Skip to main content

Landing Page | Apa dan Bagaimana Dalam Digital marketing

Landing page bagian apa dari sebuah website, bagaimana manfaat landing page dalam membuat Lead yang akan di konversi menjadi transaksi. Landing page yang bagus dalam digital marketing akan meningkatkan penjualan online


Bila kita membuka sebuah website yang pertama kita jumpai adalah home page (halaman utama). Home page biasanya di index pertama kali oleh search engine lalu selanjutnya akan mengindex halaman lain sebuah website.

Home page akan menampilkan menu-menu yang ada disebuah website dan biasanya ada tampilan navigasi (petunjuk) yang akan membawa pengunjung ke halama-halaman lain pada sebuah website.

Bagaimana dengan landing page, landing page berkaitan dengan pengoptimalan search engine, promosi , email, dan iklan pemasaran digital. landing page dipakai untuk memperbesar konversi kunjungan (trafik)  menjadi transaksi disebuah website.


Konsep Digital Marketing


Landing Page 

Landing page adalah satu halaman web yang muncul sebagai respons terhadap mengklik hasil pencarian yang dioptimalkan mesin pencari, promosi pemasaran, email pemasaran, atau iklan online Wikipedia

Link-link landing page di sebar melalui melalui mesin pencari (Search Engine marketing/SEM), promosi di di home page, email marketing, dan iklan di postingan di media sosial. link ini akan mengarahkan ke halaman transaksi. sehingga prospek (customer/lead) akan tertarik membuat transaksi.

Sebagai contoh bila kita pernah mengisi lead di Qword Cloud Housting (perusahaan menyedia hosting dan domain) maka kita akan di kirimkan email marketing dalam bentuk email newsletter. seperti gambar dibawah.




Bila kita klik linknya maka diarahkan ke landing page transaksi Qword cloud web housting sepeti gambar dibawah ini


Klik Gambar Akan Masuk Landing Page Qword Cloud Web Housting


Contoh ini bukan hanya di email, tetapi juga bisa dilihat di media sosial lain seperti website qword cloud web housting facebook, instagram, dan iklan dimesin pencari google. yang semuanya mengarah ke halaman transaksi Qword Cloud Web Housting.

Jadi tujuan umum dari landing page adalah untuk mengubah pengunjung situs menjadi penjualan atau prospek. 

  • Prospek (Lead), landing page  akan menyertakan beberapa metode bagi pengunjung untuk menghubungi perusahaan, biasanya nomor telepon atau formulir pertanyaan. Jika 
  • Sales (penjualan), landing page biasanya akan memiliki tautan untuk diklik pengunjung, yang kemudian akan mengirim mereka ke keranjang belanja atau area pembayaran. 


Dua Jenis Landing Page

Ada  dua tujuan landing page yang biasa digunakan beberapa perusahaan yang menggunakan digital marketing yaitu referensi dan transaksional. 

1. Referensi

Halaman arahan referensi akan menyajikan informasi yang relevan bagi pengunjung. 

Di dalam halaman referensi menampilkan teks, gambar, kompilasi dinamis dari tautan yang relevan atau elemen lainnya. 

diharapkan pengunjung terus berada di landing page ini dari gangguan lain, dan mengelilingi pengunjung dengan semua informasi yang tersedia tentang produk yang ditargetkan untuk meyakinkan dia untuk mengambil tindakan untuk melakukan transaksi

Jenis halaman arahan "Referensi" harus merupakan tahap transisi sebelum ke halaman transaksi.

2. Transaksional

Tujuan dari landing page transaksional adalah untuk membujuk pengunjung untuk mengambil tindakan dengan menyelesaikan transaksi. 

Ini dilakukan dengan menyediakan formulir yang perlu diisi. Informasi pengunjung diperoleh untuk menambahkan alamat email pengunjung ke milis sebagai prospek. 

Kampanye email kemudian dapat dikembangkan berdasarkan tanggapan terhadap halaman arahan transaksional. Tujuannya adalah untuk menangkap informasi sebanyak mungkin tentang pengunjung.


Tetapi kadang tujuan landing page disatukan dalam satu page seperti landing page Hp samsung dibawah ini.



Format Umum landing Page

Landing page yang baik menjelaskan penawaran produk dengan cara yang jelas dan menempatkan penekanan visual pada nilai produk atau layanan yang disajikan (liat gambar diatas Hp samsung)

Pakar pemasaran merekomendasikan situs web menghapus menu navigasi dan membatasi tautan internal dan eksternal pada landing page.

Formulir pendaftaran apa pun di halaman arahan harus mencerminkan nilai penawaran. Misalnya, penawaran gratis atau formulir pendaftaran buletin hanya dapat meminta alamat email, sedangkan penawaran bernilai tinggi mungkin memiliki formulir yang lebih panjang dengan rincian lebih lanjut yang diperlukan. 

Juga dapat menyertakan gambar, animasi, atau video pendek yang relevan. Halaman ini juga cenderung berisi ikon kecil (yaitu Facebook atau Twitter) untuk memfasilitasi berbagi media sosial.




Akan lebih mudah landing page anda adalah diarahkan ke toko online anda di market share seperti Bukalapak, Tokopedia dan Shopee, hingga mudah bagi anda mengelola transaksi bagi bisnis pemula.


Landing Page Optimization (LPO)

Sukses tidaknya konversi prospek menjadi transaksi juga harus dibarengi dengan optimasi landing page atau disebut landing oage optimization (LPO).

Pengoptimalan landing page  (LPO) adalah salah satu bagian dari proses pemasaran Internet yang lebih luas yang disebut optimasi konversi atau optimasi tingkat konversi (CRO), dengan tujuan meningkatkan persentase pengunjung ke situs web yang menjadi lead penjualan dan pelanggan.

Beberapa strategi yang bisa dilakukan untuk meningkatkan LPO antara lain;

  1. Berinteraksi dengan pengunjung website, anda bisa mulai menanggapi komentar konten anda di website atau konten media sosial anda yang mengandung link landing page.
  2. Targetkan di seting Iklan (ads) lokasi pengunjung website anda
  3. Cek Penawaran produk, buat diskon di penawaran produk anda.
  4. Perbaiki Copywriting
  5. Fokus di Visual, pada landing page gunakan gambar yang menarik pengunjung.
  6. Gunakan Call To Action (CTA) yang jelas, seperti daftar sekarang dapat diskount.
  7. Buat sederhana, landing page dibuat sederhana.

untuk referensi LPO anda bisa baca artikel dibawah ini.

Baca Juga: 

Salah satu cara lagi untuk memperbesar LPO adalah menyebar link pada konten-konten website yang dimodifikasi berdasarkan informasi yang diperoleh tentang kriteria pencarian pengunjung.

Informasi geografis lalu lintas sumber, atau parameter umum lainnya yang diketahui yang dapat didapat pada google analytics. Dari sini anda bisa membuat konten-konten yang sesuai dengan produk yang akan di jual secara online.


Anda Juga bisa mengunjungi Website dan Channel Youtube saya :


Comments

Popular posts from this blog

Teknik Psikologi Pemasaran | Memanfaatkan Emosi Manusia Untuk Bisnis

Ilmu psikologi bisa dimanfaatkan untuk kepentingan bisnis, karena ternyata emosi dan prilaku yang dibahas di disiplin ilmu ini bisa dimanfaatkan oleh pebisnis untuk meningkatkan transaksi penjualan (omset) lebih lanjut mendapatkan pelanggan dan masukan untuk pengembangan produk Ada beberapa teknik psikologi marketing yang umum digunakan dan tidak diketahui oleh kebanyakan orang, dan biasanya penerapan psikologi marketing ada pada banner produk, website landing perusahaan. Apa Itu Psikologi Marketing Psikologi adalah salah satu bidang ilmu pengetahuan dan ilmu terapan yang mempelajari tentang perilaku, fungsi mental, dan proses mental manusia melalui prosedur ilmiah. Wikipedia   Marketing adalah serangkaian kegiatan untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen, baik dengan cara memproduksi produk kemudian memberikan harga dan mempromosikannya kepada konsumen sehingga terjadilah penjualan. Jurnal Enterpreuner Ada dua disiplin ilmu yang digunakan disini yaitu psikologi yang membahas pr

LOGO | Jenis, Fungsi, Aplikasi Membuatnya Dan Penerapanya Dalam Dunia Bisnis

Logo menjadi elemen penting dari sebuah bisnis, logo merupakan representasi dari perusahaan, produk binsis dan melekat image dari publik. Image yang baik sebuah logo berpengaruh ke hasil bisnis (penjualan dan laba). Image yang buruk juga sebaliknya ke hasil bisnis Image sebuah dari sebuah logo didapat dari usaha perusahaan akan menjalankan bisnisnya, menjaga kualitas, service dan nilai yang bagus didapat ke pelanggan akan membuat image dari logo yang juga baik. begitu juga sebaliknya. Perusahaan harus menjaga dan membangun logo/merek mereka mejadi logo yang dipercaya dan mempunyai reputasi yang baik untuk konsumennya.  Reputasi dan kepercayaan adalah modal untuk mendapatkan hasil bisnis yang baik yaitu peningkatan penjualan dan laba dimana bisa berlangung selama waktu yang panjang. Logo Apa Sih Logo merupakan suatu gambar atau sekadar sketsa dengan arti tertentu, dan mewakili suatu arti dari perusahaan, daerah, organisasi, produk, negara, lembaga, dan hal lainnya membutuhkan sesuatu y

Cara Menghubungkan Google Adsene Ke Blog di Blogger | Dari Awal, Approval, Seting Iklan Sampai Terima Pendapatan Iklan

Cara menghubungkan google adsene ke blog anda yang anda buat di Content Management System (CMS) blogger anda buat yang pemula, dari awal ke approval lalu seting iklan di blogger dan google adsene sampai terima pendapatan iklan. Motivasi utama sebagaian blogger untuk membuat artikel-artikel di situs blog adalah pendapatan iklan, selain aktulisasi diri.  Blogger yang mendapatkan komentar positip akan tulisanya di artikel yang diposting di website blognya akan menaikan semangat menulis dan mengembangkan website blognya, tetapi bila blogger mendapatkan uang dari postingan artikel di blognya, dia akan mencurahkan perhatian dan waktunya lebih banyak ke situs blognya. Buat blogger pemula sebagian besar harapanya memposting artikel adalah menghasilkan uang terutama dari iklan google adsene , pengalaman penulis sendiri pada waktu awal awal , baru membuat  5 artikel langsung menghubungkan ke adsene dan menunggu approval dari pihak adsene dan putus asa ketika tidak ada khabar dari pihak google ad