Skip to main content

Cara Memasang Link dan Banner Affiliate di Blogger | Gunakan Dashboard Blogger Terbaru Revisi

Cara memasang Link dan banner Affiliate di Blogger harus diketahui buat para blogger. Link dan Banner merupakan hal penting untuk meningkatkan rangking di mesin pencari (search engine) dan juga untuk menanamkan Landing Page affiliate yang medatangkan penghasilan komisi affiliate buat pemilik website blog. 

Di dashboard blogger klasik buat blogger yang tidak paham Java script akan sulit menanamkan Link landing page Affiliate pada Banner Digital. Di Dashboard blogger terbaru ditambahkan fitur yang memungkinkan para blogger memasang banner dan link dari affiliate yang ditawarkan banyak perusahaan sebagai alat pemasaran digital. 



Apa itu Link dan Banner Affiliate

Link dalam bahasa Indonesia yang baku adalah pranala (tautan) kata Pranala jarang dipakai dibuku-buku tentang komputer dan jaringan dimana lebih banyak mengunakan kata LINK dalam menjelaskan tentang halaman post blogger yang terhubung dengan halaman post blogger lain, sedangkan banner atau orang awan kenal sebagi spanduk adalah alat bantu pemasaran berupa kain yang berisi gambar produk atau kata yang menginformasikan bisnis.

Sedangkan Affiliate adalah model pemasaran produk atau jasa milik orang lain dimana kita akan mendapatkan komisi untuk setiap penjualan yang terjadi, dalam hal ini mengunakan pemasaran digital,

Banner yang dipasang diblogger berbeda banner di pasang dijalan, banner di jalan ukuran yang dipakai adalah meter dan centimeter, sedangkan di website menggunakan satuan Pixel. Defenisi link dan banner menurut wikepedia adalah.

Link (Pranala) adalah sebuah acuan dalam dokumen hiperteks ke dokumen yang lain atau sumber lain. Seperti halnya suatu kutipan di dalam literatur. Dikombinasikan dengan sebuah jaringan data dan sesuai dengan protokol akses, sebuah komputer dapat diminta untuk memperoleh sumber yang direferensikan. wikipedia

Web banner/Banner (Spanduk web) adalah bentuk iklan yang dipakai di jaringan Internet. Bentuk iklan daring ini biasanya merupakan bagian dari suatu halaman web yang dipakai untuk menarik perhatian penjelajah supaya mengunjungi situs web yang dimaksud. Spanduk ini biasanya dibuat menggunakan format gambar (JPG, GIF, PNG), skrip Java, dan objek multimedia lainnya. wikipedia




Baca Juga:

Manfaat Link dan Banner pada Post Blogger

Banner digunakan sebagai alat pemasaran agar dapat perhatian dari pengunjung yang pada ujungnya buat pemasang banner adalah hasil bisnis yaitu meningkatkan transaksi penjualan dan laba. Banner dipasang dengan berbagai ukuran di beberapa tempat di website blog dan artikel sebuah website blog.

Banner sendiri yang berbentuk gambar atau video pendek akan membuat pengunjung tidak bosan bila membaca artikel post kita, bayangkan bila artikel kita hanya terdiri text maka mata pengunjung akan lelah dan akan menutup artikel kita lalu beralih ke artikel lain yang lebih nyaman buat matanya.

Berapa Ukuran dan Dimana Pemasangan Banner dan Link Affiliate ?


Ukuran banner harus kompatible dengan template mobile phone, karena setengah lebih pembaca artikel anda berasal dari mobile phone bukan laptop. Ada beberapa tempat banner yang mempunyai impressions ( perhatian ) tinggi salah satunya head section dan contain section. 

Ukuran Banner dan Penempatanya di Website


Banner akan menarik pengunjung website untuk melihat pesan bisnis yang ada di dalamnya, untuk mengkonversi menjadi penjualan maka ditanamkan link di banner agar pengunjung yang mengklik banner diarahkan ke halaman transaksi produk (Landing Page). 

Banner dan Link affiliate biasanya disedialkan perusahaan yang menggunakan model pemasaran affiliate. Dibawah ini Link dan Banner yang disediakan perusahaan Involve Asia

Link dan Banner di Involve Asia


Cara Memasang Link dan Banner di Post Artikel Website Blog

Langkah-langkah memasang link dan banner di post artikel website blog:

1. Siapkan Banner dan Link yang akan dipasang

Untuk mendapatkan banner dan link affiliate anda harus mendaftar (registrasi) ke perusahaan yang menyediakan ada banyak perusahaan yang menyediakan program affiliate diantaranya:

setelah anda di setujui (approve) sebagai marketer perusahaan affilate, anda mendapatkan Link dan banner affiiate secara gratis untuk ditempakan di website blog dan property digital anda.

Banner yang anda dapat bisa disimpan di komputer anda atau di google drive anda,

2. Tentukan lokasi banner dan link yang akan dipasang

Setelah memiliki banner yang menarik menurut anda agar di klik oleh pengunjung dan melakukan transaksi dalam hal ini PPS (Pay Per Sales), anda tinggal menempatkannya di artikel Post, dimana anda bisa pasang di Heading section maupun Contain section.

Saya sarankan di pasang di alinea ke 2 atau 3 dibawah heading section dimana banyak mendapatkan impression yang banyak dari para pengunjung. Maksimal 2 atau 3 banner berserta linknya, jangan terlalu banyak karena akan memberatkan loading pengunjung.

3. Sisipkan Gambar Banner

Ketika lokasi banner telah anda tetapkan, tinggal menyisipkan gambar (picture) di artikel post yang anda tulis. Anda tinggal mengatur besar kecilnya banner dan posisinya dan juga caption(keterangan gambar), liat gambar dibawah.

Fitur Sisipkan Gambar/ Banner

4. Masukan Link affiliate di setingan link di gambar

Setelah itu anda pastekan link yang anda copy dari affilate program yang anda ikuti, di gambar rantai di bawah judul, setelah itu di link lanjutan anda bisa klik dofollow dan buka halaman baru pada saat diklik oleh pengunjung, lalu klik terapkan dan simpan.

Sisipkan Link Affiliate Pada Banner

5. Coba klik Link di blog website untuk menguji keberhasilan pemasangan link

Setelah artikel anda di publikasikan, anda coba buka artikel dan klik banner anda apakah berhasil mengarahkan ke Landing page website affiliate yang anda ikuti.

Silahkan mencoba dan liat topik lain di website blog saya.
Kunjungi halaman facebok untuk melihat postingan yang berhubungan dengan bisnis online di


Comments

Popular posts from this blog

Teknik Psikologi Pemasaran | Memanfaatkan Emosi Manusia Untuk Bisnis

Ilmu psikologi bisa dimanfaatkan untuk kepentingan bisnis, karena ternyata emosi dan prilaku yang dibahas di disiplin ilmu ini bisa dimanfaatkan oleh pebisnis untuk meningkatkan transaksi penjualan (omset) lebih lanjut mendapatkan pelanggan dan masukan untuk pengembangan produk Ada beberapa teknik psikologi marketing yang umum digunakan dan tidak diketahui oleh kebanyakan orang, dan biasanya penerapan psikologi marketing ada pada banner produk, website landing perusahaan. Apa Itu Psikologi Marketing Psikologi adalah salah satu bidang ilmu pengetahuan dan ilmu terapan yang mempelajari tentang perilaku, fungsi mental, dan proses mental manusia melalui prosedur ilmiah. Wikipedia   Marketing adalah serangkaian kegiatan untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen, baik dengan cara memproduksi produk kemudian memberikan harga dan mempromosikannya kepada konsumen sehingga terjadilah penjualan. Jurnal Enterpreuner Ada dua disiplin ilmu yang digunakan disini yaitu psikologi yang membahas pr

LOGO | Jenis, Fungsi, Aplikasi Membuatnya Dan Penerapanya Dalam Dunia Bisnis

Logo menjadi elemen penting dari sebuah bisnis, logo merupakan representasi dari perusahaan, produk binsis dan melekat image dari publik. Image yang baik sebuah logo berpengaruh ke hasil bisnis (penjualan dan laba). Image yang buruk juga sebaliknya ke hasil bisnis Image sebuah dari sebuah logo didapat dari usaha perusahaan akan menjalankan bisnisnya, menjaga kualitas, service dan nilai yang bagus didapat ke pelanggan akan membuat image dari logo yang juga baik. begitu juga sebaliknya. Perusahaan harus menjaga dan membangun logo/merek mereka mejadi logo yang dipercaya dan mempunyai reputasi yang baik untuk konsumennya.  Reputasi dan kepercayaan adalah modal untuk mendapatkan hasil bisnis yang baik yaitu peningkatan penjualan dan laba dimana bisa berlangung selama waktu yang panjang. Logo Apa Sih Logo merupakan suatu gambar atau sekadar sketsa dengan arti tertentu, dan mewakili suatu arti dari perusahaan, daerah, organisasi, produk, negara, lembaga, dan hal lainnya membutuhkan sesuatu y

Apa itu Fotografi, Videografi, Dan Sinematografi

Bahasa Visual atau gambar maka tidak dipisahkan dengan Fotografi dan Sinematografi, sekarang muncul istilah baru videografi. Apa sih ketiganya, yang pasti semuanya berbicara tentang gambar, gambar bergerak, dan karya visual gambar yang bisa dinikmati banyak kalangan hampir setiap hari dan setiap waktu. Menurut sejarahnya foto mulai dikenal dan temukan di akhir abad 18, dan mulai digunakan di awal abad 19 dan menjadi sebuah industri foto lalu menjadi industri film. Liat Sejarah Fotografi Sekarang fotografi dan sinematografi menjadi cabang ilmu sendiri dan ada jurusan sendiri untuk mempelajarinya, salah satunya jurusan Film dan Televisi di IKJ (Institute kesenian Jakarta). Keahlian dibidang fotografi dan sinematografi banyak dipakai di industri televisi dan iklan, juga sangat membantu ketika terjun di dunia youtuber dan selebgram yang penghasilannya melampaui yang berkerja di dunia televisi. Media Digital yang berkembang sekarang terutama hiburan di media sosial seperti youtube, instag