Skip to main content

Macam-Macam Website

Bentuk dan tujuan usaha yang berbeda membuat tampilan (interface) website berbeda satu sama lain dari segi desain (design) maupun kontent (content)

Aplikasi Text Editor
Aplikasi Untuk Membuat Websites


Berikut ini Beberapa Jenis Website berdasarkan Fungsi di Dunia Maya (Online)

1. Website Portal (Portal Website)

Website portal menyediakan banyak variasi layanan bagi penggunanya.Informasi yang bervaariasi membuat pengguna dapat memilih kebutuhannya. Website portal memanjakan oengunanya dalam pelayanan internet seperti; berita (news), mesin pencari (search engine), publikasi website (web publication), peta (map), jual beli (shoping), dan surat elektronik (email). Google adalah website portal yang paling umum dipakai dengan banyak layanan.
Contoh website portal;

2. Website Berita (News Website)

Website berita adalah website yang menyediakan konten berupa berita terkini, sejarah, artikel terkait (live, money, current event, weather), dan juga berisi opini-opini suatu topik yang hangat dibicarakan. Pengguna mengunakan scroll bar untuk melihat kontennya.. website berita dibuat dalam domain berbayar.
contoh website berita:

3, Website Informasi (Informational Website)

Website informasi menyediakan informasi faktual kepada masyarakatmengenai topik umum yang diketahui masyarakat, Tampilan (interface) biasanya berbentuk 3 kolm dengan 2 sidebar.Biasanya website ini di sediakan oleh pemerintah yang memiliki kepentingan dengan masyarakat, seperti data sensus, pajak, dan sebagainya.
contoh website informasi:
APA ITU WEBSITE ? (Penjelasan Sederhana mengenai Website)

4. Website Bisnis

Website bisnis mempromosikan produk/ jasa juga menjualnya kepada pengunjung.website jenis ini memiliki tampilan variatif dan dinamis juga dilengkapi oleh animasi sebagi bentuk promosi tujuanya untuk menerik minat pengunjung. berikut ini beberapa website bisnis yang masing-masing memiliki cara dan model yang berbeda dalam bisnisnya.

5. Wesite Pendidikan 

Website pendidkan meyediakan konten tentang informasi lembaga pendidikan baik menengah, perguruan tinggi dan lain-lain 
contoh website pendidikan:

6. Website Hiburan (Entertaiment Website)

Website ini memberikan layanan hiburan buat pengunjung yang contennya berupa musik (music), video, filem,dan games.
contoh website in:

7. Blog

Website yang bentuknya  seperti diari online atau jurnal biasa, blog bisa digunakan untuk menulis ide-ide kreatif, artikel-artikel lepas. Orang punya blog dan aktif menulis dinamakan Blogger.Blog ada yang gratis seperti Blogger dan ada yang berbayar seperti Wordpress, Jomla, Drupal, Opencart, dan banyak lagi. Blog menggunakan Control Management System (CMS) sebagai alat membuatnya, bisa juga dengan bahasa pemograman tetapi harus belajar bahasa pemograman seperti HTML, CSS, dan PHP.
Contoh blog:

8. Website Jeraring Sosial (Sosial network/Sosial media)

webite jejaring sosial adalah situs yang memberikan layanan kepada anggotanya untuk bertukar informasi.
Contohwebsite jejaring sosial:

9. Website Mesin Pencari (Search Engine)

Website mesin pencari menyediakan informasi yang dibutuhkan oleh penguna (user) dengan cara memasukan kata dimesin pencari
Contoh website mesin pencari:

Comments

  1. terimakasih pa, saya mudah memahaminya...

    ReplyDelete
  2. Saya sudah membacanya.infomasinya sangat lengkap dan bermanfaat sekali.terimakasih

    ReplyDelete
  3. sangat menarik, berisi informasi yg saya butuhkan.

    ReplyDelete
  4. baik pak terima kasih semangat ya pakk buat website nya

    ReplyDelete
  5. Saya sudah membaca jenis jenis website pak heru🙏

    ReplyDelete
  6. Bahasanya jelas dan singkat mudah dipahami

    ReplyDelete
  7. Bahasanya jelas dan singkat mudah dipahami

    ReplyDelete
  8. Terimakasih pak ditunggu blog selanjutnya 🙏

    ReplyDelete
  9. Bahasa singkat, padat, jelas dan mudah untuk di memahami.

    ReplyDelete
  10. Baik pak terima kasih, sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  11. Baik pak terima kasih, sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  12. Baik pak terima kasih, sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  13. Baik pak terima kasih, sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  14. Baik pak terima kasih, sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  15. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Teknik Psikologi Pemasaran | Memanfaatkan Emosi Manusia Untuk Bisnis

Ilmu psikologi bisa dimanfaatkan untuk kepentingan bisnis, karena ternyata emosi dan prilaku yang dibahas di disiplin ilmu ini bisa dimanfaatkan oleh pebisnis untuk meningkatkan transaksi penjualan (omset) lebih lanjut mendapatkan pelanggan dan masukan untuk pengembangan produk Ada beberapa teknik psikologi marketing yang umum digunakan dan tidak diketahui oleh kebanyakan orang, dan biasanya penerapan psikologi marketing ada pada banner produk, website landing perusahaan. Apa Itu Psikologi Marketing Psikologi adalah salah satu bidang ilmu pengetahuan dan ilmu terapan yang mempelajari tentang perilaku, fungsi mental, dan proses mental manusia melalui prosedur ilmiah. Wikipedia   Marketing adalah serangkaian kegiatan untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen, baik dengan cara memproduksi produk kemudian memberikan harga dan mempromosikannya kepada konsumen sehingga terjadilah penjualan. Jurnal Enterpreuner Ada dua disiplin ilmu yang digunakan disini yaitu psikologi yang membahas pr

LOGO | Jenis, Fungsi, Aplikasi Membuatnya Dan Penerapanya Dalam Dunia Bisnis

Logo menjadi elemen penting dari sebuah bisnis, logo merupakan representasi dari perusahaan, produk binsis dan melekat image dari publik. Image yang baik sebuah logo berpengaruh ke hasil bisnis (penjualan dan laba). Image yang buruk juga sebaliknya ke hasil bisnis Image sebuah dari sebuah logo didapat dari usaha perusahaan akan menjalankan bisnisnya, menjaga kualitas, service dan nilai yang bagus didapat ke pelanggan akan membuat image dari logo yang juga baik. begitu juga sebaliknya. Perusahaan harus menjaga dan membangun logo/merek mereka mejadi logo yang dipercaya dan mempunyai reputasi yang baik untuk konsumennya.  Reputasi dan kepercayaan adalah modal untuk mendapatkan hasil bisnis yang baik yaitu peningkatan penjualan dan laba dimana bisa berlangung selama waktu yang panjang. Logo Apa Sih Logo merupakan suatu gambar atau sekadar sketsa dengan arti tertentu, dan mewakili suatu arti dari perusahaan, daerah, organisasi, produk, negara, lembaga, dan hal lainnya membutuhkan sesuatu y

Apa itu Fotografi, Videografi, Dan Sinematografi

Bahasa Visual atau gambar maka tidak dipisahkan dengan Fotografi dan Sinematografi, sekarang muncul istilah baru videografi. Apa sih ketiganya, yang pasti semuanya berbicara tentang gambar, gambar bergerak, dan karya visual gambar yang bisa dinikmati banyak kalangan hampir setiap hari dan setiap waktu. Menurut sejarahnya foto mulai dikenal dan temukan di akhir abad 18, dan mulai digunakan di awal abad 19 dan menjadi sebuah industri foto lalu menjadi industri film. Liat Sejarah Fotografi Sekarang fotografi dan sinematografi menjadi cabang ilmu sendiri dan ada jurusan sendiri untuk mempelajarinya, salah satunya jurusan Film dan Televisi di IKJ (Institute kesenian Jakarta). Keahlian dibidang fotografi dan sinematografi banyak dipakai di industri televisi dan iklan, juga sangat membantu ketika terjun di dunia youtuber dan selebgram yang penghasilannya melampaui yang berkerja di dunia televisi. Media Digital yang berkembang sekarang terutama hiburan di media sosial seperti youtube, instag