Skip to main content

Cara Membuat Website Blog #1 Merencanakan Website Blog di Blogger

Cara membuat website blog bagaian pertama: Merencanakan website blog di blogger. langkah awal apa saja yang harus dilakukan untuk membuat website yang baik dibahas di artikel ini.

Membuat website blogger langkah awalnya adalah merencanaan tujuan, lalu perkirakan segmen audiens ( calon pengunjung website), tetapkan nama website mengunakan riset keyword, dan terakhir membuat rencana menu (penggolongan postingan artikel berdasarkan topik/tema yang sama.

Dashboard Blogger
Dashboard Blogger

Berikut tahapan membuat website yang berkualitas:


1. Tetapkan Tujuan Membuat Website

Website harus memiliki tujuan, tujuan ini akan membentuk model, cara, dan bentuk untuk membuat website yang berkualitas, juga harus mengacu pada kebutuhan informasi pengunjung, sebab inilah yang akan menyebabkan wesite ini banyak dikunjungi pengunjung dan pengunjung memperoleh manfaat dari website yang kita buat.

Contohnya; kita membuat website bertema "Resep Masakan"maka tujuan ini adalah agar pengunjung mengetahui resep makanan dan tertarik mempraktekan resep yang dimaksut. Artinya pengunjung memperoleh manfaat dari website yang kita buat dan pengunjung pun akan banyak mengunjungi website kita dan akan memperbesar pendapatan adsene.

2. Tetapkan Segmen Pengunjung (Pasar) Website

Siapa yang akan menjadi target pengunjung website yang akan dibuat? Apakah berdasarkan usia, suku, jenis kelamin, atau pekerjaan? berdasarkan wilayah? Dengan style bahasa apa?

Kita harus memikirkan segmen pengunjung (Pasar) sejak awal agar website yang kita buat sukses mendapatkan pengunjung dan konten yang dibuat bermanfaat buat pembacanya.
Contoh: ketika sudah ditetapkan akan membuat website dengan tema "Resep Masakan Tradisional" maka website kita membidik segmen wanita yang mencari resep masakan,

Segmen wanita maka gunakan style bahasa yang disesuaikan dengan segmen ini, dengan bahasa Indonesia dan wanita dewasa, gunakan-istilah-istilah yang biasa di pakai wanita dewasa.

Segmen wanita juga nanti mempengaruhi tema dari website yang anda akan buat, dari warna, corak dan juga next kalo anda ingin masukan iklan affiliate maka produk-produknya yang biasa digunakan wanita dewasa seperti; kosmetik, fasion, dan bisa juga iklan pariwisara

Baca Juga:


3. Tetapkan Nama Website

Di dunia Online nama memiliki arti dalam kacamata mesin pencari (search engine). Gunakan nama harus mengikuti metode cara mesin pencari sehingga nama website anda mudah ditemukan oleh pengunjung sehingga menambah traffic pengunjung yang akhirnya pendapatan adsene anda bertambah. Gunakan Google Keyword Planner atau Ubersuggest untuk mengetahui kata yang banyak dicari oleh pengunjung google.

BACA JUGA: 
Untuk nama sebuag website blog gunakan nama dibawah 20 karakter,  8 karakter lebih bagus.

Salah satu tool melihat jumlah pengunjung (top site) lewat situs Alexa. Sebuah situs dari amazon.com untuk merangking kepopuleran sebuah website. Disini kita bisa memanfaatkan untuk melihat nama-nama top website dan jumlah karakter hurup yang dipakai.

kalau kita melihat nama website di 50 Top site di Alexa (klik Alexa), rata-rata hanya dibawah 10 karakter.


Top site Indonesia 5 urutan teratas adalah:

  1. Okezone.com
  2. Google.com
  3. Tribunnews.com
  4. Youtube.com
  5. Sindonews.com
Anda juga bisa melihat 200 top site Indonesia yang rata-rata membuat nama website dibawah 10 karakter.

Dengan jumlah karakter yang sedikit memudahkan pengunjung untuk mengingat nama website, dan mudah diketik di mesin pencari.

Nama website juga harus mencerminkan isi dari website tersebut, sehingga orang mudah memilih website yang iya inginkan seperti tribunnews dan sindonews sudah pasti orang akan berfikir ini adalah website berita.

Jadi kalau kamu punya tema tentang restoran, kamu bisa namakan dengan website dengan nama yang ditambahkan resto didalamnya.

4. Merencanakan Taksonomi (Menu)

Taksonomi adalah bahasa Yunani artinya mengelompokkan. jadi taksonomi dapat diartikan sebagai pengelompokan artikel berdasarkan hierarki (tingkatan tertentu). Menu atau taksonomi akan memudahkan pengunjung mencari artikel yang banyak pada sebuah Blog. Biasanya dalam satu Blog banyak artikel, kalau tidak dikelompokan dan di tata akan sulit pengunjung untuk mencari artikel yang dibutuhkannya.

Kunjungi halaman facebok untuk melihat postingan yang berhubungan dengan bisnis online di @bbisnisonlie dan channel youtube heru fahrudin

Comments

  1. terimakasih pa, saya mudah memahaminya...

    ReplyDelete
  2. Lebih ringkas dari buku baik pak

    ReplyDelete
  3. Terima kasih,adanya blog ini saya bisa mengerti

    ReplyDelete
  4. Saya sudah membaca materi tenta langkah pertama membuat website (merencanakan website blogger)

    ReplyDelete
  5. Revaaindragunawan6@gmail.comMarch 30, 2020 at 11:16 AM

    bahasanya ada sedikit yang salah,jelas singkat dan mudah di mengerti

    ReplyDelete
  6. Terimakasih pak ditunggu artikel selanjutnya 🙏

    ReplyDelete
  7. Terimakasih pak ditunggu artikel selanjutnya 🙏

    ReplyDelete
  8. terima kasih pak..penuh pencerahan tulisan2nya

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Teknik Psikologi Pemasaran | Memanfaatkan Emosi Manusia Untuk Bisnis

Ilmu psikologi bisa dimanfaatkan untuk kepentingan bisnis, karena ternyata emosi dan prilaku yang dibahas di disiplin ilmu ini bisa dimanfaatkan oleh pebisnis untuk meningkatkan transaksi penjualan (omset) lebih lanjut mendapatkan pelanggan dan masukan untuk pengembangan produk Ada beberapa teknik psikologi marketing yang umum digunakan dan tidak diketahui oleh kebanyakan orang, dan biasanya penerapan psikologi marketing ada pada banner produk, website landing perusahaan. Apa Itu Psikologi Marketing Psikologi adalah salah satu bidang ilmu pengetahuan dan ilmu terapan yang mempelajari tentang perilaku, fungsi mental, dan proses mental manusia melalui prosedur ilmiah. Wikipedia   Marketing adalah serangkaian kegiatan untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen, baik dengan cara memproduksi produk kemudian memberikan harga dan mempromosikannya kepada konsumen sehingga terjadilah penjualan. Jurnal Enterpreuner Ada dua disiplin ilmu yang digunakan disini yaitu psikologi yang membahas pr

LOGO | Jenis, Fungsi, Aplikasi Membuatnya Dan Penerapanya Dalam Dunia Bisnis

Logo menjadi elemen penting dari sebuah bisnis, logo merupakan representasi dari perusahaan, produk binsis dan melekat image dari publik. Image yang baik sebuah logo berpengaruh ke hasil bisnis (penjualan dan laba). Image yang buruk juga sebaliknya ke hasil bisnis Image sebuah dari sebuah logo didapat dari usaha perusahaan akan menjalankan bisnisnya, menjaga kualitas, service dan nilai yang bagus didapat ke pelanggan akan membuat image dari logo yang juga baik. begitu juga sebaliknya. Perusahaan harus menjaga dan membangun logo/merek mereka mejadi logo yang dipercaya dan mempunyai reputasi yang baik untuk konsumennya.  Reputasi dan kepercayaan adalah modal untuk mendapatkan hasil bisnis yang baik yaitu peningkatan penjualan dan laba dimana bisa berlangung selama waktu yang panjang. Logo Apa Sih Logo merupakan suatu gambar atau sekadar sketsa dengan arti tertentu, dan mewakili suatu arti dari perusahaan, daerah, organisasi, produk, negara, lembaga, dan hal lainnya membutuhkan sesuatu y

Apa itu Fotografi, Videografi, Dan Sinematografi

Bahasa Visual atau gambar maka tidak dipisahkan dengan Fotografi dan Sinematografi, sekarang muncul istilah baru videografi. Apa sih ketiganya, yang pasti semuanya berbicara tentang gambar, gambar bergerak, dan karya visual gambar yang bisa dinikmati banyak kalangan hampir setiap hari dan setiap waktu. Menurut sejarahnya foto mulai dikenal dan temukan di akhir abad 18, dan mulai digunakan di awal abad 19 dan menjadi sebuah industri foto lalu menjadi industri film. Liat Sejarah Fotografi Sekarang fotografi dan sinematografi menjadi cabang ilmu sendiri dan ada jurusan sendiri untuk mempelajarinya, salah satunya jurusan Film dan Televisi di IKJ (Institute kesenian Jakarta). Keahlian dibidang fotografi dan sinematografi banyak dipakai di industri televisi dan iklan, juga sangat membantu ketika terjun di dunia youtuber dan selebgram yang penghasilannya melampaui yang berkerja di dunia televisi. Media Digital yang berkembang sekarang terutama hiburan di media sosial seperti youtube, instag