Skip to main content

Cara Mendaftarkan Website Blog di Google Search Console

Cara mendaftarkan website blog di google search console agar ketika di ketik dimesin pencari akan muncul artikel-artikel yang kita posting. Google search console juga memberi informasi berapa jumlah artikel yang di click pengunjung, berapa banyak impresinya dan rangking artikel dimesin pencari dibandingkan artikel website lain dengan tema yang sama.

Google Search Console adalah masuk dalam webmaster tool selain search engine optimization (SEO) dan merupakan layanan Gratis yang disediakan oleh Google buat webmaster (pengelola website) agar mudah ditemukan oleh mesin pencari google dan mendapatkan laporan status indeks pada web yang didaftarkan 

Bagi webmaster pemula kadang bertanya "kenapa website saya tidak muncul di mesin pencarian google ya?". Salah satu jawabannya karena website belum terdaftar di sitemap mesin pencari google.

 

Di Blogger di pengaturan penelusuran ada fitur edit google search console, jadi bila selesai membuat postingan artikel di blogger artikel kita harus didaftarkan sitemapnya di mesin pencari google dan diupdate bila terjadi perubahan pada isi artikel yang kita posting.

Apakah hanya di mesin pencari google saja artikel di blogger di daftarkan? Jawabanya ada banyak mesin pencari yang paling banyak digunakan adalah google lalu Bing mesin pencari window dan Yahoo. Artikel yang diposting di Blogger atau blog kita juga harus didaftarkan dimesin pencari selain google agar mendatangkan traffic pengunjung.

BACA JUGA:





Bagaimana mendaftarkan Blog dan Artikel blog kita di mesin pencari google, ikuti langkah-langkah dibawah ini.

Langkah-Langkah mendaftarkan Blog dan Artikel di Google Search Console

1. Buka Dashboard Blogger dan klik pengaturan dasar.

Mendaftarkan Blogdi Google Search Console
Mendaftarkan Blogdi Google Search Console
2. Masukan URL Blog kita di Google Search Console,

Copy alamat URL Blog anda di web Adress lalu dipastekan di google search console lalu klik continue. lalu pilih my property
Masukan Alamat URL Blog di Google Search Console
Masukan Alamat URL Blog di Google Search Console

3. Daftarkan alamat URL ke Sitemap

Berhasil masuk halaman Google Search Console, setelah alamat URL website blog anda muncul di Google Search Console. lalu klik Sitemap untuk mendaftarkan artikel-artikel tulisan blog anda.

Tampilan Halaman Google Search Console
Tampilan Halaman Google Search Console
lalu mulai masukan satu-persatu alamat URL website blog anda, lakukan setiap setelah artikel blog selesai diposting.



Tips " Bila memasukan alamat URL satu persatu error hasilnya seperti di kotak submite sitemap, ketik saja sitemap.xml di alamat URL halamanya, maka akan cepat terbaca seperti gambar diatas 5 postingan sukses terdaftar di google search console.

Melihat Performance Sitemap Artikel Blog di Google Search Console

Bila artikel-artikel postingan website blog berhasil di daftarkan dimesin pencari google maka liat secara rutin posisi artikel anda di peringkat berapa di mesin pencarian di fitur Performance.

Melihat Performance Artikel Blog di Google Search Console
Melihat Performance Artikel Blog di Google Search Console

Berwarna biru muda, adalah jumlah klik artikel oleh pengunjung mesin pencari google, makin banyak yang mengklik maka kemungkinan Google Adsene akan memasangkan iklan di artikel anda dan akan menambah pendapatan iklan anda.

Berwarna Ungu, adalah berapa banyak artikel muncul di display komputer atau mobile di mesin pencari dari kata yang diketik di kotak mesin pencari oleh penguna internet.

Average CTR, adalah Total Click dibagi Total Impression

Average Posisition, adalah rata-rata peringkat atau rangking di mesin pencari google atas artikel-artikel anda terhadap pesaing topik artikel yang sama.




Comments

Popular posts from this blog

Apa itu Fotografi, Videografi, Dan Sinematografi

Bahasa Visual atau gambar maka tidak dipisahkan dengan Fotografi dan Sinematografi, sekarang muncul istilah baru videografi. Apa sih ketiganya, yang pasti semuanya berbicara tentang gambar, gambar bergerak, dan karya visual gambar yang bisa dinikmati banyak kalangan hampir setiap hari dan setiap waktu. Menurut sejarahnya foto mulai dikenal dan temukan di akhir abad 18, dan mulai digunakan di awal abad 19 dan menjadi sebuah industri foto lalu menjadi industri film. Liat Sejarah Fotografi Sekarang fotografi dan sinematografi menjadi cabang ilmu sendiri dan ada jurusan sendiri untuk mempelajarinya, salah satunya jurusan Film dan Televisi di IKJ (Institute kesenian Jakarta). Keahlian dibidang fotografi dan sinematografi banyak dipakai di industri televisi dan iklan, juga sangat membantu ketika terjun di dunia youtuber dan selebgram yang penghasilannya melampaui yang berkerja di dunia televisi. Media Digital yang berkembang sekarang terutama hiburan di media sosial seperti youtube, instag

Cara Menghubungkan Google Adsene Ke Blog di Blogger | Dari Awal, Approval, Seting Iklan Sampai Terima Pendapatan Iklan

Cara menghubungkan google adsene ke blog anda yang anda buat di Content Management System (CMS) blogger anda buat yang pemula, dari awal ke approval lalu seting iklan di blogger dan google adsene sampai terima pendapatan iklan. Motivasi utama sebagaian blogger untuk membuat artikel-artikel di situs blog adalah pendapatan iklan, selain aktulisasi diri.  Blogger yang mendapatkan komentar positip akan tulisanya di artikel yang diposting di website blognya akan menaikan semangat menulis dan mengembangkan website blognya, tetapi bila blogger mendapatkan uang dari postingan artikel di blognya, dia akan mencurahkan perhatian dan waktunya lebih banyak ke situs blognya. Buat blogger pemula sebagian besar harapanya memposting artikel adalah menghasilkan uang terutama dari iklan google adsene , pengalaman penulis sendiri pada waktu awal awal , baru membuat  5 artikel langsung menghubungkan ke adsene dan menunggu approval dari pihak adsene dan putus asa ketika tidak ada khabar dari pihak google ad

Ukuran Iklan Banner (Banner Ads) website dan Mobile Phone

Berapa ukuran iklan banner website (Banner Ads) yang bisa dilihat di deskstop/komputer, tablet, dan mobile phone? dan ukuran mana yang paling banyak dipakai oleh google adsene? Bila kita tahu jawabannya maka bisa kita gunakan juga buat iklan website kita sendiri. Google sendiri memberikan standar ukuran banner iklan dimana ukuran banner tidak boleh menggangu kenyamana audiens website dan harus cukup perhatian dari audiens untuk melihat iklan yang pada akhirnya mendatangkan pendapatan iklan dari websitenya Iklan yang ada diwebsite ternyata 50% dilihat lewat display desktop dan 50% lagi dari display mobile Phone/HP, maka google mengisyaratkan bahwa ukuran iklan di website harus responsif dan compatible ke displaay webite dan display HP. Banner Size pada Display Website di Desktop  2 Jenis Banner Online 1.  Banner Statis Banner Statis adalah jenis banner yang dipasang di website yang berisi text dan gambar, banner statis tidak menggunakan animasi dan suara, format banner ini