Skip to main content

Ukuran Iklan Banner (Banner Ads) website dan Mobile Phone

Berapa ukuran iklan banner website (Banner Ads) yang bisa dilihat di deskstop/komputer, tablet, dan mobile phone? dan ukuran mana yang paling banyak dipakai oleh google adsene? Bila kita tahu jawabannya maka bisa kita gunakan juga buat iklan website kita sendiri.


Google sendiri memberikan standar ukuran banner iklan dimana ukuran banner tidak boleh menggangu kenyamana audiens website dan harus cukup perhatian dari audiens untuk melihat iklan yang pada akhirnya mendatangkan pendapatan iklan dari websitenya


Iklan yang ada diwebsite ternyata 50% dilihat lewat display desktop dan 50% lagi dari display mobile Phone/HP, maka google mengisyaratkan bahwa ukuran iklan di website harus responsif dan compatible ke displaay webite dan display HP.
Banner Size pada Display Website di Desktop
Banner Size pada Display Website di Desktop

 2 Jenis Banner Online

1.  Banner Statis


Banner Statis adalah jenis banner yang dipasang di website yang berisi text dan gambar, banner statis tidak menggunakan animasi dan suara, format banner ini biasanya dalam bentuk JPEG atau PNG.

Ukuran file ini harus antara atau dibawah 150 kb, lebih dari itu akan menyebabkan loading website agak lama sehingga beresiko ditinggalkan oleh pengunjung website yang tidak sabar,

Banyak aplikasi yang digunakan untuk membuat banner statis mulai dari Corel Draw, Photosoft, dan bawaan window Paint 3D dan Photos.

BACA JUGA:


2. Banner Dinamis

Banner Dinamis adalah banner yang kebalikan dengan statis, dimana berisi animasi dan suara. kelebihan banner ini tampilan akan menarik dan akan cenderung untuk di klik oleh pengunjung, tetapi mempunyai kelemahan akan mengurangi kecepatan loading website.

Format file yang digunakan adalah GIF dan SWF (Flash). untuk Flash aplikasi yang digunakan adalah Adobe Flash. Tetapi ada cara baru membuat banner dinamis yaitu menggunakan bahasa pemograman HTML5.

Ukuran dan Format Iklan terbaik

Ukuran standar yang di pakai di google Ads bisa Klik disini Ukuran Standar Display Ads (tampilan iklan) yang dipakai oleh Google Adsene. Ukuran ini menjadi acuan yang dipakai untuk membuat banner di website yang akan di dispaly pada desktop dan mobile phone (HP) dan satuan yang dipakai dalam ukuran banner di online adalah PIXEL (PX).




Jenis Ukuran Banner Ads Pada Website

Ada beberapa ukuran banner ads pada website. Setiap ukuran menyesuaikan dengan posisi peletakanya pada area website

  1. Leadher Board 728 X 90, biasanya diletakan dibawah header jadi ketika pengunjung masuk ke halaman website langsung melihat banner ini.
  2. Medium Rectangel  300 X 250, biasanya ada di sidebar dan ukuran ini mudah terlihat di display komputer dan display mobile phone.
  3. Rectangel 326 X 280, lebih besar dari medium rectaangel dan biasanya ditempatkan diantara isi content.
  4. Square 250 X 250, ukuran ini mudah terlihat di display dekstop dan mobile, tapi para pengiklan akan sulit membuat isi banner ads karena terlalu kecil.
  5. Large Skyscraper 300 X 600, ukuran ini biasanya di pasang di sidebar kiri atau kanan, karena ukuran besar akan terlihat di display mobile kurang sempurna.

Sedangkan untuk banner ukuran besar yang biasa di pakai di website adalah
  1. Billboard 970 X 250, banner ini biasanya di bawah atau diatas header, sedikit pengiklan yang mau memasang banner ini karena biasanya biayanya besar, tetapi sangat mudah dilihat pengunjung meskipun mempunya kelemahan pengunjung agak terganggu.
  2. Large Scraper 300 X 600, banner ini biasanya diletakan di sidebar, sangat mudah lihat pengunjung tapi sekali lagi yang punya budget besar yang mau memasang jenis banner ini.
Banner Ads Besar pada website
Banner Ads Besar pada website

Jenis Banner Ads pada Mobile Phone (HP)

Area mobile phone yang kecil untuk peletakan banner ads, maka ukuran banner ads juga menjadi kecil.
  1. Mobile banner 320 X 50, ukuran ini biasanya ada di bawah header
  2. Large Mobile banner 320 X 100, ukuran ini ada di antar konten dari artikel web yang diperuntukan untuk display mobile phone.

Ukuran Banner Ads pada Mobile Phone
Ukuran Banner Ads pada Mobile Phone

Ukuran Banner Ads terhadap  impressions

Kajian niagahost.co.id bersumber dari Internasional Advertising Bureau (IAB) bahwa ukuran yang mempunyai impressions 4 tertinggi yang merupakan standar goggle adalah:
  1. Leadher Board 728 X 90
  2. Medium Rectangel  300 X 250
  3. Rectangel 326 X 280
  4. Square 250 X 250

Pengaruh Banner size ke Impressions sumber Niagahosting.co.id






Comments

Popular posts from this blog

Cara Menghubungkan Google Adsene Ke Blog di Blogger | Dari Awal, Approval, Seting Iklan Sampai Terima Pendapatan Iklan

Cara menghubungkan google adsene ke blog anda yang anda buat di Content Management System (CMS) blogger anda buat yang pemula, dari awal ke approval lalu seting iklan di blogger dan google adsene sampai terima pendapatan iklan. Motivasi utama sebagaian blogger untuk membuat artikel-artikel di situs blog adalah pendapatan iklan, selain aktulisasi diri.  Blogger yang mendapatkan komentar positip akan tulisanya di artikel yang diposting di website blognya akan menaikan semangat menulis dan mengembangkan website blognya, tetapi bila blogger mendapatkan uang dari postingan artikel di blognya, dia akan mencurahkan perhatian dan waktunya lebih banyak ke situs blognya. Buat blogger pemula sebagian besar harapanya memposting artikel adalah menghasilkan uang terutama dari iklan google adsene , pengalaman penulis sendiri pada waktu awal awal , baru membuat  5 artikel langsung menghubungkan ke adsene dan menunggu approval dari pihak adsene dan putus asa ketika tidak ada khabar dari pihak google ad

Affiliate Marketing| Bagaimana Cara Kerja dan Konsepnya

Affiliate Marketing digunakan banyak perusahaan maupun pemilik produk (fisik maupun virtual) sebagai platform pemasaran digital, bagi pemilik website dan properti digital ini adalah cara untuk mendapatkan uang komisi affiliate. Siapa saja yang telibat dalam pemasaran affilate, tujuan apa yang ingin dicapai dan bagaimana cara kerja dan konsepnya. akan dibahas di artikel ini. Bila dahulu perusahaan menjual produknya dengan mengerahkan saleman (karyawan penjualan) untuk menjual dan mendapatkan transaksi ke konsumen door to door lalu membayar salesman dengan gaji. Sekarang prinsipnya sama perusahaan mengerahkan affiliater (marketer) untuk menjual dan mendapatkan transaksi lewat konten webiste atau konten di properti online yang ditanamkan link ke halaman transaksi (landing page) yang dimiliki para marketer lalu membayarnya dengan komisi. Apa Sih Affiliate Marketing Affiliate marketin g adalah model pemasaran produk atau jasa milik orang lain dimana kita akan mendapatkan komisi un

Cara Membuat Website Blog #1 Merencanakan Website Blog di Blogger

Cara membuat website blog bagaian pertama: Merencanakan website blog di blogger. langkah awal apa saja yang harus dilakukan untuk membuat website yang baik dibahas di artikel ini. Membuat website blogger langkah awalnya adalah merencanaan tujuan, lalu perkirakan segmen audiens ( calon pengunjung website), tetapkan nama website mengunakan riset keyword, dan terakhir membuat rencana menu (penggolongan postingan artikel berdasarkan topik/tema yang sama. Dashboard Blogger Berikut tahapan membuat website yang berkualitas: 1. Tetapkan Tujuan Membuat Website Website harus memiliki tujuan, tujuan ini akan membentuk model, cara, dan bentuk untuk membuat website yang berkualitas, juga harus mengacu pada kebutuhan informasi pengunjung, sebab inilah yang akan menyebabkan wesite ini banyak dikunjungi pengunjung dan pengunjung memperoleh manfaat dari website yang kita buat. Contohnya; kita membuat website bertema "Resep Masakan"maka tujuan ini adalah