Skip to main content

Apa Sih Search Engine Optimization (SEO) di Website

Apa sih Search Engine Optimization (SEO di website. Bagaimana meningkatkan jumlah pengunjung website? Hal ini diwujutkan dengan teknik Search Engine Optimization (Optimisasi mesin pencari)

Search Engine Optimization

Cara Orang mencari Informasi dulu dan Sekarang 

Dulu bila orang mencari informasi tentang obat suatu penyakit, maka iya akan menanyakan ke orang-orang terdekat, dan bila yang ditanya tidak tahu biasanya oarang itu menyarankan bertanya ke orang lain yang iya anggap tahu, dan terus bertanya sampai informasi yang diinginkannya didapat "Melelahkan dan lama bukan"!
Perubahan teknologi informasi teknologi (IT), penggunaan smartphone yang besar, dan tersedianya internet dengan kecepatan tinggi,menyebabkan terjadi perubahan cara orang mencari informasi "Semua menjadi cepat dan mudah". Sebuah revolusi pencarian iformasi.

Konsumen tidak lagi mencari informasi produk-produk yang dibutuhkanya ke mal, pusat glosir, restoran dan tidak lagi bertanya obat suatu penyaki ke orang-orang. Sambil duduk manis dirumah orang akan memainkan handpone  mencari produk, memesannya lalu tinggal menunggu barangnya datang. Juga menulis obat suatu penyakit  di mesin pencari (Search engine) maka  semua informasi obat, gambar obat, berita obat dan video tentang obat ditampilkan ditangannya. 

Bila kita mengetik kata " Hp Samsung a80" makan akan muncul dilayar sekitar 10 artikel tentang hp samsung a80, dan hanya empat rangking  yang muncul di layar pertama, tujuh lagi harus discroll supaya dapat melihatnya.

Hasil Pencarian (Search Engine Result Page /SERP)


Tampilan layar hasil pencari yang terbatas, menyebabkan penjual tentu akan sangat memilih website empat rangking pertama  di hasil pencarian yang akan dipasangi iklan

Karena biasanya itu yang di klik untuk membuka artikel tersebut dan akan mendapatkan lalu lintas (traffic) yang besar ke artikel itu, apalagi kalo artikel itu sebuah toko online, tentu toko itu akan mendapatkan banyak pengunjung, tramsaksi, dan laba penjualan.
Sekarang pada pemasaran online, untuk  menarik pembeli atau konsumen, 

Penjual akan memasang Iklan (Brosur, Leaflet, Baliho) di website-website yang banyak di kunjungi pengunjung, seperti website mesin pencari (Google) website berita (kompas.com), website hiburan (Youtube) dam website sosial media (Facebook. Istagram, Twitter, dan banyak lain). 

Ada banyak jenis website dengan tema yang sama, dan banyak website jenis yang sama terjadilah persaingan antar website sedangkan pemilik webite berlomba-lomba  mendapatkan posisi 10 rangking pertama muncul di hasil pencarian karena akan ada pendapatan iklan dari itu.

Teknik SEO  digunakan sebagai alat untuk menempatkan webite posisi teratas (indeks) di mesin pencari.

Search Engine Optimization (Optimisasi mesin pencari)

SEO adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis untuk meningkatkan jumlah kunjungan melalui mesin pencari menuju website dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari.

Website perusahaan harus terindeks (disukai) oleh mesin pencari atau dengan kata lain konten harus dibuat sedemikian rupa sehingga kata kunci (keyword) dituliskan pengguna ada dimesin pencari. 

Walaupun website sudah dibuat dengan desain menarik tapi kalau tidak terindeks maka akan sukar diakses oleh penguna (user) website.


"Teknik SEO  digunakan sebagai alat untuk menempatkan webite posisi teratas (indeks) di mesin pencari"



Apa itu SEO? - Search Engine Optimization - Video Illustrasi Tentang SEO



Cara Kerja Search Engine Optimization (SEO)


Cara kerja SEO pada website adalah dengan melakukan riset kata kunci yang sering digunakan pengguna dalam pencarian topik terkait. riset kata kunci dalam bentuk sederhana dapat dilakukan dengan mengunakan mesin pencari (Search engine), dan dapat menggunakan alat bantu yang lain seperti yang disediakan oleh Google, berupa Google Adword dan Google Trends.

Bayangkan anda sebagai pengguna (user) yang mencar informasi yang dibutuhkan, apa kata yang akan ditulis kebanyakan pengguna (user) di kotak mesin pencariaan google, maka kata itulah yang harus dipakai dalam nama judul artikel di website

."Ada dua cara Penerapan SEO di website yaitu SEO on Page dan  SEO off Page"


Ada dua cara Penerapan SEO di website yaitu Pertama: SEO on Page (teknik SEO diterapkan di halaman Artikel).

Kedua SEO off Page (teknik SEO diterapkan di luar halaman artikel) dan strategi membuat SEO akan dibuat pada artikel yang baru di blog ini. 

SEO bukan hanya diterapkan di website berbasis Blog tetapi juga diterapkan di youtube, halaman facebook dan juga instagram.

Semuanya harus menerapkan teknik SEO ini agar websitenya bisa ditemukan oleh pengunjung atau audiens internet.

Dibawah ini ada link penerapan SEO pada Youtube dan baca juga artikel tentang SEO dibawah ini.



Kunjungi halaman website mari lihat kebunku dan halaman facebook untuk melihat postingan yang berhubungan dengan bisnis online di










Comments

  1. Terima kasih buat ilmunya Om Heru... sangat bermanfaat sekali...

    ReplyDelete
  2. baik, mudah untuk di pahami, terimakasih pa...

    ReplyDelete
  3. baik, terima kasih pak blog nya mudah dipahami, jelas dan ringkas.

    ReplyDelete
  4. Terima kasih pak sangat bermanfaat sekali

    ReplyDelete
  5. baik, terima kasih pak blog nya mudah dipahami, singkat dan jelas

    ReplyDelete
  6. revagunawan6@gmail.clmApril 6, 2020 at 11:37 AM

    baik pa terima kasih

    ReplyDelete
  7. Terimakasih pak atas blog Nya mudah di pahami, jelas dan singkat

    ReplyDelete
  8. Terimakasih pak kata² nya mudah dipahami dan dimengerti

    ReplyDelete
  9. Sangat baik dan mudah dipahami terimakasii pak. .

    ReplyDelete
  10. Sangat baik dan mudah dipahami terimakasii pak. .

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

LOGO | Jenis, Fungsi, Aplikasi Membuatnya Dan Penerapanya Dalam Dunia Bisnis

Logo menjadi elemen penting dari sebuah bisnis, logo merupakan representasi dari perusahaan, produk binsis dan melekat image dari publik. Image yang baik sebuah logo berpengaruh ke hasil bisnis (penjualan dan laba). Image yang buruk juga sebaliknya ke hasil bisnis Image sebuah dari sebuah logo didapat dari usaha perusahaan akan menjalankan bisnisnya, menjaga kualitas, service dan nilai yang bagus didapat ke pelanggan akan membuat image dari logo yang juga baik. begitu juga sebaliknya. Perusahaan harus menjaga dan membangun logo/merek mereka mejadi logo yang dipercaya dan mempunyai reputasi yang baik untuk konsumennya.  Reputasi dan kepercayaan adalah modal untuk mendapatkan hasil bisnis yang baik yaitu peningkatan penjualan dan laba dimana bisa berlangung selama waktu yang panjang. Logo Apa Sih Logo merupakan suatu gambar atau sekadar sketsa dengan arti tertentu, dan mewakili suatu arti dari perusahaan, daerah, organisasi, produk, negara, lembaga, dan hal lainnya membutuhkan sesuatu y

Teknik Psikologi Pemasaran | Memanfaatkan Emosi Manusia Untuk Bisnis

Ilmu psikologi bisa dimanfaatkan untuk kepentingan bisnis, karena ternyata emosi dan prilaku yang dibahas di disiplin ilmu ini bisa dimanfaatkan oleh pebisnis untuk meningkatkan transaksi penjualan (omset) lebih lanjut mendapatkan pelanggan dan masukan untuk pengembangan produk Ada beberapa teknik psikologi marketing yang umum digunakan dan tidak diketahui oleh kebanyakan orang, dan biasanya penerapan psikologi marketing ada pada banner produk, website landing perusahaan. Apa Itu Psikologi Marketing Psikologi adalah salah satu bidang ilmu pengetahuan dan ilmu terapan yang mempelajari tentang perilaku, fungsi mental, dan proses mental manusia melalui prosedur ilmiah. Wikipedia   Marketing adalah serangkaian kegiatan untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen, baik dengan cara memproduksi produk kemudian memberikan harga dan mempromosikannya kepada konsumen sehingga terjadilah penjualan. Jurnal Enterpreuner Ada dua disiplin ilmu yang digunakan disini yaitu psikologi yang membahas pr

Apa itu Fotografi, Videografi, Dan Sinematografi

Bahasa Visual atau gambar maka tidak dipisahkan dengan Fotografi dan Sinematografi, sekarang muncul istilah baru videografi. Apa sih ketiganya, yang pasti semuanya berbicara tentang gambar, gambar bergerak, dan karya visual gambar yang bisa dinikmati banyak kalangan hampir setiap hari dan setiap waktu. Menurut sejarahnya foto mulai dikenal dan temukan di akhir abad 18, dan mulai digunakan di awal abad 19 dan menjadi sebuah industri foto lalu menjadi industri film. Liat Sejarah Fotografi Sekarang fotografi dan sinematografi menjadi cabang ilmu sendiri dan ada jurusan sendiri untuk mempelajarinya, salah satunya jurusan Film dan Televisi di IKJ (Institute kesenian Jakarta). Keahlian dibidang fotografi dan sinematografi banyak dipakai di industri televisi dan iklan, juga sangat membantu ketika terjun di dunia youtuber dan selebgram yang penghasilannya melampaui yang berkerja di dunia televisi. Media Digital yang berkembang sekarang terutama hiburan di media sosial seperti youtube, instag