. Motivasi utama sebagaian blogger untuk membuat artikel-artikel di situs blog adalah pendapatan iklan, selain aktulisasi diri.  Blogger yang mendapatkan komentar positip akan tulisanya di artikel yang diposting di website blognya akan menaikan semangat menulis dan mengembangkan website blognya, tetapi bila blogger mendapatkan uang dari postingan artikel di blognya, dia akan mencurahkan perhatian dan waktunya lebih banyak ke situs blognya. Buat blogger pemula sebagian besar harapanya memposting artikel adalah menghasilkan uang terutama dari iklan google adsene , pengalaman penulis sendiri pada waktu awal awal , baru membuat  5 artikel langsung menghubungkan ke adsene dan menunggu approval dari pihak adsene dan putus asa ketika tidak ada khabar dari pihak google ad