Skip to main content

Pemasaran Online (Daring) Dengan Menggunakan EMail (Surel)

Pemasaran online menggunakan email bagaimana caranya? Pengguna email yang besar menjadikan pemasaran online menggunkan email sebagai salah satu cara agar tujuan bisnis perorangan dan perusahaan tercapai, yaitu memperbesar jumlah pelanggan, penjualan, dan akhirnya memperbesar keuntungan bisnis

Pengguna email yang menjadi  tempat mengirim dan pengirim pesan yang bersifat formal berupa text dan gambar digunakan  hampir semua perusahaan, lembaga baik swasta dan pemerintah

Sekarang hampir setiap pribadi mempunyai email yang digunakan untuk pribadi dan usaha. Pengguna email yang besar menjadikan email sebagai alat effektip pemasaran. Rata-rata pengguna pribadi menggunakan email untuk keperluan data pribadi untuk membuka akun bank, meregistrasi akun aplikasi-aplikasi yang didownload dari playstore dan AppStore dan sekarang setiap registrasi data kependudukan, pajak meminta email pribadi.



Electronik Mail (Email}

Email atau Surat Elektronik adalah sarana kirim mengirim surat melalui jalur jaringan komputer (Internet).

Surat elektronik mulai menggerus surat biasa yang dulu orang harus menuliskanya pada sebuah kertas dan membubuhkan prangko sebagai biaya mengirimnya.

Email sekarang bisa dibuat bukan hanya dari laptop atau komputer tapi juga dari smartphone karena aplikasi email sudah dibuat berbasis mobile phone.

Jenis atau Klasifikasi Email

Ada bermacam-macam jenis email diantaranya:

1. Newsletter Email

Newsletter email adalah email yang dikirimlkan kepada pelanggan dan calon pelanggan yang memuat konten informasi perusahaan bisa produk dan jasa, dengan tujuan mendapatkan pelanggan. Biasanya konten email ini di sisipkan link ke landing page perusahaan biasa juga ke link transaksi pembelian.

2. Transaction Email

Email ini diterima pelanggan, setelah pelanggan melakukan transaksi di sebuah website

3, Digest Email

Email ini berisi kumpulan link populer dari produk online shop, dimana perusahaan biasa mengadakan event melalui website dan pelanggan secara berkala dikirimi email ini.

4. Follow-up Email

Email ini dikirim perusahaan berisi konten tentang produk-produk terbaru perusahaan dan informasi produk yang digunakan pelanggan dengan tujuan menjaga loyalitas pelanggan.

5. Email Khusus

Email yang dikrim berisi artikel baru, produk baru, promosi baru dikarenakan pelanggan mengklik follow atau subcribe sebuah website perusahaan, blog.

6. Email Sponsor

Email yang berisi newsletter, dimana perusahaan membayar jasa kepada jasa newsletter yang berbayar, sehimgga iklan perusahaan diikutkan pada email newsletter vendor.

Memilih Peyedia Email 

Email yang digunakan harus memiliki kreteria

  • Mudah digunakan, fitur-fiturnya memudahkan dalam berkerja
  • Andal, peyedia email adalah perusahaan besar yang tidak jelejk kondisi keuangannya, sebab kalaui perusahaanya bangkut otomatis akun email kita juga terancam ditutup
  • Terintegrasi, email terintegrasi dengan layanan lain misalnya; kalender, Chat, Blog, penyimpanan file dan media sosial.
  • Aman Digunakan, sysytem keamanan berlapis hingga sukar di hack orang lain
  • Memiliki penyaring dan pendeteksi Spam
  • Memiliki tempat penyimpanan yang besar, data email kita bisa disimpan dalam jumlah besar di server peyedia email.

BACA JUGA:

Buat Google Mail (Gmail)

Gmail adalah email yang banyak digunakan oleh perusahaan, lembaga kecil dan pribadi. Penggunaan yang mudah dan terintegrasi dengan semua aplikasi berbasis google apalagi penyimpanan password yang sukar ditembus oleh orang lain, menyebabkan pengunaan gmail populer di kalangan prinadi.

Cara membuat gmail bisa anda baca dan tonton tutorialnya di artikel ini: Buat Akun Google ( Email Google atau Gmail )

Email Marketing

Email Marketing adalah surat elektronik yang digunakan oleh seseorang atau perusahaan untuk melakukan pemasaran melalui internet dengan tujuan menjaring calon pelanggan baru, melayani konsumen, serta menjaga loyalitas konsumen kepada produk, jasa dan brand (perusahaan).

Email Newsletter dari Bukalapak

Email marketing yang paling banyak digunakan adalah Newsletter.

Langkah-langkah mengirim newsletter ikuti langkah dibawah ini:
  1. Tentukan calon pembaca, jenis konten email harus disesuaikan dengan segment pembaca misalnya segemen perempuan dengan segmen laki-laki mengenai produk wanita
  2. Tentukan konten email, apa konten emailnya promosi, informasi produk baru, kesaksian penggunaan produk oleh pelanggan.
  3. Atur frekwensi pengiriman email, kirim email dengan interval waktu yang longgar, jangan terlalu dekat waktunya, karena bisa jadi konsumen akan terganggu dengan email yang sering muncul.
  4. Membuat perencanaan newsletter, rencanakan dulu isi, target pembaca, jadwal pengiriman email newsletter dalam satu kalender bulanan atau tahunan.
Tapi sebelum mengirim Newsletter alangkah baiknya kita belajar membuat Desain newsletter

Cara Membuat Desain Newsletter

Untuk membuat desain newsletter anda bisa melihat contoh email newsletter yang sudah ada, tetapi secara garis besar newsletter layoutnya dibagi menjadi tiga bagian yaitu: 
  • Header, biasanya berisi nama perusahaan, layanan dan promo produk
  • Konten, berisi produk yang ditawarkan, dipromosikan
  • Footer, biasanya berisi tentang perusahan yang mengandung link dimana anda diarahkan untuk transaksi atau website resmi perusahaan.
Anda bisa gunakan aplikasi pengolah grafis seperti Canva, Corel Draw, ataupun Photoshop, kalau diwindow anda bisa gunakan Paint 3D.


kalau konten iklan seperti gambar dibawah ini.



ini adalah contoh banner newsletter dari affiliate lazada.

Mengirim Email Newsletter

Setelah Banner newslatter jadi anda tinggal mengirimkan newslatter ke target audiens kita, langkah-langkan liat dibawah ini:



  1. Masuk di email contoh email gmail, anda tinggal klik + (compose email).
  2. Isi Subjek Email, misalnya diskon up to 70 % Lazada Produk Handphone dan Assesoris
  3. Kemudian buka File explorer tempat banner newslatter, Clik bannernya lalu di drag di konten email newslatter
Setelah selesai email newslatter masih harus ditambahkan Link ke arah transaksi di Lazada, anda bisa membuat tulisan Klik di sini Lazada dan anda lajut ke langkah selanjutnya:
  1. Anda blog kata lazada lalu, klik ikon Link (rantai) akan muncul box edit tautan.
  2. Anda copy pastekan Link Affiliate lazada lalu drop di alamat web

Selanjutnya anda tinggal mengisi alamat penerima email, akan lebih mudah bila anda sudah mempunyai list pelanggan di Exel ataupun notepad, dimana anda tinggal copy paste saja kumpulan daftar email pelanggan ke penerima email newslatter.

Kunjungi halaman facebok untuk melihat postingan yang berhubungan dengan bisnis online di

Comments

Popular posts from this blog

Cara Menghubungkan Google Adsene Ke Blog di Blogger | Dari Awal, Approval, Seting Iklan Sampai Terima Pendapatan Iklan

Cara menghubungkan google adsene ke blog anda yang anda buat di Content Management System (CMS) blogger anda buat yang pemula, dari awal ke approval lalu seting iklan di blogger dan google adsene sampai terima pendapatan iklan. Motivasi utama sebagaian blogger untuk membuat artikel-artikel di situs blog adalah pendapatan iklan, selain aktulisasi diri.  Blogger yang mendapatkan komentar positip akan tulisanya di artikel yang diposting di website blognya akan menaikan semangat menulis dan mengembangkan website blognya, tetapi bila blogger mendapatkan uang dari postingan artikel di blognya, dia akan mencurahkan perhatian dan waktunya lebih banyak ke situs blognya. Buat blogger pemula sebagian besar harapanya memposting artikel adalah menghasilkan uang terutama dari iklan google adsene , pengalaman penulis sendiri pada waktu awal awal , baru membuat  5 artikel langsung menghubungkan ke adsene dan menunggu approval dari pihak adsene dan putus asa ketika tidak ada khabar dari pihak google ad

Affiliate Marketing| Bagaimana Cara Kerja dan Konsepnya

Affiliate Marketing digunakan banyak perusahaan maupun pemilik produk (fisik maupun virtual) sebagai platform pemasaran digital, bagi pemilik website dan properti digital ini adalah cara untuk mendapatkan uang komisi affiliate. Siapa saja yang telibat dalam pemasaran affilate, tujuan apa yang ingin dicapai dan bagaimana cara kerja dan konsepnya. akan dibahas di artikel ini. Bila dahulu perusahaan menjual produknya dengan mengerahkan saleman (karyawan penjualan) untuk menjual dan mendapatkan transaksi ke konsumen door to door lalu membayar salesman dengan gaji. Sekarang prinsipnya sama perusahaan mengerahkan affiliater (marketer) untuk menjual dan mendapatkan transaksi lewat konten webiste atau konten di properti online yang ditanamkan link ke halaman transaksi (landing page) yang dimiliki para marketer lalu membayarnya dengan komisi. Apa Sih Affiliate Marketing Affiliate marketin g adalah model pemasaran produk atau jasa milik orang lain dimana kita akan mendapatkan komisi un

Cara Membuat Website Blog #1 Merencanakan Website Blog di Blogger

Cara membuat website blog bagaian pertama: Merencanakan website blog di blogger. langkah awal apa saja yang harus dilakukan untuk membuat website yang baik dibahas di artikel ini. Membuat website blogger langkah awalnya adalah merencanaan tujuan, lalu perkirakan segmen audiens ( calon pengunjung website), tetapkan nama website mengunakan riset keyword, dan terakhir membuat rencana menu (penggolongan postingan artikel berdasarkan topik/tema yang sama. Dashboard Blogger Berikut tahapan membuat website yang berkualitas: 1. Tetapkan Tujuan Membuat Website Website harus memiliki tujuan, tujuan ini akan membentuk model, cara, dan bentuk untuk membuat website yang berkualitas, juga harus mengacu pada kebutuhan informasi pengunjung, sebab inilah yang akan menyebabkan wesite ini banyak dikunjungi pengunjung dan pengunjung memperoleh manfaat dari website yang kita buat. Contohnya; kita membuat website bertema "Resep Masakan"maka tujuan ini adalah