Skip to main content

SEO off Page agar Website Terindeks di Mesin Pencari

SEO off Page
SEO off Page

SEO off page adalah langkah optimasi SEO yang dilakukan di luar konten (lembar kerja Penulisan Artikel) atau website.

Blog juga harus dipromosikan pada blog/situs lain lewat link/tautan maupun dishare ke aplikasi sosial media agar ramah terhadap mesin pencari akhirnya akan mendatangkan traffic/pengunjung. Link dan share media sosial adalah dua teknik/cara yang umum digunakan para pemilik website/blogger untuk mendapatkan posisi atau peringkat blog dihalaman pertama mesin pencarian.

Ternyata ada beberapa teknik SEO off Page lain yang bila dilakukan bersama dan terus-menerus maka tujuan membuat website yaitu traffic pengunjung tercapai, apalagi bila SEO on Page juga sama-sama dilakukan

BACA JUGA :  SEO on Page agar Website Terindeks di Mesin Pencari

SEO off Page (SEO di luar halaman konten/Artikel)

Berikut beberapa cara penerapan SEO off Page:

1. Media Sosial

Lima media sosial yang paling banyak digunakan oleh orang Indonesia antara lain Youtube,WhatsApp, Facebook, Istagram, dan Twiter. Besarnya penggunaan aplikasi ini bisa dimanfaatkan untuk menaikan traffic dengan cepat.

Youtube menjadi platform yang paling sering digunakan pengguna media sosial di Indonesia berusia 16 hingga 64 tahun. Persentase pengguna yang mengakses Youtube mencapai 88%. Media sosial yang paling sering diakses selanjutnya adalah WhatsAppa sebesar 84%, Facebook sebesar 82%, dan Instagram 79%. 

Sebagai informasi, rata-rata waktu yang dihabiskan masyarakat Indonesia untuk mengakses sosial media selama 3 jam 26 menit. Total pengguna aktif sosial media sebanyak 160 juta 
atau 59% dari total penduduk Indonesia. 99% pengguna media sosial berselancar melalui ponsel.(Penulis: Dwi Hadya Jayani,Editor: Safrezi Fitra)

BACA JUGA:  10 Media Sosial yang Paling Sering Digunakan di Indonesia

Pemilik website/blog untuk mengiklankan, memasarkan dan membangun image websitenya.
Cara yang paling gampang adalah dengan share Artikel dan Video lewat Fitur Share. Di blooger maupun Youtube tersedia fitur/fasilitas share, yang bisa digunakan, liat gambar dibawah.

Fitur Share di Youtube
Fitur Share di Youtube
Bisa juga dengan fanpage. Facebook menyediakan fanpage, fanpage sendiri adalah sebuah halaman khusus seperti blog yang menyediakan informasi sesuai dengan keinginan pemiliknya, dan fanpage mengunakan keyword yang biasa digunakan masyarkat umum. Keyword ini bila diklik oleh user internet di mesin pencari, akan menhasilkan halaman website/blog kita.

BACA JUGA: Cara Membuat Fanpage Facebook

2. Membuat konten Berkualitas

Pemilik blog harus membuat artikel/konten berkualitas dengan mengisi judul, artikel, gambar, dan video yang mempunyai keyword (kata kunci).

3. Blog Walking

Blog walkin adalah aktifitas memasarkan web/blog dengan cara membuka dan melihat blog orang lain yang memiliki topik yang sama (niche), kemudian menuliskan komentar pada form komentar, yang dideiakan oleh pemilik blog, contoh dibawah.

Blog Wallking (komentar dan isian URL)di niagahoster.co.id
Blog Wallking (komentar dan isian URL)di niagahoster.co.id

4. Pemasaran melalui Forum Online

Ikuti forum online seperti; kaskus, Kompasiana, Indowebster, aktif membalas dan menjawab di bidang tertentu ini akan membangun image/citra kita dan blog  kita.

5. Search Engine Submission

Agar mesin pencari/search engine mengenali dan mendeteksi sitemap(tempat lokasi) website/blog, masukan URL website/blog ke layanan "Search Engine Submission" yang dimiliki semua mesin pencari, baik Google, Bing, dan Yahoo. tonton video bagaimana memasukan website/blog kita ke searchengine,


6. Directory Submission

Cara lain agar mesin pencari mengenali dan mendeteksi website/blog kita dengan memasukan website ke layanan pihak ketiga, seperti layanan "freewebsubmission.com".


Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Teknik Psikologi Pemasaran | Memanfaatkan Emosi Manusia Untuk Bisnis

Ilmu psikologi bisa dimanfaatkan untuk kepentingan bisnis, karena ternyata emosi dan prilaku yang dibahas di disiplin ilmu ini bisa dimanfaatkan oleh pebisnis untuk meningkatkan transaksi penjualan (omset) lebih lanjut mendapatkan pelanggan dan masukan untuk pengembangan produk Ada beberapa teknik psikologi marketing yang umum digunakan dan tidak diketahui oleh kebanyakan orang, dan biasanya penerapan psikologi marketing ada pada banner produk, website landing perusahaan. Apa Itu Psikologi Marketing Psikologi adalah salah satu bidang ilmu pengetahuan dan ilmu terapan yang mempelajari tentang perilaku, fungsi mental, dan proses mental manusia melalui prosedur ilmiah. Wikipedia   Marketing adalah serangkaian kegiatan untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen, baik dengan cara memproduksi produk kemudian memberikan harga dan mempromosikannya kepada konsumen sehingga terjadilah penjualan. Jurnal Enterpreuner Ada dua disiplin ilmu yang digunakan disini yaitu psikologi yang membahas pr

LOGO | Jenis, Fungsi, Aplikasi Membuatnya Dan Penerapanya Dalam Dunia Bisnis

Logo menjadi elemen penting dari sebuah bisnis, logo merupakan representasi dari perusahaan, produk binsis dan melekat image dari publik. Image yang baik sebuah logo berpengaruh ke hasil bisnis (penjualan dan laba). Image yang buruk juga sebaliknya ke hasil bisnis Image sebuah dari sebuah logo didapat dari usaha perusahaan akan menjalankan bisnisnya, menjaga kualitas, service dan nilai yang bagus didapat ke pelanggan akan membuat image dari logo yang juga baik. begitu juga sebaliknya. Perusahaan harus menjaga dan membangun logo/merek mereka mejadi logo yang dipercaya dan mempunyai reputasi yang baik untuk konsumennya.  Reputasi dan kepercayaan adalah modal untuk mendapatkan hasil bisnis yang baik yaitu peningkatan penjualan dan laba dimana bisa berlangung selama waktu yang panjang. Logo Apa Sih Logo merupakan suatu gambar atau sekadar sketsa dengan arti tertentu, dan mewakili suatu arti dari perusahaan, daerah, organisasi, produk, negara, lembaga, dan hal lainnya membutuhkan sesuatu y

Apa itu Fotografi, Videografi, Dan Sinematografi

Bahasa Visual atau gambar maka tidak dipisahkan dengan Fotografi dan Sinematografi, sekarang muncul istilah baru videografi. Apa sih ketiganya, yang pasti semuanya berbicara tentang gambar, gambar bergerak, dan karya visual gambar yang bisa dinikmati banyak kalangan hampir setiap hari dan setiap waktu. Menurut sejarahnya foto mulai dikenal dan temukan di akhir abad 18, dan mulai digunakan di awal abad 19 dan menjadi sebuah industri foto lalu menjadi industri film. Liat Sejarah Fotografi Sekarang fotografi dan sinematografi menjadi cabang ilmu sendiri dan ada jurusan sendiri untuk mempelajarinya, salah satunya jurusan Film dan Televisi di IKJ (Institute kesenian Jakarta). Keahlian dibidang fotografi dan sinematografi banyak dipakai di industri televisi dan iklan, juga sangat membantu ketika terjun di dunia youtuber dan selebgram yang penghasilannya melampaui yang berkerja di dunia televisi. Media Digital yang berkembang sekarang terutama hiburan di media sosial seperti youtube, instag