Skip to main content

Canva Aplikasi Design | Tutorial Membuat Design di Canva

Canva adalah aplikasi membuat design yang digunakan di banyak pengguna yang tidak menguasai aplikasi Adobe Photosop atau Corel Draw dan menguasai dasar-dasar design. di artikel ini ini akan membahas Tutorial membuat design di Canva

Keunggulan dari canva adalah aplikasi ini telah menyediakan banyak template dengan fungsi dan tema berbeda-beda sehingga orang awam yang tidak mengerti desaign tinggal melihat contoh design, menerapakan contoh design, mengeditnya dulu, baru bisa menggunakanya.



Canva adalah platform desain grafis yang digunakan untuk membuat grafis media sosial, presentasi, poster, dokumen dan konten visual lainnya. Aplikasi ini juga menyediakan beragam contoh desain untuk digunakan.

Aplikasi ini dapat anda gunakan di laptop anda atau bisa juga digunakan di Handphone dengan mendownload aplikasinya di AppStore maupun Play Store.

Anda bisa menggunkan aplikasi ini secara gratis, tapi anda juga bisa menjadi member premium dengan biaya 9,99 $ per bulan atau sekitar Rp. 150.000,00 dengan kurs 1$ = Rp. 15.000,00 dengan fasilitas:

  • Lebih dari 75 juta foto, video, audio, dan grafis stok premium
  • Lebih dari 420.000 template gratis dengan desain baru setiap hari
  • Buat 1 Kit Merek, lalu unggah font dan logo Anda sendiri
  • Penggunaan Penghapus Latar Belakang tanpa batas
  • Ubah ukuran desain tanpa batas dengan fitur Ubah Ukuran Cepat
  • Simpan desain sebagai template untuk digunakan oleh tim
  • 100 GB penyimpanan cloud
  • Jadwalkan konten media sosial ke 8 platform

kalau anda seoarang designer grafis  maka member di canva akan membantu memudahkan pekerjaan anda.

Baca Juga:



Apa yang Bisa Di Buat Dengan Aplikasi Canva

Canva memiliki slogan yaitu “creating designs for everything” sungguh aplikasi ini cocok untuk membuat design-design tanpa perlu keahlian khusus mendesign. Jadi hampir semua hal yang memerlukan desain bisa kamu buat menggunakan aplikasi ini.

Secara garis besar anda bisa membuat design untuk keperluan:

  • Materi bisnis seperti logo perusahaan, menu restoran, invoice, slide presentasi, report
  • Bahan promosi seperti brosur, flyer, poster, kartu nama, infografis
  • Social media post seperti instagram post, IG stories, facebook post, twitter post, pin pinterest, banner blog, thumbnail youtube, zoom background, cover highlight instagram.
  • Dokumen pribadi seperti CV, surat, kartu pos, kartu undangan, sampul majalah atau e-book.
Home Page Canva



Langkah Mengunakan Aplikasi Canva

Ada lima langkah dalam membuat desing di canva, hingga anda bisa gunakanfile design tersebut antara lain:

1. Buat Akun Canva

Langkah pertama menggunakan aplikasi canva adalah masuk ke wesbsite canva.com atau anda bisa download aplikasi di Play Store, lalu mulai Registrasi atau Sign in.




2. Pilih Design Apa yang Ingin Di Buat

Setelah berhasil registrasi dan log in atau masuk aplikasi, selanjutnya anda tinggal membuat design sesuai keperluan anda

Misalnya anda akan membuat logo Brand bisnis anda, maka anda tinggal pilih Pemasaran lalu pilih Logo dan klik.

Pilih Design Yang Ingin Anda Buat


3. Pilih Template Sesuai Dengan Tujuan Pembuatan Design

Selanjutnya anda tinggal scroll kebawah cari tema logo brand yang anda inginkan. lalu scroll ke samping untuk mendapatkan template logo yang sesuai dengan selera dan keinginan anda.


4. Mulai Editing Sesuai Selera dan Imajinasi Anda

Setelah anda mendapatkan template logo yang menurut anda cocok dengan keinginan anda maka anda bisa mulai merubah tempalte tersbut dengan menggunakan fitur edit yang ada di canva antara lain;

  • Template: Desain yang sudah tersedia dan bisa langsung kamu gunakan.
  • Unggahan: Kamu bisa mengunggah foto yang ingin kamu masukan ke dalam desain.
  • Foto: Koleksi foto yang telah disediakan oleh Canva. Kamu bisa cari di search bar atas untuk foto yang kamu inginkan. Beberapa foto bisa digunakan gratis, namun ada yang memiliki tanda pro yang berarti kamu harus bayar jika ingin menggunakan foto tersebut.
  • Element: Menambahkan ikon, bentuk, garis, bingkai, stiker, dan lainnya.
  • Text: Menambahkan kata dengan jenis font yang berbeda.
  • Musik: Menambahkan audio atau musik ketika nge-desain video atau animas.
  • Video: Menambahkan video yang telah disediakan oleh Canva.
  • Latar: Latar belakang atau background desain.
  • Folder: Menyimpan foto atau elemen yang telah didownlaod atau sukai.
  • Lainnya: Integrasi dengan aplikasi lainnya.
Gunakan Inovasi, Kratifitas dan Imajinasi untuk membuat design yang bagus

Fitur-fitur Editing di Canva

5. Download File Design Editing Canva Ke Folder Komputer atau Handphone

Setelah design editing selesai, hasilnya bisa anda unduh (download) dan disimpan di folder komputer atau HP, lalu anda tinggal mengaplikasikan design tersebut ke bisnis anda.

Anda bisa menyimpanya dalam bentuk PNG, JPEG, PDF maupun Gift.

Download Hasil Editing

Kesimpulan: Aplikasi ini sangat bermanfaat untuk orang yang tidak menguasai dasar design dan aplikasi pembuat design seperti Adope photoshop dan Corel Draw untuk membuat design sesuai keperluannya.

Anda Juga bisa mengunjungi Website dan Channel Youtube saya :

Comments

  1. Informasi yg simpel dan lengkap! Sangat membantu saya khususnya dalam mengajarkan ke siswa di materi pemanfaatan aplikasi desain. Trmksh!

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Teknik Psikologi Pemasaran | Memanfaatkan Emosi Manusia Untuk Bisnis

Ilmu psikologi bisa dimanfaatkan untuk kepentingan bisnis, karena ternyata emosi dan prilaku yang dibahas di disiplin ilmu ini bisa dimanfaatkan oleh pebisnis untuk meningkatkan transaksi penjualan (omset) lebih lanjut mendapatkan pelanggan dan masukan untuk pengembangan produk Ada beberapa teknik psikologi marketing yang umum digunakan dan tidak diketahui oleh kebanyakan orang, dan biasanya penerapan psikologi marketing ada pada banner produk, website landing perusahaan. Apa Itu Psikologi Marketing Psikologi adalah salah satu bidang ilmu pengetahuan dan ilmu terapan yang mempelajari tentang perilaku, fungsi mental, dan proses mental manusia melalui prosedur ilmiah. Wikipedia   Marketing adalah serangkaian kegiatan untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen, baik dengan cara memproduksi produk kemudian memberikan harga dan mempromosikannya kepada konsumen sehingga terjadilah penjualan. Jurnal Enterpreuner Ada dua disiplin ilmu yang digunakan disini yaitu psikologi yang membahas pr

LOGO | Jenis, Fungsi, Aplikasi Membuatnya Dan Penerapanya Dalam Dunia Bisnis

Logo menjadi elemen penting dari sebuah bisnis, logo merupakan representasi dari perusahaan, produk binsis dan melekat image dari publik. Image yang baik sebuah logo berpengaruh ke hasil bisnis (penjualan dan laba). Image yang buruk juga sebaliknya ke hasil bisnis Image sebuah dari sebuah logo didapat dari usaha perusahaan akan menjalankan bisnisnya, menjaga kualitas, service dan nilai yang bagus didapat ke pelanggan akan membuat image dari logo yang juga baik. begitu juga sebaliknya. Perusahaan harus menjaga dan membangun logo/merek mereka mejadi logo yang dipercaya dan mempunyai reputasi yang baik untuk konsumennya.  Reputasi dan kepercayaan adalah modal untuk mendapatkan hasil bisnis yang baik yaitu peningkatan penjualan dan laba dimana bisa berlangung selama waktu yang panjang. Logo Apa Sih Logo merupakan suatu gambar atau sekadar sketsa dengan arti tertentu, dan mewakili suatu arti dari perusahaan, daerah, organisasi, produk, negara, lembaga, dan hal lainnya membutuhkan sesuatu y

Cara Menghubungkan Google Adsene Ke Blog di Blogger | Dari Awal, Approval, Seting Iklan Sampai Terima Pendapatan Iklan

Cara menghubungkan google adsene ke blog anda yang anda buat di Content Management System (CMS) blogger anda buat yang pemula, dari awal ke approval lalu seting iklan di blogger dan google adsene sampai terima pendapatan iklan. Motivasi utama sebagaian blogger untuk membuat artikel-artikel di situs blog adalah pendapatan iklan, selain aktulisasi diri.  Blogger yang mendapatkan komentar positip akan tulisanya di artikel yang diposting di website blognya akan menaikan semangat menulis dan mengembangkan website blognya, tetapi bila blogger mendapatkan uang dari postingan artikel di blognya, dia akan mencurahkan perhatian dan waktunya lebih banyak ke situs blognya. Buat blogger pemula sebagian besar harapanya memposting artikel adalah menghasilkan uang terutama dari iklan google adsene , pengalaman penulis sendiri pada waktu awal awal , baru membuat  5 artikel langsung menghubungkan ke adsene dan menunggu approval dari pihak adsene dan putus asa ketika tidak ada khabar dari pihak google ad