Skip to main content

Copywriting: Teknik Menulis Untuk Iklan dengan Formula AIDA

Copywriting adalah teknik menulis untuk iklan, kalau seorang salesmen meyakinkan calon pembeli dengan ucapan agar membeli produknya, maka copywriting mengunakan bahasa text dan gambar untuk menarik minat hingga membeli barang dan jasa, lebih jauh untuk mengunjungi website atau channel video youtube anda.


Berkembangnya pemasaran digital membuat Copywriting menjadi maha penting untuk meyakinkan calon pembeli, Di pemasaran digital (pemasaran produk dengan media digital atau internet). Text, gambar, dan video menjadi media yang banyak digunakan untuk memasarkan produk dan jasa.

Bagaiman sih standar penulisan iklan? atau ketika anda membuat postingan di halaman facebook atau di istagram bagaimana caranya agar audiens terus membaca postingan dan tujuan iklan kita berhasil mendatangkan traffic kunjungan dan penjualan.

Salah satu Formula penulisan Copywriting adalah AIDA yang merupakan singkatan dari Attention, Interest. Desire, dan Action. Formula ini adalah formula klasik yang masih digunakan dalam penulisan iklan

Formula ini membuat penulisan copywriting untuk tujuan iklan menjadi lebih terstruktur. Kuasai teknik klasik ini dan rasakan hasilnya.




Apa sih Copywriting

Copywriting adalah naskah yang ditulis oleh seorang penulis naskah iklan untuk disebarluaskan guna kepentingan komersial.Contohnya, naskah iklan televisi, radio, majalah, koran, baliho, spanduk, dan lain sebagainya. Penulis naskah iklan lazim disebut copywriter, naskah atau teksnya disebut copy atau copywriting.(wikipedia)

Copywriter biasanya ditempatkan di bagian pemasaran atau bagian periklanan sebuah perusahaan. Copywriter akan membuat content iklan yang suksenya atau tidaknya dilihat dari hasil penjualan dan trafik kunjungan.

Pebisnis perorangan, blogger, maupun vlogger mengiklankan produk dan jasanya lewat media sosial, website, dan youtuber. dimana text dan gambar menjadi unsur utama, Gunakan Formula  AIDA sebagai struktur copywriting akan dibahas di bawah ini.

BACA JUGA:




Copywriting Mengunakan Formula AIDA

Formula AIDA merupakan rangkaian struktur penulisan iklan yang diawali dari mendapatkan attention dan diakhiri dengan ajakan (persuasi) kepada audiens agar mengikuti apa yang kita inginkan.

Struktur rangkaian tulisan bisa dilihat dalam gambar di bawah.

Copywriting dengan Formula AIDA
Copywriting dengan Formula AIDA

1. Attention ( Headline)

Attention adalah menarik dan menangkap perhartian audiens atau calon pengunjung website, video youtube dan pembeli kamu.

80 persen membaca headline dan 20 persen hanya membaca content iklanmu

Jadi buat Attention pengunjung dengan headline yang sangat penting, buat kata kepada audiens apa yang akan mereka dapat, gunakan angka, spesifik tambah gambar yang menarik. contoh kata yang digunakan pada headline.

  • Bagaimana Menaikan Traffic Pengunjung 652 % dalam 7 hari
  • 7.7 Pesta Diskon Supermarket
  • Obral Festival Diskon gede-gedean

2. Interest ( Lead)

Interest adalah Buat Audiens penasaran dan membaca informasi manfaat lebih jauh.buat cerita yang menarik berikan: Informasi, statistik, alasan, kondisi ideal yang akan membuat audiens tertarik

 Contoh kata yang mewakili interest adalah:
  • dicintai suami
  • baju dengan brand terkenal dengan harga miring
  • mempunyai waktu lebih banyak

3. Desire ( Copy)


Desire adalah Buat audiens mengiinginkan manfaat yang anda tawarkan, dengan menampilkan benefit.dan tambahkan batas waktu suatu yang dapat membuat efek psykologis audiens untuk mengambil keputusan misalnya hari ini saja, sampai jam 18.00.
Contoh kata yang mewakili desire adalah:

  • mudah berkualitas dengan harga terjangkau., layanan 24 jam, harga hosting termurah mulai Rp. 10.000
  • Discount 70%
  • Beli 1 gartis 1


4. Action ( CTA)

Action adalah Ajak audiens untuk mendapatkan manfaat yang diinginkannya dengan tindakan.
Tindakan yang kia inginkan misalnya membeli, mendaftar, mendownload, mengirim email.

Call to Action (CTA) dapat berbentuk gambar tombol, nomer phone, alamat email maupun link website atau link video channel youtube.

Contoh kata pada penulisan Action adalah;

  • Beli Sekarang
  • klik disini
  • Daftar sekarang
  • klik disini

Contoh Penerapan Copywriting

Pada Banner Online

Gambar dibawah penerapan copywriting menggunakan formula AIDA pada banner online, pada banner kata yang dipakai singkat dan banyak tampilan gambar untuk menarik audiens

Penerapan Copywriting dengan Formula AIDA pada  Banner Online
Penerapan Copywriting dengan Formula AIDA pada  Banner Online

Pada Postingan Halaman Facebook

Pada postingan penulisan artikel mengunakan beberapa kalimat pendek, dan penulisan pada postingan halaman facebook dipakai untuk melakukan Facebook Ads. lihat gambar dibawah

Penerapan Copywriting dengan Formula AIDA pada Postingan Halaman Facebook
Penerapan Copywriting dengan Formula AIDA pada Postingan Halaman Facebook

BACA JUGA:





Comments

Popular posts from this blog

Teknik Psikologi Pemasaran | Memanfaatkan Emosi Manusia Untuk Bisnis

Ilmu psikologi bisa dimanfaatkan untuk kepentingan bisnis, karena ternyata emosi dan prilaku yang dibahas di disiplin ilmu ini bisa dimanfaatkan oleh pebisnis untuk meningkatkan transaksi penjualan (omset) lebih lanjut mendapatkan pelanggan dan masukan untuk pengembangan produk Ada beberapa teknik psikologi marketing yang umum digunakan dan tidak diketahui oleh kebanyakan orang, dan biasanya penerapan psikologi marketing ada pada banner produk, website landing perusahaan. Apa Itu Psikologi Marketing Psikologi adalah salah satu bidang ilmu pengetahuan dan ilmu terapan yang mempelajari tentang perilaku, fungsi mental, dan proses mental manusia melalui prosedur ilmiah. Wikipedia   Marketing adalah serangkaian kegiatan untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen, baik dengan cara memproduksi produk kemudian memberikan harga dan mempromosikannya kepada konsumen sehingga terjadilah penjualan. Jurnal Enterpreuner Ada dua disiplin ilmu yang digunakan disini yaitu psikologi yang membahas pr

LOGO | Jenis, Fungsi, Aplikasi Membuatnya Dan Penerapanya Dalam Dunia Bisnis

Logo menjadi elemen penting dari sebuah bisnis, logo merupakan representasi dari perusahaan, produk binsis dan melekat image dari publik. Image yang baik sebuah logo berpengaruh ke hasil bisnis (penjualan dan laba). Image yang buruk juga sebaliknya ke hasil bisnis Image sebuah dari sebuah logo didapat dari usaha perusahaan akan menjalankan bisnisnya, menjaga kualitas, service dan nilai yang bagus didapat ke pelanggan akan membuat image dari logo yang juga baik. begitu juga sebaliknya. Perusahaan harus menjaga dan membangun logo/merek mereka mejadi logo yang dipercaya dan mempunyai reputasi yang baik untuk konsumennya.  Reputasi dan kepercayaan adalah modal untuk mendapatkan hasil bisnis yang baik yaitu peningkatan penjualan dan laba dimana bisa berlangung selama waktu yang panjang. Logo Apa Sih Logo merupakan suatu gambar atau sekadar sketsa dengan arti tertentu, dan mewakili suatu arti dari perusahaan, daerah, organisasi, produk, negara, lembaga, dan hal lainnya membutuhkan sesuatu y

Cara Menghubungkan Google Adsene Ke Blog di Blogger | Dari Awal, Approval, Seting Iklan Sampai Terima Pendapatan Iklan

Cara menghubungkan google adsene ke blog anda yang anda buat di Content Management System (CMS) blogger anda buat yang pemula, dari awal ke approval lalu seting iklan di blogger dan google adsene sampai terima pendapatan iklan. Motivasi utama sebagaian blogger untuk membuat artikel-artikel di situs blog adalah pendapatan iklan, selain aktulisasi diri.  Blogger yang mendapatkan komentar positip akan tulisanya di artikel yang diposting di website blognya akan menaikan semangat menulis dan mengembangkan website blognya, tetapi bila blogger mendapatkan uang dari postingan artikel di blognya, dia akan mencurahkan perhatian dan waktunya lebih banyak ke situs blognya. Buat blogger pemula sebagian besar harapanya memposting artikel adalah menghasilkan uang terutama dari iklan google adsene , pengalaman penulis sendiri pada waktu awal awal , baru membuat  5 artikel langsung menghubungkan ke adsene dan menunggu approval dari pihak adsene dan putus asa ketika tidak ada khabar dari pihak google ad