Skip to main content

Banner (Spanduk, Poster ) | Fungsi, Tujuan, Jenis Penerapan, dan Aplikasi Membuat Banner

Banner digunakan bukan hanya dalam bentuk cetakan seperti spanduk, poster, mini banner di tempat bisnis seperti toko, store, supermarket juga dilembaga pemerintah maupun swasta juga di media digital (online) seperti di website dan media sosial.

Bila kita membaca website berita online akan banyak banner digital yang muncul, juga bila kita ke supermarket dan pasar banyak kita lihat spanduk, poster, maupun mini banner yang dipasang.

Banner dibuat oleh Desainer grafis. Perancang grafis  (Desainer grafis/Graphic Designer) adalah profesi yang menciptakan ilustrasi, tipografi, fotografi, atau grafis motion. Seorang desainer grafis menciptakan karya untuk penerbit, media cetak dan elektronik, seperti brosur dan mengiklankan produk. Mereka bertanggung jawab untuk sebuah tampilan agar tampak menarik, yang bisa diaplikasikan dalam berbagai bentuk materi promosi yang berkaitan dengan produk dan publik. Wikipedia

Skill Desainer grafis kita dapatkan di Desain Komunikasi Visual (DKV) di beberapa kampus dan universitas yang punya jurusan DKV.

Untuk Setingkat SMK ada jugu jurusan design grafis yang bisa belajar praktek membuat banner.

Jadi apa itu banner, apa fungsi dan tujuan banner, bagaimana membuat banner tanpa mempunyai skill design grafis yang bisa buat dan gunakan.


Apa itu Banner

Menurut Darmadi Durianto, pengertian banner adalah suatu proses komunikasi yang memiliki tujuan untuk membujuk banyak orang untuk membeli dan menggunakan apa yang diiklankan dan menjadi sebuah promosi yang dapat meningkatkan daya beli orang-orang yang menginginkan produk tersebut.

Fungsi dan Tujuan Banner

Pada dasarnya fungsi banner adalah sebagai media pemasaran yang berisi publikasi, iklan, promosi, dan berbagai keperluan lainnya. Sedangkan tujuan dari pemasangan banner adalah untuk mempromosikan atau mengiklankan sesuatu sehingga menarik perhatian lebih banyak orang ketika melihatnya.

Baca Juga:

1, Media Promosi  

Banner juga efektif digunakan sebagai media promosi. Namun, tentu saja pemasangan banner harus berada pada tempat yang strategis dan sering dilihat masyarakat umum.

Contoh bannernya dibawah ini 

Contoh Banner Promosi


2. Media Informasi

Pemasangan banner merupakan cara yang sangat efektif sebagai media informasi kepada khalayak, baik itu banner offline maupun banner di website/ blog.

Contoh Bannernya



3. Sebagai Ciri khas atau Identitas

Banner pada sebuah website/ blog atau juga banner cetakan dapat berfungsi sebagai identitas atau ciri khas website atau organisasi tersebut sehingga pengunjung lebih mudah mengingatnya. Banner di website juga bisa menjadi salah satu cara dalam melakukan branding secara online.

Contoh Bannernya dibawah ini.




Jenis Banner dan Penerapannya

Sekarang banner dibagi menjadi dua, pertama banner cetakan (ada wujudnya) dan biasanya dicetak atau di print digital dimana satuan ukurannya dalam centimeter (cm) atau meter (m). kedua banner digital dimana berbentuk gambar, maupun animasi yang ditempatkan di media sosial dan website dengan satuan pixel (PX).

Jenis Banner Digital

Banner digital bentuk dan ukurannya disesuaikan dengan penempatannya di bagian website dan media sosial, Banner digital biasanya juga dihubungkan ke link menuju landing page ke pemilik banner.

Ukuran banner digital ukurannya tergantung besarnya display di komputer ataupun display smartphone bisa dilihat di gambar dibawah ini.


Jenis Banner Ukuran di Website Display Komputer


Jenis Ukuran Giant Banner di Display Website Komputer


Jenis Ukuran Banner di Display Handphone


Billboard Banner di Website



Baca Juga:

Jenis Banner Cetakan

Berbagai jenis banner cetakan di sesuaikan dengan tujuan dari banner yang dibuat, misalnya open store/restaurant atau gedung akan banyak banner yang dipasang diluar ruangan seperti; spanduk, umbul-umbul, dan giant banner.

Untuk meningkatkan penjualan di tempat transaksi (counter area), dalam dalam ruangan banner yang dipakai biasanya Poster, X banner, mini banner, dan giant banner di dalam ruangan.

Design banner cetakan promosi biasanya mempunyai tujuan, yang pada intinya mengikat perhatian pembeli mulai dari luar toko sudah terlihat pelanggan, pelanggan masuk melihat kembali poster dengan design yang sama, lalu mendekati display produk dan produk menggunakan banner dengan desin yang sama sehingga diharapkan pengunjung bisa menyelesaikan transaksi pembelian produknya.
Liat rangkaian gambar dibawah ini.

Spanduk Di Area Luar Alphamidi


Poster Di Area Produk


Banner Lebih kecil Di Area Display Produk


Topper (banner kecil di produk)



Aplikasi Membuat Banner

Ada banyak aplikasi software yang bisa digunakan, buat orang yang bukan berlatar belakang design, aplikasi yang mudah adalah canva karena banyak contoh template yang bisa kita ubah. 

Untuk profesional design biasanya mengunakan aplikasi adobe photoshop dan corel draw. 

1. Canva

Canva merupakan aplikasi desain grafis yang sangat populer, terdapat dua versi dari aplikasi ini, yakni Canva untuk Android dan juga Canva Online. Untuk membuat desain spanduk secara online, kita bisa menggunakan Canva Online yang tentu menu navigasinya mudah untuk dipahami, terutama bagi pemula yang baru mau belajar desain grafis.

Cara buat flyer di canva di laptop tonton video tutorialnya




dengan HP tonton video tutorialnya



2. Adobe Photoshop

Aplikasi Photoshop adalah aplikasi yang berguna untuk mengubah background fhoto, Membuat Pasphoto, mengedit Gambar, Membuat Undangan, sampai dengan membuat desain Banner dan Spanduk

Dibawah ini adalah tutorial membuat banner dengan adobe photoshop


3. Corel Draw

Corel Draw adalah editor grafik vektor yang dikembangkan oleh Corel, sebuah perusahaan perangkat lunak yang bermarkas di Ottawa, Kanada. Versi terbarunya, CorelDRAW X8 (setara dengan versi 18) dirilis pada tanggal 15 Maret 2016. (Wikipedia)

Dibawah ini tutorial membuat banner dengan corel draw


Baca Juga:


Comments

Popular posts from this blog

Ukuran Iklan Banner (Banner Ads) website dan Mobile Phone

Berapa ukuran iklan banner website (Banner Ads) yang bisa dilihat di deskstop/komputer, tablet, dan mobile phone? dan ukuran mana yang paling banyak dipakai oleh google adsene? Bila kita tahu jawabannya maka bisa kita gunakan juga buat iklan website kita sendiri. Google sendiri memberikan standar ukuran banner iklan dimana ukuran banner tidak boleh menggangu kenyamana audiens website dan harus cukup perhatian dari audiens untuk melihat iklan yang pada akhirnya mendatangkan pendapatan iklan dari websitenya Iklan yang ada diwebsite ternyata 50% dilihat lewat display desktop dan 50% lagi dari display mobile Phone/HP, maka google mengisyaratkan bahwa ukuran iklan di website harus responsif dan compatible ke displaay webite dan display HP. Banner Size pada Display Website di Desktop  2 Jenis Banner Online 1.  Banner Statis Banner Statis adalah jenis banner yang dipasang di website yang berisi text dan gambar, banner statis tidak menggunakan animasi dan suara, format banner ini

Cara Menghubungkan Google Adsene Ke Blog di Blogger | Dari Awal, Approval, Seting Iklan Sampai Terima Pendapatan Iklan

Cara menghubungkan google adsene ke blog anda yang anda buat di Content Management System (CMS) blogger anda buat yang pemula, dari awal ke approval lalu seting iklan di blogger dan google adsene sampai terima pendapatan iklan. Motivasi utama sebagaian blogger untuk membuat artikel-artikel di situs blog adalah pendapatan iklan, selain aktulisasi diri.  Blogger yang mendapatkan komentar positip akan tulisanya di artikel yang diposting di website blognya akan menaikan semangat menulis dan mengembangkan website blognya, tetapi bila blogger mendapatkan uang dari postingan artikel di blognya, dia akan mencurahkan perhatian dan waktunya lebih banyak ke situs blognya. Buat blogger pemula sebagian besar harapanya memposting artikel adalah menghasilkan uang terutama dari iklan google adsene , pengalaman penulis sendiri pada waktu awal awal , baru membuat  5 artikel langsung menghubungkan ke adsene dan menunggu approval dari pihak adsene dan putus asa ketika tidak ada khabar dari pihak google ad

Tutorial Video Editing Filmora X | #2 Mengenal Menu Dan Fitur Editing Video

Tutorial video editing filmora X. dimana merupakan penyempurnaan dari filmora 9, Mengenal menu dan fitur editing video filmora X  yang sebgaian besar ada di filmora 9. Artikel ini merupakan atikel Kedua dari tutorial video editing filmora X Anda sudah mendownload dan instal aplikasi wonderser filmora di kompurter anda, lanjut mengenal menu-menu dan fitur-fitur yang ada di Filmora X.  Pada dasarnya sebagian besar menu dan fitur di filmora X ada di filmora 9 yang berbeda hanya versi 10 ada tambahan yaitu: Motion Tracking key Frame Animation Audio Ducking Color Matching Jadi untuk belajar editing filmora X akan lebih mudah bila sudah mengenal dan memakai filmora 9, dan tutorial sebagaian menu dan fitur ada di versi 9. Video yang bagus adalah paduan gambar dan audio yang mencerminkan cerita dan pesan yang akan disampaikan dari video. terkadang video bagus belum tentu di tonton orang, tetapi kekuatan isi video lah yang orang tonton. Ada banyak variabel yang menyebabkan sebuah video sukses d