Skip to main content

Cara Membuat Website Blog #4 Mengenal Fitur-fitur Edit Blog Pada Dashboard Blogger

Cara membuat website blog langkah ke empat mengenal fitur-fitur edit blog pada dashboard blogger. Setelah berhasil mendaftarkan nama atau judul blog, alamat blog (subdomain) ,thema blognya, selanjutnya adalah mengatur tampilan (interface) blog di dashboard blogger supaya organize, teratur, dan menarik sehingga akan disukai pengunjung.

Sebelum pengaturan dijalankan. Alangkah baiknya mengenal fitur-fitur pengaturan Blog dulu yang ada di Dashboard.



Dashboard Blogger adalah pusat pengaturan blog anda yang berisi menu dan fitur-fitur  pengaturan blog. Blog yang sudah dibuat harus diisi artikel-artikel tulisan (Post). artilke ini disebut juga content, content inilah yang dicari pengunjung untuk memenuhi kebutuhan informasinya. 

BACA JUGA:




Content menjadi tidak menarik bila pengaturan tampilan (interface) dibuat seadanya, ini mengurangi minat pengunjung untuk membaca isi blog, meskipun content atau isinya bagus.

Tampilan Fitur-Fitur yang ada di Dashboard Blogger
Tampilan Fitur-Fitur yang ada di Dashboard Blogger


Gambar diatas adalah Tampilan fitur-fitur yang ada di Dashboard Blogger ada nomer 1 sampai dengan 9, akan dibahas di artikel ini.

1. Postingan

Postingan adalah tempat untuk membuat dan melihat artikel-artikel yang sudah di publikasi, maupun yang masih dalam proses pengetikan dan penyempurnaan (draft). Disini anda dapat mengelola artikel berdasarkan tanggal posting.

kalau anda punya artikel yang selesai dibuat, anda jangan langsung di posting semua tetapi anda bisa posting dibuat perhari agar mesin pencari google tidak melihat sebagai black hat.



Fitur Postingan di Dashboard Blogger
Fitur Postingan di Dashboard Blogger


2. Statistik


Di fitur Statistik berisi informasi jumlah pengikut atau subcribe, jumlah pengunjung artikel, dan jumlah komentar, ini penting buat kita berkaitan dengan SEO dan pendapatan Adsene. Dibawahnya adalah tampilan yang lebih detail akan pengunjung artikel dan komentarnya per postingan artikel.


Statistik menjadi alat bantu anda untuk mengatahui apakah konten yang anda buat berhasil mendatangkan trafik atau tidak, ini dipakai juga untuk menetukan apakah artikel layak diberi banner Affilate.



Fitur Statistik di Dashboard Blogger
Fitur Statistik di Dashboard Blogger

3. Komentar

Pada fitur komentar berisi komentar dari pengunjung artikel dan kita bisa mengatur apakah komentar itu bisa ditampilkan atau tidak.


Fitur Komentar di Dashboard Blogger
Fitur Komentar di Dashboard Blogger

4. Halaman

Halaman atau laman digunakan untuk membuat halaman dengan label yang sama ini digunakan untuk pembuatan menu dan submenu, kotak merah besar adalah menandakan postingan dengan label yang sama.


Fitur Halaman (Page) di Dashboard Blogger
Fitur Halaman (Page) di Dashboard Blogger


5. Tata Letak

Tata letak berisi fitur funsional nanti di tampilan (Interface) pada blog. Nanti tampilan blok bisa ditampilakan profil, daftar postingan artikel, List artikel, komentar, footer, iklan adsene, dan sebagainya.


Fitur Tata Letak di Dashboard
Gambar pensil di dalam kotak merah artinya apabila di klik berisi pengaturan yang akan diisi, sedangkan tulisan + Tambahkan Gadget dalam kotak merah bila di klik berisi tambahan fitur fungsional di Bilah Sisi (Bawah). Fitur fungsionalnya profil, adsene, dan lain silahkan dicoba dibuka.


Fitur Tambahkan Gadget berisi fitur Fungsional pada Interface Blog
Fitur Tambahkan Gadget berisi fitur Fungsional pada Interface Blog


6. Thema

Thema adalah pilihan setingan (tampilan Interface) yang disediakan oleh Blogger dengan thema design beragam dan berwarna sehingga akan menarik pengunjung untuk melihat blog yang kita buat.


Fitur Thema di Dashboard Blogger


Silahkan pilih thema yang disuka setelah itu klik, akan ada pengaturan tema blog. sesuaikan nanti akan muncul Kotak dialog selanjutnya.


Tampilan Lanjutan Fitur Thema
Tampilan Lanjutan Fitur Thema


  • kotak Panah a berisi list perintah edit pada Thema, Latar Belakang, Lanjutan, dan Gadget, klik aja pilihan mana secara bertahap dari atas ke bawah dan jangan lupa simpan, nanti akan dilanjutakan di 
  • kotak panah b sama bertahap dari atas ke bawah untuk pilihan editnya klik 
  • kotak merah panah c untuk pilihan edit yang tersedia. kalau sudah selesai klik terapkan ke Blog pada pojok kanan atas, Biasanya tampilan berbentuk pratinjau bisa dilihat dibawah sepeti gambar diatas.

7. Setelan

Di setelan ini mengatur berisi setelan dasar, postingan komentar dan berbagi, email, bahasa dan performatan, preferensi penelusuran, lainnya, dan setelan pengguna. Di klik dari atas dan bawah di setiap pilihan ada kotak merah edit ini digunakan untu mengubah setelan.




Untuk setelan dasar akan dibahas video dibawah ini:


Baca Juga : 





kemudian anda harus mengaktifkan protokol  HTTPS untu keamanan website anda dari malwire pilih ya. selanjutnya anda bisa menambahkan Penulis lain di blok anda dan siapa saja yang bisa membaca blog anda di Pembaca Blog bila  ingin dibaca orang lain anda pilih publik




Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai fitur setingan tonton video di atas.

8. Tanda (+) dalam lingkaran Merah


Berisi di klik untuk membuat postingan artikel baru


9. Liat Blog Anda 


Klik nanti akan ditampilkan Interface atau tampilan Blog anda berikut postingan artikel-artikel sesuai Thema.


Untuk lebih lengkap membuat setingan Blog dibawah bisa melihat Video Tutoral Youtube yang dipilih karena menanpilkan membuat setingan di blogger lebih lengkap.



TONTON: 

Kunjungi halaman facebok untuk melihat postingan yang berhubungan dengan bisnis online di @bbisnisonlie dan channel youtube heru fahrudin

Comments

  1. Terima kasih pak sangat bermanfaat sekali

    ReplyDelete
  2. Baik pak terima kasih sangat bermanfaat sekali

    ReplyDelete
  3. Terimakasih pak atas blog Nya mudah di pahami cara nya, dan jelas

    ReplyDelete
  4. terimakasih pak pontinganya mudah dipahami

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Teknik Psikologi Pemasaran | Memanfaatkan Emosi Manusia Untuk Bisnis

Ilmu psikologi bisa dimanfaatkan untuk kepentingan bisnis, karena ternyata emosi dan prilaku yang dibahas di disiplin ilmu ini bisa dimanfaatkan oleh pebisnis untuk meningkatkan transaksi penjualan (omset) lebih lanjut mendapatkan pelanggan dan masukan untuk pengembangan produk Ada beberapa teknik psikologi marketing yang umum digunakan dan tidak diketahui oleh kebanyakan orang, dan biasanya penerapan psikologi marketing ada pada banner produk, website landing perusahaan. Apa Itu Psikologi Marketing Psikologi adalah salah satu bidang ilmu pengetahuan dan ilmu terapan yang mempelajari tentang perilaku, fungsi mental, dan proses mental manusia melalui prosedur ilmiah. Wikipedia   Marketing adalah serangkaian kegiatan untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen, baik dengan cara memproduksi produk kemudian memberikan harga dan mempromosikannya kepada konsumen sehingga terjadilah penjualan. Jurnal Enterpreuner Ada dua disiplin ilmu yang digunakan disini yaitu psikologi yang membahas pr

LOGO | Jenis, Fungsi, Aplikasi Membuatnya Dan Penerapanya Dalam Dunia Bisnis

Logo menjadi elemen penting dari sebuah bisnis, logo merupakan representasi dari perusahaan, produk binsis dan melekat image dari publik. Image yang baik sebuah logo berpengaruh ke hasil bisnis (penjualan dan laba). Image yang buruk juga sebaliknya ke hasil bisnis Image sebuah dari sebuah logo didapat dari usaha perusahaan akan menjalankan bisnisnya, menjaga kualitas, service dan nilai yang bagus didapat ke pelanggan akan membuat image dari logo yang juga baik. begitu juga sebaliknya. Perusahaan harus menjaga dan membangun logo/merek mereka mejadi logo yang dipercaya dan mempunyai reputasi yang baik untuk konsumennya.  Reputasi dan kepercayaan adalah modal untuk mendapatkan hasil bisnis yang baik yaitu peningkatan penjualan dan laba dimana bisa berlangung selama waktu yang panjang. Logo Apa Sih Logo merupakan suatu gambar atau sekadar sketsa dengan arti tertentu, dan mewakili suatu arti dari perusahaan, daerah, organisasi, produk, negara, lembaga, dan hal lainnya membutuhkan sesuatu y

Apa itu Fotografi, Videografi, Dan Sinematografi

Bahasa Visual atau gambar maka tidak dipisahkan dengan Fotografi dan Sinematografi, sekarang muncul istilah baru videografi. Apa sih ketiganya, yang pasti semuanya berbicara tentang gambar, gambar bergerak, dan karya visual gambar yang bisa dinikmati banyak kalangan hampir setiap hari dan setiap waktu. Menurut sejarahnya foto mulai dikenal dan temukan di akhir abad 18, dan mulai digunakan di awal abad 19 dan menjadi sebuah industri foto lalu menjadi industri film. Liat Sejarah Fotografi Sekarang fotografi dan sinematografi menjadi cabang ilmu sendiri dan ada jurusan sendiri untuk mempelajarinya, salah satunya jurusan Film dan Televisi di IKJ (Institute kesenian Jakarta). Keahlian dibidang fotografi dan sinematografi banyak dipakai di industri televisi dan iklan, juga sangat membantu ketika terjun di dunia youtuber dan selebgram yang penghasilannya melampaui yang berkerja di dunia televisi. Media Digital yang berkembang sekarang terutama hiburan di media sosial seperti youtube, instag