Skip to main content

Google Ads | Bagaimana Buat Akun dan Cara beriklan

Google ads adalah produk periklanan yang dibuat oleh google sebagai bagian bisnisnya dan merupakan sumber pendapatan terbesarnya. Google ads sangat effektif untuk beriklan produk, jasa, website, video youtube karena  penggunaan mesin pencari ini mencapai 97% atau sangat populer. Bagaimana membuat akun dan cara beriklannya dibahas diartikel ini.


Iklan paling populer adalah iklan baris dan iklan banner di koran (media cetak)di era 90 an dan awal 2000 an karena effektif dibaca oleh calon pelanggan, tapi pergeseran tren dimana penggunaan media online menggusur media cetak maka iklan online mengalahkan iklan dimedia cetak dan televisi.

Orang mencari informasi produk, jasa dan  pengetahuan langsung di media online, dan ada tren kebanyakan orang akan membeli sebuah produk akan melakukan riset kecil mengenai harga, kualitas, model di mesin pencari sebelum memutuskan membelinya.

Mesin pencari (search engine) paling populer adalah Google dimana mempunya market share 97% disusul yahoo dan bing dibawah 3 %.


Contoh iklan yang ditampilkan di Google Search dari Google ads bisa dilihat dibawah ini.

Contoh Iklan di Mesin Pencari (Google Ads)

Bila orang mengetik keyword belajar online akan muncul iklan Udemy yang merupakan bisnis kursus online, dan udemy ini membuat iklanya di Google Ads agar muncul seperti diatas (liat Gambar)

Udemy akan muncul di bagian awal/atas hasil pencarian ketika orang mencari informasi tentang belajar online.

Keuntungan Google Ads Dibanding Platform Lain


Ada banyak Platform lain yang digunakan orang beriklan di media online selain google ads yang populer adalah Facebook Ads, Instagram Ads, yang mulai tren adalah TikTok Ads.

Keuntungannya menggunakan google ads adalah:
  • Kepopuleran google dimana hampir semua orang didunia menggunakan platform ini dimana google paling pertama mengumpulkan data pelanggan sbesar 64,4% databoks.
  • Cara beriklan juga mudah, karena google ads membuat tutorialnya di support google
  • Jumlah orang yang mencari informasi di mesin pencari merupakan lintas negara, lintas platform, jadi tingkat keberhasilan hasil bisnis tinggi.
  • Anda juga bisa mengatur audiens sesuai dengan barang, jasa, atau informasi yang dibutuhkan orang.
  • Biaya beriklan bisa disesuaikan dengan budget dan biaya iklan dihitung berdasarkan per klik iklan (PPC = Pay Per Klik) dan trafiik iklan sangat dilindungi dari ilegal trafik 

Cara Beriklan di Google Ads

Ikuti langkah-langkah beriklan dibawah ini:

1. Buka Google Ads

2. Buat Akun Google Ads

Kalau sudah memiliki google mail (gmail) berarti anda sudah memiliki Akun Google Ads, karena akun Google anda adalah akun gmail dan bisa digunakan di semua aplikasi berbasis google ingat moto google 
"Satu Akun, Semua Google berkerja untuk anda"



3. Pilih Tujuan Iklan (Seting Goal)

Setelah masuk ke google ads dan login lewat akun google anda, anda akan dibawa untuk membuat kampanye iklan baru, dimana anda harus memilih satu diantara tiga tujuan iklan yaitu:
  1. Dapat Lebih banyak panggilan (bila bisnis anda bergerak dibidang jasa)
  2. Lebih banyak penjualan atau pendaftaran situs (bila anda seoarang blooger, youtuber atau pemilik website, atau penjual produk)
  3. Dapatkan kunjungan ke lokasi fisik anda (bila anda berupa bengkel, salon, restauran atau tempat wisata juga hotel)
lalu tinggal pilih  klik berikutnya.



4. Lengkapi 4 langkah Kampanye Baru

yaitu:
  1. Bisnis & audiens anda
  2. Iklan anda
  3. Anggaran dan peninjauan
  4. Siapkam Penagihan (pembayaran)

1. Bisnis & audien anda

Isi bisnis anda,kalau anda pernah memasukan bisnis anda ke google bisnisku anda tinggal klik gambar pensil, tapi kalau anda belum pernah, anda tinggal klik bisnis baru seperti gambar dibawah ini.
 


bila klik bisnis baru, sebagai contoh saya menjual jasa informasi dan tutorial bisnis online dengan domain www.belajarbisnisonline.net lalu anda jelaskan bisnis anda Head (judul) dan Intersetingnya semua dalam 120 karakter (ini sama membuat Copywriting) kalau sudah klik berikutnya. lihat contoh gambar dibawah.


lalu isi jangkauan audiens lalu klik selanjutnya anda seperti gambar dibawah ini.


Setelah itu masukan keyword (kata kunci) seperti tag di kata kunci di upload youtube, agar pengunjung yang mengetik kata kunci tersebut akan masuk ke link iklan anda, seperti dibawah ini.


2. Iklan Anda

Disini anda mulai membuat iklan anda yang akan muncul di hasil pencarian Google Ads, anda tinggal masukan 3 judul dan 2 deskripsi iklan seperti contoh dibawah ini


setelah selesai Klik berikutnya.

3. Anggaran & Peninjauan

Disini anda tentukan budget iklan perhari untuk satu bulan iklan seperti contoh dibawah ini, kalau sudah kli berikutnya.


nanti akan masuk peninjauan semua setingan iklan anda seperti dibawah ini.



4. Siapkan Penagihan (Pembayaran)

Anda tinggal membayar jumlah uang dan klik kirim, dan iklan pun akan mulai tayang


Bila ada pertanyaan bisa di tulis di kolom komentar, mudah-mudahan penulis bisa membantu.


BACA JUGA :

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Teknik Psikologi Pemasaran | Memanfaatkan Emosi Manusia Untuk Bisnis

Ilmu psikologi bisa dimanfaatkan untuk kepentingan bisnis, karena ternyata emosi dan prilaku yang dibahas di disiplin ilmu ini bisa dimanfaatkan oleh pebisnis untuk meningkatkan transaksi penjualan (omset) lebih lanjut mendapatkan pelanggan dan masukan untuk pengembangan produk Ada beberapa teknik psikologi marketing yang umum digunakan dan tidak diketahui oleh kebanyakan orang, dan biasanya penerapan psikologi marketing ada pada banner produk, website landing perusahaan. Apa Itu Psikologi Marketing Psikologi adalah salah satu bidang ilmu pengetahuan dan ilmu terapan yang mempelajari tentang perilaku, fungsi mental, dan proses mental manusia melalui prosedur ilmiah. Wikipedia   Marketing adalah serangkaian kegiatan untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen, baik dengan cara memproduksi produk kemudian memberikan harga dan mempromosikannya kepada konsumen sehingga terjadilah penjualan. Jurnal Enterpreuner Ada dua disiplin ilmu yang digunakan disini yaitu psikologi yang membahas pr

LOGO | Jenis, Fungsi, Aplikasi Membuatnya Dan Penerapanya Dalam Dunia Bisnis

Logo menjadi elemen penting dari sebuah bisnis, logo merupakan representasi dari perusahaan, produk binsis dan melekat image dari publik. Image yang baik sebuah logo berpengaruh ke hasil bisnis (penjualan dan laba). Image yang buruk juga sebaliknya ke hasil bisnis Image sebuah dari sebuah logo didapat dari usaha perusahaan akan menjalankan bisnisnya, menjaga kualitas, service dan nilai yang bagus didapat ke pelanggan akan membuat image dari logo yang juga baik. begitu juga sebaliknya. Perusahaan harus menjaga dan membangun logo/merek mereka mejadi logo yang dipercaya dan mempunyai reputasi yang baik untuk konsumennya.  Reputasi dan kepercayaan adalah modal untuk mendapatkan hasil bisnis yang baik yaitu peningkatan penjualan dan laba dimana bisa berlangung selama waktu yang panjang. Logo Apa Sih Logo merupakan suatu gambar atau sekadar sketsa dengan arti tertentu, dan mewakili suatu arti dari perusahaan, daerah, organisasi, produk, negara, lembaga, dan hal lainnya membutuhkan sesuatu y

Cara Menghubungkan Google Adsene Ke Blog di Blogger | Dari Awal, Approval, Seting Iklan Sampai Terima Pendapatan Iklan

Cara menghubungkan google adsene ke blog anda yang anda buat di Content Management System (CMS) blogger anda buat yang pemula, dari awal ke approval lalu seting iklan di blogger dan google adsene sampai terima pendapatan iklan. Motivasi utama sebagaian blogger untuk membuat artikel-artikel di situs blog adalah pendapatan iklan, selain aktulisasi diri.  Blogger yang mendapatkan komentar positip akan tulisanya di artikel yang diposting di website blognya akan menaikan semangat menulis dan mengembangkan website blognya, tetapi bila blogger mendapatkan uang dari postingan artikel di blognya, dia akan mencurahkan perhatian dan waktunya lebih banyak ke situs blognya. Buat blogger pemula sebagian besar harapanya memposting artikel adalah menghasilkan uang terutama dari iklan google adsene , pengalaman penulis sendiri pada waktu awal awal , baru membuat  5 artikel langsung menghubungkan ke adsene dan menunggu approval dari pihak adsene dan putus asa ketika tidak ada khabar dari pihak google ad