Skip to main content

3 Hal Wajib Di lakukan Pada Blog Blogger Anda

Apa yang harus dilakukan setelah ada artikel posting di blog blogger anda, ini adalah pertanyaan yang muncul pada blogger pemula. Ada 3 hal wajib yang harus dilakukan, bila 3 hal ini dikerjakan akan mempercepat approval Google Adsene selengkapnya dibahas dibawah ini.

Setelah website  atau situs blog mulai menhasilkan karya berupa konten artikel-artikel yang anda terbitkan, dengan keyword yang baik, dan SEO on page dan Off page, anda mulai dan harus mengembangkan blog anda menjadi blog yang disukai oleh pengunjung internet (traffik) dan mencari cara agar blog anda bisa menghasilkan uang dari konten artikel yang anda tulis.

konten artikel anda akan mejadi informasi juga hiburan buat orang lain, makin banyak artikel yang bagus di situs blog anda makin populer dan banyak pengunjung, maka makin banyak pula pihak ketiga menjadikab blog anda sebagai ladang bisnis terutama bisnis iklan.




3 Hal Wajib Dilakukan Setelah Blog Anda Punya Artikel

3 hal yang wajib anda lakukan agar website itu adalah:

1. Daftarkan Blog Anda Di Google Search Console dan Mesin Pencari lain

Google Search Console adalah aplikasi gratis yang disediakan google untuk medaftarkan website/situs blog anda ke mesin pencari google. Bila situs blog anda tidak didaftar akan sulit orang atau pengunjung mengakses blog anda.

Google adalah  website portal yang menyediakan banyak layanan mulai email, berita, peta (map), dan banyak lain termasuk didalamnya mesin pencari (search engine) yang paling populer di dunia.

Di Dashboard blogger, google search console sendiri anda linknya di menu setelan jadi ketika anda klik anda akan dibawa ke halaman google search console. (lihat digambar bawah)



Anda selanjutnya akan diarahkan ke halaman Google Searach Console


Untuk langkah selanjutnya anda bisa dapatkan tutorialnya di bawah ini cara mendaftar website blog di Google Search Console. Bila sudah mendaftar di google search console anda bisa memantau jumlah impresi, click, artikel-artikel yang terdaftar di mesin pencari google dan rangking artikel anda  dibandingkan dengan artikel sejenis di mesin pencari google.

BACA JUGA: 

2. Daftarkan Blog Anda Di Google Analytic

Google Analytics layanan gratis dari Google yang menampilkan statistik pengunjung sebuah situs web. Google Analytics dapat menelusuri pengunjung berdasarkan informasi halaman pengacu, termasuk mesin pencari, iklan, jaringan pay-per-click, email marketing, dan juga tautan yang terkandung dalam dokumen PDF. Jika diintegrasikan dengan AdWords, Google Analytics juga bermanfaat untuk menganalisis efektfitas iklan AdWords yang dipasang di Google. Dengan Google Analytics, pengguna dapat mengetahui iklan dan kata kunci apa yang paling banyak merujuk ke situs web pengguna. Aplikasi Google Analytics dapat di akses melalui alamat google.com/analytics/. Google Analytics juga digunakan untuk mengetahui kepadatan trafik dari website/blog. Dengan menggunakan Google Analytics seseorang dapat membuat report tentang trafik website/blog dalam jangka waktu harian, mingguan, atau bulanan. Untuk mendaftar pada Google Analytics, seseorang hanya perlu memiliki akun Google. Wikipedia

Di Google Analytics nanti anda akan mendapatkan ID Properti Google Analytics yang anda harus isi di setelan dasar pada dashboard blogger. ( bisa dilihat digambar bawah)



Untuk mendapatkan ID Properti Google Analytics anda harus membuat akun di google analytic dulu, lalu anda tinggal ikuti .langkah-langkah menemukan ID pelacakan properti google analytics dari google support

Cara lengkap mendaftarkan blog dan mendapatkan ID properti google analytics bisa anda baca dibawah ini,

BACA JUGA:


3. Beli Top Level Domain (TLD) di Google Domain


Salah satu hal yang menarik pengunjung mau klik situs anda adalah nama domain, Persepsi orang akan nama atau brand sangat penting, orang akan memilih brand yang dia percaya dibandingkan brand-brand baru.

Top level Domain adalah salah satunya, Domain yang mempunyai extention .com, .net, .id, .tv mempunyai tingkat ketertarikan yang tinggi pengunjung internet, dibandingkan hanya menggunakan sub domain bawaan gratis dari platform blogger.

Untuk mendapatkan Top level domain anda bisa membelinya di Google Domain atau perusahan penyedia domain dan hosting lainnya, karena penulis menggunakan platform blogger yang merupakan platform dimiliki oleh google maka penulis membelinya di google domain.

Caranya anda bisa ke Dashboard Blogger lalu:
  1. Pilih Menu Setelan
  2. Pilih Mempublikasikan
  3. Klik Domain Custom

langkah Membeli Domain di Google Domain

Nanti anda tinggal Klik beli

Beli Domain

Langkah selanjutnya anda bisa baca dan tonton video tutorial beli domain di Google Domain dibawah ini.

BACA JUGA:

Demikian 3 hal yang harus dilakukan para blogger pada blognya berdasarkan pengalaman penulis megelola website blog, silahkan ajkan pertanyaan dikolom komentar bila masih belum jelas, nanti penulis akan menjawabnya.

Kunjungi halaman facebok untuk melihat postingan yang berhubungan dengan bisnis online di

Comments

Popular posts from this blog

Teknik Psikologi Pemasaran | Memanfaatkan Emosi Manusia Untuk Bisnis

Ilmu psikologi bisa dimanfaatkan untuk kepentingan bisnis, karena ternyata emosi dan prilaku yang dibahas di disiplin ilmu ini bisa dimanfaatkan oleh pebisnis untuk meningkatkan transaksi penjualan (omset) lebih lanjut mendapatkan pelanggan dan masukan untuk pengembangan produk Ada beberapa teknik psikologi marketing yang umum digunakan dan tidak diketahui oleh kebanyakan orang, dan biasanya penerapan psikologi marketing ada pada banner produk, website landing perusahaan. Apa Itu Psikologi Marketing Psikologi adalah salah satu bidang ilmu pengetahuan dan ilmu terapan yang mempelajari tentang perilaku, fungsi mental, dan proses mental manusia melalui prosedur ilmiah. Wikipedia   Marketing adalah serangkaian kegiatan untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen, baik dengan cara memproduksi produk kemudian memberikan harga dan mempromosikannya kepada konsumen sehingga terjadilah penjualan. Jurnal Enterpreuner Ada dua disiplin ilmu yang digunakan disini yaitu psikologi yang membahas pr

LOGO | Jenis, Fungsi, Aplikasi Membuatnya Dan Penerapanya Dalam Dunia Bisnis

Logo menjadi elemen penting dari sebuah bisnis, logo merupakan representasi dari perusahaan, produk binsis dan melekat image dari publik. Image yang baik sebuah logo berpengaruh ke hasil bisnis (penjualan dan laba). Image yang buruk juga sebaliknya ke hasil bisnis Image sebuah dari sebuah logo didapat dari usaha perusahaan akan menjalankan bisnisnya, menjaga kualitas, service dan nilai yang bagus didapat ke pelanggan akan membuat image dari logo yang juga baik. begitu juga sebaliknya. Perusahaan harus menjaga dan membangun logo/merek mereka mejadi logo yang dipercaya dan mempunyai reputasi yang baik untuk konsumennya.  Reputasi dan kepercayaan adalah modal untuk mendapatkan hasil bisnis yang baik yaitu peningkatan penjualan dan laba dimana bisa berlangung selama waktu yang panjang. Logo Apa Sih Logo merupakan suatu gambar atau sekadar sketsa dengan arti tertentu, dan mewakili suatu arti dari perusahaan, daerah, organisasi, produk, negara, lembaga, dan hal lainnya membutuhkan sesuatu y

Cara Menghubungkan Google Adsene Ke Blog di Blogger | Dari Awal, Approval, Seting Iklan Sampai Terima Pendapatan Iklan

Cara menghubungkan google adsene ke blog anda yang anda buat di Content Management System (CMS) blogger anda buat yang pemula, dari awal ke approval lalu seting iklan di blogger dan google adsene sampai terima pendapatan iklan. Motivasi utama sebagaian blogger untuk membuat artikel-artikel di situs blog adalah pendapatan iklan, selain aktulisasi diri.  Blogger yang mendapatkan komentar positip akan tulisanya di artikel yang diposting di website blognya akan menaikan semangat menulis dan mengembangkan website blognya, tetapi bila blogger mendapatkan uang dari postingan artikel di blognya, dia akan mencurahkan perhatian dan waktunya lebih banyak ke situs blognya. Buat blogger pemula sebagian besar harapanya memposting artikel adalah menghasilkan uang terutama dari iklan google adsene , pengalaman penulis sendiri pada waktu awal awal , baru membuat  5 artikel langsung menghubungkan ke adsene dan menunggu approval dari pihak adsene dan putus asa ketika tidak ada khabar dari pihak google ad