Skip to main content

Bisnis Online | Apa dan Bagaimana Cara Kerjanya

Bisnis Online adalah bisnis (jual beli) yang dalam proses produksi, distribusi, pemasaran, penjualan, dan pengiriman barang dan jasa  mengunakan teknologi informasi yang terintegrasi.


Belajar Bisnis Online Pengertian Manfaat dan Cara Kerjanya

Berkembangnya teknologi informasi dan mahalnya biaya property, dan biaya gaji karyawan, membuat perubahan akan cara produsen menawarkan produknya ke customer dan mengubah budaya belanja customer.

E-commerce
E-commerce

Seiring waktu ternyata bisnis online berkembang pesat, dan bukan hanya perusahaan yang dapat menjalankan bisnis online tapi juga individu-individu juga bisa dapat menjalankan bisnis dari rumah dengan hanya bermodalkan Handphone.

Ada pepatah yang mengatakan " Dunia dalam genggaman "yang dulu hanya kata sekarang benar-benar terjadi. Orang ingin makanan, hotel, traspotasi, berita, dan barang-barang yang dulu susah dicari di pasar, sekarang hanya dengan smartphone dengan aplikasi mesin pencari akan sangat mudah.

Perkembangan bisnis online juga menumbuhkan industri atau usaha baru seperti jasa pengiriman, industri jasa informasi teknologi, dan perangkat penunjang mulai dari smartphone, komputer dan aplikasi-aplikasi sofware bisnis.

BACA JUGA: 

Toko-toko online marketplace, yang dipelopori oleh Amazon.com yang menjadi bisnis tersukses di Amerika dan Alibaba.com yang membuat pemiliknya Joe bezos dan Jack Ma menjadi orang terkaya di dunia. Bisnis ini juga menumbuhkan pebisnis-pebisnis muda yang berhasil menghasilkan penghasilan dari aplikasi-aplikasi bisnis maupun media sosial.


4 TIPS memulai bisnis online, modal 300rb untung 20juta | 2020

Marketing Mix (4 P)

Dari sisi usaha baik individu maupun perusahaan, ada teori dasar pemasaran yaitu Marketing Mix atau bauran pemasaran yaitu disingkat 4 P yaitu: 
  • harga (Price), 
  • produk (Produc), 
  • promosi (Promotion) dan 
  • tempat (Place) 
yang ternyata teori masih relevan digunakan dalam setiap usaha bisnis online.

Bila unggul dan menguasari empat unsur ini maka dijamin bisnis akan sukses dan membuat pemilik usaha menghasilkan uang terus menerus.

Amazon,com dan Alibaba.com membuktikan penawaran harga yang kompetitif seiring diputusnya rantai distribusi, produk yang berkualitas dengan ribuan macam jenis  yang tidak mungkin ditampilkan pada toko konvensional yang memanjakan pelanggan akan berbelanja, 

Komunikasi promosi yang langsung menyentuh tangan dan mata konsumen lewat iklan online, juga tempat jualan virtual yang memudahkan konsumen tanpa berjalan mencari dengan ratusan ribu jenis dan macam barang.menghasilkan pundi-pundi uang yang membuat pemiliknya menjadi orang-orang paling kaya dinegarannya.

Untuk Pemula usaha Online Marketing Mix ini harus dikuasai agar mencapai kesuksesan di bisnis online.

Sebisanya untuk menguasai 4 unsur marketing mix ini, pengalaman penulis meskipun tidak mutlak hanya mendekati satu atau dua unsur tersebut transaksi dapat mengalir apalagi kalau menguasai semua unsur tersebut.

Manfaat Bisnis Online

Bisnis online memberi manfaat pada tiga saluran pemasaran:
  • Fungsi Komunikasi (Communication)
  • Transaksi (Transaction)
  • Distribusi (Distribution

Keuntungan Fungsi Komunikasi

  1. Peningkatan informasi produk Informasi produk bisa berubah berkala oleh admin online
  2. Ketersediaan informasi perubahan harga informasi dapat diedit dengan cepat
  3. Ketersedian layanan 
  4. Waktu layanan penjualan produk bisa 24 jam dan dalam 7 hari
  5. Biaya komunikasi rendah dengan Chat online akan memudahkan interactif komunikasi antar penjual dan pembeli dengan murah
  6. Interaktif komunikasi dua arah
  7. Informasi persediaan terkini
  8. Layanan purna jual proses dan pengiriman barang terukur dengan sistem tracing dan customer service
  9. Tidak harus bertemu

Keuntungan pada transaksi:

  1. Etalase virtual dapat dicapai oleh semua pengguna internet
  2. Biaya transaksi murah dan mengurangi kesalahan
  3. Mengurangi waktu siklus pengadaan
  4. Tingkat persediaan yang lebih rendah 
  5. Promosi dan penjualan langsung kepada konsumen
  6. Harga Fleksibeldi market place biasanya ada fitur tawar harga

Keuntungan Distribusi

  1. Mengurangi waktu tunggu karena distribusi langsung dari prosusen ke konsumen dan mengurangi banyak saluran distribusi
  2. Menurunkan biaya distribusi
  3. Pelanggan dapat melacak pesanan
  4. Mengurangi jumlah perwakilan layanan pelanggan


Komponen Bisnis Online 

4 komponen dalam Menjalankan Bisnis Online antara lain:

1. Data

Data adalah fakta berupa teks, angka, gambar, kombinasi teks, kombinasi angka dan gambar, audio, dan video. Data akan diubah menjadi konten informasi bagi pengunjung dan kustomer.

Dikalangan webmaster adalah istilah "Content is King" sebagaimana di usaha konvensional dengan istilah "Pelanggan adalah Raja"'

2. Lunak (Software)

Sofware baik berbasis aplikasi maupun web akan banyak digunakan dalam bisnis online, dapat diperoleh dengan berbayar maupun gratis
  • Software dan aplikasi berjualan di marketplace diantaranya Bukalapak, OLX, Tokopedia, Shopee
  • Software dan aplikasi media sosial seperti; Youtube, Fb, Instagram, dan Whatsup bisnis
  • Sofware untutk membuat website; Blogger, WordPress, dan Google Site
  • Aplikasi pendukung, seperti Google Analtycs, Google Adwords, Google trend, Corel Draw, Photoshop, Adobe premier, dan sebagainya.

3, Keahlian (Skill)

Keahlian yang harus dimiliki individu maupun perusahaan antara lain:

4. Jaringan (Link/Network)

Agar dapat meningkatkan rangking website yang anda gunakan sebagai tempat bisnis online anda juga agar website bisnis online anda menjadi populer sehingga di rekomendasikan oleh mesin pencari.




Website anda harus banyak mempunyai Link (network) pada website-website authority (youtube, wikipedia, google, facebook dan lain-lain).

Baca Juga :




Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Teknik Psikologi Pemasaran | Memanfaatkan Emosi Manusia Untuk Bisnis

Ilmu psikologi bisa dimanfaatkan untuk kepentingan bisnis, karena ternyata emosi dan prilaku yang dibahas di disiplin ilmu ini bisa dimanfaatkan oleh pebisnis untuk meningkatkan transaksi penjualan (omset) lebih lanjut mendapatkan pelanggan dan masukan untuk pengembangan produk Ada beberapa teknik psikologi marketing yang umum digunakan dan tidak diketahui oleh kebanyakan orang, dan biasanya penerapan psikologi marketing ada pada banner produk, website landing perusahaan. Apa Itu Psikologi Marketing Psikologi adalah salah satu bidang ilmu pengetahuan dan ilmu terapan yang mempelajari tentang perilaku, fungsi mental, dan proses mental manusia melalui prosedur ilmiah. Wikipedia   Marketing adalah serangkaian kegiatan untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen, baik dengan cara memproduksi produk kemudian memberikan harga dan mempromosikannya kepada konsumen sehingga terjadilah penjualan. Jurnal Enterpreuner Ada dua disiplin ilmu yang digunakan disini yaitu psikologi yang membahas pr

LOGO | Jenis, Fungsi, Aplikasi Membuatnya Dan Penerapanya Dalam Dunia Bisnis

Logo menjadi elemen penting dari sebuah bisnis, logo merupakan representasi dari perusahaan, produk binsis dan melekat image dari publik. Image yang baik sebuah logo berpengaruh ke hasil bisnis (penjualan dan laba). Image yang buruk juga sebaliknya ke hasil bisnis Image sebuah dari sebuah logo didapat dari usaha perusahaan akan menjalankan bisnisnya, menjaga kualitas, service dan nilai yang bagus didapat ke pelanggan akan membuat image dari logo yang juga baik. begitu juga sebaliknya. Perusahaan harus menjaga dan membangun logo/merek mereka mejadi logo yang dipercaya dan mempunyai reputasi yang baik untuk konsumennya.  Reputasi dan kepercayaan adalah modal untuk mendapatkan hasil bisnis yang baik yaitu peningkatan penjualan dan laba dimana bisa berlangung selama waktu yang panjang. Logo Apa Sih Logo merupakan suatu gambar atau sekadar sketsa dengan arti tertentu, dan mewakili suatu arti dari perusahaan, daerah, organisasi, produk, negara, lembaga, dan hal lainnya membutuhkan sesuatu y

Apa itu Fotografi, Videografi, Dan Sinematografi

Bahasa Visual atau gambar maka tidak dipisahkan dengan Fotografi dan Sinematografi, sekarang muncul istilah baru videografi. Apa sih ketiganya, yang pasti semuanya berbicara tentang gambar, gambar bergerak, dan karya visual gambar yang bisa dinikmati banyak kalangan hampir setiap hari dan setiap waktu. Menurut sejarahnya foto mulai dikenal dan temukan di akhir abad 18, dan mulai digunakan di awal abad 19 dan menjadi sebuah industri foto lalu menjadi industri film. Liat Sejarah Fotografi Sekarang fotografi dan sinematografi menjadi cabang ilmu sendiri dan ada jurusan sendiri untuk mempelajarinya, salah satunya jurusan Film dan Televisi di IKJ (Institute kesenian Jakarta). Keahlian dibidang fotografi dan sinematografi banyak dipakai di industri televisi dan iklan, juga sangat membantu ketika terjun di dunia youtuber dan selebgram yang penghasilannya melampaui yang berkerja di dunia televisi. Media Digital yang berkembang sekarang terutama hiburan di media sosial seperti youtube, instag