Skip to main content

Blogger Pemula Apa Yang Di Lakukan Di Awal | Berbagi Tips dan Share Pengalaman

Blogger pemula apa yang dilakukan di awal. Sharing cerita pengalaman saya menjadi seorang blogger yang akan berbagi tips dan share pengalaman. Tulisan ini hanya nukilan kecil yang bisa jadi bahan masukan bagi blooger pemula.

Ada beberapa alasan membuat blog, bagi sebagian murid tujuan buat blog karena terpaksa karena pelajarannya ada bahasan tentang blogger jadi mereka terpaksa mempelajari dan mempraktekannya, Sedikit sekali saya menemukan murid yang memang menyenangi penulisan blog dengan seluk-beluknya apalagi mempelajari bahasa pemograman/ coding." Langka" kata yang paling tepat.




Alasan/ Sebab Belajar Blog

Saya sendiri alasan mempelajari membuat website blog karena tuntutan mengajar, Saya diharuskan mengajarkan materi pembuatan website blog, kalau saya tidak bisa alangkah malunya, mengajarkan ke muridnya sesuatu yang tidak diketahui dan tidak pernah kita praktekan. Alasan lain saya mau mencoba membuktikan ada uang yang didapat dari investasi waktu, dan pikiran membuat website blog.

Dan 6 bulan ini baru ketemu caranya, awalnya mengejar iklan dari google adsene, tetapi sungguh sulit dan belum dapat sampai sekarang, ternyata buat blogger pemula affiliate marketinglah yang harus dikejar karena nyata ada uangnya. Jadi buat blogger pemula kejar trafik kunjungan, ikut program affiliate dan pasang linknya di blog anda.

Memulai belajar dari mana ? 

Start


Saya Tidak punya guru untuk mengajarkan saya bagaimana cara membuat website blog, belajar awal dari buku-buku paket yang diberikan guru sebelumnya dan buku yang diberikan pihak sekolah. jadi mulailah dari yang ada disekitar anda. lalu kembangkan. Autodidak kata yang paling tepat untuk saya untuk menguasai membuat website blog.

Bisa? tentu tidak bisa, meskipun saya sudah menjalankan bisnis online lewat berjualan dimarketplace shopee, bukalapak, dan Tokopedia dan bisa diandalkan untuk penghasilan hidup, tentu berbeda sekali dalam membuat website blog. Teori dan praktek itu berbeda. kalau kita hanya membaca teori membuat blog tanpa mempraktekanya "percuma." kita  tak dapat pengetahuannya dan skillnya. Lucunya justru saya belajar dari murid spesial yang mengerti membuat blog dan saya tidak malu belajar darinya.

Tiga pilihan membuat website:
  1. Dengan bahasa pemograman; saya tidak punya cukup pengetahuan dan skill bahasa pemograman HTML dasar baru mengetahui dan belum pernah paraktek menggunakanya juga CSS dan Java Script, jadi ini bukan pilihan saya.
  2. Dengan CMS Wordpress, ini yang paling bagus yang mengunakan 70% market share, ada dua ternyata wordpress.com kalo nerlangganan bayar dollar, kalau wordpress.com fitur akan semakin lengkap bila ikut member berbayar tapi dalam dollar jadi saya tunda mnggunakan wordpress.com, lalu coba pake wordpress.org lewat niagahost ternyata musti beli domain dan hosting buat setahun dan minimal uang Rp. 800 rb meski sangat tertarik karena diberikan suppot training. dan fitur yang memudahkan, lagi-lagi wabah covid 19 membuat keuangan sangat ketat menyurutkan langkah saya.
  3. Dengan CMS Blogger, karena "gratis"  yang meyebabkan saya memilihnya, meskipun kalah lengkap fiturnya dan kemudahan dengan wordpress, tapi bisa jadi awal belajar disini, kalau sudah punya uang lebih akan mulai menggunakan wordpress.org amin.

Praktek dan Praktek yang Berulang adalah Segalanya

Mulailah praktek maka anda akan dapat skill, pengetahuan, pengalaman, dan feelnya. Learning by Doing ternyata nyata hasilnya.

Praktek Praktek Praktek


Pengalaman mengajar teori dengan praktek terhadap murid hasilnya berbeda, mengajar teori ingatan murid hanya seumur bakwan yang dimakan pada saat istirahat sekolah bila ditanya kembali materi teori yang diajarkan sedikit kata yang diingat tetapi bila praktek akan banyak kata yang keluar dari murid mulut siswa.

Satu lagi "Bisa karena biasa" adalah kalimat yang benar repetition adalah kunci menjadi profesional (ahli), karena praktek yang berulang mendapatkan pengalaman dan menambah skill. Mirip Ronaldo yang harus menendang ribuan kali sehingga skill dan kemahiranya menjadikannya pemain profesionalnya dibayar triyunan setahun.

Banyak penulis buku yang saya kenal ternyata Ryanto Astono (buku: Facebook Marketing Rock), Jefferly Helianthusonfri (buku: Yuk Jadi Youtuber), dan Ryan Kristo Muljono (buku: Digital Marketing Concept) ternyata semua memiliki website blog dengan banyak tulisan artikelnya, menurut saya mereka adalah hasil dari praktek yang berulang, orang-orang profesional yang berlatih terus akhirnya menghasilkan karya.



Mulai dari 5 Artikel Pertama

Saya tidak suka menulis bagaimana bisa menghasilkan tulisan. 5 artikel saya merupakan resume dari materi ajar ke siswa, gaya bahasa formal dan hasil tulisanya ya jelek. "proses"  seseorang itu harus melalui proses bertumbuh tetapi saya terus menulis dan belajar gaya tulisan apa supaya pengunjung tertarik dan tidak monoton.

Saya terinspirasi akan blog Ryanto Astono, marketer sejak 2004, penulis buku Facebook Marketing Rock, The book of SEO dan paling baru Newbie. anda harus mengunjungi websitenya dan membaca bukunya, websitenya dan saya sangat terinspirasi akan gaya bahasa menulisnya yang tidak formal, tidak kaku, dan kalau kita membacanya penuh filosofi dan seperti mendengarkan dia berbicara, mudah untuk dicerna. meskipun tidak bisa seperti dia, saya mulai mengikuti gaya menulis seperti dia dan masih jauh dibawah dia soal kualitas tulisannya.

Tips belajar membuat artikel tulisan yang baik dari saya, cari orang yang terbaik di bidangnya, dalam hal ini membuat website blog, mulai tiru gayanya sampai mahir dan buat gaya anda sendiri nantinya.

Anda wajib mempelajari SEO baik SEO on Page dan Off Page, SEO mendatangkan pengunjung, tanpa SEO sulit mendatangkan pengunjung, karena menulis tanpa pengunjung, anda tidak akan menemukan gairah, semangat untuk tetap menulis, penulus butuh apresiasi dari orang lain.

5 artikel saya tidak memiliki pengunjung tapi ketika mulai memakai SEO pengunjung mulai datang ke website blog saya, dan gairah menulis bertambah juga kualitas tulisan membaik, proses berjalan dan bertumbuh maka artikel saya terus bertambah dari 5 artikel menjadi 50 artikel dan akan terus bertambah, targetkan seminggu harus memposting satu artikel.

Gunakan Tool yang Tepat

Tool Akan Memudahkan

Diawal membuat website blog saya tidak paham akan tool, padahal tool ini sangat membantu membuat website blog yang baik, sama seperti membuat rumah akan banyak tool yang dibutuhkan untuk setiap kegiatannya; memnuat pondasi, anda butuh pacul dan linggis, membuat tembok anda butuh scoop, membuat pintu anda butuh palu dan gergaji, jadi setiap kegiatan dibutuhkan juga tool yang berbeda. Anda harus menguasai tool dasar dibawah ini.
  • Gunakan Canva, PowerPoint, Paint 3D untuk membuat desain grafis banner dan image tutorial yang menarik.
  • Gunakan Pixabay.com, untuk mendapatkan gambar gratis yang menarik buat artikel.
  • Gunakan wordcounter.net untuk mengetahui jumlah kata dan karakter dalam artikel kita.
  • Google Search Console, untuk mengetahui peringkat artikel, jumlah pencarian di mesin pencari intinya performance website blog kita.
  • Google Analytic, untuk mengetahui insigh pengunjung webiste blog
Anda juga mulai harus menguasai tool website tingkat lanjut agar website blog anda menjadi lebih profesional.

Terus Belajar

Banyak hal yang perlu dikuasai, yang  harus dipelajari dan dipraktekan, lakukan tahap demi tahap, pelajari teorinya, praktekan, lalu praktekan ulang (berlatih).

Tips dari saya bila ingin menulis sebuah artikel dengan topik/tema tertentu mulai lakukan riset kecil dengan memasukan judul yang akan kita buat ke mesin pencari google untuk mengetahui mana tulisan yang terbaik di hasil pencarian, pelajari kerangka tulisan dan bahasannya. kita buat harus lebih baik dari tulisan yang sudah ada agar pembaca mendapat manfaat dari artikel yang kita tulis,

Selamat mencoba

Kunjungi halaman facebok untuk melihat postingan yang berhubungan dengan bisnis online di


Comments

Popular posts from this blog

Teknik Psikologi Pemasaran | Memanfaatkan Emosi Manusia Untuk Bisnis

Ilmu psikologi bisa dimanfaatkan untuk kepentingan bisnis, karena ternyata emosi dan prilaku yang dibahas di disiplin ilmu ini bisa dimanfaatkan oleh pebisnis untuk meningkatkan transaksi penjualan (omset) lebih lanjut mendapatkan pelanggan dan masukan untuk pengembangan produk Ada beberapa teknik psikologi marketing yang umum digunakan dan tidak diketahui oleh kebanyakan orang, dan biasanya penerapan psikologi marketing ada pada banner produk, website landing perusahaan. Apa Itu Psikologi Marketing Psikologi adalah salah satu bidang ilmu pengetahuan dan ilmu terapan yang mempelajari tentang perilaku, fungsi mental, dan proses mental manusia melalui prosedur ilmiah. Wikipedia   Marketing adalah serangkaian kegiatan untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen, baik dengan cara memproduksi produk kemudian memberikan harga dan mempromosikannya kepada konsumen sehingga terjadilah penjualan. Jurnal Enterpreuner Ada dua disiplin ilmu yang digunakan disini yaitu psikologi yang membahas pr

LOGO | Jenis, Fungsi, Aplikasi Membuatnya Dan Penerapanya Dalam Dunia Bisnis

Logo menjadi elemen penting dari sebuah bisnis, logo merupakan representasi dari perusahaan, produk binsis dan melekat image dari publik. Image yang baik sebuah logo berpengaruh ke hasil bisnis (penjualan dan laba). Image yang buruk juga sebaliknya ke hasil bisnis Image sebuah dari sebuah logo didapat dari usaha perusahaan akan menjalankan bisnisnya, menjaga kualitas, service dan nilai yang bagus didapat ke pelanggan akan membuat image dari logo yang juga baik. begitu juga sebaliknya. Perusahaan harus menjaga dan membangun logo/merek mereka mejadi logo yang dipercaya dan mempunyai reputasi yang baik untuk konsumennya.  Reputasi dan kepercayaan adalah modal untuk mendapatkan hasil bisnis yang baik yaitu peningkatan penjualan dan laba dimana bisa berlangung selama waktu yang panjang. Logo Apa Sih Logo merupakan suatu gambar atau sekadar sketsa dengan arti tertentu, dan mewakili suatu arti dari perusahaan, daerah, organisasi, produk, negara, lembaga, dan hal lainnya membutuhkan sesuatu y

Cara Menghubungkan Google Adsene Ke Blog di Blogger | Dari Awal, Approval, Seting Iklan Sampai Terima Pendapatan Iklan

Cara menghubungkan google adsene ke blog anda yang anda buat di Content Management System (CMS) blogger anda buat yang pemula, dari awal ke approval lalu seting iklan di blogger dan google adsene sampai terima pendapatan iklan. Motivasi utama sebagaian blogger untuk membuat artikel-artikel di situs blog adalah pendapatan iklan, selain aktulisasi diri.  Blogger yang mendapatkan komentar positip akan tulisanya di artikel yang diposting di website blognya akan menaikan semangat menulis dan mengembangkan website blognya, tetapi bila blogger mendapatkan uang dari postingan artikel di blognya, dia akan mencurahkan perhatian dan waktunya lebih banyak ke situs blognya. Buat blogger pemula sebagian besar harapanya memposting artikel adalah menghasilkan uang terutama dari iklan google adsene , pengalaman penulis sendiri pada waktu awal awal , baru membuat  5 artikel langsung menghubungkan ke adsene dan menunggu approval dari pihak adsene dan putus asa ketika tidak ada khabar dari pihak google ad