Skip to main content

Cara Memasang Link dan Banner Affiliate di Blogger | Gunakan Dashboard Blogger Terbaru Revisi

Cara memasang Link dan banner Affiliate di Blogger harus diketahui buat para blogger. Link dan Banner merupakan hal penting untuk meningkatkan rangking di mesin pencari (search engine) dan juga untuk menanamkan Landing Page affiliate yang medatangkan penghasilan komisi affiliate buat pemilik website blog. 

Di dashboard blogger klasik buat blogger yang tidak paham Java script akan sulit menanamkan Link landing page Affiliate pada Banner Digital. Di Dashboard blogger terbaru ditambahkan fitur yang memungkinkan para blogger memasang banner dan link dari affiliate yang ditawarkan banyak perusahaan sebagai alat pemasaran digital. 



Apa itu Link dan Banner Affiliate

Link dalam bahasa Indonesia yang baku adalah pranala (tautan) kata Pranala jarang dipakai dibuku-buku tentang komputer dan jaringan dimana lebih banyak mengunakan kata LINK dalam menjelaskan tentang halaman post blogger yang terhubung dengan halaman post blogger lain, sedangkan banner atau orang awan kenal sebagi spanduk adalah alat bantu pemasaran berupa kain yang berisi gambar produk atau kata yang menginformasikan bisnis.

Sedangkan Affiliate adalah model pemasaran produk atau jasa milik orang lain dimana kita akan mendapatkan komisi untuk setiap penjualan yang terjadi, dalam hal ini mengunakan pemasaran digital,

Banner yang dipasang diblogger berbeda banner di pasang dijalan, banner di jalan ukuran yang dipakai adalah meter dan centimeter, sedangkan di website menggunakan satuan Pixel. Defenisi link dan banner menurut wikepedia adalah.

Link (Pranala) adalah sebuah acuan dalam dokumen hiperteks ke dokumen yang lain atau sumber lain. Seperti halnya suatu kutipan di dalam literatur. Dikombinasikan dengan sebuah jaringan data dan sesuai dengan protokol akses, sebuah komputer dapat diminta untuk memperoleh sumber yang direferensikan. wikipedia

Web banner/Banner (Spanduk web) adalah bentuk iklan yang dipakai di jaringan Internet. Bentuk iklan daring ini biasanya merupakan bagian dari suatu halaman web yang dipakai untuk menarik perhatian penjelajah supaya mengunjungi situs web yang dimaksud. Spanduk ini biasanya dibuat menggunakan format gambar (JPG, GIF, PNG), skrip Java, dan objek multimedia lainnya. wikipedia




Baca Juga:

Manfaat Link dan Banner pada Post Blogger

Banner digunakan sebagai alat pemasaran agar dapat perhatian dari pengunjung yang pada ujungnya buat pemasang banner adalah hasil bisnis yaitu meningkatkan transaksi penjualan dan laba. Banner dipasang dengan berbagai ukuran di beberapa tempat di website blog dan artikel sebuah website blog.

Banner sendiri yang berbentuk gambar atau video pendek akan membuat pengunjung tidak bosan bila membaca artikel post kita, bayangkan bila artikel kita hanya terdiri text maka mata pengunjung akan lelah dan akan menutup artikel kita lalu beralih ke artikel lain yang lebih nyaman buat matanya.

Berapa Ukuran dan Dimana Pemasangan Banner dan Link Affiliate ?


Ukuran banner harus kompatible dengan template mobile phone, karena setengah lebih pembaca artikel anda berasal dari mobile phone bukan laptop. Ada beberapa tempat banner yang mempunyai impressions ( perhatian ) tinggi salah satunya head section dan contain section. 

Ukuran Banner dan Penempatanya di Website


Banner akan menarik pengunjung website untuk melihat pesan bisnis yang ada di dalamnya, untuk mengkonversi menjadi penjualan maka ditanamkan link di banner agar pengunjung yang mengklik banner diarahkan ke halaman transaksi produk (Landing Page). 

Banner dan Link affiliate biasanya disedialkan perusahaan yang menggunakan model pemasaran affiliate. Dibawah ini Link dan Banner yang disediakan perusahaan Involve Asia

Link dan Banner di Involve Asia


Cara Memasang Link dan Banner di Post Artikel Website Blog

Langkah-langkah memasang link dan banner di post artikel website blog:

1. Siapkan Banner dan Link yang akan dipasang

Untuk mendapatkan banner dan link affiliate anda harus mendaftar (registrasi) ke perusahaan yang menyediakan ada banyak perusahaan yang menyediakan program affiliate diantaranya:

setelah anda di setujui (approve) sebagai marketer perusahaan affilate, anda mendapatkan Link dan banner affiiate secara gratis untuk ditempakan di website blog dan property digital anda.

Banner yang anda dapat bisa disimpan di komputer anda atau di google drive anda,

2. Tentukan lokasi banner dan link yang akan dipasang

Setelah memiliki banner yang menarik menurut anda agar di klik oleh pengunjung dan melakukan transaksi dalam hal ini PPS (Pay Per Sales), anda tinggal menempatkannya di artikel Post, dimana anda bisa pasang di Heading section maupun Contain section.

Saya sarankan di pasang di alinea ke 2 atau 3 dibawah heading section dimana banyak mendapatkan impression yang banyak dari para pengunjung. Maksimal 2 atau 3 banner berserta linknya, jangan terlalu banyak karena akan memberatkan loading pengunjung.

3. Sisipkan Gambar Banner

Ketika lokasi banner telah anda tetapkan, tinggal menyisipkan gambar (picture) di artikel post yang anda tulis. Anda tinggal mengatur besar kecilnya banner dan posisinya dan juga caption(keterangan gambar), liat gambar dibawah.

Fitur Sisipkan Gambar/ Banner

4. Masukan Link affiliate di setingan link di gambar

Setelah itu anda pastekan link yang anda copy dari affilate program yang anda ikuti, di gambar rantai di bawah judul, setelah itu di link lanjutan anda bisa klik dofollow dan buka halaman baru pada saat diklik oleh pengunjung, lalu klik terapkan dan simpan.

Sisipkan Link Affiliate Pada Banner

5. Coba klik Link di blog website untuk menguji keberhasilan pemasangan link

Setelah artikel anda di publikasikan, anda coba buka artikel dan klik banner anda apakah berhasil mengarahkan ke Landing page website affiliate yang anda ikuti.

Silahkan mencoba dan liat topik lain di website blog saya.
Kunjungi halaman facebok untuk melihat postingan yang berhubungan dengan bisnis online di


Comments

Popular posts from this blog

Ukuran Iklan Banner (Banner Ads) website dan Mobile Phone

Berapa ukuran iklan banner website (Banner Ads) yang bisa dilihat di deskstop/komputer, tablet, dan mobile phone? dan ukuran mana yang paling banyak dipakai oleh google adsene? Bila kita tahu jawabannya maka bisa kita gunakan juga buat iklan website kita sendiri. Google sendiri memberikan standar ukuran banner iklan dimana ukuran banner tidak boleh menggangu kenyamana audiens website dan harus cukup perhatian dari audiens untuk melihat iklan yang pada akhirnya mendatangkan pendapatan iklan dari websitenya Iklan yang ada diwebsite ternyata 50% dilihat lewat display desktop dan 50% lagi dari display mobile Phone/HP, maka google mengisyaratkan bahwa ukuran iklan di website harus responsif dan compatible ke displaay webite dan display HP. Banner Size pada Display Website di Desktop  2 Jenis Banner Online 1.  Banner Statis Banner Statis adalah jenis banner yang dipasang di website yang berisi text dan gambar, banner statis tidak menggunakan animasi dan suara, format banner ini

Cara Menghubungkan Google Adsene Ke Blog di Blogger | Dari Awal, Approval, Seting Iklan Sampai Terima Pendapatan Iklan

Cara menghubungkan google adsene ke blog anda yang anda buat di Content Management System (CMS) blogger anda buat yang pemula, dari awal ke approval lalu seting iklan di blogger dan google adsene sampai terima pendapatan iklan. Motivasi utama sebagaian blogger untuk membuat artikel-artikel di situs blog adalah pendapatan iklan, selain aktulisasi diri.  Blogger yang mendapatkan komentar positip akan tulisanya di artikel yang diposting di website blognya akan menaikan semangat menulis dan mengembangkan website blognya, tetapi bila blogger mendapatkan uang dari postingan artikel di blognya, dia akan mencurahkan perhatian dan waktunya lebih banyak ke situs blognya. Buat blogger pemula sebagian besar harapanya memposting artikel adalah menghasilkan uang terutama dari iklan google adsene , pengalaman penulis sendiri pada waktu awal awal , baru membuat  5 artikel langsung menghubungkan ke adsene dan menunggu approval dari pihak adsene dan putus asa ketika tidak ada khabar dari pihak google ad

Tutorial Video Editing Filmora X | #2 Mengenal Menu Dan Fitur Editing Video

Tutorial video editing filmora X. dimana merupakan penyempurnaan dari filmora 9, Mengenal menu dan fitur editing video filmora X  yang sebgaian besar ada di filmora 9. Artikel ini merupakan atikel Kedua dari tutorial video editing filmora X Anda sudah mendownload dan instal aplikasi wonderser filmora di kompurter anda, lanjut mengenal menu-menu dan fitur-fitur yang ada di Filmora X.  Pada dasarnya sebagian besar menu dan fitur di filmora X ada di filmora 9 yang berbeda hanya versi 10 ada tambahan yaitu: Motion Tracking key Frame Animation Audio Ducking Color Matching Jadi untuk belajar editing filmora X akan lebih mudah bila sudah mengenal dan memakai filmora 9, dan tutorial sebagaian menu dan fitur ada di versi 9. Video yang bagus adalah paduan gambar dan audio yang mencerminkan cerita dan pesan yang akan disampaikan dari video. terkadang video bagus belum tentu di tonton orang, tetapi kekuatan isi video lah yang orang tonton. Ada banyak variabel yang menyebabkan sebuah video sukses d