Skip to main content

Aplikasi TikTok | Tutorial Buat Video Menarik Dan Mendapatkan Follower

Aplikasi TikTok menjadi aplikasi yang digemari banyak kalangan terutama remaja dan dewasa dimana platformnya seperti instagram yang memadukan musik dan video pendek. Dibawah ini artikel cara membuat video dan bagaimana mendapatkan follower juga mendapatkan uang dari aplikasi ini

Per April 2020 penguna aplikasi tiktok mencapai 800 juta di seluruh dunia, Juli 2021 ada 100 juta orang mendownload aplikasi tiktok di Play Store, kalo ditambah App Store dan yang lain munkin saat ini sudah diatas 1 Milyar pengguna di seluruh dunia.

TikTok (juga dikenal sebagai Douyin (Hanzi: 抖音) adalah sebuah jaringan sosial dan platform video musik Tiongkok yang dluncurkan pada September 2016 oleh Zhang Yiming, pendiri Toutiao.Aplik asi tersebut membolehkan para pemakai untuk membuat video musik pendek mereka sendiri. Wikipedia

Tahun 2018 Tiktok sempat diblokir oleh pemerintah Indonesia karena banyak keluhan tentang konten negatif untuk anak-anak, tetapi sekarang semua konten di hapus dan diperbaiki sesuai tuntutan pemerintah.

Dan sekarang video-video viral banyak berasal dari aplikasi tiktok, salah satunya goyang jamet dari Kangean Madura untuk lokal dan Khabe.lame untuk internasional.




Bagaimana Mendapatkan Uang Di TikTok

Sama seperti Youtube dan Instagram ternyata tiktok juga dapat menghasilkan uang, ada beberapa cara agar menghasilkan uang antara lain; 

  1. Creator TikTok. Fitur kreator tiktok memungkinkan pengguna mendapatkan uang berdasarkan banyaknya view videonya dengan syarat; mengunakan tiktok pro, punya 10 rb follower, dalam sebulan memiliki 10 rb view dengan usia diatas 18 tahun.
  2. Live Streaming, syaratnya pengguna mempunyai 1.000 orang follower, nanti penonton akan memberikan gift yang bisa diuangkan.
  3. Endorsment, bila followernya banyak maka pengguna bisa membuka jasa endorse produk yang akan disisipkan di video tiktok, atau buat konten viedo sendiri berkerjasama dengan produk yang di endorse, contoh konten bulansutena endorse cimori
  4. Berjualan Online, anda bisa mengunakan promosi lewat tiktok ads untuk memasarkan produk anda.
Baca Juga:

Langkah Membuat Video Tik-tok

1. Download dan Registrasi TikTok

Anda bisa download aplikasi di Play Store, lalu tinggal registrasi seperti video dibawah ini. 



2. Set Up Profil Akun

Profil penting diisi karena mengambarkan siapa anda, isi foto dan video profil dan deskripsi tentang akun anda, dan juga sambungkan ke akun media sosial yang lain yaitu instahram, youtube, dan twitter




3. Buat Video TikTok

  • Siapkan Video atau Gambar yang akan dijadikan Video lalu 
  • Siapkan musik yang sesuai dengan tema video atau gambar
  • Gunakan effek, text, stiker 
musik, eeffek, text, dan stiker akan mempercantik hasil video seperti dibawah ini


4. Beri Caption dan Hastag lalu Posting

Video agar banyak pengunjung yang menonton pada saat mereka mencari tema di pencarian tiktok bila mengunakan kata yang pasang di hastag (#) maka tiktok akan merekomendasikan video kita.




Hasil videonya seperti dibawah ini.




Bagaimana Menambah Follower Di Tiktok

Untuk menambah follower tiktok anda ada beberapa yang bisa anda lakukan antara lain:

1. Buat Konten yang Menarik

Konten yang menarik adalah konten yang baru yang belum dibuat orang lain, yang segar sehingga menjadi perhatian pengguna tiktok.

Konten juga harus konsiten postingnya, dan juga mengikuti trend vital seperti lagu yang sedang digemari. kreatifitas adalah kuncinya. kreatifitas muncul bila membuat video terlatih atau rutin di buat maka akan bertumbuh master.

Bila dilakukan terus akan ada kesempatan masuk di halaman FYP (for your page), yaitu halaman home tiktok yang macam kategori konten. Kalau masuk FYP maka kesempatan mendapatkan follower akan lebih besar.

2. Optimasi Profile

Foto, nama, samapi deskripsi di profile akan mempengaruhi pengunjung untuk melihat konten-koten di akun anda.

Buat deskripsi yang spesifik yang menggambarkan tentang anda misalnya fokus menyannyi, lebih spesifik nyanyi rock, pop, rap, dan seterusnya.

3. Gunakan Hastag (#)

Dengan hastag (#) konten kita akan terhubung dengan pengunjung yang mencari tema yang sama denga yang kita tuliskan di hastak video, misalnya kita tulisan #funnycat maka semua pengunjung yang menulis di fitur pencari funnycat akan terhubung dengan video kita.

Gunakan sebanyak mungkin kata-kata yang bisa di tulis di hastag yang disediakan pada saat sebelum posting video.

4. Pahami Algoritma TikTok

Faktor yang mempengaruhi algoritma tiktok antara lain: hastag, interaksi pengguna lewat chart, dan informasi video salah-satunya caption judul video.

5. Sebarkan di Media Sosial

Media sosial sangat berperan meperbesar jumlah view video anda juga akan memperbesar follower, Tiktok sebenarnya memberikan fitur yang bisa digunakan untuk menyebarkan video tiktok anda ke WA, Instagram, Fb, dan twitter.

6. Promosikan

Tiktok menyediakan promosi lewat tiktok ads, tapi anda juga bisa gunakan platform lain seperti instagram ads, facebook ads, dan google ads untuk video anda.

Beberapa Akun Tiktok Dengan Follower Terbanyak Di Dunia dan Indonesia

Untuk membuat konten-konten video tiktok anda bisa melihat video-video dengan akun terbanyak di dunia dan Indonesia, sebagai sumber inspirasi  dan wawasan anda.

Follower akun tiktok saling bersaing dalam mendapatkan follower. jumlah follower saling susul menyusul dengan tergantung kosisten postingan dan kualiats video.

Untuk Dunia Folloer terbanyak per Juli 2021 antara lain:
  1. Charli D'Ameli, dengan 119, 2 Juta follower seorang penari dari Amerika
  2. khabane lame, dengan 85,8 juta follower dari afrika ini memposting cara konten simple yang lucu
  3. Zack King, dengan 62 juta follower, dengan konten video sulapnya menarik untuk di tonton,
Follower terbanyak akun tiktok Indonesia antara lain:
  1. Ria ricis, dengan 18,1 juta follower dan di youtuber subcribenya mencapai 25, 9 juta. wow besar sekali, konten-konten ricis didukung team supportnya dengan kompetensi editing, kameramen, dan team creativenya yang dia bayar,
  2. Cahyanirynn, dengan 14,9 juta follower di youtube subcribenya juga 4,14 juta  lahir tahun 1999 mempunyai konten menari, menghibur, game, skin care hingga berdandan.
  3. Sandy Saputra, dengan 14,8 juta follower di youtube subcribenya 1,89 juta . akunya masuk sebagai nominasi “Popular Creator of the Year,” di TikTok Awards tahun 2020, dimana kontenya berisi menari.

Kesimpulan

Profesi seni dan kreatif sekarang mendapat tempat yang luas dengan hadirnya aplikasi menghibur seperti tiktok, bila fokus dan serius menjadi konten kreator tiktok maka bisa juga menjadi sumber pendapatan.

Comments

Popular posts from this blog

Teknik Psikologi Pemasaran | Memanfaatkan Emosi Manusia Untuk Bisnis

Ilmu psikologi bisa dimanfaatkan untuk kepentingan bisnis, karena ternyata emosi dan prilaku yang dibahas di disiplin ilmu ini bisa dimanfaatkan oleh pebisnis untuk meningkatkan transaksi penjualan (omset) lebih lanjut mendapatkan pelanggan dan masukan untuk pengembangan produk Ada beberapa teknik psikologi marketing yang umum digunakan dan tidak diketahui oleh kebanyakan orang, dan biasanya penerapan psikologi marketing ada pada banner produk, website landing perusahaan. Apa Itu Psikologi Marketing Psikologi adalah salah satu bidang ilmu pengetahuan dan ilmu terapan yang mempelajari tentang perilaku, fungsi mental, dan proses mental manusia melalui prosedur ilmiah. Wikipedia   Marketing adalah serangkaian kegiatan untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen, baik dengan cara memproduksi produk kemudian memberikan harga dan mempromosikannya kepada konsumen sehingga terjadilah penjualan. Jurnal Enterpreuner Ada dua disiplin ilmu yang digunakan disini yaitu psikologi yang membahas pr

LOGO | Jenis, Fungsi, Aplikasi Membuatnya Dan Penerapanya Dalam Dunia Bisnis

Logo menjadi elemen penting dari sebuah bisnis, logo merupakan representasi dari perusahaan, produk binsis dan melekat image dari publik. Image yang baik sebuah logo berpengaruh ke hasil bisnis (penjualan dan laba). Image yang buruk juga sebaliknya ke hasil bisnis Image sebuah dari sebuah logo didapat dari usaha perusahaan akan menjalankan bisnisnya, menjaga kualitas, service dan nilai yang bagus didapat ke pelanggan akan membuat image dari logo yang juga baik. begitu juga sebaliknya. Perusahaan harus menjaga dan membangun logo/merek mereka mejadi logo yang dipercaya dan mempunyai reputasi yang baik untuk konsumennya.  Reputasi dan kepercayaan adalah modal untuk mendapatkan hasil bisnis yang baik yaitu peningkatan penjualan dan laba dimana bisa berlangung selama waktu yang panjang. Logo Apa Sih Logo merupakan suatu gambar atau sekadar sketsa dengan arti tertentu, dan mewakili suatu arti dari perusahaan, daerah, organisasi, produk, negara, lembaga, dan hal lainnya membutuhkan sesuatu y

Cara Menghubungkan Google Adsene Ke Blog di Blogger | Dari Awal, Approval, Seting Iklan Sampai Terima Pendapatan Iklan

Cara menghubungkan google adsene ke blog anda yang anda buat di Content Management System (CMS) blogger anda buat yang pemula, dari awal ke approval lalu seting iklan di blogger dan google adsene sampai terima pendapatan iklan. Motivasi utama sebagaian blogger untuk membuat artikel-artikel di situs blog adalah pendapatan iklan, selain aktulisasi diri.  Blogger yang mendapatkan komentar positip akan tulisanya di artikel yang diposting di website blognya akan menaikan semangat menulis dan mengembangkan website blognya, tetapi bila blogger mendapatkan uang dari postingan artikel di blognya, dia akan mencurahkan perhatian dan waktunya lebih banyak ke situs blognya. Buat blogger pemula sebagian besar harapanya memposting artikel adalah menghasilkan uang terutama dari iklan google adsene , pengalaman penulis sendiri pada waktu awal awal , baru membuat  5 artikel langsung menghubungkan ke adsene dan menunggu approval dari pihak adsene dan putus asa ketika tidak ada khabar dari pihak google ad