Skip to main content

Road Map/Jalur Belajar Menjadi Seorang Web Programming

Banyak yang bertanya dan ingin tahu, bagaimana belajarnya dan dari mana memulai belajar menjadi seorang web programming. Aplikasi apa yang dibutuhkan dan urutan materi bahasa pemograman yang harus dikuasai, hambatan dan pengalaman yang akan di hadapi dalam proses menjadi web programing

Programer adalah seoarang yang menulis kode untuk menciptakan perangkat lunak komputer (software), atau mereka menulis kode program (dengan bahasa komputer/pemograman) agar komputer dapat menjalankan instruksi yang di inginkan.

Profesi programer menjadi profesi yang esklusif, sebab sedikit orang yang menguasainya, sedangkan di dunia industri IT sangat dibutuhkan.

Dunia digital membutuhkan banyak programer untuk mengelola dan membuat web, aplikasi dan database komputer.



Berapa Gaji Seorang Programer

Berdasarkan aplikasi pencari kerja indeed,berkisar antara 5 - 12 juta per bulan untuk di Indonesia, sedang di Amerika menurut neuvoo.ca gaji rata-rata peogramer bertkisar antar 5.211 $/bulan atau kalau dengan 1 $ = Rp 14.000 gaji seorang programer per jamnya mencapai Rp. 448.000/jam. Tergantung dari pengalaman, kompotensi dan jabatan programernya.

Ada channel upkoding programer bernama Eka Putra  yang berkerja Australia yang hanya lulusan SMA berapa gajinga, bagaimana ceritanya, dan tips menjadi programer dibagikan oleh Eka Putra


Penghasilan yang dapat para programeryang diatas rata-rata perkerja biasa disebabkan proses yang harus dilaluinya dimana mereka harus meluangkan waktu untuk belajar setahap demi setahap, dan melewati pengalaman masa-masa sulit yang biasa dirasakan hampir semua orang ketika menjadi programer.

Macam Perkerjaan Programer

Pemograman mempunyai 4 macam bidang kerja antara lain:

1. Hardware Engineer

Programmer yang harus mampu menciptakan pengaturan/set instruksi pada sebuah hardware komputer seperti perintah hidup atau mati sebuah monitor, keyboard.

2. Sofware Developer

Programmer yang mengkhususkan pada perancangan  dan pengelolaan instruksi sebuah aplikasi, sehingga banyak yang menggunakan aplikasi ini

3. Database Developer

Programer yang mengkhususkan mengelola , menghubungkan database/kumpulan data dengan sebuah instruksi.

Perkerjaanya juga mengatur, mengurutkan, sehingga dapat mengambil informasi dari data tersebut.

4. Web Develover

Programmer merancang dan membuat situs web sesuai dengan desain yang dirancang oleh web desainer. Dimana juga membuat instruksi agar audies bisa mengakses website.


Road Map/Jalur Belajar Web Programming

Khusus untuk seorang web programing, bagaimana atau mulai darimana belajar menjadi web programing.

Menjadi programmer anda bisa langsung masuk kuliah di universitas  dengan jurusan Teknik Informasi atau orang menyebutnya dengan IT (informasi teknologi). Tapi bagi anda juga bisa belajar secara otodidak.

Kalau di kampus programmer sudah dibuat kurikulum (mata kuliah yang harus dikuasai), untuk para otodidak ada beberapa orang programmer yang memberikan  jalur atau jalan belajarnya, dari awal dasar dasar, kelanjutanya sampai menjadi ahli (expert).

Salah satunya adalah Sandi Kagali dosen Unpas di channel youtubr Web Programing Unpas, ada juga channel Upkodingnya Eka Putra, yang membuat jalur belajar dari pengalamannya belajar progaming secara otodidak.

Road map / jalur belajar yang minimal dikuasai yang dibagikan kedua orang diatas, saya ringkas menjadi 3 bagian, anda mulai dari persiapan, lalu kuasai materi dasar bahasa pemograman, lalu tingkat lanjut menjadi ahli (expert) yaitu:

1. Persiapan

Di persiapan  ini sebagian para programer yang sudah menjalankan profesi dalam jangka waktu yang lama memberi saran TENTUKAN TUJUAN mau jadi jenis programer apa; jadi hardware engineer, sofware develope, database developer atau web developer. 

Setelah menetapkan tujuan mulai harus mengetahui dasar-dasar web seperti:
  • http
  • www
  • web browsing (Chome, Firefox, Sapari)
  • web hosting dan nama domain
Anda bisa mencarinya di google atau anda melihat di channel web programing unpas playlist HTML

Setelah itu anda download aplikasi kode editor; Sublime Text dan Visual Studio Code, juga aplikasi pendukungnya seperti Adobe Photosop dan Figma dan mulai kuasai penggunaanya

2. Materi Dasar Bahasa Pemograman Web

Mulai kuasai 4 bahasa dasar untuk pemograman web yaitu;
  1. HTML (Hypertext Mark Up language), membahas tag, atribut, frame & table, sematic HTML
  2. CSS (cascading Style Sheets) Dasar, yang digunakan untuk menghias website menjadi cantik diantaranya membahas Selector, property dan specificity
  3. Version Control System Menggunakan GIT, menghubungkan website yang kita buat dengan pengunjung/ terakses ke semua orang.
  4. Java Scirpt, bahasa dasar pemograman
Anda Bisa tonton tutorialnya dari Sandi kagali di sini



3. Materi lanjutan Be A Expert programer

Pada tahap ini anda sudah bisa mencari kerja sebagai programer web dan mulai berbisnis dari keahlian pada tahapan ini.
  1. Front End Developer, dengan belajar dan menguasai JS Framework dan UI Framework
  2. Full-stack Developer, anda mulai memilih menjadi CMS developer atau Web App Developer
Untuk materi lanjutan menjadi programer anda bisa tonton jalur belajarnya oleh Eka Putra disini.



Baca Juga:

Kunjungi halaman facebok untuk melihat postingan yang berhubungan dengan bisnis online di









Comments

Popular posts from this blog

Teknik Psikologi Pemasaran | Memanfaatkan Emosi Manusia Untuk Bisnis

Ilmu psikologi bisa dimanfaatkan untuk kepentingan bisnis, karena ternyata emosi dan prilaku yang dibahas di disiplin ilmu ini bisa dimanfaatkan oleh pebisnis untuk meningkatkan transaksi penjualan (omset) lebih lanjut mendapatkan pelanggan dan masukan untuk pengembangan produk Ada beberapa teknik psikologi marketing yang umum digunakan dan tidak diketahui oleh kebanyakan orang, dan biasanya penerapan psikologi marketing ada pada banner produk, website landing perusahaan. Apa Itu Psikologi Marketing Psikologi adalah salah satu bidang ilmu pengetahuan dan ilmu terapan yang mempelajari tentang perilaku, fungsi mental, dan proses mental manusia melalui prosedur ilmiah. Wikipedia   Marketing adalah serangkaian kegiatan untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen, baik dengan cara memproduksi produk kemudian memberikan harga dan mempromosikannya kepada konsumen sehingga terjadilah penjualan. Jurnal Enterpreuner Ada dua disiplin ilmu yang digunakan disini yaitu psikologi yang membahas pr

LOGO | Jenis, Fungsi, Aplikasi Membuatnya Dan Penerapanya Dalam Dunia Bisnis

Logo menjadi elemen penting dari sebuah bisnis, logo merupakan representasi dari perusahaan, produk binsis dan melekat image dari publik. Image yang baik sebuah logo berpengaruh ke hasil bisnis (penjualan dan laba). Image yang buruk juga sebaliknya ke hasil bisnis Image sebuah dari sebuah logo didapat dari usaha perusahaan akan menjalankan bisnisnya, menjaga kualitas, service dan nilai yang bagus didapat ke pelanggan akan membuat image dari logo yang juga baik. begitu juga sebaliknya. Perusahaan harus menjaga dan membangun logo/merek mereka mejadi logo yang dipercaya dan mempunyai reputasi yang baik untuk konsumennya.  Reputasi dan kepercayaan adalah modal untuk mendapatkan hasil bisnis yang baik yaitu peningkatan penjualan dan laba dimana bisa berlangung selama waktu yang panjang. Logo Apa Sih Logo merupakan suatu gambar atau sekadar sketsa dengan arti tertentu, dan mewakili suatu arti dari perusahaan, daerah, organisasi, produk, negara, lembaga, dan hal lainnya membutuhkan sesuatu y

Cara Menghubungkan Google Adsene Ke Blog di Blogger | Dari Awal, Approval, Seting Iklan Sampai Terima Pendapatan Iklan

Cara menghubungkan google adsene ke blog anda yang anda buat di Content Management System (CMS) blogger anda buat yang pemula, dari awal ke approval lalu seting iklan di blogger dan google adsene sampai terima pendapatan iklan. Motivasi utama sebagaian blogger untuk membuat artikel-artikel di situs blog adalah pendapatan iklan, selain aktulisasi diri.  Blogger yang mendapatkan komentar positip akan tulisanya di artikel yang diposting di website blognya akan menaikan semangat menulis dan mengembangkan website blognya, tetapi bila blogger mendapatkan uang dari postingan artikel di blognya, dia akan mencurahkan perhatian dan waktunya lebih banyak ke situs blognya. Buat blogger pemula sebagian besar harapanya memposting artikel adalah menghasilkan uang terutama dari iklan google adsene , pengalaman penulis sendiri pada waktu awal awal , baru membuat  5 artikel langsung menghubungkan ke adsene dan menunggu approval dari pihak adsene dan putus asa ketika tidak ada khabar dari pihak google ad