Skip to main content

Tutorial Video Editing Filmora X | #2 Mengenal Menu Dan Fitur Editing Video

Tutorial video editing filmora X. dimana merupakan penyempurnaan dari filmora 9, Mengenal menu dan fitur editing video filmora X  yang sebgaian besar ada di filmora 9. Artikel ini merupakan atikel Kedua dari tutorial video editing filmora X

Anda sudah mendownload dan instal aplikasi wonderser filmora di kompurter anda, lanjut mengenal menu-menu dan fitur-fitur yang ada di Filmora X. 

Pada dasarnya sebagian besar menu dan fitur di filmora X ada di filmora 9 yang berbeda hanya versi 10 ada tambahan yaitu:

  • Motion Tracking
  • key Frame Animation
  • Audio Ducking
  • Color Matching

Jadi untuk belajar editing filmora X akan lebih mudah bila sudah mengenal dan memakai filmora 9, dan tutorial sebagaian menu dan fitur ada di versi 9.

Video yang bagus adalah paduan gambar dan audio yang mencerminkan cerita dan pesan yang akan disampaikan dari video. terkadang video bagus belum tentu di tonton orang, tetapi kekuatan isi video lah yang orang tonton.

Ada banyak variabel yang menyebabkan sebuah video sukses ditonton banyak orang dan salah satunya adalah editing dan kualitas videonya.





Menu Editing di Filmora

Ada 7 menu utama di aplikasi editing video filmora X (sepuluh) yaitu:


1. Menu Media

Menu pertama adalah Media dimana sebelum mengedit video di filmora adalah mengimport file video, musik dan  gambar yang akan dibuatkan video jadi, caranya.

  1. Mengklik fitur import atau klik gambar kamera (+) , lalu filih file yang akan akan dilakukan proses editing, lalu klik Open, atau block file yang akan diimpor, lalu Klik tahan lalu dilepaskan di filmora.
  2. File - yang sudah di impor lalu di masukan ke dalam Timeline, caranya klik tanda (+) pada file atau tinggal di klik filenya lalu ditarik ke timeline
Tambahan
  • Untuk memperbesar dan memperlebar Timeline nya dengan cara Klik dan tahan di timeline atau di seting time line
  • Kursor editing bisa kita tempatka dengan cara klik pangkalnya tahan lalu kita bisa memindahkanya ke kiri atau kanan.



2. Menu Audio

Di menu audio, disediakan menu musik dan musik effek yang bisa gunakan dalam membuat video. 

cara pengoperasiannya:

  • untuk mereview musknya tinggal di double klik
  • untuk memsauka ke timeline tinggal klik tanda (+) atau ditarik dan lepas ke kolom musik di time line 
  • untuk memakai musik sendiri kita bisa impor musiknya.
  • posisi musiknya bisa diatur di time line sesuai keinginan anda.
Tonton Tutorialnya: Editing Audio | Filmora9


3. Menu Title

Di menu ini kta bisa gunakan tulisan dan effeknya untuk melengkapi video. elemen title dari sebuah video yang disediakan oleh filmora mulao dari; Opener, Title, lower title, sampai sub title (untuk menerjemahkan suatu bahasa menjadi tulisan dibawahnya).

Cara pengoperasianya:

  • elemen title ditumpuk (dilapisi) di video yang akan ada elemen tulisanya
  • Anda dapat mengatur lama title muncul dimenu duration
  • edit kata/tulisan dengan cara kursor diletakan di elemen text lalu double klik atau klik fitur edit, anda bisa merubah kata, ukuran, warna, liat fasilitas edit title nya. sampai efek gerakan animasinya juga bisa diatur disini..
Tonton tutorialnya: Text and Titles | Filmora9

4. Menu Transition

Adalah effek peralihan antar klip video sehingga perpindahan klip video akan menarik

Cara pengoperasianya:
  • Untuk melihat effek transisinya tingga double klik,
  • kemudian tarik efek transisi di awal, di akhir atau diantara dua klip video.
  • durasi transisi juga bisa diatur di fitur durasi.
Tonton tutorialnya : Transitions | Filmora9

5. Menu Effek

Berfungsi untuk memberikan effek warna pada video untuk fitur filter, sedangkan overlay memberikan effek lain dan elemen tambahan di video, dan LUT, di menu effek kita hanya bisa mengatur posisi dan durasinya saja.

Cara pengoperasianya 
  • tinggal pilih filter yang cocok dengan video, lalu tarik dan lepas di time line, lalu atur durasi dan posisi penempatanya.
Tonton tutorialnya : Effects dan Elemen | Filmora9

6. Menu Elemen

Berfunsi untuk menambahkan elemen di video agar membantu menjelakan maksud dari video tersebut.

Cara pengoperasianya 
  • tinggal pilih elemen yang cocok dengan video, lalu tarik dan lepas di time line, lalu atur durasi dan posisi penempatanya

6. Menu Split Screen

Berfungsi untuk memadukan 2 atau lebih dari 2 video dalam satu frame

Cara Pengoperasianya
  • Pilih jenis templete split sceen yang anda inginkan lalu drag ke time line lalu diatas anda bisa pilih video yang akan masukan di frame  2 atau 2 video,
Tonton tutoralnya : Split Screen | Filmora9

Fitur Editing Lain Diatas Timeline

Di filmora X juga ada fitur lain yang berada di atas time line adalah:


1, Redo dan Undo

adalah fitur yang semua orang tahu adalah fitur untuk cancel perintah (undo) atau merubah cancel menjadi perintah semula.

2. Delete

untuk menghapus media di timeline.

3. Split

Untuk memcah media yang dipilih di timeline.

4. Crop

memilih bagian gambar video yang lebih kecil 

Tonton tutorialnya : Crop / Pan & Zoom | Filmora9

5. Speed

untuk menadjust kecepatan video (lebih lambat atau lebih cepat dari normal)

Tonton Tutorialnya; Speed (Slow dan Fast Motion)

6. Advanced Color Tool

Color match antar dua klip video dan color corection

7. Green Screen

Green screen digunakan untuk merubah backgroud video dan menambahkan effek
Tonton Tutorialnya : Green screen (Croma key)

8. Motion Tracking

Motion tracking memungkinkan ada objek seperti text, gambar atau video yang mengikuti sebuah objek lain di video.




9. Key Framing

Key framing memungkinkan Anda menganimasikan perubahan pada posisi, rotasi, skala, keburaman klip, dan media lainnya


Tonton untuk membuat Video Keyframing yang Bergerak

10. Edit tambahan

Editing tambahan seperti opasity, motion, rotation ada disini.

Baca Juga:
Kunjungi halaman facebok untuk melihat postingan yang berhubungan dengan bisnis online di





Comments

  1. I will share it with my other friends as the information is really very useful about Filmora X. Keep sharing your excellent work. how to activate filmora x

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Ukuran Iklan Banner (Banner Ads) website dan Mobile Phone

Berapa ukuran iklan banner website (Banner Ads) yang bisa dilihat di deskstop/komputer, tablet, dan mobile phone? dan ukuran mana yang paling banyak dipakai oleh google adsene? Bila kita tahu jawabannya maka bisa kita gunakan juga buat iklan website kita sendiri. Google sendiri memberikan standar ukuran banner iklan dimana ukuran banner tidak boleh menggangu kenyamana audiens website dan harus cukup perhatian dari audiens untuk melihat iklan yang pada akhirnya mendatangkan pendapatan iklan dari websitenya Iklan yang ada diwebsite ternyata 50% dilihat lewat display desktop dan 50% lagi dari display mobile Phone/HP, maka google mengisyaratkan bahwa ukuran iklan di website harus responsif dan compatible ke displaay webite dan display HP. Banner Size pada Display Website di Desktop  2 Jenis Banner Online 1.  Banner Statis Banner Statis adalah jenis banner yang dipasang di website yang berisi text dan gambar, banner statis tidak menggunakan animasi dan suara, format banner ini

Cara Menghubungkan Google Adsene Ke Blog di Blogger | Dari Awal, Approval, Seting Iklan Sampai Terima Pendapatan Iklan

Cara menghubungkan google adsene ke blog anda yang anda buat di Content Management System (CMS) blogger anda buat yang pemula, dari awal ke approval lalu seting iklan di blogger dan google adsene sampai terima pendapatan iklan. Motivasi utama sebagaian blogger untuk membuat artikel-artikel di situs blog adalah pendapatan iklan, selain aktulisasi diri.  Blogger yang mendapatkan komentar positip akan tulisanya di artikel yang diposting di website blognya akan menaikan semangat menulis dan mengembangkan website blognya, tetapi bila blogger mendapatkan uang dari postingan artikel di blognya, dia akan mencurahkan perhatian dan waktunya lebih banyak ke situs blognya. Buat blogger pemula sebagian besar harapanya memposting artikel adalah menghasilkan uang terutama dari iklan google adsene , pengalaman penulis sendiri pada waktu awal awal , baru membuat  5 artikel langsung menghubungkan ke adsene dan menunggu approval dari pihak adsene dan putus asa ketika tidak ada khabar dari pihak google ad

Apa itu Fotografi, Videografi, Dan Sinematografi

Bahasa Visual atau gambar maka tidak dipisahkan dengan Fotografi dan Sinematografi, sekarang muncul istilah baru videografi. Apa sih ketiganya, yang pasti semuanya berbicara tentang gambar, gambar bergerak, dan karya visual gambar yang bisa dinikmati banyak kalangan hampir setiap hari dan setiap waktu. Menurut sejarahnya foto mulai dikenal dan temukan di akhir abad 18, dan mulai digunakan di awal abad 19 dan menjadi sebuah industri foto lalu menjadi industri film. Liat Sejarah Fotografi Sekarang fotografi dan sinematografi menjadi cabang ilmu sendiri dan ada jurusan sendiri untuk mempelajarinya, salah satunya jurusan Film dan Televisi di IKJ (Institute kesenian Jakarta). Keahlian dibidang fotografi dan sinematografi banyak dipakai di industri televisi dan iklan, juga sangat membantu ketika terjun di dunia youtuber dan selebgram yang penghasilannya melampaui yang berkerja di dunia televisi. Media Digital yang berkembang sekarang terutama hiburan di media sosial seperti youtube, instag